Notifications
Translate Page

6 Langkah Cara Memasang Ads.txt di Wordpress Paling Mudah

cara memasang ads.txt di wordpress

Tutorial untuk cara memasang ads.txt di WordPress kian dicari setelah berbagai kendala yang sering ditemui oleh para blogger maupun publisher iklan.

Di era digital yang semakin kompleks, keamanan dan keabsahan iklan online menjadi prioritas utama bagi pemilik situs web, termasuk bagi AdSense Publisher berbasis WordPress. Dalam upaya untuk memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan meminimalisir ad fraud, memasang ads.txt telah menjadi langkah penting yang harus diambil.

Namun, bagi pemilik situs web menggunakan platform WordPress, mungkin ada beberapa pertanyaan tentang bagaimana cara melakukan pemasangan yang tepat. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk memasang ads.txt di WordPress.

Apa itu ads.txt dan Fungsinya?

Ads.txt adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers yang merupakan standar IAB (Interactive Advertising Bureau) yang digunakan untuk memberikan informasi yang valid tentang pihak yang diotorisasi untuk menjual atau mendistribusikan iklan di situs web tertentu.

Lalu, fungsinya adalah untuk memberikan transparansi dan memastikan bahwa hanya pihak yang sah yang memiliki izin untuk menjual iklan di situs web Anda. Dengan memasang ads.txt, pemilik situs web dapat membatasi ad fraud dan menjaga reputasi mereka.

Cara Memasang ads.txt di WordPress

1. Masuk ke Dashboard WordPress

Anda Setelah login ke akun WordPress Anda, akses dashboard situs web Anda.

2. Pilih Plugin ads.txt

Di panel kiri, arahkan kursor ke “Plugins” dan klik “Add New”. Pada halaman “Add Plugins”, cari plugin bernama “ads.txt Manager“. Klik “Install Now”, kemudian “Activate” setelah proses instalasi selesai.

3. Konfigurasi Plugin ads.txt Manager

Setelah mengaktifkan plugin, pergi ke “Settings” dan pilih “ads.txt Manager”. Di halaman pengaturan plugin, Anda akan melihat kolom untuk memasukkan konten ads.txt.

4. Dapatkan Konten ads.txt

Untuk mendapatkan konten ads.txt yang tepat, Anda perlu menghubungi mitra periklanan atau jaringan iklan yang Anda gunakan. Mereka akan memberikan teks atau kode yang perlu Anda masukkan ke dalam plugin ads.txt Manager.

5. Salin dan Tempel Konten ads.txt

Setelah Anda menerima konten ads.txt dari mitra periklanan atau jaringan iklan, salin teks atau kode tersebut dan tempelkan ke dalam kolom yang disediakan di pengaturan plugin ads.txt Manager.

6. Simpan dan Perbarui

Setelah Anda memasukkan konten ads.txt dengan benar, jangan lupa untuk menyimpan perubahan. Klik tombol “Save Changes” untuk memperbarui pengaturan ads.txt di situs web Anda.

Cara-cara Alternatif Memasang ads.txt di WordPress

Kemudian, selain menggunakan plugin ads.txt Manager, ada beberapa cara alternatif untuk memasang ads.txt di WordPress. Selanjutnya, Anda dapat mengedit file tema WordPress secara manual menggunakan FTP (File Transfer Protocol) atau melalui Editor Tema yang tersedia di WordPress. Namun, langkah-langkah ini memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dan lebih baik hanya untuk pengguna yang berpengalaman.

Bagaimana Mendapatkan ads.txt?

Berikutnya, untuk mendapatkan ads.txt yang sesuai dengan mitra periklanan atau jaringan iklan Anda seperti Google AdSense.

Langkah terbaik adalah menghubungi langsung tim dukungan atau manajer akun mereka. Mereka akan memberikan informasi yang tepat yang perlu Anda sertakan dalam ads.txt Anda.

Dengan mengikuti panduan ini, pemilik situs web WordPress dapat mengetahui cara memasang ads.txt dengan mudah dan benar. Serta, memastikan bahwa iklan yang tampil di situs web mereka berasal dari sumber yang sah. Dengan meningkatnya keamanan dan keabsahan iklan, pengguna dapat memiliki pengalaman yang lebih baik saat mengunjungi situs web yang mereka kunjungi.