Notifications
Translate Page

Cara Melihat Foto atau Video yang Sudah Dihapus di Android: Panduan Lengkap

Cara Melihat Foto atau Video yang Sudah Dihapus di Android: Panduan Lengkap

Saat menggunakan ponsel Android, terkadang kita tidak sengaja menghapus foto atau video yang penting. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan atau kecelakaan, dan seringkali membuat kita frustasi. Namun, tidak perlu khawatir! Ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk melihat dan memulihkan foto atau video yang sudah dihapus di Android. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukannya.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa proses pemulihan foto atau video yang sudah dihapus akan lebih berhasil jika dilakukan segera setelah penghapusan. Semakin lama waktu berlalu sejak penghapusan, semakin sulit untuk memulihkannya. Jadi, jika Anda menyadari bahwa Anda telah menghapus foto atau video yang penting, segera ikuti langkah-langkah berikut untuk melihatnya kembali.

Periksa Folder Sampah di Galeri

Summary: Cek folder sampah di galeri ponsel Anda untuk melihat apakah foto atau video yang dihapus ada di sana.

Ketika Anda menghapus foto atau video di ponsel Android, biasanya mereka tidak langsung hilang secara permanen. Sebaliknya, mereka sering kali dipindahkan ke folder sampah atau tong sampah di galeri. Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa folder sampah di galeri ponsel Anda.

Untuk melakukannya, buka aplikasi galeri di ponsel Anda dan cari opsi yang mengarah ke folder sampah atau tong sampah. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu atau pengaturan galeri. Setelah Anda menemukannya, buka folder sampah tersebut dan lihat apakah foto atau video yang dihapus ada di sana.

Jika Anda menemukan foto atau video yang dihapus di folder sampah, Anda dapat mengembalikannya ke galeri utama dengan memilih opsi pemulihan yang tersedia. Namun, perlu diingat bahwa folder sampah biasanya memiliki batasan waktu penyimpanan, jadi pastikan untuk memulihkan foto atau video tersebut secepat mungkin sebelum mereka benar-benar dihapus secara permanen.

Langkah-langkah untuk Memeriksa Folder Sampah di Galeri:

  1. Buka aplikasi galeri di ponsel Anda.
  2. Cari opsi yang mengarah ke folder sampah atau tong sampah.
  3. Buka folder sampah tersebut dan periksa apakah foto atau video yang dihapus ada di sana.
  4. Jika ada, pilih opsi pemulihan untuk mengembalikannya ke galeri utama.

Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Summary: Unduh dan instal aplikasi pemulihan data dari Play Store untuk membantu memulihkan foto atau video yang sudah dihapus.

Jika Anda tidak menemukan foto atau video yang dihapus di folder sampah atau tong sampah, langkah selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda memulihkan foto atau video yang sudah dihapus.

Proses pemulihan data dengan menggunakan aplikasi ini melibatkan pemindaian atau scanning ponsel Anda untuk mencari dan mengambil kembali file yang hilang. Aplikasi tersebut akan memeriksa ruang penyimpanan internal dan eksternal ponsel Anda untuk menemukan jejak file yang terhapus.

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan hasilnya dalam bentuk daftar foto atau video yang dapat dipulihkan. Anda dapat memilih file yang ingin Anda pulihkan dan mengembalikkannya ke galeri ponsel Anda.

Penting untuk dicatat bahwa keberhasilan pemulihan data dengan menggunakan aplikasi ini tergantung pada sejumlah faktor, seperti durasi sejak penghapusan file dan tingkat kerusakan pada ruang penyimpanan ponsel Anda. Namun, ini tetap menjadi salah satu metode yang layak untuk mencoba memulihkan foto atau video yang sudah dihapus di Android.

Langkah-langkah untuk Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data:

  1. Buka Play Store di ponsel Anda.
  2. Cari aplikasi pemulihan data yang dapat diandalkan dan unduh.
  3. Instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.
  4. Buka aplikasi pemulihan data dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemindaian atau scanning.
  5. Tunggu hingga pemindaian selesai dan aplikasi menampilkan hasilnya.
  6. Pilih foto atau video yang ingin Anda pulihkan dan kembalikan ke galeri ponsel Anda.

Coba Pemulihan Melalui Google Photos

Summary: Gunakan Google Photos untuk mencari dan memulihkan foto atau video yang sudah dihapus jika Anda telah melakukan sinkronisasi dengan akun Google Anda sebelumnya.

Jika Anda telah menggunakan Google Photos untuk mengelola foto dan video di ponsel Android Anda, ada peluang besar bahwa foto atau video yang dihapus masih dapat dipulihkan melalui layanan ini. Google Photos memiliki fitur sinkronisasi otomatis yang dapat menyimpan salinan foto dan video Anda di cloud, sehingga memudahkan pemulihan jika terjadi penghapusan.

Untuk memeriksa apakah foto atau video yang dihapus tersedia di Google Photos, buka aplikasi Google Photos di ponsel Anda dan cari opsi "Trash" atau "Tong Sampah". Jika ada, buka opsi tersebut dan periksa apakah foto atau video yang dihapus ada di sana. Jika ada, Anda dapat mengembalikannya ke galeri ponsel Anda dengan memilih opsi pemulihan yang tersedia.

Penting untuk diingat bahwa foto atau video yang dihapus mungkin tidak akan tersedia di Google Photos jika Anda tidak melakukan sinkronisasi dengan akun Google Anda sebelumnya atau jika Anda telah menonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis. Namun, jika Anda telah menggunakan Google Photos dan fitur sinkronisasi, ini bisa menjadi metode yang efektif untuk memulihkan foto atau video yang sudah dihapus di Android.

Langkah-langkah untuk Memulihkan Foto atau Video dengan Google Photos:

  1. Buka aplikasi Google Photos di ponsel Anda.
  2. Cari opsi "Trash" atau "Tong Sampah".
  3. Jika ada, buka opsi tersebut dan periksa apakah foto atau video yang dihapus ada di sana.
  4. Pilih foto atau video yang ingin Anda pulihkan dan kembalikan ke galeri ponsel Anda dengan memilih opsi pemulihan yang tersedia.

Gunakan Aplikasi Pemulihan File yang Dapat Diandalkan

Summary: Unduh dan gunakan aplikasi pemulihan file yang terpercaya untuk mendapatkan hasil terbaik dalam memulihkan foto atau video yang sudah dihapus.

Untuk memaksimalkan peluang pemulihan foto atau video yang sudah dihapus di Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan file yang dirancang khusus untuk tujuan tersebut. Aplikasi ini memiliki kemampuan pemindaian yang lebih canggih dan dapat mencari jejak file yang terhapus dengan lebih akurat, sehingga meningkatkan kemungkinan berhasil dalam pemulihan.

Saat memilih aplikasi pemulihan file, pastikan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi yang terpercaya dan diandalkan. Ada banyak pilihan di Play Store, jadi lakukan riset terlebih dahulu dan baca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Setelah Anda menginstal aplikasi pemulihan file, jalankan aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemindaian. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, seperti foto atau video. Selanjutnya, aplikasi akan memulai pemindaian ponsel Anda untuk mencari jejak file yang terhapus.

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan hasilnya dalam bentuk daftar file yang dapat dipulihkan. Anda dapat memilih fotoatau video yang ingin Anda pulihkan dan mengembalikkannya ke galeri ponsel Anda. Pastikan untuk menyimpan file yang dipulihkan ke lokasi yang aman, seperti kartu SD eksternal atau komputer, untuk menghindari kehilangan data yang lebih lanjut.

Langkah-langkah untuk Menggunakan Aplikasi Pemulihan File:

  1. Cari dan unduh aplikasi pemulihan file yang terpercaya dari Play Store.
  2. Instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.
  3. Buka aplikasi pemulihan file dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemindaian.
  4. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, seperti foto atau video.
  5. Tunggu hingga pemindaian selesai dan aplikasi menampilkan hasilnya dalam bentuk daftar file yang dapat dipulihkan.
  6. Pilih foto atau video yang ingin Anda pulihkan dan kembalikan ke galeri ponsel Anda.
  7. Simpan file yang dipulihkan ke lokasi yang aman, seperti kartu SD eksternal atau komputer.

Periksa Backup di Cloud

Summary: Cek apakah Anda telah membuat backup foto atau video di layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.

Jika Anda telah menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau layanan penyimpanan lainnya, ada kemungkinan bahwa foto atau video yang dihapus masih tersimpan di sana. Layanan cloud sering kali menyediakan fitur sinkronisasi otomatis yang dapat membackup file Anda secara otomatis.

Untuk memeriksa apakah Anda telah membuat backup foto atau video di layanan cloud, buka aplikasi atau situs web layanan cloud yang Anda gunakan dan masuk ke akun Anda. Cari folder atau opsi yang berkaitan dengan foto atau video dan periksa apakah file yang dihapus ada di sana.

Jika file yang dihapus ada di layanan cloud, Anda dapat mengunduhnya kembali ke ponsel Anda atau mengaksesnya secara online. Pastikan untuk memeriksa pengaturan sinkronisasi dan backup di layanan cloud Anda untuk memastikan bahwa file Anda disinkronkan secara otomatis di masa mendatang.

Langkah-langkah untuk Memeriksa Backup di Cloud:

  1. Buka aplikasi atau situs web layanan cloud yang Anda gunakan, seperti Google Drive atau Dropbox.
  2. Masuk ke akun Anda.
  3. Cari folder atau opsi yang berkaitan dengan foto atau video.
  4. Periksa apakah file yang dihapus ada di sana.
  5. Jika ada, Anda dapat mengunduhnya kembali ke ponsel Anda atau mengaksesnya secara online.
  6. Periksa pengaturan sinkronisasi dan backup di layanan cloud Anda untuk memastikan bahwa file Anda disinkronkan secara otomatis di masa mendatang.

Selidiki Aplikasi Pihak Ketiga

Summary: Gunakan aplikasi pihak ketiga yang khusus dirancang untuk memulihkan data yang hilang di ponsel Android.

Ada berbagai aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memulihkan data yang hilang di ponsel Android. Aplikasi ini menggunakan algoritma pemulihan yang canggih dan dapat mengambil kembali foto atau video yang sudah dihapus, bahkan jika mereka tidak lagi terlihat di galeri atau folder sampah.

Beberapa aplikasi pemulihan data yang populer termasuk Dr.Fone, DiskDigger, dan EaseUS MobiSaver. Setiap aplikasi memiliki fitur dan cara kerja yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk membaca deskripsi dan ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Saat menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga, penting untuk mengikuti petunjuk yang diberikan dengan cermat. Biasanya, Anda akan diminta untuk menghubungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB dan menjalankan aplikasi di komputer untuk memulai proses pemindaian dan pemulihan.

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan hasilnya dalam bentuk daftar file yang dapat dipulihkan. Anda dapat memilih foto atau video yang ingin Anda pulihkan dan menyimpannya ke lokasi yang aman, seperti komputer, sebelum memindahkannya kembali ke ponsel Anda.

Langkah-langkah untuk Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Pihak Ketiga:

  1. Cari dan unduh aplikasi pemulihan data pihak ketiga yang terpercaya dari Play Store atau situs web resmi.
  2. Instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.
  3. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menghubungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB.
  4. Jalankan aplikasi di komputer dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemindaian dan pemulihan.
  5. Tunggu hingga pemindaian selesai dan aplikasi menampilkan hasilnya dalam bentuk daftar file yang dapat dipulihkan.
  6. Pilih foto atau video yang ingin Anda pulihkan dan simpan ke lokasi yang aman, seperti komputer.
  7. Pindahkan file yang dipulihkan kembali ke ponsel Anda jika diperlukan.

Hubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Summary: Jika semua upaya gagal, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional untuk membantu memulihkan foto atau video yang sudah dihapus.

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil dalam memulihkan foto atau video yang sudah dihapus, atau jika Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman untuk melakukannya sendiri, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan pemulihan data untuk ponsel Android. Mereka memiliki perangkat dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulihkan data yang hilang secara efektif. Namun, penting untuk diingat bahwa layanan ini biasanya berbiaya, tergantung pada tingkat kerusakan dan kompleksitas pemulihan yang diperlukan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan pemulihan data profesional, cari perusahaan yang memiliki reputasi yang baik dan ulasan positif dari pelanggan sebelumnya. Jelaskan situasi Anda dengan jelas dan berikan informasi yang diperlukan kepada mereka untuk memulai proses pemulihan data.

Setelah proses pemulihan selesai, perusahaan akan mengembalikan foto atau video yang berhasil dipulihkan ke Anda. Pastikan untuk menyimpan file yang dipulihkan ke lokasi yang aman dan membuat backup reguler untuk menghindari kehilangan data di masa mendatang.

Lindungi Data Anda di Masa Depan

Summary: Pelajari cara melindungi data penting Anda di ponsel Android agar tidak terhapus atau hilang di masa mendatang.

Saat ini, mencegah kehilangan data lebih baik daripada harus memulihkannya. Untuk melindungi data penting Anda di ponsel Android, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan.

Membuat Backup Rutin

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat backup rutin untuk semua foto dan video penting Anda. Anda dapat menggunakan layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau layanan penyimpanan lainnya untuk menyimpan salinan file Anda secara otomatis. Pastikan untuk mengatur sinkronisasi otomatis agar file Anda selalu disimpan dengan aman di cloud.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membuat backup data. Beberapa aplikasi backup populer termasuk Helium, Titanium Backup, dan Google Photos. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Selain itu, pertimbangkan untuk melakukan backup ke perangkat penyimpanan eksternal seperti kartu SD atau hard drive eksternal. Dengan melakukan backup ke beberapa lokasi, Anda dapat memastikan bahwa data Anda tetap aman jika terjadi kegagalan sistem atau kerusakan perangkatkeras.

Hindari Penghapusan Tidak Sengaja

Untuk menghindari penghapusan tidak sengaja, perhatikan saat Anda menggunakan ponsel Android. Hindari menghapus file secara sembarangan dan periksa dengan teliti sebelum menghapus file apapun. Jika memungkinkan, aktifkan fitur konfirmasi sebelum menghapus untuk memastikan bahwa Anda tidak menghapus file yang penting secara tidak sengaja.

Gunakan Aplikasi Keamanan

Menginstal aplikasi keamanan yang dapat melindungi data Anda adalah langkah penting dalam melindungi foto dan video Anda. Aplikasi keamanan seperti Avast Mobile Security, Norton Mobile Security, atau Bitdefender Mobile Security dapat membantu melindungi data Anda dari serangan malware atau penghapusan yang tidak sah. Pastikan untuk mengupdate aplikasi keamanan secara teratur untuk menjaga keamanan perangkat Anda.

Gunakan Pengunci Layar

Mengaktifkan pengunci layar pada ponsel Android Anda adalah cara efektif untuk melindungi data Anda. Dengan pengunci layar yang kuat, orang lain tidak akan dapat mengakses ponsel Anda tanpa izin Anda. Gunakan pola, PIN, atau sidik jari sebagai metode pengunci yang aman. Selain itu, pastikan untuk mengatur waktu pengunci layar agar ponsel Anda terkunci secara otomatis setelah beberapa waktu tidak digunakan.

Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

Perbarui sistem operasi dan aplikasi di ponsel Android Anda secara teratur. Pembaruan ini sering kali mengandung perbaikan keamanan yang penting untuk melindungi data Anda dari serangan dan kerentanan. Pastikan untuk mengaktifkan pengaturan pembaruan otomatis agar ponsel Anda selalu mendapatkan pembaruan terbaru.

Hindari Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga yang Meragukan

Hindari mengunduh dan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak terpercaya atau meragukan. Beberapa aplikasi mungkin memiliki risiko penghapusan data yang tidak sah atau mengandung malware yang dapat merusak atau mencuri data Anda. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memeriksa reputasi pengembang aplikasi sebelum menginstalnya.

Simpan File dengan Nama yang Jelas

Memberikan nama file yang jelas dan deskriptif dapat membantu Anda menghindari penghapusan yang tidak sengaja. Dengan memberikan nama yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi file yang ingin Anda simpan dan menghindari menghapusnya secara tidak sengaja.

Gunakan Aplikasi Pengunci dan Pengelola File

Menggunakan aplikasi pengunci dan pengelola file dapat membantu melindungi data Anda dari penghapusan yang tidak sah. Aplikasi seperti AppLock atau File Manager Pro dapat membantu Anda mengunci akses ke file penting Anda dan mencegah penghapusan yang tidak diinginkan.

Jaga Rutin Backup

Summary: Buat kebiasaan rutin untuk membuat backup foto dan video Anda sebagai tindakan pencegahan jika terjadi penghapusan atau kehilangan data di masa depan.

Selain melindungi data Anda di ponsel Android, sangat penting untuk membuat backup rutin untuk semua foto dan video Anda. Dengan memiliki salinan data yang aman, Anda dapat dengan mudah memulihkan file jika terjadi penghapusan atau kehilangan data di masa depan.

Ada beberapa cara untuk membuat backup data Anda:

Gunakan Layanan Cloud

Gunakan layanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau layanan penyimpanan lainnya untuk membuat backup data Anda. Aktifkan sinkronisasi otomatis agar file Anda secara teratur disimpan di cloud. Dengan menggunakan layanan cloud, Anda dapat mengakses file Anda dari perangkat lain dan memastikan bahwa data Anda tetap aman dan tersedia di mana pun Anda berada.

Gunakan Perangkat Penyimpanan Eksternal

Membuat backup foto dan video Anda ke perangkat penyimpanan eksternal seperti kartu SD atau hard drive eksternal adalah langkah yang sangat disarankan. Sambungkan perangkat penyimpanan eksternal ke ponsel Anda dan salin semua file foto dan video Anda ke perangkat tersebut secara teratur. Pastikan untuk menyimpan perangkat penyimpanan eksternal di tempat yang aman dan terpisah dari ponsel Anda untuk menghindari risiko kehilangan data secara keseluruhan.

Gunakan Aplikasi Backup

Unduh dan gunakan aplikasi backup yang terpercaya dari Play Store untuk membuat salinan data Anda. Beberapa aplikasi backup populer termasuk Helium, Titanium Backup, dan Google Photos. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan untuk mengatur backup otomatis agar file Anda selalu disimpan dengan aman dan tetap diperbarui.

Simpan di Komputer

Membuat backup file foto dan video Anda ke komputer atau laptop adalah cara lain yang efektif untuk melindungi data Anda. Sambungkan ponsel Anda ke komputer melalui kabel USB dan salin semua file foto dan video Anda ke folder yang aman di komputer Anda secara teratur. Pastikan untuk membuat folder yang terorganisir dan membuat salinan baru setiap kali Anda menambahkan file baru ke ponsel Anda.

Gunakan Aplikasi Pemulihan Data yang Terpercaya

Summary: Untuk memastikan keberhasilan pemulihan data, pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi pemulihan data yang terpercaya dan diandalkan.

Saat mencari aplikasi pemulihan data, pastikan untuk hanya menggunakan aplikasi yang terpercaya dan diandalkan. Ada banyak aplikasi di Play Store yang menawarkan fitur pemulihan data, namun tidak semuanya dapat memberikan hasil yang baik.

Beberapa aplikasi pemulihan data yang terpercaya dan populer termasuk Dr.Fone, DiskDigger, dan EaseUS MobiSaver. Aplikasi-aplikasi ini telah banyak digunakan dan memiliki reputasi yang baik dalam memulihkan file yang hilang atau terhapus.

Sebelum menginstal aplikasi pemulihan data, pastikan untuk membaca ulasan pengguna, mengecek rating, dan melihat deskripsi aplikasi secara menyeluruh. Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan, seperti jenis file yang dapat dipulihkan, proses pemindaian yang digunakan, dan kemampuan untuk memulihkan data dari berbagai sumber penyimpanan.

Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan dengan cermat saat menggunakan aplikasi tersebut. Jika Anda ragu atau tidak yakin, sebaiknya cari bantuan dari ahli atau layanan pemulihan data profesional untuk memastikan keberhasilan pemulihan data Anda.

Dalam kesimpulan, kehilangan foto atau video yang penting di ponsel Android tidak perlu menjadi bencana. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda memiliki peluang yang baik untuk melihat kembali dan memulihkan foto atau video yang sudah dihapus. Selalu lakukan pemulihan data sesegera mungkin dan pastikan untuk melindungi data Anda di masa mendatang dengan membuat backup rutin. Jangan lupa untuk hanya menggunakan aplikasi pemulihan data yang terpercaya. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam memulihkan data yang hilang di ponsel Android Anda!