Notifications
Translate Page

Penyebab dan Cara Mengatasi Device is Unreachable di Windows 10 (Android/Iphone)

cara mengatasi Device is Unreachable di Windows 10

Masalah Device is Unreachable di Windows 10 di Android maupun di iPhone kerap terjadi ketika sedang melakukan transfer data, dan ini membutuhkan solusi dan cara mengatasi dengan benar.

Mentransfer data merupakan tindakan yang umum dilakukan oleh pengguna perangkat smartphone saat ini, baik itu dari Android ke PC maupun dari iPhone ke PC. Proses transfer data ini dapat berlangsung dengan cepat jika menggunakan kabel sebagai media penghubung antara perangkat-perangkat tersebut.

Namun, terkadang pengguna yang biasanya dapat melakukan transfer data dengan mudah hanya dengan menghubungkan smartphone ke PC dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 mungkin menghadapi kendala berupa pesan error “This device is unreachable”. Masalah ini mengakibatkan kami tidak dapat mentransfer foto, video, musik, atau file lainnya.

Kendala tersebut dapat muncul pada berbagai perangkat, baik itu Android maupun iPhone. Kami sendiri baru saja mengalami masalah ini sebelum menulis artikel ini, sehingga hal tersebut menjadi motivasi bagi kami untuk membuat konten dengan judul “Cara Memperbaiki Device is Unreachable di Windows 10 (Android/iPhone)” saat ini. Jika Anda mengalami masalah dengan pembaruan Windows, Anda dapat mengatasinya dengan mematikan pembaruan Windows melalui tautan yang kami berikan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menghadapi masalah serupa, kami telah menyiapkan solusi yang dapat membantu memperbaiki atau mengatasi masalah “device is unreachable” pada Android atau iPhone ketika terhubung dengan Windows 10 dalam proses transfer data.

Penyebab Device is Unreachable

Pesan “Device is Unreachable” di Windows 10 muncul ketika sistem operasi tidak dapat menghubungkan atau menjangkau perangkat eksternal yang terhubung ke komputer. Beberapa alasan umum mengapa hal ini bisa terjadi meliputi:

1. Koneksi fisik yang tidak stabil

Kabel atau koneksi nirkabel yang menghubungkan perangkat eksternal dengan komputer mungkin tidak terpasang dengan benar atau rusak. Hal ini dapat mengganggu komunikasi antara perangkat dan komputer.

2. Konflik driver

Driver perangkat yang usang, tidak kompatibel, atau rusak dapat menyebabkan perangkat tidak terjangkau. Windows membutuhkan driver yang tepat untuk dapat berkomunikasi dengan perangkat secara efektif.

3. Perangkat eksternal mati atau tidak terpasang dengan benar

Jika perangkat eksternal tidak menyala atau tidak terpasang dengan benar, Windows tidak akan dapat mengaksesnya.

4. Masalah pada port USB

Port USB yang bermasalah pada komputer dapat mengakibatkan perangkat tidak terjangkau. Port USB yang rusak atau kotor dapat mengganggu koneksi dan menyebabkan pesan “Device is Unreachable” muncul.

5. Konflik dengan program keamanan

Beberapa program keamanan, seperti antivirus atau firewall, dapat memblokir koneksi antara perangkat eksternal dan komputer. Mereka mungkin salah mengidentifikasi perangkat sebagai ancaman potensial dan memblokir akses ke perangkat tersebut.

6. Masalah sistem operasi

Tergantung pada kondisi dan konfigurasi komputer, Windows 10 mungkin mengalami masalah internal yang mempengaruhi kemampuannya untuk mengenali dan berkomunikasi dengan perangkat eksternal.

Penting untuk dicatat bahwa setiap kasus “Device is Unreachable” dapat memiliki penyebab yang berbeda-beda. Oleh karena itu, langkah-langkah penyelesaian masalah yang efektif bisa bervariasi tergantung pada situasi masing-masing.

Cara Mengatasi Device is Unreachable di Android

Solusi untuk memperbaiki masalah “Device is Unreachable” pada perangkat Android cukup mudah dan sederhana. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat Android Anda.
  2. Cari dan pilih opsi “Tentang Ponsel” atau “Tentang Perangkat” di dalam menu Pengaturan.
  3. Di dalam opsi tersebut, cari dan klik beberapa kali pada “Device Model” hingga Anda melihat pesan yang menyatakan “Anda adalah seorang pengembang” atau “Your is Developer”.
  4. Setelah itu, kembali ke menu Pengaturan dan cari opsi “Mode Pengembang” atau “Developer Options”.
  5. Masuk ke dalam Mode Pengembang, kemudian aktifkan opsi “USB Debugging”.
  6. Setelah mengaktifkan USB Debugging, lepas dan pasang kembali kabel USB yang menghubungkan perangkat Android Anda dengan Windows 10.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, seharusnya masalah “Device is Unreachable” pada perangkat Android Anda ketika terhubung dengan Windows 10 dalam proses transfer data dapat teratasi.

Cara Mengatasi Device is Unreachable di iPhone

Apabila Anda mengalami masalah “Device is Unreachable” pada perangkat iPhone, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk memperbaikinya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada iPhone Anda.
  2. Pilih opsi “Foto & Kamera” atau “Pengaturan Foto”.
  3. Gulir ke bagian bawah hingga Anda menemukan opsi “Transfer ke Mac atau PC” atau “Transfer to Mac or PC”.
  4. Di opsi ini, Anda akan melihat dua pilihan yang tersedia.
  5. Pilih atau tandai opsi “Original” atau “Keep Originals”. Biasanya, opsi ini secara default diatur sebagai “Automatic”, namun Anda perlu mengubahnya menjadi “Original” untuk mengatasi masalah “Device is Unreachable”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya dapat memperbaiki masalah “Device is Unreachable” pada perangkat iPhone Anda. Setelah mengubah preferensi transfer menjadi “Original”, Anda dapat mencoba menyambungkan iPhone ke PC dan melakukan transfer data tanpa mengalami kendala.