Notifications
Translate Page

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus di HP Android: Panduan Lengkap

Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus di HP Android: Panduan Lengkap

Halo semua! Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana seseorang menghapus pesan WhatsApp yang penting di HP Android Anda? Jangan khawatir, karena di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di HP Android Anda. Kami akan memberikan langkah-langkah yang jelas dan mudah diikuti, sehingga Anda bisa mendapatkan kembali pesan yang hilang tersebut. Mari kita mulai!

Bagian 1: Menggunakan Fitur Restore Pesan WhatsApp

Bagian pertama dari panduan ini akan membahas cara menggunakan fitur restore pesan WhatsApp yang merupakan salah satu fitur bawaan dari aplikasi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan pesan yang telah dihapus ke dalam obrolan yang sama. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Periksa Pengaturan Cadangan WhatsApp

Sebelum kita bisa menggunakan fitur restore pesan WhatsApp, pertama-tama kita perlu memastikan bahwa cadangan pesan WhatsApp kita teratur. Buka aplikasi WhatsApp di HP Android Anda, lalu ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka menu pengaturan di aplikasi WhatsApp dengan menekan ikon titik tiga di pojok kanan atas.

2. Pilih opsi "Pengaturan".

3. Pilih opsi "Chat".

4. Pilih opsi "Cadangan chat".

5. Periksa apakah cadangan otomatis diaktifkan dan kapan terakhir kali cadangan dilakukan. Jika cadangan otomatis tidak diaktifkan, aktifkan fitur ini dengan memilih opsi "Cadangan ke Google Drive" atau "Cadangkan Sekarang".

Langkah ini penting karena fitur restore pesan WhatsApp hanya akan berfungsi jika kita memiliki cadangan pesan yang tepat. Jika Anda belum pernah membuat cadangan sebelumnya, jangan khawatir, karena kita juga akan membahas cara mencari pesan yang dihapus di dalam database WhatsApp.

Langkah 2: Mengembalikan Pesan dengan Fitur Restore

Setelah kita memastikan bahwa cadangan pesan WhatsApp kita teratur, kita dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu mengembalikan pesan dengan fitur restore. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Uninstall aplikasi WhatsApp dari HP Android Anda.

2. Instal ulang aplikasi WhatsApp dari Play Store.

3. Buka aplikasi WhatsApp dan ikuti petunjuk untuk mengatur ulang akun Anda.

4. Setelah akun Anda diatur ulang, WhatsApp akan mendeteksi adanya cadangan pesan yang tersimpan di Google Drive dan menawarkan untuk mengembalikannya.

5. Pilih opsi "Restore" atau "Pulihkan" untuk mengembalikan pesan yang telah dihapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mengembalikan pesan WhatsApp yang telah dihapus ke dalam obrolan yang sama. Namun, perlu diingat bahwa fitur restore hanya akan mengembalikan pesan yang telah dihapus dalam waktu 7 hari terakhir sejak terakhir kali cadangan dilakukan. Jika pesan yang ingin Anda pulihkan telah melewati batas waktu ini, jangan khawatir, karena kita masih memiliki opsi lain yang akan dibahas di bagian selanjutnya.

Bagian 2: Mencari Pesan yang Dihapus di Database WhatsApp

Bagian kedua dari panduan ini akan membahas cara mencari pesan yang dihapus di dalam database WhatsApp. Metode ini melibatkan penggunaan aplikasi file manager dan memerlukan akses ke folder WhatsApp di penyimpanan internal HP Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Install Aplikasi File Manager

Untuk melakukan langkah-langkah ini, Anda perlu menginstal aplikasi file manager yang memungkinkan Anda mengakses folder dan file di penyimpanan internal HP Android Anda. Beberapa aplikasi file manager yang populer dan mudah digunakan adalah "ES File Explorer" dan "Solid Explorer". Unduh dan instal salah satu aplikasi tersebut melalui Play Store.

Langkah 2: Cari Folder WhatsApp di Penyimpanan Internal

Setelah Anda menginstal aplikasi file manager, buka aplikasi tersebut dan cari folder "WhatsApp" di penyimpanan internal HP Android Anda. Biasanya, folder ini terletak di direktori "/storage/emulated/0/WhatsApp".

Langkah 3: Cari File Database Pesan

Setelah Anda menemukan folder "WhatsApp", cari file bernama "msgstore.db.crypt12" di dalamnya. File ini berisi database pesan WhatsApp Anda, termasuk pesan yang telah dihapus.

Langkah 4: Rename File Database Pesan

Setelah Anda menemukan file "msgstore.db.crypt12", ubah namanya menjadi "msgstore_backup.db.crypt12". Ini akan memastikan bahwa Anda memiliki salinan cadangan file database pesan yang asli sebelum melakukan perubahan.

Langkah 5: Install Aplikasi WhatsApp Modifikasi

Untuk membaca isi file database pesan WhatsApp, kita perlu menginstal aplikasi WhatsApp modifikasi seperti "WhatsApp Plus" atau "GBWhatsApp". Aplikasi ini memungkinkan kita untuk membuka dan membaca pesan yang dihapus di dalam file database.

Langkah 6: Restore File Database Pesan

Setelah Anda menginstal aplikasi WhatsApp modifikasi, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk untuk mengatur ulang akun WhatsApp Anda. Ketika aplikasi meminta Anda untuk mengembalikan pesan dari cadangan, pilih opsi "Restore" atau "Pulihkan". Aplikasi WhatsApp modifikasi akan menggunakan file database pesan yang telah Anda rename sebelumnya untuk mengembalikan pesan yang telah dihapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat mencari pesan yang dihapus di dalam database WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa metode ini memerlukan pengetahuan teknis dan dapat berisiko. Manipulasi file database pesan WhatsApp dapat menyebabkan kehilangan data atau kerusakan pada aplikasi. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan langkah-langkah ini dengan hati-hati dan bertanggung jawab.

Bagian 3: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Bagian ketiga dari panduan ini akan membahas cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di HP Android Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memulihkan dan menampilkan pesan WhatsApp yang telah dihapus. Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer dan dapat Anda gunakan:

Aplikasi 1: WhatsRemoved+

WhatsRemoved+ adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melihat pesan WhatsApp yang dihapus oleh pengirim atau pengguna lain. Aplikasi ini akan mengarsipkan semua pesan yang masuk ke dalam obrolan WhatsApp Anda dan memberi Anda pemberitahuan jika ada pesan yang dihapus. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Play Store dan mengikuti panduan yang diberikan untuk mengatur notifikasi dan pengaturan lainnya.

Aplikasi 2: WAMR - Recover Deleted Messages

WAMR adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memulihkan pesan WhatsApp yang telah dihapus. Aplikasi ini dapat memulihkan pesan teks, gambar, video, dan dokumen yang telah dihapus dari obrolan WhatsApp Anda. Selain itu, WAMR juga dapat memulihkan pesan yang dihapus dari aplikasi lain seperti Instagram, Snapchat, dan Facebook Messenger. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Play Store dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan pemulihan pesan WhatsApp yang dihapus.

Aplikasi 3: GT Recovery

GT Recovery adalah aplikasi yang dapat memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus serta file lain yang hilang atau terhapus dari HP Android Anda. Aplikasi ini menggunakan teknologi pemulihan data yang canggih untuk mencari dan mengembalikan pesan WhatsApp yang telah dihapus. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Play Store dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus.

Aplikasi 4: Dumpster

Dumpster adalah aplikasi yang berfungsi sebagai tempat sampah di HP Android Anda. Aplikasi ini dapat mengarsipkan dan memulihkan pesan WhatsApp yang telah dihapus. Selain itu, Dumpster juga dapat memulihkan foto, video, file, dan aplikasi yang terhapus secara tidak sengaja. Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui Play Store dan mengatur pengaturan pemulihan pesan WhatsApp yang dihapus.

Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pihak ketiga seperti yang disebutkan di atas, Anda memiliki peluang lebih besar untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di HP Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat berisiko dan memerlukan izin akses ke data pribadi Anda. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Bagian 4: Mencegah Kehilangan Pesan di WhatsApp

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, adalah bagian tentang cara mencegah kehilangan pesan di WhatsApp di masa mendatang. Meskipun ada cara untuk melihat pesan yang telah dihapus, lebih baik mencegahnya terjadi. Berikut adalah beberapa tips dan saran untuk melindungi pesan WhatsApp Anda:

Tips 1: Aktifkan Cadangan Otomatis

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan cadangan otomatis pada aplikasi WhatsApp. Dengan mengaktifkan fitur ini, pesan WhatsApp Anda akan dicadangkan secara teratur ke dalam penyimpanan cloud seperti Google Drive atau iCloud. Jadi, jika pesan Anda terhapus, Anda masih memiliki salinan cadangan yang dapat dipulihkan.

Tips 2: Periksa Pengaturan Cadangan WhatsApp

Selain mengaktifkan cadangan otomatis, pastikan Anda memeriksa pengaturan cadangan WhatsApp secara teratur. Pastikan cadangan dilakukan dengan benar dan tidak ada masalah. Periksa juga frekuensi cadangan, apakah sudah cukup sering atau tidak. Jika perlu, Anda dapat mengatur cadangan manual untuk memastikan pesan-pesan terbaru Anda tidak terlewatkan.

Tips 3: Hapus Pesan yang Tidak Diperlukan

Agar penyimpanan WhatsApp Anda tetap teratur dan tidak terlalu penuh, sebaiknya rutin menghapus pesan yang tidak diperlukan. Anda dapat menghapus pesan teks, gambar, video, atau audio yang sudah tidak relevan. Dengan cara ini, Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk menyimpan pesan-pesan penting dan meminimalkan risiko kehilangan data.

Tips 4: Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Cadangan Eksternal

Jika Anda ingin mengambil langkah ekstra dalam melindungi pesan WhatsApp Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat cadangan eksternal. Aplikasi seperti "SMS Backup & Restore" atau "Helium" dapat digunakan untuk mencadangkan pesan WhatsApp ke penyimpanan eksternal seperti SD card, komputer, atau layanan cloud lainnya. Dengan memiliki cadangan eksternal, Anda memiliki lapisan perlindungan tambahan jika terjadi masalah dengan cadangan internal atau penyimpanan cloud.

Tips 5: Hindari Menghapus Chat Secara Tidak Sengaja

Terakhir, hindari menghapus chat WhatsApp secara tidak sengaja dengan berhati-hati saat menggunakan aplikasi. Hindari menekan tombol hapus secara tidak sengaja atau menghapus chat yang Anda masih butuhkan. Selalu periksa dengan teliti sebelum menghapus pesan atau obrolan WhatsApp. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan pesan yang tidak perlu.

Dengan menerapkan tips dan saran di atas, Anda dapat mencegah kehilangan pesan WhatsApp di masa mendatang dan menjaga pesan-pesan berharga Anda tetap aman. Selalu ingat untuk melakukan cadangan secara teratur, mengatur pengaturan cadangan dengan benar, dan berhati-hati saat menggunakan aplikasi WhatsApp. Dengan demikian, Anda dapat memiliki pengalaman WhatsApp yang lebih lancar dan tidak perlu khawatir tentang pesan yang hilang.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus di HP Android. Kami telah membahas berbagai metode mulai dari menggunakan fitur restore pesan WhatsApp, mencari pesan di dalam database, menggunakan aplikasi pihak ketiga, hingga tips untuk mencegah kehilangan pesan di masa mendatang. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu Anda mengembalikan pesan WhatsApp yang telah dihapus. Selamat mencoba!