Notifications
Translate Page

Cara Lihat Komentar di YouTube Android: Panduan Lengkap dan Komprehensif

Cara Lihat Komentar di YouTube Android: Panduan Lengkap dan Komprehensif

Selamat datang di blog kami! Apakah Anda pernah bingung tentang cara melihat komentar di YouTube menggunakan perangkat Android? Jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap dan komprehensif untuk membantu Anda memahami dan menggunakan fitur komentar di aplikasi YouTube Android. Dengan petunjuk yang jelas dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda akan segera dapat melihat dan berinteraksi dengan komentar yang ditinggalkan oleh pengguna lain di platform video terbesar ini.

YouTube adalah platform berbagi video yang sangat populer di seluruh dunia, dan komentar adalah salah satu aspek penting dari pengalaman pengguna di YouTube. Melalui komentar, pengguna dapat berbagi pendapat, memberikan umpan balik, atau bahkan membuat pertanyaan kepada pembuat konten. Oleh karena itu, mengetahui cara melihat dan berinteraksi dengan komentar di YouTube adalah hal yang sangat penting bagi semua pengguna Android.

Membuka Aplikasi YouTube di Perangkat Android Anda

Langkah pertama adalah membuka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi YouTube terbaru dari Google Play Store. Setelah itu, buka aplikasi dan masuk ke akun Google Anda jika diminta. Jika Anda belum memiliki akun Google, Anda perlu membuatnya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan fitur komentar di YouTube.

Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke beranda YouTube. Di sini, Anda dapat menjelajahi video-video yang direkomendasikan berdasarkan minat Anda atau menggunakan fitur pencarian untuk mencari video tertentu.

Langkah 1: Masuk ke Akun Google Anda

Untuk masuk ke akun Google Anda, ketuk ikon profil di kanan atas layar. Kemudian, pilih opsi "Masuk" dan masukkan alamat email dan kata sandi akun Google Anda. Setelah itu, ketuk "Masuk" untuk melanjutkan.

Langkah 2: Buka Aplikasi YouTube

Setelah berhasil masuk, Anda akan diarahkan ke beranda YouTube. Di sini, Anda dapat menjelajahi video-video yang direkomendasikan berdasarkan minat Anda atau menggunakan fitur pencarian untuk mencari video tertentu.

Memutar Video yang Ingin Anda Lihat Komentarnya

Setelah Anda masuk ke aplikasi YouTube, temukan video yang ingin Anda lihat komentarnya. Anda dapat menggunakan fitur pencarian di bagian atas layar atau menjelajahi berbagai saluran dan playlist untuk menemukan video yang sesuai dengan minat Anda. Setelah menemukan video yang diinginkan, ketuk pada thumbnail video untuk memulai pemutaran.

Langkah 1: Menggunakan Fitur Pencarian

Untuk menggunakan fitur pencarian, ketuk ikon kaca pembesar di bagian atas layar. Ketikkan kata kunci atau judul video yang ingin Anda cari. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari video tentang "cara memasak nasi goreng", ketikkan kata kunci tersebut di kotak pencarian dan ketuk ikon kaca pembesar di keyboard untuk memulai pencarian.

Langkah 2: Menjelajahi Saluran dan Playlist

Jika Anda ingin menjelajahi saluran atau playlist untuk menemukan video yang menarik, ketuk ikon tiga garis horizontal di bagian kiri atas layar. Kemudian, ketuk "Saluran" atau "Playlist" untuk melihat daftar saluran atau playlist yang tersedia. Pilih salah satu saluran atau playlist yang menarik bagi Anda, dan pilih video yang ingin Anda tonton dari daftar video yang ditampilkan.

Menggulir ke Bawah untuk Melihat Komentar

Saat video sedang diputar, gulir ke bawah pada layar perangkat Android Anda untuk melihat komentar yang telah ditinggalkan oleh pengguna lain. Komentar biasanya muncul di bawah deskripsi video dan sebelum kolom "Video Terkait". Anda dapat menggeser layar ke atas dan ke bawah untuk membaca komentar yang lebih lama atau lebih baru.

Langkah 1: Menggulir Layar

Untuk melihat komentar yang lebih lama atau lebih baru, geser layar ke atas atau ke bawah dengan menggunakan jari Anda. Dengan menggulir layar, Anda dapat melihat komentar yang tertinggal atau muncul secara otomatis seiring berjalannya waktu.

Langkah 2: Menggunakan Tombol "Lihat Komentar"

Jika ada banyak komentar yang sudah ditampilkan dan Anda ingin melihat lebih banyak komentar, Anda dapat menggunakan tombol "Lihat Komentar" yang terletak di bawah daftar komentar. Dengan menekan tombol ini, Anda akan melihat lebih banyak komentar yang sebelumnya tidak terlihat.

Menggunakan Filter Komentar

Jika Anda ingin memfilter komentar yang ditampilkan, YouTube menyediakan beberapa opsi filter yang dapat Anda gunakan. Ketuk ikon filter di bagian atas daftar komentar untuk membuka menu filter. Di sini, Anda dapat memilih untuk hanya menampilkan komentar teratas, komentar terbaru, atau komentar dari pihak yang Anda berlangganan. Anda juga dapat memfilter komentar berdasarkan kata kunci tertentu atau memilih untuk hanya menampilkan komentar yang disetujui oleh pembuat konten.

Langkah 1: Menggunakan Filter "Komentar Teratas"

Jika Anda ingin melihat komentar yang dianggap teratas oleh YouTube, ketuk ikon filter di bagian atas daftar komentar. Pilih opsi "Komentar Teratas" dari menu filter yang muncul. Dengan memilih opsi ini, Anda akan melihat komentar-komentar yang mendapat banyak like atau interaksi positif dari pengguna lain.

Langkah 2: Menggunakan Filter "Komentar Terbaru"

Jika Anda ingin melihat komentar yang paling baru ditambahkan ke video, ketuk ikon filter di bagian atas daftar komentar. Pilih opsi "Komentar Terbaru" dari menu filter yang muncul. Dengan memilih opsi ini, Anda akan melihat komentar-komentar yang baru saja ditinggalkan oleh pengguna lain.

Langkah 3: Menggunakan Filter "Dari Pihak yang Anda Berlangganan"

Jika Anda ingin melihat komentar dari pihak yang Anda berlangganan, ketuk ikon filter di bagian atas daftar komentar. Pilih opsi "Dari Pihak yang Anda Berlangganan" dari menu filter yang muncul. Dengan memilih opsi ini, Anda akan melihat komentar-komentar yang ditinggalkan oleh pengguna yang Anda ikuti atau berlangganan di YouTube.

Langkah 4: Menggunakan Filter Kata Kunci

Jika Anda ingin memfilter komentar berdasarkan kata kunci tertentu, ketuk ikon filter di bagian atas daftar komentar. Ketuk "Kata Kunci" dan ketikkan kata kunci yang ingin Anda gunakan sebagai filter komentar. Misalnya, jika Anda ingin melihat komentar yang berhubungan dengan "tutorial makeup", ketikkan kata kunci tersebut dan tekan tombol "Terapkan". Setelah itu, Anda akan melihat komentar-komentar yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Langkah 5: Menggunakan Filter "Komentar Disetujui"

Jika Anda hanya ingin melihat komentar yang disetujui oleh pembuat konten, ketuk ikon filter di bagian atas daftar komentar. Pilih opsi "Komentar Disetujui" dari menu filter yang muncul. Dengan memilih opsi ini, Anda hanya akan melihat komentar yang telah disetujui oleh pembuat konten dan mungkin memiliki nilai lebih dalam konteks video tersebut.

Menyukai atau Menanggapi Komentar

Setelah Anda menemukan komentar yang menarik atau ingin memberikan tanggapan, Anda dapat menyukai atau menanggapi komentar tersebut. Untuk menyukai komentar, cukup ketuk ikon jempol ke atas di samping komentar.Jika Anda ingin menanggapi komentar dengan komentar Anda sendiri, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Menyukai Komentar

Untuk menyukai komentar, cukup ketuk ikon jempol ke atas di samping komentar. Ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan penghargaan Anda terhadap komentar yang baik atau bermanfaat. Ketika Anda menyukai komentar, pengguna yang meninggalkan komentar tersebut akan mendapatkan notifikasi bahwa Anda menyukai komentarnya.

Langkah 2: Menanggapi Komentar

Jika Anda ingin menanggapi komentar dengan komentar Anda sendiri, ketuk ikon balasan di samping komentar. Ini akan membuka kotak komentar di mana Anda dapat menulis dan mengirim tanggapan Anda. Pastikan untuk membuat tanggapan yang relevan dan bermanfaat untuk menjaga interaksi yang positif di antara pengguna YouTube.

Langkah 3: Mengutip Komentar

YouTube juga menyediakan fitur untuk mengutip komentar dalam tanggapan Anda. Jika Anda ingin mengutip bagian dari komentar yang Anda tanggapi, cukup pilih teks yang ingin Anda kutip dan ketuk opsi "Kutip" yang muncul. Ini akan memasukkan teks kutipan ke dalam kotak komentar Anda, memberikan konteks yang lebih jelas untuk pembaca tanggapan Anda.

Langkah 4: Menyematkan Komentar

Jika Anda ingin menyematkan komentar di video, YouTube juga menyediakan fitur ini. Ketuk ikon tiga titik di sebelah komentar yang ingin Anda sematkan, lalu pilih opsi "Sematkan" dari menu yang muncul. Ini akan menghasilkan kode sematan yang dapat Anda salin dan tempelkan di tempat lain, seperti dalam blog artikel atau situs web Anda sendiri.

Menghapus atau Melaporkan Komentar

Jika Anda menemukan komentar yang tidak pantas, spam, atau melanggar pedoman komunitas YouTube, Anda dapat melaporkannya atau menghapusnya. Ini adalah langkah penting untuk menjaga lingkungan yang aman dan positif di platform YouTube. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Melaporkan Komentar

Untuk melaporkan komentar yang melanggar pedoman komunitas YouTube, ketuk ikon tiga titik di sebelah komentar dan pilih opsi "Laporkan". Anda akan diberikan beberapa pilihan alasan pelaporan, seperti konten yang tidak pantas, spam, atau kekerasan. Pilih alasan yang paling sesuai dengan pelanggaran yang Anda temukan dan ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan pelaporan.

Langkah 2: Menghapus Komentar Anda Sendiri

Jika Anda ingin menghapus komentar yang telah Anda buat di video orang lain, ketuk ikon tiga titik di sebelah komentar Anda sendiri dan pilih opsi "Hapus". Ini akan menghapus komentar secara permanen dari video tersebut. Penting untuk diingat bahwa Anda hanya dapat menghapus komentar yang Anda buat dan bukan komentar orang lain.

Mengatur Notifikasi Komentar

Jika Anda ingin menerima notifikasi ketika ada komentar baru di video yang Anda sukai atau kanal yang Anda berlangganan, Anda dapat mengatur notifikasi komentar di aplikasi YouTube Android. Ini akan memungkinkan Anda tetap terhubung dengan komunitas YouTube dan tidak ketinggalan interaksi yang sedang berlangsung. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur notifikasi komentar:

Langkah 1: Buka Menu "Pengaturan"

Untuk membuka menu pengaturan, ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas layar. Ini akan membuka menu dropdown dengan beberapa opsi.

Langkah 2: Pilih "Pengaturan"

Dalam menu dropdown, pilih opsi "Pengaturan" untuk membuka halaman pengaturan YouTube.

Langkah 3: Pilih "Notifikasi"

Di halaman pengaturan, gulir ke bawah dan temukan opsi "Notifikasi". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan notifikasi.

Langkah 4: Mengaktifkan atau Menonaktifkan Notifikasi Komentar

Di halaman notifikasi, Anda akan melihat beberapa opsi notifikasi yang dapat Anda atur. Cari opsi "Komentar" dan pilih apakah Anda ingin mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi komentar. Jika Anda ingin menerima notifikasi komentar, pastikan opsi ini diaktifkan.

Menyembunyikan Komentar atau Pengguna

Jika Anda ingin menyembunyikan komentar dari video yang Anda tonton atau menyembunyikan komentar dari pengguna tertentu, YouTube juga menyediakan opsi ini. Ini dapat membantu Anda mengendalikan lingkungan komentar dan memastikan bahwa Anda hanya melihat konten yang relevan dan positif. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Menyembunyikan Komentar

Untuk menyembunyikan komentar yang tidak relevan atau tidak diinginkan, ketuk ikon tiga titik di sebelah komentar dan pilih opsi "Sembunyikan". Ini akan menyembunyikan komentar dari tampilan Anda. Anda juga memiliki opsi untuk membuat komentar yang disembunyikan kembali muncul dengan menekan ikon "Lihat Komentar Tersembunyi" di bagian bawah daftar komentar.

Langkah 2: Menyembunyikan Pengguna

Jika Anda ingin menyembunyikan komentar dari pengguna tertentu, ketuk ikon profil pengguna dan pilih opsi "Sembunyikan dari Saluran ini". Ini akan membatasi komentar dari pengguna tersebut dan mengurangi interaksi mereka dengan konten yang Anda tonton. Penting untuk diingat bahwa ini hanya akan mempengaruhi komentar di video yang Anda tonton, dan pengguna masih dapat meninggalkan komentar di video lain yang tidak Anda tonton.

Membagikan Komentar

Jika Anda ingin membagikan komentar yang menarik atau ingin mengajak orang lain untuk melihat komentar tertentu, YouTube memungkinkan Anda membagikan komentar melalui berbagai platform sosial media atau aplikasi pesan. Ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan orang lain dan memperluas diskusi di luar platform YouTube. Berikut adalah langkah-langkah untuk membagikan komentar:

Langkah 1: Memilih Komentar yang Ingin Dibagikan

Temukan komentar yang ingin Anda bagikan. Bisa jadi komentar yang menarik, lucu, atau berisi pendapat yang menarik untuk dibahas lebih lanjut.

Langkah 2: Menekan Tombol "Bagikan"

Ketuk ikon panah ke bawah di sebelah komentar dan pilih opsi "Bagikan". Ini akan membuka daftar platform sosial media atau aplikasi pesan yang tersedia di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Memilih Platform atau Aplikasi

Dalam daftar platform atau aplikasi yang muncul, pilih platform atau aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk membagikan komentar. Misalnya, Anda dapat memilih Facebook, Twitter, atau WhatsApp, tergantung pada preferensi Anda.

Langkah 4: Mengikuti Langkah-langkah yang Diberikan

Setelah Anda memilih platform atau aplikasi, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk membagikan komentar. Misalnya, jika Anda memilih Twitter, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Twitter Anda dan menulis pesan singkat yang akan ditampilkan bersama dengan tautan komentar.

Mengaktifkan Modus Anak

Terakhir, jika Anda ingin mengaktifkan modus anak di aplikasi YouTube Android untuk mengontrol konten yang ditampilkan dan komentar yang terlihat, YouTube memiliki fitur ini. Modus Anak adalahfitur yang berguna untuk membatasi konten yang sesuai untuk anak-anak dan memastikan pengalaman mereka di YouTube lebih aman. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Modus Anak di aplikasi YouTube Android:

Langkah 1: Buka Menu "Pengaturan"

Untuk membuka menu pengaturan, ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas layar. Ini akan membuka menu dropdown dengan beberapa opsi.

Langkah 2: Pilih "Pengaturan"

Dalam menu dropdown, pilih opsi "Pengaturan" untuk membuka halaman pengaturan YouTube.

Langkah 3: Pilih "Modus Anak"

Di halaman pengaturan, gulir ke bawah dan temukan opsi "Modus Anak". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan Modus Anak.

Langkah 4: Aktifkan Modus Anak

Di halaman Modus Anak, Anda akan melihat beberapa pilihan pengaturan. Aktifkan Modus Anak dengan menggeser tombol ke posisi "Aktif". Ketika Modus Anak diaktifkan, YouTube akan membatasi konten yang sesuai untuk anak-anak dan memblokir komentar yang mungkin tidak pantas.

Langkah 5: Atur Konten yang Dapat Diakses dalam Modus Anak

Di halaman Modus Anak, Anda juga dapat mengatur konten yang dapat diakses oleh anak-anak. Ketuk opsi "Pengaturan Konten" untuk membuka pengaturan ini. Di sini, Anda dapat memilih rentang usia dan kategori konten yang ingin Anda izinkan dalam Modus Anak. Pastikan untuk memilih opsi yang sesuai dengan usia dan minat anak Anda.

Langkah 6: Mengatur Kata Sandi Modus Anak

Untuk mencegah anak Anda keluar dari Modus Anak atau mengubah pengaturannya, Anda dapat mengatur kata sandi untuk Modus Anak. Ketuk opsi "Kata Sandi" di halaman Modus Anak untuk mengatur kata sandi yang aman dan mudah diingat. Pastikan untuk menjaga kerahasiaan kata sandi ini agar hanya Anda yang dapat mengakses atau mengubah pengaturan Modus Anak.

Dengan mengaktifkan Modus Anak di aplikasi YouTube Android, Anda dapat memberikan pengalaman yang lebih aman dan terkontrol bagi anak-anak saat mereka menjelajahi video di YouTube. Ini adalah cara yang efektif untuk membatasi konten yang ditampilkan dan memastikan bahwa mereka hanya dapat mengakses materi yang sesuai dengan usia dan minat mereka.

Semoga panduan ini membantu Anda memahami dan menggunakan fitur komentar di YouTube Android dengan lebih baik. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda akan dapat dengan mudah melihat, berinteraksi, dan mengelola komentar di aplikasi YouTube Android. Nikmati pengalaman menonton video yang lebih interaktif dan bergabunglah dengan komunitas yang luas di YouTube!

Terima kasih telah membaca artikel ini. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi kami. Selamat menikmati pengalaman YouTube Anda!