Notifications
Translate Page

3 Cara Memperbaiki NVIDIA Driver Tanda Seru Kuning

NVIDIA Driver Tanda Seru Kuning

Bagi para pengguna Windows tentu menyadari apabila tanpa adanya driver yang sudah terinstal pada laptop maupun komputer maka software maupun hardware bakal tidak berfungsi dengan baik. Itu termasuk dengan NVIDIA driver tanda seru kuning.

Tidak hanya NVIDIA, driver-driver lainnya yang bermasalah pastinya aka nada tanda seru berwarna kuning ataupun X merah pada ikon driver yang terletak di Device Manager. Hal ini bisa terjadi saat Anda lupa untuk memasang driver usai menginstal ulang sistem operasi laptop atau PC.

Ada beberapa yang bisa menjalakan Windows Update ataupun menginstal sendiri lewat situs resmi, masalah ini bisa terselesaikan. Langsung saja simak baik-baik semua penjabaran mengenai penyebab hingga solusi pada artikel ini.

Penyebab NVIDIA Driver Tanda Seru Kuning dan Tidak Beroperasi Optimal

Perlu Anda ketahui bahwa munculnya tanda seru berwarna kuning yang terjadi pada driver umumnya karena driver yang sudah Anda instal itu ternyata tidak kompatibel dengan laptop ataupun PC Anda.

Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan munculnya NVIDIA driver tanda seru kuing dan tidak dapat beroperasi secara optimal. Apa sajakah itu?

a) Driver yang sudah terinstal ternyata tidak kompatibel

Tiap hardware mempunyai driver yang beragam. Bila Anda salah menginstal driver hardware pada laptop ataupun PC, ikon driverdi Device Manager bakal ada tanda seru yang berwarna kuning .

b) Adanya serangan virus atau malware

Jika ada virus dan malware yang menyerang sistem, maka perangkat tersembut tengah bermasalah. Hal itu yang bisa mengubah dan juga menghapus file di sistem. Pada akhirnya itu juga yang membuat beberapa program dan file bisa bermasalah serta tidak bisa terbuka sama sekali.

c) File sistem tengah bermasalah

Ada kemungkinan permasalahan driver yang bertanda seru kuning ini karena ada file sistem yang bermasalah. Contohnya saja, adanya kegagalan Windows Update, serangan virus atau malware, hingga tidak sengaja ada modifikasi

d) Hardware mengalami kerusakan

Hardware mengalami kerusakan juga bisa menjadi salah satu penyebab permasalahan ini. Device Managaer tentu bisa mendeteksi adanya kesalahan pada driver maupun hardware.

Panduan Memperbaiki NVIDIA Driver Tanda Seru Berwarna Kuning yang Harus Anda Ketahui

Usai memahami mengenai penyebab NDIVIA driver tanda seru kuning di atas, ada sejumlah panduan bisa Anda ikuti untuk memperbaikinya di Device Manager. Paling mudahnya, Anda bisa mengoperasikan update driver atau menginstal ulang driver tersebut.

Di samping itu, jika masih belum teratasi, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini sesuai dengan kode eror yang muncul. Langkah-langkah tersebut yakni:

1. Memakai Software Pendeteksi Driver

Cara pertama ialah dengan memakai software pendeteksi atau pencari driver. Ada software yang bisa mencarikan driver gratis yakni DriverPack Solution. Dengan ukuran 7-10 GB, software ini menyediakan driver lengkap dari berbagar versi dan juga vendor resmi lainnya.

Software ini mempunyai banyak manfaatnya, namun Anda harus mempersiapkan ruang penyimpanan terlebih dahulu. Saat menginstal driver, maka laptop ataupun PC Anda bisa menginstal banyak software lainnya, seperti software alternatif yang jauh lebih ringan dan lebih mudah. namun, rata-rata software tersebut berbayar.

2. Menginstal Ulang Driver

Untuk bisa menginstal ulang driver pada laptop ataupun PC, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini, yakni:

  • Membuka Device Manager
  • Kemudian Anda bisa mengklik kanan pada driver lalu memilih Uninstall device dan Anda klik Uninstall kembali agar bisa konfirmasi penghapusan
  • Setelah itu, Anda bisa melakukan restart perangkah dan Windows pun bakal menginstal ulang driver tersebut secara otomatis

Selain itu, ada tahapan selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan menjalankan Widows Update. Tahapan-tahapan tersebut antara lain:

  • Bukalah menu Settings untuk masuk ke dalam fitur Update & Security dan pilih Windows Update
  • Anda bisa mengklik Check for updates agar bisa melihat versi terbarunya
  • Selanjutnya, Anda bisa melakukan update
  • Usai memperbarui, Anda bisa restart laptop ataupun PC Anda

3. Memanfaatkan CD Driver Bawaan

Cara terakhir untuk memperbaiki NVIDIA driver tanda seru kuning adalah dengan memanfaatkan CD driver bawaan. Ketika membeli laptop atau hardware tambahan, ada CD driver yang sudah masuk ke dalam satu paket pembelian.

Apabila Anda tidak berhasil menemukannya, Anda bisa menginstalnya dengan manual dengan mencari driver lewat koneksi internet. Berikut cara-cara menginstal driver melalui CD, antara lain:

  • Masukkan CD driver ke dalam laptop ataupun komputer hingga terdeteksi perangkat sistem Windows
  • Apabila sudah terdeteksi, Anda bisa menekan tombol Windows + X secara bersamaan agar bisa membuka Device Manager
  • Kemudian Anda bisa klik kanan pada driver yang bermasalah tersebut lalu pilih Properties dan klik Update Driver pada tab Driver
  • Klik Browse my computer for driver software dan arahkan pada Search for driver software in this location kemudian klik Next
  • Setelah itu, Anda hanya menunggu proses instalasi tersebut hingga selesai lalu Anda bisa melakukan restart pada laptop ataupun PC Anda