Notifications
Translate Page

4 Cara Mengatasi Error Kode 0xc00007b dengan Benar

cara mengatasi error kode 0xc00007b

Ada banyak permasalahan yang terjadi pada laptop maupun PC pada umumnya. Itu pun juga termasuk kode-kode eror yang selama ini juga sering muncul di layar melalui jendela pop up. Salah satunya adalah kode eror 0xc00007b.

Namun, jangan khawatir ada banyak solusi untuk memecahkan semua permasalahan dan kode eror yang ada di laptop. Permasalahan yang dimaksud dalam artikel ini ialah kode eror 0xc00007b. Apa arti dari kode eror ini?

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi 0xc00007b, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kode eror ini dan mencari tahu apa penyebabnya. Ini teruntuk bagi Anda yang memiliki perangkat dengan sistem operasi Windows 10.

Jadi, kode eror 0xc00007b biasanya diikuti dengan peringatan yang berisi pesan The Application was Unable to Start Correctly yang terpampang di layar. Pesan dari kode eror ini muncul ketika sedang membuka aplikasi yang ternyata mengalami kesalahan saat menginstal aplikasi tersebut.

Penyebab Kode Eror 0xc00007b Muncul di Layar Laptop

Untuk bisa mengetahui cara mengatasi 0xc00007b, Anda harus tahu dulu penyebabnya. Penyebabnya sendiri bisa saja aplikasinya tidak sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan.

Contohnya saja, aplikasi yang Anda unduh itu ternyata untuk perangkat dengan 64 bit. Sementara perangkat yang Anda gunakan itu masih dalam ukuran 32 bit.

Bagi Anda yang merupakan pengguna Windows 10, ada beberapa tutorial untuk bisa mengatasi kode eror 0xc00007b. Apakah saja itu?

Cara Mengatasi 0xc00007b pada Laptop

Berdasarkan dari laman Geek Advice, inilah beberapa tutorial mengenai cara mengatasi 0xc00007b yang muncul pada laptop berbasis Windows 10, antara lain:

1. Melakukan Restart pada Perangkat Anda

Cara yang bisa Anda lakukan terlebih dahulu yakni memulai ulang perangkat Anda. Melalui cara ini termasuk paling mudah daripada cara-cara lainnya. Beberapa bentuk eror atau permasalahan pada laptop rata-rata memang bisa diatasi dengan hanya melakukan restart pada perangkat laptop Anda saja.

2. Mengoperasi Program pada Laptop sebagai Administrator

Metode selanjutnya yang bisa Anda coba ialah mengoperasi program di laptop sebagai administrator. Untuk menjalankan, Anda harus melakukan berbagai langkah sebagai berikut.

  • Anda bisa klik menu Start dam mencari aplikasi yang mengalami masalah kode eror 0xc00007b
  • Kemudian, Anda dapat klik kana pada aplikasi yang bersangkutan. Lalu Anda memilih Run as Administrator

3. Melalui Fitur Command Prompt

Seperti yang Anda ketahui bahwa Command Prompt merupakan fitur yang dapat diperuntukkan bila terjadi masalah atau munculnya kode eror seperti 0xc00007b pada laptop Windows.

Untuk bisa menjalankannya melalui Command Prompt, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kode eror, yakni:

  • Membuka fitur Command Prompt atau bisa menekan tombol Windows + R secara bersamaan pada keyboard laptop maupun PC Anda. Lalu Anda bisa memasukkan cmd dan klik OK.
  • Kemudian Anda bisa memasukkan perintah chkdsk c: /f /r pada fitur Commad Prompt lalu tekan Enter.
  • Berikutnya, Anda bisa mengetik Y di fitur Command Prompt tersebut dan tekan Enter
  • Usai melakukannya, Anda bisa restart kembali laptop maupun PC Anda. Saatnya Anda menjalankan aplikasi yang sempat eror 0xc00007b.

4. Melakukan Update Windows pad Laptop

Bisa saja penyebabnya munculnya kode eror 0xc00007b karena adanya bug. Salah satu cara mengatasi 0xc00007b ialah dengan mengupdate Windows yang ada pada laptop maupun PC Anda.

Agar bisa memperbaikinya, terdapat berbagai macam cara di bawah ini, antara lain:

  • Anda bisa klik menu Start di pojok kiri bawah dan membuka menu Settings. Kemudian Anda harus memilih Update & Security pada menu Settings tersebut dan klik.
  • Lalu Anda bisa memilih menu Windows Update serta klik pada tombol Periksa Pembaruan.
  • Selanjutnya, akan ada beberapa pembaruan yang muncul dan klik tombol Unduh agar bisa melanjutkan proses pembaruan tersebut. Setelahnya, Anda tinggal menunggu hingga proses pengunduhan selesai.
  • Apabila semua proses pengunduhan sudah selesai, maka Anda harus melakukan restart kembali laptop maupun PC Anda. Hal ini dilakukan agar proses pembaruan yang sudah diunduh dapat aktif dan bisa dijalankan.

Itulah lima metode yang bisa Anda coba dan lakukan mengenai cara mengatasi 0xc00007b yang muncul di layar laptop maupun PC Anda. Terutama bagi Anda yang memiliki perangkat dengan sistem operasi Windows 10.

Semoga dengan adanya tutorial ini bisa membantu Anda mengatasi permasalahan kode eror 0xc00007b dan selamat mencoba.