Notifications
Translate Page

Cara Blokir Iklan di Chrome Android: Tips dan Trik Terbaru

Cara Blokir Iklan di Chrome Android: Tips dan Trik Terbaru

Hai, pengguna Chrome Android! Apakah Anda juga sering merasa terganggu dengan iklan yang sering muncul saat Anda sedang browsing di ponsel pintar Anda? Jangan khawatir, kami punya solusinya! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara blokir iklan di Chrome Android, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman browsing yang lebih lancar dan bebas gangguan. Simak terus untuk mengetahui tips dan trik terbaru!

Sebelum kita mulai, penting untuk diketahui bahwa Chrome Android tidak memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Kami akan membahas beberapa cara yang telah terbukti efektif dalam menghilangkan iklan yang mengganggu. Mari kita mulai!

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menghilangkan iklan dengan cepat dan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Adblock Plus atau AdGuard. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan akan membantu Anda memblokir iklan yang muncul saat Anda menggunakan Chrome Android. Dengan menginstal aplikasi ini, Anda dapat menikmati browsing yang lebih bersih dan lancar tanpa iklan yang mengganggu.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Pertama, buka Google Play Store di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Cari Aplikasi Pihak Ketiga

Setelah itu, cari aplikasi pihak ketiga seperti Adblock Plus atau AdGuard di Google Play Store. Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk memudahkan pencarian aplikasi yang Anda inginkan.

Langkah 3: Unduh dan Instal Aplikasi

Setelah menemukan aplikasi yang Anda inginkan, ketuk tombol "Unduh" atau "Pasang" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di ponsel Anda.

Langkah 4: Buka Aplikasi

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi yang telah Anda unduh di ponsel Anda.

Setelah Anda membuka aplikasi pihak ketiga, Anda mungkin perlu melakukan beberapa konfigurasi tambahan agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengaktifkan fitur blokir iklan di Chrome Android Anda.

Mengaktifkan Fitur Blokir Pop-Up di Chrome

Chrome Android memiliki fitur bawaan untuk memblokir pop-up yang dapat mengganggu saat Anda sedang browsing. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Chrome

Pertama, buka aplikasi Chrome di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Buka Pengaturan

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan Chrome.

Langkah 3: Pilih "Pengaturan"

Dalam menu pengaturan, pilih opsi "Pengaturan".

Langkah 4: Pilih "Situs web" dan "Iklan"

Gulir ke bawah dan pilih opsi "Situs web" dan kemudian "Iklan".

Langkah 5: Matikan Opsi "Izinkan Pop-up"

Pada halaman pengaturan iklan, matikan opsi "Izinkan pop-up" dengan menggeser tombol ke sisi sebaliknya.

Dengan mengaktifkan fitur ini, Chrome akan secara otomatis memblokir pop-up yang mengganggu saat Anda melakukan browsing. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini mungkin tidak mampu menghapus semua jenis iklan, jadi Anda mungkin masih perlu menggunakan metode lain juga.

Menggunakan Ekstensi Blokir Iklan di Chrome

Jika Anda lebih suka menggunakan Chrome tanpa aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat menginstal ekstensi blokir iklan di Chrome Android. Beberapa ekstensi populer yang dapat Anda gunakan adalah uBlock Origin dan AdBlock. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal ekstensi di Chrome Android:

Langkah 1: Buka Aplikasi Chrome

Pertama, buka aplikasi Chrome di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Buka Pengaturan

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan Chrome.

Langkah 3: Pilih "Pengaturan"

Dalam menu pengaturan, pilih opsi "Pengaturan".

Langkah 4: Buka "Ekstensi"

Gulir ke bawah dan pilih opsi "Ekstensi".

Langkah 5: Aktifkan "Izinkan Ekstensi dari Sumber yang Tidak Dikenal"

Aktifkan opsi "Izinkan ekstensi dari sumber yang tidak dikenal" dengan menggeser tombol ke sisi sebaliknya. Ini memungkinkan Anda menginstal ekstensi yang tidak tersedia di Google Play Store.

Langkah 6: Unduh dan Instal Ekstensi

Unduh ekstensi blokir iklan yang Anda inginkan dari sumber terpercaya. Anda dapat mencari ekstensi ini di situs resmi ekstensi Chrome atau di situs web lain yang menyediakan ekstensi yang Anda cari.

Langkah 7: Aktifkan Ekstensi

Setelah selesai mengunduh dan menginstal ekstensi, buka menu pengaturan Chrome lagi dan pilih opsi "Ekstensi". Aktifkan ekstensi blokir iklan yang telah Anda instal dengan menggeser tombol ke sisi sebaliknya.

Dengan menginstal ekstensi blokir iklan di Chrome Android, Anda dapat menghilangkan iklan yang mengganggu saat Anda sedang browsing. Pastikan Anda hanya menginstal ekstensi dari sumber terpercaya untuk menghindari masalah keamanan.

Mengatur Pengaturan Situs Web

Anda juga dapat memanfaatkan pengaturan situs web di Chrome Android untuk mengontrol iklan yang muncul saat Anda browsing. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi Chrome

Pertama, buka aplikasi Chrome di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Buka Pengaturan

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan Chrome.

Langkah 3: Pilih "Pengaturan"

Dalam menu pengaturan, pilih opsi "Pengaturan".

Langkah 4: Buka "Situs web"

Gulir ke bawah dan pilih opsi "Situs web".

Langkah 5: Pilih "Iklan"

Pilih opsi "Iklan" untuk membuka pengaturan iklan.

Langkah 6: Matikan Opsi "Tampilkan Iklan yang Diizinkan"

Matikan opsi "Tampilkan iklan yang diizinkan" dengan menggeser tombol ke sisi sebaliknya. Ini akan membantu mengontrol iklan yang muncul saat Anda browsing di Chrome Android.

Dengan mengatur pengaturan situs web ini, Anda dapat mengontrol iklan yang muncul saat Anda browsing dengan lebih baik. Namun, perlu diingatbahwa beberapa situs web mungkin tetap menampilkan iklan meskipun Anda telah mematikan opsi ini. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan metode lain yang telah dijelaskan sebelumnya, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga atau ekstensi blokir iklan.

Menggunakan Mode Penyamaran

Jika Anda ingin browsing tanpa iklan, Anda juga dapat menggunakan mode penyamaran di Chrome Android. Mode penyamaran akan menghapus riwayat browsing dan mengaktifkan fitur blokir iklan secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan mode penyamaran:

Langkah 1: Buka Aplikasi Chrome

Pertama, buka aplikasi Chrome di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Buka Menu Pengaturan

Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan Chrome.

Langkah 3: Pilih "Mode Penyamaran"

Pada menu pengaturan, pilih opsi "Mode Penyamaran".

Langkah 4: Mulai Browsing

Setelah memilih mode penyamaran, Anda dapat mulai browsing seperti biasa. Chrome akan menghapus riwayat browsing Anda dan mengaktifkan fitur blokir iklan secara otomatis.

Dengan menggunakan mode penyamaran, Anda dapat menikmati pengalaman browsing yang bebas iklan. Namun, perlu diingat bahwa mode penyamaran tidak menyembunyikan aktivitas browsing Anda dari penyedia layanan internet atau situs web yang Anda kunjungi. Jadi, pastikan Anda tetap berhati-hati saat melakukan aktivitas online.

Mengupdate Chrome Android ke Versi Terbaru

Selalu pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari Chrome Android. Chrome secara teratur mengeluarkan pembaruan dengan perbaikan keamanan dan fitur baru, termasuk fitur blokir iklan yang lebih efektif. Untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman browsing terbaik, periksalah pembaruan Chrome secara teratur di Google Play Store dan pastikan Anda selalu menginstal versi terbaru.

Untuk memeriksa pembaruan Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Cari Chrome

Gunakan fitur pencarian di Play Store untuk mencari aplikasi Chrome.

Langkah 3: Cek Pembaruan

Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihat tombol "Update" di halaman aplikasi Chrome. Ketuk tombol tersebut untuk mengunduh dan menginstal pembaruan terbaru.

Dengan menggunakan versi terbaru Chrome Android, Anda dapat memanfaatkan fitur blokir iklan yang lebih baik dan meningkatkan keamanan dan kinerja browser Anda.

Menggunakan DNS yang Memblokir Iklan

Anda juga dapat menggunakan DNS yang telah dikonfigurasi untuk memblokir iklan. DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menerjemahkan alamat situs web menjadi alamat IP yang dapat dimengerti oleh komputer. Beberapa DNS populer yang dapat Anda gunakan untuk memblokir iklan adalah AdGuard DNS dan OpenDNS.

Langkah-langkah untuk mengubah DNS di ponsel Android Anda dapat bervariasi tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Pilih "Jaringan dan Internet"

Pilih opsi "Jaringan dan Internet" atau "Koneksi" tergantung pada versi Android Anda.

Langkah 3: Pilih "Wi-Fi" atau "Koneksi Seluler"

Pilih opsi "Wi-Fi" jika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi atau pilih opsi "Koneksi Seluler" jika Anda menggunakan koneksi data seluler.

Langkah 4: Ketuk dan Tahan Jaringan yang Digunakan

Temukan jaringan yang sedang Anda gunakan dan ketuk dan tahan jaringan tersebut untuk membuka opsi pengaturan.

Langkah 5: Pilih "Ubah Jaringan"

Pilih opsi "Ubah Jaringan" untuk mengubah pengaturan jaringan yang sedang Anda gunakan.

Langkah 6: Pilih "Tampilkan Opsi Lanjutan"

Pilih opsi "Tampilkan Opsi Lanjutan" untuk melihat pengaturan DNS.

Langkah 7: Pilih "DNS" dan "Statik"

Pilih opsi "DNS" dan pilih "Statik" untuk mengatur DNS secara manual.

Langkah 8: Masukkan Alamat DNS

Masukkan alamat DNS yang Anda inginkan. Misalnya, Anda dapat menggunakan "176.103.130.130" untuk AdGuard DNS.

Langkah 9: Simpan Pengaturan

Setelah memasukkan alamat DNS, tekan tombol "Simpan" atau "Terapkan" untuk menyimpan pengaturan.

Dengan mengubah DNS Anda ke DNS yang memblokir iklan, Anda dapat mengurangi jumlah iklan yang muncul saat Anda browsing di Chrome Android. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan DNS eksternal mungkin mempengaruhi kecepatan dan stabilitas koneksi internet Anda.

Menghapus Cache dan Data Chrome

Jika Anda masih mengalami masalah dengan iklan yang muncul di Chrome Android, cobalah menghapus cache dan data aplikasi Chrome. Cache adalah data yang disimpan sementara oleh aplikasi untuk mempercepat waktu respon dan mengurangi penggunaan data. Namun, terkadang cache yang terakumulasi dapat menyebabkan masalah, termasuk iklan yang muncul.

Langkah-langkah untuk menghapus cache dan data aplikasi Chrome dapat bervariasi tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.

Langkah 2: Pilih "Apps" atau "Aplikasi"

Pilih opsi "Apps" atau "Aplikasi" untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal di ponsel Anda.

Langkah 3: Cari dan Pilih "Chrome"

Cari aplikasi Chrome dalam daftar aplikasi dan pilih aplikasi tersebut.

Langkah 4: Pilih "Penyimpanan"

Pilih opsi "Penyimpanan" untuk melihat pengaturan penyimpanan aplikasi Chrome.

Langkah 5: Ketuk "Hapus Cache" dan "Hapus Data"

Ketuk opsi "Hapus Cache" untuk menghapus cache aplikasi Chrome. Jika masih ada masalah dengan iklan setelah menghapus cache, Anda juga dapat menghapus data aplikasi dengan memilih opsi "Hapus Data". Namun, perlu diingat bahwa menghapus data aplikasi akan menghapus pengaturan dan preferensi Anda di Chrome.

Dengan menghapus cache dan data Chrome, Anda dapat menghilangkan iklan yang mungkin disimpan dalam cache aplikasi. Namun, perlu diingat bahwa menghapus data aplikasi dapat mengakibatkan pengaturan dan preferensi Anda di Chrome kembali ke pengaturan default.

Menggunakan Browser Lain yang Memblokir Iklan

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda, Anda juga dapat menggunakan browser lain yang memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan. Beberapa browser populer yang dapat Anda coba adalah Firefox Focus, Brave Browser, dan Opera Mini. Unduh browser pilihan Anda dari Google Play Store dan nikmati pengalaman browsing yang bebas iklan!

Dengan menggunakan browser yang memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan, Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi pihak ketiga atau ekstensi tambahan. Berikut adalah beberapa browser yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Firefox Focus

Firefox Focus adalah browser yang dirancang khusus untuk menjaga privasi dan memblokir iklan secara efektif. Browser ini secara otomatis menghapus riwayat dan data saat Anda menutupnya, sehingga Anda dapat browsing tanpa meninggalkan jejak. Selain itu, Firefox Focus juga secara otomatis memblokir iklan dan pelacak saat Anda browsing, memberikan pengalaman browsing yang lebih lancar dan bebas iklan.

2. Brave Browser

Brave Browser adalah browser yang fokus pada kecepatan, keamanan, dan privasi. Browser ini memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan dan pelacak, sehingga Anda dapat menikmati pengalaman browsing yang bebas iklan. Brave Browser juga memiliki fitur lain seperti mode penyamaran, penghematan data, dan perlindungan privasi yang kuat.

3. Opera Mini

Opera Mini adalah browser yang dirancang untuk penggunaan yang ringan dan cepat. Browser ini memiliki fitur blokir iklan bawaan yang dapat menghilangkan iklan yang mengganggu saat Anda browsing. Opera Mini juga memiliki fitur kompresi data yang menghemat penggunaan data Anda, sehingga Anda dapat menghemat kuota internet Anda saat browsing.

Dengan menggunakan browser yang memiliki fitur bawaan untuk memblokir iklan, Anda dapat menghemat waktu dan usaha dalam mencari dan menginstal aplikasi pihak ketiga atau ekstensi tambahan. Cukup unduh salah satu browser di atas dan Anda siap untuk menikmati pengalaman browsing yang bebas iklan.

Menggunakan Pengaturan Proxy atau VPN

Jika Anda masih mengalami masalah dengan iklan yang sulit dihilangkan, Anda dapat mencoba menggunakan pengaturan proxy atau VPN. Dengan mengubah pengaturan ini, Anda dapat menyembunyikan alamat IP Anda dan memblokir iklan yang muncul berdasarkan lokasi geografis. Ada banyak aplikasi proxy dan VPN yang tersedia di Google Play Store, seperti NordVPN dan ExpressVPN. Cari aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti petunjuk untuk mengatur proxy atau VPN di Chrome Android.

Proxy dan VPN dapat membantu Anda memblokir iklan yang sulit dihilangkan, namun perlu diingat bahwa penggunaan proxy atau VPN mungkin mempengaruhi kecepatan dan stabilitas koneksi internet Anda. Selain itu, pastikan Anda memilih aplikasi proxy atau VPN yang terpercaya dan aman untuk melindungi privasi dan keamanan Anda saat browsing.

Menjaga Keamanan dan Privasi saat Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga atau Ekstensi

Ketika menggunakan aplikasi pihak ketiga atau ekstensi blokir iklan, penting untuk menjaga keamanan dan privasi Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan dan privasi saat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau ekstensi:

1. Unduh dari Sumber Terpercaya

Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi pihak ketiga atau ekstensi blokir iklan dari sumber terpercaya, seperti Google Play Store atau situs resmi pengembang. Hindari mengunduh dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan, karena aplikasi tersebut mungkin berisi malware atau mengancam privasi Anda.

2. Periksa Ulasan Pengguna

Sebelum menginstal aplikasi pihak ketiga atau ekstensi, periksa ulasan pengguna untuk mendapatkan informasi tentang kualitas dan keamanan aplikasi tersebut. Ulasan pengguna dapat memberikan wawasan tentang pengalaman pengguna lain dalam menggunakan aplikasi tersebut.

3. Perbarui Secara Teratur

Pastikan Anda selalu memperbarui aplikasi pihak ketiga atau ekstensi blokir iklan ke versi terbaru. Pembaruan tersebut mungkin berisi perbaikan keamanan dan fitur baru yang dapat meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi.

4. Berikan Izin yang Diperlukan

Ketika menginstal aplikasi pihak ketiga atau ekstensi, periksa izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. Berikan izin yang diperlukan untuk aplikasi berfungsi dengan baik, namun hindari memberikan izin yang tidak relevan atau berisiko bagi privasi Anda.

5. Matikan Jika Tidak Digunakan

Jika Anda tidak lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga atau ekstensi blokir iklan, matikan atau hapus aplikasi tersebut dari ponsel Anda. Ini dapat membantu mengurangi kemungkinan masalah keamanan atau privasi yang mungkin terkait dengan aplikasi tersebut.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjaga keamanan dan privasi Anda saat menggunakan aplikasi pihak ketiga atau ekstensi blokir iklan. Tetap waspada dan selalu prioritaskan keamanan dan privasi Anda saat browsing di Chrome Android.

Demikianlah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk memblokir iklan di Chrome Android. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Dengan mengikuti tips dan trik ini, Anda dapat menikmati pengalaman browsing yang lebih lancar, bebas iklan, dan menjaga keamanan serta privasi Anda saat online.