Notifications
Translate Page

Cara Melihat History yang Sudah Dihapus di Android: Panduan Lengkap

Cara Melihat History yang Sudah Dihapus di Android: Panduan Lengkap

Seringkali kita ingin melihat kembali riwayat penelusuran yang sudah dihapus di perangkat Android kita. Entah karena ingin mencari kembali halaman web yang pernah dikunjungi atau hanya sekadar ingin mengingat kembali apa yang pernah dicari. Meskipun fitur ini tidak tersedia secara langsung di pengaturan perangkat, ada beberapa cara yang dapat kita coba untuk melihat kembali riwayat yang telah dihapus. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat history yang sudah dihapus di Android.

Sebelum kita mulai, perlu dicatat bahwa metode yang akan kami jelaskan berlaku pada sebagian besar perangkat Android. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua metode akan berhasil di setiap perangkat. Jadi, pastikan untuk mencoba metode ini satu per satu hingga Anda menemukan yang tepat untuk perangkat Anda.

Menggunakan Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser paling populer yang digunakan di perangkat Android. Untuk melihat kembali riwayat penelusuran yang sudah dihapus di Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

- Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

- Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.

- Gulir ke bawah dan ketuk opsi "History".

- Di halaman History, Anda akan melihat daftar semua riwayat penelusuran yang pernah Anda lakukan di Chrome. Gulir ke bawah untuk melihat riwayat yang lebih lama.

- Jika riwayat yang ingin Anda lihat tidak terlihat, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar dan pilih "History settings".

- Di halaman pengaturan, ketuk opsi "Clear browsing data".

- Pilih rentang waktu yang sesuai dan centang kotak "Browsing history".

- Ketuk tombol "Clear data" untuk menghapus riwayat penelusuran.

Summary: Cara melihat history yang sudah dihapus di Android dapat dilakukan melalui aplikasi Google Chrome. Anda dapat mengakses riwayat penelusuran yang telah dihapus dengan membuka menu Chrome dan memilih opsi "History". Jika riwayat yang ingin Anda lihat tidak terlihat, Anda dapat menghapus riwayat penelusuran dengan memilih opsi "Clear browsing data" di pengaturan Chrome.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain menggunakan Google Chrome, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di Android. Salah satu aplikasi populer yang bisa Anda coba adalah "History Eraser". Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

- Unduh dan instal aplikasi "History Eraser" dari Google Play Store.

- Buka aplikasi dan pilih opsi "Browser History".

- Aplikasi akan memindai riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Android Anda.

- Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar riwayat penelusuran yang telah dihapus.

- Untuk melihat detail riwayat penelusuran, cukup ketuk entri yang ingin Anda lihat.

Summary: Selain menggunakan Google Chrome, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti "History Eraser" untuk melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di Android. Aplikasi ini akan memindai dan menampilkan daftar riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Anda.

Fitur Google Activity

Google juga menyediakan fitur bernama "Google Activity" yang memungkinkan Anda melihat kembali riwayat penelusuran yang sudah dihapus di perangkat Android. Fitur ini akan membantu Anda mengakses dan mengelola riwayat penelusuran, pencarian, dan aktivitas lainnya yang terkait dengan akun Google Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

- Buka browser di perangkat Android Anda dan kunjungi situs web "https://myactivity.google.com".

- Masuk dengan akun Google yang terhubung dengan perangkat Android Anda.

- Di halaman Google Activity, Anda akan melihat semua riwayat penelusuran yang pernah Anda lakukan di perangkat Android Anda.

- Gunakan filter tanggal atau kata kunci untuk mencari riwayat penelusuran yang ingin Anda lihat.

Summary: Google Activity adalah fitur dari Google yang memungkinkan Anda melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Android Anda. Anda dapat mengakses fitur ini dengan mengunjungi situs web Google Activity dan masuk dengan akun Google Anda.

Aplikasi Recovery Data

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi recovery data. Aplikasi semacam ini dapat memulihkan data yang sudah dihapus termasuk riwayat penelusuran. Salah satu aplikasi yang bisa Anda coba adalah "DiskDigger". Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

- Unduh dan instal aplikasi "DiskDigger" dari Google Play Store.

- Buka aplikasi dan pilih opsi "Basic Scan".

- Aplikasi akan memindai perangkat Anda untuk mencari data yang telah dihapus.

- Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan.

- Cari dan pilih file yang berhubungan dengan riwayat penelusuran.

- Pilih opsi "Recover" untuk mengembalikan file ke perangkat Anda.

Summary: Jika semua metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi recovery data seperti "DiskDigger" untuk memulihkan riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Android Anda. Aplikasi ini akan memindai perangkat Anda untuk mencari data yang dapat dipulihkan.

Fitur Backup dan Sync

Jika Anda menggunakan fitur backup dan sinkronisasi di perangkat Android Anda, Anda mungkin dapat melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus melalui versi cadangan. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

- Buka pengaturan perangkat Android Anda.

- Gulir ke bawah dan ketuk opsi "Backup & Reset".

- Pastikan opsi "Backup my data" dan "Automatic restore" diaktifkan.

- Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Anda.

- Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar dan pilih opsi "Settings".

- Ketuk opsi "Sync and Google services".

- Di halaman "Sync and Google services", pastikan opsi "Sync everything" diaktifkan.

- Kembali ke halaman utama Chrome dan ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar.

- Pilih opsi "History" untuk melihat riwayat penelusuran yang telah dihapus.

Summary: Jika Anda menggunakan fitur backup dan sinkronisasi di perangkat Android Anda, Anda mungkin dapat melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus melalui versi cadangan. Pastikan opsi "Backup my data" dan "Automatic restore" diaktifkan di pengaturan perangkat dan opsi "Sync everything" diaktifkan di pengaturan Chrome.

Aplikasi File Manager

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga dan fitur bawaan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi file manager untuk melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di Android. Aplikasi file manager akan memungkinkan Anda mengakses file dan folder di perangkat Anda, termasuk riwayat penelusuran yang dihapus. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukannya:

- Unduh dan instal aplikasi file manager seperti "ES File Explorer" dari Google Play Store.

- Buka aplikasi file manager dan cari direktori "Android > data > com.android.chrome > app_chrome > Default".

- Di dalamdirektori "Default", Anda akan menemukan file yang berhubungan dengan riwayat penelusuran yang telah dihapus. Pilih file tersebut dan buka untuk melihat riwayat penelusuran yang telah dihapus.

Mengakses Direktori Android

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi file manager adalah mengakses direktori Android di perangkat Anda. Caranya adalah dengan membuka aplikasi file manager yang telah Anda unduh dan mencari opsi untuk mengakses direktori. Pada aplikasi ES File Explorer, Anda dapat menemukan direktori Android dengan membuka menu "Local" dan memilih opsi "Device". Di dalam direktori ini, Anda akan menemukan berbagai folder yang terkait dengan sistem operasi Android.

Mencari Folder "com.android.chrome"

Setelah Anda berhasil masuk ke direktori Android, selanjutnya Anda perlu mencari folder yang berhubungan dengan aplikasi Google Chrome. Folder ini biasanya diberi nama "com.android.chrome". Untuk menemukannya, Anda bisa mencari dalam folder "data" yang terdapat di dalam direktori Android. Buka folder "data" dan cari folder dengan nama "com.android.chrome". Jika Anda menggunakan browser lain seperti Mozilla Firefox atau Opera, Anda perlu mencari folder yang sesuai dengan browser yang Anda gunakan.

Masuk ke Direktori "app_chrome"

Setelah menemukan folder "com.android.chrome", masuk ke dalam folder tersebut untuk melanjutkan mencari riwayat penelusuran yang telah dihapus. Di dalam folder "com.android.chrome", Anda akan menemukan folder bernama "app_chrome". Buka folder ini untuk melanjutkan pencarian.

Melihat File "History" atau "History-journal"

Setelah berhasil masuk ke dalam folder "app_chrome", Anda akan menemukan beberapa file yang terkait dengan riwayat penelusuran. File utama yang perlu Anda cari adalah file bernama "History" atau "History-journal". File ini berisi riwayat penelusuran yang telah dihapus. Pilih file tersebut dan buka untuk melihat riwayat penelusuran yang telah dihapus.

Summary: Jika metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi file manager seperti "ES File Explorer" untuk mengakses direktori Android dan mencari folder "com.android.chrome" di dalamnya. Masuk ke dalam folder "app_chrome" dan cari file "History" atau "History-journal" untuk melihat riwayat penelusuran yang telah dihapus.

Fitur Restore Factory Settings

Jika Anda benar-benar ingin melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Android, Anda dapat menggunakan fitur "Restore Factory Settings". Namun, perlu diingat bahwa fitur ini akan menghapus semua data dan pengaturan di perangkat Anda. Pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum menggunakan fitur ini. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini:

Buka Pengaturan Perangkat Android

Langkah pertama dalam menggunakan fitur "Restore Factory Settings" adalah membuka pengaturan perangkat Android Anda. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan yang biasanya terletak di layar utama perangkat Anda atau di laci aplikasi.

Pilih Opsi "Backup & Reset"

Setelah masuk ke pengaturan perangkat Android Anda, gulir ke bawah dan cari opsi yang bernama "Backup & Reset". Biasanya, opsi ini terletak di bagian bawah pengaturan atau di bawah opsi "Personal". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Pilih Opsi "Factory data reset"

Di dalam menu "Backup & Reset", Anda akan menemukan opsi "Factory data reset". Opsi ini akan menghapus semua data dan pengaturan di perangkat Android Anda. Pastikan untuk mencadangkan semua data penting sebelum melanjutkan. Ketuk opsi "Factory data reset" untuk melanjutkan proses.

Konfirmasikan Pilihan Anda

Setelah memilih opsi "Factory data reset", perangkat Anda akan meminta konfirmasi. Pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting dan mengerti bahwa proses ini akan menghapus semua data dan pengaturan di perangkat Anda. Jika Anda yakin, pilih opsi "Reset phone" atau "Erase everything". Perangkat Anda akan mulai melakukan reset dan menghapus semua data.

Tunggu Perangkat Anda Menghapus Semua Data

Setelah Anda mengkonfirmasi pilihan Anda, perangkat Anda akan mulai melakukan reset dan menghapus semua data. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada perangkat Anda. Pastikan perangkat Anda terhubung ke daya atau memiliki baterai yang cukup untuk menyelesaikan proses ini.

Pengaturan Ulang Perangkat dan Melihat Kembali Riwayat Penelusuran

Setelah perangkat selesai diatur ulang, Anda dapat mengatur ulang perangkat Anda dan melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus. Namun, perlu diingat bahwa proses ini akan menghapus semua data dan pengaturan di perangkat Anda. Pastikan Anda telah mencadangkan semua data penting sebelum menggunakan fitur ini.

Summary: Jika Anda benar-benar ingin melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Android, Anda dapat menggunakan fitur "Restore Factory Settings". Namun, perlu diingat bahwa fitur ini akan menghapus semua data dan pengaturan di perangkat Anda. Pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum menggunakan fitur ini.

Menghubungi Layanan Pemulihan Data

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak ingin mencoba sendiri, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional. Layanan ini akan membantu Anda dalam memulihkan riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini biasanya berbiaya dan hasilnya tidak selalu dapat dijamin.

Summary: Jika semua metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak ingin mencoba sendiri, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional untuk memulihkan riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini biasanya berbiaya dan hasilnya tidak selalu dapat dijamin.

Menerapkan Langkah Pencegahan di Masa Depan

Untuk menghindari masalah melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di Android di masa depan, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda terapkan:

Gunakan Mode Penyamaran

Salah satu langkah pencegahan yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan mode penyamaran saat melakukan penelusuran yang bersifat pribadi dan ingin tetap privat. Mode penyamaran, seperti "Incognito Mode" di Google Chrome, akan mencegah browser menyimpan riwayat penelusuran Anda.

Lakukan Pencadangan Data secara Teratur

Untuk memastikan data Anda tetap aman, penting untuk melakukan pencadangan data secara teratur. Anda dapat menggunakan fitur backup di perangkat Android Anda atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pencadangan data.

Jaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Penting untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda. Hindari menyimpan informasi sensitif seperti kata sandi atau nomor kartu kredit di riwayat penelusuran Anda. Jika Anda perlu mencari kembali informasi tersebut, sebaiknya simpan di tempat yang aman dan terenkripsi.

Periksa Pengaturan Privasi di Aplikasi Browser

Setiap aplikasi browser memiliki pengaturan privasi yang dapat Anda atur sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan untuk memeriksa pengaturan privasi di aplikasi browser yang Anda gunakan dan atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat mengatur agar riwayat penelusuran dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu atau mengaktifkan fitur penyamaran.

Summary: Untuk menghindari masalah melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di Android di masa depan, Anda dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan berikut ini:

Gunakan Mode Penyamaran

Salah satu cara untuk melindungi privasi Anda adalah dengan menggunakan mode penyamaran saat melakukan penelusuran yang bersifat pribadi. Mode penyamaran, seperti "Incognito Mode" di Google Chrome, akan mencegah browser menyimpan riwayat penelusuran, cookies, dan data lainnya. Dengan menggunakan mode penyamaran, Anda dapat menjaga riwayat penelusuran Anda tetap pribadi dan tidak akan tersimpan di perangkat Anda.

Lakukan Pencadangan Data secara Teratur

Penting untuk melakukan pencadangan data secara teratur untuk memastikan keamanan informasi Anda. Dengan melakukan pencadangan data, Anda dapat menghindari kehilangan riwayat penelusuran dan data penting lainnya. Anda dapat menggunakan fitur backup yang disediakan oleh perangkat Android Anda atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda mencadangkan data secara aman.

Jaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Penting untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda. Hindari menyimpan informasi sensitif seperti kata sandi, nomor kartu kredit, atau informasi pribadi lainnya di riwayat penelusuran Anda. Jika Anda perlu mencari kembali informasi tersebut, sebaiknya simpan di tempat yang aman dan terenkripsi, seperti aplikasi manajer kata sandi. Selain itu, pastikan untuk selalu logout dari akun Anda setelah selesai menggunakan aplikasi atau situs web yang memerlukan login.

Periksa Pengaturan Privasi di Aplikasi Browser

Setiap aplikasi browser memiliki pengaturan privasi yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan untuk memeriksa pengaturan privasi di aplikasi browser yang Anda gunakan dan atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa pengaturan privasi yang mungkin ingin Anda periksa adalah pengaturan penyimpanan riwayat penelusuran, pengaturan menghapus cookies, dan pengaturan keamanan lainnya. Dengan mengatur pengaturan privasi dengan bijak, Anda dapat mengontrol bagaimana data Anda diolah dan melindungi privasi Anda secara lebih baik.

Gunakan Aplikasi Keamanan

Untuk melindungi privasi Anda secara menyeluruh, Anda dapat menggunakan aplikasi keamanan yang dirancang khusus untuk melindungi data pribadi Anda. Aplikasi semacam itu dapat membantu Anda menghapus riwayat penelusuran, menghapus file sementara, dan melindungi perangkat Anda dari ancaman keamanan. Pastikan untuk mengunduh aplikasi keamanan dari sumber yang terpercaya dan lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menginstalnya.

Summary: Untuk menghindari masalah melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di Android di masa depan, Anda dapat menerapkan langkah-langkah pencegahan seperti menggunakan mode penyamaran saat melakukan penelusuran pribadi, melakukan pencadangan data secara teratur, menjaga kerahasiaan informasi pribadi, memeriksa pengaturan privasi di aplikasi browser, dan menggunakan aplikasi keamanan untuk melindungi data pribadi Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara melihat history yang sudah dihapus di Android. Meskipun fitur ini tidak tersedia secara langsung di pengaturan perangkat, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk melihat kembali riwayat yang telah dihapus. Anda dapat menggunakan Google Chrome, aplikasi pihak ketiga, fitur Google Activity, aplikasi recovery data, fitur backup dan sinkronisasi, aplikasi file manager, atau bahkan fitur restore factory settings untuk melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di Android Anda. Selain itu, kami juga telah memberikan langkah-langkah pencegahan yang dapat Anda terapkan di masa depan untuk melindungi privasi Anda.

Ingatlah untuk menggunakan mode penyamaran saat melakukan penelusuran pribadi, melakukan pencadangan data secara teratur, menjaga kerahasiaan informasi pribadi, memeriksa dan mengatur pengaturan privasi di aplikasi browser, serta menggunakan aplikasi keamanan untuk melindungi data pribadi Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus dengan lebih mudah dan menjaga privasi Anda tetap aman.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dan membantu memecahkan masalah Anda dalam melihat kembali riwayat penelusuran yang telah dihapus di perangkat Android Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau saran lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami. Selamat mencoba!