Notifications
Translate Page

Cara Kirim Foto iPhone ke Android: Panduan Lengkap

Cara Kirim Foto iPhone ke Android: Panduan Lengkap

Saat beralih dari iPhone ke Android, salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah bagaimana mengirim foto dari iPhone ke perangkat Android. Meskipun kedua sistem operasi ini berbeda, namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim foto dari iPhone ke Android dengan mudah dan cepat.

Kirim Foto Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengirim foto dari iPhone ke Android dengan cepat, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti SHAREit, Google Photos, atau Dropbox. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengirim foto dengan mudah melalui jaringan Wi-Fi atau Bluetooth. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mengikuti petunjuk instalasi, dan memilih foto yang ingin Anda kirim.

SHAREit

SHAREit adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer digunakan untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Anda dapat mengunduh aplikasi SHAREit dari App Store di iPhone dan Play Store di Android. Setelah menginstal aplikasi di kedua perangkat, buka aplikasi di iPhone dan Android, pilih "Kirim" di iPhone dan "Terima" di Android. Kemudian, pilih foto yang ingin Anda kirim di iPhone dan tunggu proses pengiriman selesai. Di perangkat Android, foto tersebut akan tersimpan di galeri Anda.

Google Photos

Google Photos adalah aplikasi penyimpanan foto yang juga dapat digunakan untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Photos di iPhone dan Android. Setelah itu, buka aplikasi di kedua perangkat, masuk dengan akun Google yang sama, dan pilih foto yang ingin Anda kirim di iPhone. Kemudian, pilih opsi "Bagikan" atau "Share", dan pilih aplikasi Google Photos sebagai metode pengiriman. Di perangkat Android, buka aplikasi Google Photos dan temukan foto yang telah Anda kirim di folder "Bagikan dengan saya".

Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud yang juga dapat digunakan untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Dropbox di kedua perangkat. Setelah itu, buka aplikasi di iPhone dan Android, masuk dengan akun Dropbox yang sama, dan unggah foto yang ingin Anda kirim di iPhone. Setelah proses unggah selesai, buka aplikasi Dropbox di perangkat Android, dan unduh foto tersebut ke galeri Anda.

Menggunakan Email

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Anda, Anda dapat menggunakan email untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Caranya cukup sederhana, Anda hanya perlu membuka aplikasi email di iPhone Anda, membuat pesan baru, menambahkan foto yang ingin Anda kirim sebagai lampiran, dan mengirimkannya ke alamat email Anda sendiri. Setelah itu, buka aplikasi email di perangkat Android Anda, buka pesan yang Anda kirim, dan unduh foto tersebut.

Pesan Baru dengan Lampiran Foto

Langkah pertama adalah membuka aplikasi email di iPhone Anda dan membuat pesan baru. Setelah itu, pilih opsi untuk menambahkan lampiran atau foto ke pesan Anda. Pilih foto yang ingin Anda kirim dari galeri iPhone Anda. Setelah memilih foto, Anda dapat menambahkan pesan atau catatan tambahan jika diperlukan. Setelah semua selesai, kirimkan pesan tersebut ke alamat email Anda sendiri.

Unduh Foto di Perangkat Android

Selanjutnya, buka aplikasi email di perangkat Android Anda dan cari pesan yang berisi foto yang Anda kirim dari iPhone. Buka pesan tersebut dan temukan lampiran foto di dalamnya. Klik atau ketuk lampiran foto tersebut, dan Anda akan melihat opsi untuk mengunduh foto tersebut ke perangkat Android Anda. Pilih opsi untuk mengunduh foto dan tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, foto tersebut akan tersimpan di galeri perangkat Android Anda.

Kirim Foto Melalui Pesan

Jika Anda memiliki koneksi data atau Wi-Fi yang stabil, Anda dapat menggunakan layanan pesan instan seperti WhatsApp atau Telegram untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Buka aplikasi pesan di iPhone Anda, mulai percakapan dengan kontak yang ingin Anda kirim foto, pilih ikon pengiriman foto, pilih foto yang ingin Anda kirim, dan kirimkannya. Di perangkat Android, buka pesan yang Anda terima, dan unduh foto tersebut.

WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang populer digunakan untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp di kedua perangkat. Setelah itu, buka aplikasi di iPhone dan Android, masuk dengan nomor telepon yang sama, dan temukan kontak yang ingin Anda kirim foto di daftar kontak Anda. Buka percakapan dengan kontak tersebut, pilih ikon pengiriman foto, pilih foto yang ingin Anda kirim, dan kirimkannya. Di perangkat Android, buka pesan yang Anda terima, dan unduh foto tersebut.

Telegram

Telegram adalah aplikasi pesan instan lain yang dapat digunakan untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Unduh dan instal aplikasi Telegram di kedua perangkat, lalu buka aplikasi di iPhone dan Android. Daftar atau masuk dengan akun Telegram yang sama di kedua perangkat. Kemudian, temukan kontak yang ingin Anda kirim foto di daftar kontak Anda, buka percakapan dengan kontak tersebut, pilih ikon pengiriman foto, pilih foto yang ingin Anda kirim, dan kirimkannya. Di perangkat Android, buka pesan yang Anda terima, dan unduh foto tersebut.

Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Cloud

Jika Anda menggunakan layanan penyimpanan cloud seperti iCloud atau Google Drive, Anda dapat mengunggah foto dari iPhone ke cloud, dan mengunduhnya kembali di perangkat Android. Pastikan Anda memiliki aplikasi cloud yang terpasang di kedua perangkat. Buka aplikasi cloud di iPhone Anda, unggah foto yang ingin Anda kirim, dan tunggu hingga proses unggah selesai. Kemudian, buka aplikasi cloud di perangkat Android Anda, dan unduh foto yang telah Anda unggah.

iCloud

Untuk menggunakan iCloud, pastikan Anda memiliki akun iCloud yang aktif dan terhubung dengan iPhone Anda. Buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda, pilih akun Anda di bagian atas, pilih "iCloud", dan pastikan fitur "Foto iCloud" diaktifkan. Setelah itu, buka aplikasi Foto di iPhone Anda, pilih foto yang ingin Anda kirim, dan pilih opsi untuk mengunggah foto ke iCloud. Setelah proses unggah selesai, buka aplikasi iCloud di perangkat Android Anda, masuk dengan akun iCloud yang sama, dan unduh foto dari folder "Foto" di aplikasi iCloud.

Google Drive

Jika Anda menggunakan Google Drive, pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Drive di kedua perangkat. Setelah itu, buka aplikasi Google Drive di iPhone Anda, masuk dengan akun Google yang sama, dan unggah foto yang ingin Anda kirim ke Google Drive. Tunggu hingga proses unggah selesai, kemudian buka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda, masuk dengan akun Google yang sama, dan temukan foto yang telah Anda unggah di folder Google Drive. Unduh foto tersebut dan simpan di galeri perangkat Android Anda.

Kirim Foto Melalui Bluetooth

Jika perangkat Android Anda mendukung transfer file melalui Bluetooth, Anda dapat mengirim foto dari iPhone ke Android menggunakan Bluetooth. Caranya adalah dengan mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat, memilih foto yang ingin Anda kirim di iPhone Anda, memilih opsi "Bagikan" atau "Share", memilih opsi "Bluetooth", dan pilih perangkat Android yang ingin Anda kirim foto. Di perangkat Android, terima foto tersebut melalui notifikasi Bluetooth dan simpan di galeri Anda.

Aktifkan Bluetooth di

Aktifkan Bluetooth di Kedua Perangkat

Langkah pertama adalah mengaktifkan Bluetooth di kedua perangkat, yaitu iPhone dan perangkat Android. Buka pengaturan di iPhone Anda, cari dan pilih opsi "Bluetooth". Geser tombol "Bluetooth" ke posisi "On" atau "Aktif". Lakukan hal yang sama di perangkat Android Anda, dengan membuka pengaturan, mencari opsi "Bluetooth", dan mengaktifkannya.

Pilih Foto yang Ingin Dikirim di iPhone

Buka galeri foto di iPhone Anda dan cari foto yang ingin Anda kirim ke perangkat Android. Setelah menemukan foto tersebut, ketuk dan tahan foto tersebut hingga muncul menu pop-up. Pilih opsi "Bagikan" atau "Share" di menu tersebut.

Pilih Opsi "Bluetooth"

Setelah memilih opsi "Bagikan" atau "Share", Anda akan melihat berbagai opsi pengiriman. Pilih opsi "Bluetooth" dari daftar opsi tersebut. iPhone Anda akan mulai mencari perangkat Android yang terhubung melalui Bluetooth.

Pilih Perangkat Android yang Ingin Anda Kirim Foto

Di perangkat Android, pastikan Bluetooth juga diaktifkan. Setelah itu, buka pengaturan Bluetooth di perangkat Android Anda. Pada daftar perangkat yang terlihat, Anda akan melihat nama iPhone Anda. Pilih nama iPhone Anda untuk menghubungkan kedua perangkat melalui Bluetooth.

Terima Foto Melalui Notifikasi Bluetooth di Perangkat Android

Setelah menghubungkan kedua perangkat melalui Bluetooth, Anda akan melihat notifikasi di perangkat Android yang meminta persetujuan untuk menerima foto dari iPhone. Ketuk notifikasi tersebut dan izinkan perangkat Android untuk menerima foto. Setelah itu, foto tersebut akan otomatis disimpan di galeri perangkat Android Anda.

Menggunakan Aplikasi Perpindahan Data

Jika Anda ingin mengirim foto beserta data lainnya, seperti kontak, pesan, dan file lainnya dari iPhone ke Android, Anda dapat menggunakan aplikasi perpindahan data seperti Smart Switch Mobile atau Move to iOS. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mentransfer data dengan cepat dan mudah melalui jaringan Wi-Fi atau kabel USB. Pastikan Anda mengikuti petunjuk instalasi aplikasi yang sesuai dengan perangkat Anda agar proses transfer dapat berhasil.

Smart Switch Mobile

Jika Anda memiliki perangkat Android Samsung baru, Anda dapat menggunakan aplikasi Smart Switch Mobile untuk mentransfer data dari iPhone ke Android. Unduh dan instal aplikasi Smart Switch Mobile di perangkat Android Anda. Setelah itu, buka aplikasi di perangkat Android dan pilih opsi "Transfer dari iOS". Di iPhone Anda, buka Pengaturan, pilih "iCloud", dan pastikan Anda telah mencadangkan data Anda ke iCloud. Kemudian, di perangkat Android, pilih opsi "Wired" atau "Wireless" dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mentransfer data dari iPhone ke Android.

Move to iOS

Jika Anda memiliki perangkat Android non-Samsung, Anda dapat menggunakan aplikasi Move to iOS untuk mentransfer data dari iPhone ke Android. Unduh dan instal aplikasi Move to iOS di perangkat Android Anda. Setelah itu, buka aplikasi di perangkat Android dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur perangkat Android Anda. Pada tahap "Apps & Data" di perangkat Android, pilih opsi "Move Data from Android". Di iPhone Anda, buka Pengaturan, pilih "Migrasi ke Android", dan pilih kode unik yang ditampilkan di perangkat Android. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mentransfer data dari iPhone ke Android.

Menggunakan Kartu SD

Jika iPhone Anda memiliki slot kartu SD, Anda dapat mengirim foto dari iPhone ke Android dengan menyimpan foto tersebut di kartu SD, dan memasukkan kartu SD tersebut ke perangkat Android. Caranya adalah dengan memasukkan kartu SD ke iPhone menggunakan dongle yang sesuai, menyimpan foto di kartu SD, dan mengeluarkan kartu SD dari iPhone. Selanjutnya, masukkan kartu SD ke perangkat Android, buka galeri, dan foto tersebut akan muncul di galeri Anda.

Memasukkan Kartu SD ke iPhone

Pastikan Anda telah membeli dongle yang sesuai untuk memasukkan kartu SD ke iPhone Anda. Pasang kartu SD ke dongle, lalu sambungkan dongle ke port Lightning di iPhone Anda. Setelah itu, buka aplikasi File di iPhone Anda dan pilih kartu SD sebagai perangkat penyimpanan eksternal. Anda dapat membuat folder khusus untuk menyimpan foto yang akan Anda kirim ke perangkat Android.

Simpan Foto di Kartu SD

Setelah mengakses kartu SD di iPhone Anda, buka galeri foto dan pilih foto yang ingin Anda kirim ke perangkat Android. Setelah memilih foto tersebut, pilih opsi "Pindahkan" atau "Salin" dan pilih folder tujuan di kartu SD. Tunggu hingga proses pindah atau salin selesai, dan pastikan foto tersebut telah tersimpan di kartu SD.

Masukkan Kartu SD ke Perangkat Android

Setelah menyimpan foto di kartu SD, keluarkan kartu SD dari dongle di iPhone Anda. Selanjutnya, masukkan kartu SD ke slot kartu SD di perangkat Android Anda. Setelah memasukkan kartu SD, buka aplikasi galeri di perangkat Android dan pilih folder kartu SD. Di dalam folder tersebut, Anda akan melihat foto yang telah Anda simpan dari iPhone. Anda dapat mengunduh foto tersebut ke galeri perangkat Android Anda jika ingin menyimpannya secara permanen.

Menggunakan Aplikasi Transfer File

Anda juga dapat menggunakan aplikasi transfer file seperti Xender atau Send Anywhere untuk mengirim foto dari iPhone ke Android. Aplikasi ini menggunakan teknologi Wi-Fi Direct untuk mentransfer file dengan cepat dan mudah antara kedua perangkat. Anda hanya perlu menginstal aplikasi yang sesuai di kedua perangkat, mengikuti petunjuk yang diberikan, dan mengirim foto yang ingin Anda kirim.

Xender

Unduh dan instal aplikasi Xender di kedua perangkat, yaitu iPhone dan perangkat Android. Setelah itu, buka aplikasi di kedua perangkat dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur perangkat Anda. Di perangkat iPhone, pilih opsi "Kirim" dan di perangkat Android, pilih opsi "Terima". Setelah itu, kedua perangkat akan terhubung melalui Wi-Fi Direct. Di iPhone, pilih foto yang ingin Anda kirim dan ketuk ikon "Kirim". Di perangkat Android, pilih opsi "Terima" dan foto tersebut akan otomatis terunduh ke perangkat Android Anda.

Send Anywhere

Unduh dan instal aplikasi Send Anywhere di kedua perangkat, yaitu iPhone dan perangkat Android. Buka aplikasi di kedua perangkat dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur perangkat Anda. Di perangkat iPhone, pilih foto yang ingin Anda kirim dan pilih opsi "Kirim". Di perangkat Android, pilih opsi "Terima" dan masukkan kode yang ditampilkan di perangkat iPhone. Setelah itu, foto tersebut akan otomatis terunduh ke perangkat Android Anda.

Kirim Foto Melalui Google Photos

Jika Anda sudah memiliki akun Google dan menggunakan Google Photos di iPhone dan Android, Anda dapat mengirim foto dari iPhone ke Android menggunakan Google Photos. Pastikan Anda telah mengunggah foto Anda ke Google Photos di iPhone. Buka Google Photos di perangkat Android Anda, cari foto yang ingin Anda kirim, dan pilih opsi "Bagikan" atau "Share". Kemudian, pilih metode pengiriman yang Anda inginkan, seperti email, pesan, atau media sosial, dan kirim foto tersebut.

Akses Google Photos di iPhone

Untuk mengakses Google Photos di iPhone, pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Photos dari App Store. Setelah itu, buka aplikasi Google Photos di iPhone dan masuk dengan akun Google yangsama yang Anda gunakan di perangkat Android. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda dapat membuatnya dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan di aplikasi.

Unggah Foto ke Google Photos di iPhone

Setelah masuk ke aplikasi Google Photos di iPhone, Anda akan melihat semua foto yang ada di galeri iPhone Anda. Pilih foto yang ingin Anda kirim ke perangkat Android. Anda dapat memilih satu foto atau beberapa foto sekaligus dengan menahan tombol Ctrl saat memilih. Setelah memilih foto, ketuk ikon "Bagikan" atau "Share" di bagian bawah layar.

Pilih Metode Pengiriman

Setelah memilih opsi "Bagikan" atau "Share", Anda akan melihat berbagai pilihan untuk mengirim foto tersebut. Pilih metode pengiriman yang Anda inginkan, seperti email, pesan, atau media sosial. Jika Anda ingin mengirim foto melalui email, pilih aplikasi email yang Anda gunakan dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengirim email dengan foto tersebut sebagai lampiran. Jika Anda ingin mengirim melalui pesan, pilih aplikasi pesan yang Anda gunakan dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengirim pesan dengan foto tersebut. Jika Anda ingin mengirim melalui media sosial, pilih aplikasi media sosial yang Anda gunakan dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk membagikan foto tersebut.

Terima Foto di Perangkat Android

Setelah Anda mengirim foto dari iPhone menggunakan Google Photos, buka perangkat Android Anda dan buka aplikasi Google Photos. Pastikan Anda telah masuk dengan akun Google yang sama yang Anda gunakan di iPhone. Setelah masuk, cari foto yang telah Anda kirim di aplikasi Google Photos. Ketuk foto tersebut untuk melihatnya dengan lebih jelas atau simpan foto tersebut ke galeri perangkat Android Anda.

Menggunakan Kabel USB

Jika Anda memiliki kabel USB yang sesuai, Anda dapat menghubungkan iPhone ke perangkat Android menggunakan kabel USB tersebut untuk mentransfer foto. Caranya adalah dengan menghubungkan iPhone ke perangkat Android menggunakan kabel USB, buka folder iPhone di komputer Anda, salin foto yang ingin Anda kirim, buka folder perangkat Android di komputer Anda, dan tempelkan foto tersebut di folder perangkat Android. Setelah itu, buka galeri di perangkat Android Anda, dan foto tersebut akan muncul di galeri Anda.

Hubungkan iPhone dan Perangkat Android dengan Kabel USB

Ambil kabel USB yang sesuai dan hubungkan ujung USB ke iPhone dan ujung lainnya ke perangkat Android. Pastikan kedua perangkat terhubung dengan baik dan terdeteksi oleh komputer Anda.

Buka Folder iPhone di Komputer Anda

Pada komputer Anda, buka File Explorer (Windows) atau Finder (Mac). Di sisi kiri jendela, Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung. Klik pada nama iPhone Anda untuk membuka folder perangkat iPhone di komputer Anda.

Salin Foto yang Ingin Anda Kirim

Di folder perangkat iPhone di komputer Anda, cari folder yang berisi foto-foto Anda. Buka folder tersebut dan temukan foto yang ingin Anda kirim ke perangkat Android. Pilih foto tersebut, lalu klik kanan dan pilih opsi "Salin" atau "Copy".

Buka Folder Perangkat Android di Komputer Anda

Selanjutnya, kembali ke File Explorer (Windows) atau Finder (Mac) dan temukan folder perangkat Android di komputer Anda. Klik pada folder tersebut untuk membukanya.

Tempelkan Foto di Folder Perangkat Android

Setelah membuka folder perangkat Android di komputer Anda, klik kanan di area kosong dalam folder tersebut dan pilih opsi "Tempel" atau "Paste". Foto yang Anda salin sebelumnya akan disalin ke folder perangkat Android tersebut.

Buka Galeri di Perangkat Android

Setelah menempelkan foto ke folder perangkat Android, lepaskan kabel USB dari iPhone dan perangkat Android. Selanjutnya, buka aplikasi galeri di perangkat Android Anda. Anda akan melihat foto yang telah Anda salin dari iPhone muncul di galeri Anda. Anda dapat mengklik foto tersebut untuk melihatnya dengan lebih jelas atau menyimpannya ke galeri perangkat Android Anda jika ingin menyimpannya secara permanen.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengirim foto dari iPhone ke Android. Dengan menggunakan salah satu metode yang telah kami jelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah dan cepat mengatasi masalah ini. Jadi, tidak perlu khawatir lagi ketika ingin berbagi foto dari iPhone ke perangkat Android Anda. Selamat mencoba!