Notifications
Translate Page

Cara Main Game Android di PC Tanpa Emulator: Panduan Lengkap

Cara Main Game Android di PC Tanpa Emulator: Panduan Lengkap

Halo! Apakah Anda ingin merasakan pengalaman bermain game Android di PC tanpa menggunakan emulator? Jika iya, Anda telah datang ke tempat yang tepat! Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara main game Android di PC tanpa emulator. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan serta memberikan tips dan trik untuk membantu Anda menikmati game Android favorit Anda langsung dari komputer Anda. Mari kita mulai!

Sekarang ini, banyak pengguna yang ingin memainkan game Android di PC mereka. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari layar yang lebih besar hingga kontrol yang lebih mudah. Meskipun ada banyak emulator Android yang tersedia, beberapa orang mungkin tidak ingin menggunakan emulator karena beberapa alasan, seperti keterbatasan kinerja atau masalah kompatibilitas. Jadi, apakah ada cara lain untuk memainkan game Android di PC tanpa emulator? Jawabannya adalah ya!

1. Menggunakan Aplikasi Streaming

Anda dapat menggunakan aplikasi streaming seperti Steam Link atau Moonlight untuk memainkan game Android di PC Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk streaming game Android dari perangkat Anda ke komputer melalui jaringan Wi-Fi. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati game Android favorit Anda dengan grafis yang lebih baik dan kontrol yang lebih akurat pada layar yang lebih besar.

1.1 Steam Link

Steam Link adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Valve Corporation yang memungkinkan Anda untuk streaming game dari perangkat Android ke PC Anda. Untuk menggunakan Steam Link, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi di kedua perangkat Anda, yaitu perangkat Android dan PC. Setelah itu, Anda hanya perlu menghubungkan kedua perangkat melalui jaringan Wi-Fi yang sama dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Dalam waktu singkat, Anda akan dapat menikmati game Android favorit Anda di layar yang lebih besar dan dengan kontrol yang lebih nyaman.

1.2 Moonlight

Moonlight adalah aplikasi streaming game yang dikembangkan oleh NVIDIA. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk streaming game dari PC dengan kartu grafis NVIDIA ke perangkat Android Anda. Untuk menggunakan Moonlight, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi di kedua perangkat Anda, yaitu PC dan perangkat Android. Setelah itu, Anda hanya perlu menghubungkan kedua perangkat melalui jaringan Wi-Fi yang sama dan mengikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Dengan Moonlight, Anda dapat menikmati game Android dengan kualitas grafis yang tinggi dan kontrol yang responsif pada layar yang lebih besar.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk menjalankan game Android di PC tanpa emulator. Salah satu contohnya adalah Bluestacks, yang memungkinkan Anda untuk menjalankan game Android langsung dari desktop Anda. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini, kemudian mencari game Android yang ingin Anda mainkan dan mulai bermain!

2.1 Bluestacks

Bluestacks adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang paling populer untuk menjalankan game Android di PC. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pengguna pemula. Untuk menggunakan Bluestacks, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi di PC Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu mencari game Android yang ingin Anda mainkan di toko aplikasi Bluestacks dan mulai bermain. Bluestacks juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti sinkronisasi antara perangkat Android dan PC, pemetaan tombol, dan banyak lagi.

2.2 Genymotion

Genymotion adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan game Android di PC Anda. Aplikasi ini lebih cocok untuk pengembang atau mereka yang ingin menguji aplikasi Android daripada untuk pengguna biasa yang ingin bermain game Android di PC mereka. Genymotion menawarkan performa yang baik dan dukungan untuk berbagai game Android. Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini di PC Anda, kemudian mengimpor file image Android untuk menjalankan sistem operasi Android di dalam Genymotion. Setelah itu, Anda hanya perlu mencari game Android yang ingin Anda mainkan di toko aplikasi Genymotion dan mulai bermain.

3. Menggunakan Versi PC dari Game Android

Beberapa pengembang game Android juga merilis versi PC dari game mereka. Jadi, jika Anda tidak ingin repot menginstal emulator atau aplikasi pihak ketiga, Anda dapat mencari game Android yang sudah tersedia dalam versi PC. Anda hanya perlu membeli atau mengunduh versi PC dari game tersebut dan mulai bermain langsung dari komputer Anda.

3.1 PUBG Mobile

PUBG Mobile adalah salah satu game Android yang sangat populer dan telah merilis versi PC-nya, yaitu PUBG Mobile Lite. Versi PC dari PUBG Mobile Lite dapat Anda unduh dan instal secara gratis melalui platform game seperti Steam. Dengan memainkan versi PC dari PUBG Mobile Lite, Anda akan dapat menikmati pengalaman bermain game yang lebih responsif dan grafis yang lebih baik pada layar PC Anda.

3.2 Among Us

Among Us adalah game Android yang mendapatkan popularitas yang sangat besar dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun tidak ada versi PC resmi untuk Among Us, beberapa pengembang game telah merilis versi PC non-resmi yang dapat Anda unduh dan instal secara gratis. Dengan memainkan versi PC dari Among Us, Anda dapat menikmati permainan yang lebih lancar dengan kontrol yang lebih akurat pada layar yang lebih besar.

4. Menggunakan Chrome Remote Desktop

Chrome Remote Desktop adalah aplikasi Google yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengendalikan komputer Anda dari perangkat Android Anda. Dengan cara ini, Anda dapat memainkan game Android di PC Anda dengan menggunakan perangkat Android Anda sebagai kontroler. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Chrome Remote Desktop di kedua perangkat Anda dan menghubungkannya untuk memulai.

4.1 Menginstal Chrome Remote Desktop

Langkah pertama untuk menggunakan Chrome Remote Desktop adalah mengunduh dan menginstal aplikasi di kedua perangkat Anda, yaitu PC dan perangkat Android Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi Chrome Remote Desktop dari toko aplikasi Google Play untuk perangkat Android Anda, dan dari situs web resmi Chrome Remote Desktop untuk PC Anda. Pastikan Anda mengunduh versi yang sesuai dengan sistem operasi masing-masing perangkat Anda.

4.2 Menghubungkan Komputer dan Perangkat Android

Setelah menginstal aplikasi Chrome Remote Desktop di kedua perangkat Anda, langkah selanjutnya adalah menghubungkan komputer dan perangkat Android Anda. Buka aplikasi Chrome Remote Desktop di kedua perangkat Anda dan ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi untuk menghubungkan kedua perangkat. Setelah berhasil terhubung, Anda akan dapat mengendalikan komputer Anda melalui perangkat Android Anda.

4.3 Memainkan Game Android di PC

Sekarang, Anda dapat membuka permainan Android favorit Anda di komputer Anda melalui perangkat Android Anda. Gunakan perangkat Android Anda sebagai kontroler dan mainkan game Android seperti biasa. Komputer Anda akan menampilkan tampilan game Android secara real-time, sehingga Anda dapat menikmati game dengan layar yang lebih besar dan kontrol yang lebih nyaman.

5. Menggunakan Android-x86

Android-x86 adalah versi Android yang dirancang khusus untuk PC. Anda dapat mengunduh dan menginstal Android-x86 pada komputer Anda dan menjalankan game Android langsung dari sana. Meskipun ini membutuhkan sedikit konfigurasi awal, ini adalah cara yang baik untuk memainkan game Android di PC tanpa emulator.

5.1 Mengunduh Android-x86

Satu-s

5.1 Mengunduh Android-x86

Satu-satunya cara untuk menggunakan Android-x86 adalah dengan mengunduh file image Android-x86 dari situs web resminya. Pastikan Anda memilih versi yang kompatibel dengan komputer Anda, baik itu 32-bit atau 64-bit. Setelah mengunduh file image, simpan di lokasi yang mudah diakses di komputer Anda.

5.2 Menginstal Android-x86

Setelah Anda mengunduh file image Android-x86, langkah berikutnya adalah menginstalnya di komputer Anda. Ada beberapa cara untuk menginstal Android-x86, tetapi yang umum adalah dengan menggunakan USB atau melalui mesin virtual seperti VirtualBox.

5.2.1 Menginstal Melalui USB

Jika Anda ingin menginstal Android-x86 secara langsung di komputer Anda, Anda dapat menggunakan USB untuk melakukan instalasi. Pertama, Anda perlu membuat flash drive bootable dengan file image Android-x86 yang telah Anda unduh. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Rufus untuk membuat flash drive bootable. Setelah flash drive siap, restart komputer Anda dan masuk ke pengaturan BIOS. Atur boot order agar komputer Anda boot dari flash drive. Setelah itu, ikuti instruksi pada layar untuk menginstal Android-x86 di komputer Anda.

5.2.2 Menginstal Melalui VirtualBox

Jika Anda ingin menjalankan Android-x86 melalui mesin virtual, Anda perlu mengunduh dan menginstal VirtualBox terlebih dahulu. Setelah menginstal VirtualBox, buka aplikasi dan buat mesin virtual baru. Pilih "Linux" sebagai jenis sistem operasi dan "Other Linux (64-bit)" atau "Other Linux (32-bit)" sebagai versi. Selanjutnya, atur kapasitas RAM dan ruang disk yang ingin Anda alokasikan untuk mesin virtual. Setelah itu, pilih file image Android-x86 yang telah Anda unduh sebagai media instalasi. Ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan proses instalasi Android-x86 di dalam mesin virtual.

5.3 Menjalankan Game Android di Android-x86

Setelah menginstal Android-x86, Anda dapat menjalankan game Android di komputer Anda seperti biasa. Buka Google Play Store atau toko aplikasi Android lainnya yang telah Anda instal di Android-x86 dan cari game Android yang ingin Anda mainkan. Unduh dan instal game tersebut, dan Anda siap untuk mulai bermain. Dengan Android-x86, Anda akan dapat menikmati game Android favorit Anda dengan kontrol yang lebih akurat dan grafis yang lebih baik pada layar komputer Anda.

6. Menggunakan MirrorGo Android Recorder

MirrorGo Android Recorder adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memainkan game Android di PC dan merekamnya secara bersamaan. Anda hanya perlu menginstal aplikasi ini di komputer Anda dan menghubungkan perangkat Android Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati permainan Android favorit Anda di layar yang lebih besar dan merekamnya untuk ditonton nanti atau dibagikan dengan teman-teman Anda.

6.1 Menginstal MirrorGo Android Recorder

Pertama, kunjungi situs web resmi MirrorGo Android Recorder untuk mengunduh aplikasi ini. Setelah selesai mengunduh, klik dua kali file installer untuk memulai proses instalasi. Ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan instalasi. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi MirrorGo Android Recorder di komputer Anda.

6.2 Menghubungkan Perangkat Android

Selanjutnya, pastikan USB debugging diaktifkan di perangkat Android Anda. Buka pengaturan perangkat Anda, cari opsi "Opsi Pengembang", dan aktifkan USB debugging. Setelah itu, hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Akan muncul jendela pop-up di perangkat Android Anda yang meminta izin untuk menghubungkan perangkat ke komputer. Pilih "OK" untuk mengizinkan koneksi. Setelah perangkat terhubung, Anda akan melihat tampilan perangkat Android Anda di jendela MirrorGo Android Recorder di komputer Anda.

6.3 Memainkan dan Merekam Game Android

Sekarang, Anda dapat membuka game Android favorit Anda di perangkat Android Anda dan memainkannya di komputer Anda. Kontrol permainan menggunakan keyboard dan mouse komputer Anda. Selain itu, Anda juga dapat merekam permainan dengan mengklik ikon rekam pada jendela MirrorGo Android Recorder. Setelah selesai bermain, klik ikon stop rekam untuk mengakhiri proses perekaman. Video rekaman akan disimpan di komputer Anda dan dapat Anda tonton kembali atau dibagikan dengan teman-teman Anda.

7. Menggunakan NVIDIA GeForce NOW

Jika Anda memiliki kartu grafis NVIDIA, Anda dapat menggunakan layanan streaming game NVIDIA GeForce NOW untuk memainkan game Android di PC Anda. Layanan ini memungkinkan Anda untuk streaming game Android langsung dari server NVIDIA, sehingga Anda dapat menikmati game Android favorit Anda dengan kualitas grafis yang tinggi dan tanpa perlu menginstal emulator atau aplikasi pihak ketiga.

7.1 Mengunduh dan Menginstal Aplikasi GeForce NOW

Pertama, kunjungi situs web resmi NVIDIA GeForce NOW untuk mengunduh aplikasi GeForce NOW. Setelah selesai mengunduh, klik dua kali file installer untuk memulai proses instalasi. Ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan instalasi. Setelah berhasil diinstal, buka aplikasi GeForce NOW di komputer Anda.

7.2 Membuat Akun NVIDIA

Sebelum menggunakan layanan GeForce NOW, Anda perlu membuat akun NVIDIA. Klik opsi "Sign Up" atau "Create Account" di aplikasi GeForce NOW, lalu ikuti proses pendaftaran yang diberikan. Setelah berhasil membuat akun, masuk menggunakan kredensial yang Anda buat.

7.3 Streaming Game Android di PC Anda

Setelah masuk ke aplikasi GeForce NOW, cari game Android yang ingin Anda mainkan di layanan tersebut. Pilih game yang Anda inginkan dan tunggu proses streaming. Game akan ditayangkan langsung di komputer Anda dengan kualitas grafis yang tinggi. Anda dapat mengendalikan permainan menggunakan keyboard dan mouse komputer Anda atau menggunakan kontroler game yang terhubung ke komputer.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan yang lengkap dan komprehensif tentang cara main game Android di PC tanpa emulator. Kami telah menjelaskan berbagai cara, mulai dari menggunakan aplikasi streaming, aplikasi pihak ketiga, hingga versi PC dari game Android. Kami juga telah membahas penggunaan Chrome Remote Desktop, Android-x86, MirrorGo Android Recorder, dan layanan streaming NVIDIA GeForce NOW. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Selamat mencoba dan selamat bermain game Android di PC Anda!