Notifications
Translate Page

4 Cara Mengatasi Blue Screen of View pada Windows

Pernah nggak layar laptop maupun PC Anda tiba-tiba berwarna biru atau muncul Blue Screen View? Biasanya selain layar berwana biru juga ada tulisan peringatan yang berisi Your PC ran into a problem and needs to restart.

Anda pasti langsung bingung dan panik bukan ketika laptop atau PC Anda mengalami permasalahan seperti ini. Tenang dan tidak perlu khawatir yang berlebihan. Permasalahan Blue Screen View ini bisa selesai melalui berbagai cara.

Sebelumnya, apa sih Blue Screen View itu? Jadi, Blue Screen View ini ialah suatu bentuk permasalahan yang sering muncul untuk para pengguna Windows dan memang sering menyerang baik itu laptop maupun PC.

Untuk penyebabnya sendiri bermacam-macam dan rata-rata penggunanya menggunakan laptop maupun PC dengan kebiasaan yang tidak baik.

Nah, permasalahan ini lebih dikenal dengan Blue Screen of Death atau yang disingkat menjadi BSOD. BSOD biasanya menimbulkan layar Windows menjadi berwarna biru saja.

Penyebab Muncul Blue Screen View pada Layar Laptop

Begini Cara Mengatasi Muncul Blue Screen View pada PC atau Laptop

Bagi para pengguna laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 10, Anda harus memahami penyebab muncul Blue Screen View yang terjadi pada layar laptop Anda.

Masalah layar laptop berwarna biru ini bisa muncul tiba-tiba ketika proses update Windows 10 sedang berlangsung atau saat tengah menjalankan berbagai macam program laptop. Dengan masalah ini akan mengganggu Anda melakukan aktivitas harian. BSOD sendiri bisa dialami dengan berbagai jenis sistem operasi Windows seperti Windows 2000, XP, 8, 10, NT, Vista, hingga Z.

Pada umumnya bila laptop atau PC mengalami Blue Screen View, laptop segera melakukan auto restart. Kemudian laptop pun akan kembali berjalan seperti sedia kala.

Penyebab utamanya sendiri bisa berasal dari gangguan yang ada pada hardware maupun software. Itu pun karena adanya sistem crash yang parah.

Blue Screen View muncul tiba-tiba kemungkinan karena adanya masalah yang terjadi pada low-level software di Windows. Biasanya masalah ini terjadi dengan berbagai stop code masing-masing.

Cara Mengatasi Blue Screen View (BSOD) pada Windows 10

Setelah mengetahui penyebab muncul Blue Screen View (BSOD) pada laptop ataupun PC dengan sistem operasi Windows 10, sekarang Anda bisa mengetahui solusinya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk tahapan pertamanya, apabila laptop mengalami Blue Screen View atau BSOD  maka otomatis akan melakukan restart sendiri. Namun, usai auto restart tetap tidak ada perubahan, maka Anda bisa melakukan berbagai macam cara, berikut ulasannya.

1. Melakukan Restart pada Laptop Maupun PC

Salah satu cara yang dianggap paling mudah dan umumnya dapat mengatasi Blue Screen View ialah dengan melakukan restart pada laptop maupun PC.

Ketika laptop atau PC mengalami kerusakan yang cukup parah, maka usai melakukan booting, perangkat tersebut akan kembali berjalan seperti biasanya.

2. Membuka System Restore

Proses selanjutnya, Anda juga bisa menyalakan laptop ataupun PC dan membuka System Restore lewat Advanced Startup.

Ketika logo Windows sudah muncul di layar, Anda bisa menekan dan tahan tombol power agar bisa menghentikan semua rangkaian boot. Jangan lupa untuk mengulangi dua langkah tersebut sebanyak dua kali.

Usai pengulangan ketiga, Windows 10 membuka Advanced Startup dan mengikuti beberapa langkah tersebut, yakni:

  • Anda bisa klik menu Advanced Startup dan Troubleshoot
  • Kemudian Anda memilih opsi System Restore
  • Memilih akun Windows yang Anda miliki lalu masukkan password
  • Berikutnya Anda memilih Continue dan Next
  • Setelahnya, Anda bisa memilh restore point paling baru
  • Nantinya Anda bisa memilih Scan for Affected Programs yang bertujuan untuk memeriksa program-program apa saja yang terdampak
  • Tekan Close dan Next
  • Terakhir, Anda bisa menyelesaikannya dengan Finish

Jika Anda sudah menyelesaikan semua langkahnya, fitur Advanced Startup bakal membatalkan driver, aplikasi, updatem hingga perubahan sistem usai restore point. Maksudnya, sistem bakal kembali lagi sebelum ada perubahan atau update apapun yang dilakukan laptop maupun PC Anda.

3. Mengakses Safe Mode

Dalam mengatasi Blue Screen View di Windows 10 juga bisa dilakukan dengan mengakses Safe Mode. Safe Mode bisa menyala dengan adanya bantuan driver dan fitur-fitur esensial lainnya yang berguna untuk memperbaiki system crash dan juga mengakses desktop.

Untuk bisa mengakses Safe Mode bisa Anda lakukan melalui menu Advanced Startup ketika sedang boot atau menggunakan media Windows 10.

4. Memeriksa Hardware pada Laptop atau PC

Apabila layar laptop atau PC Windows 10 masih muncul Blue Screen View dan belum bisa teratasi maka Anda harus memeriksa hardware. Apabila hardware laptop atau PC mengalami kerusakan maka itu akan memicu BSOD yang ada di laptop ataupun PC.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan munculnya Blue Screen View atau BSOD yang terjadi pada laptop dengan sistem operasi Windows 10. Jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dan pemeliharaan pada laptop agar meminimalisir permasalahan yang sering terjadi.