Notifications
Translate Page

Cara Melihat Password WiFi di Android: Panduan Lengkap dan Terperinci

Cara Melihat Password WiFi di Android: Panduan Lengkap dan Terperinci

Semakin berkembangnya teknologi, akses internet semakin menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Salah satu cara yang umum digunakan untuk terhubung dengan internet adalah melalui jaringan WiFi. Namun, terkadang kita lupa atau tidak mengetahui password WiFi yang telah kita gunakan sebelumnya.

Jangan khawatir! Di artikel ini, kita akan membahas cara melihat password WiFi di perangkat Android dengan mudah. Kamu tidak perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam untuk melakukannya. Mari kita mulai dengan langkah-langkah yang sederhana dan mudah dipahami.

Menggunakan Aplikasi WiFi Key Recovery

Aplikasi WiFi Key Recovery adalah salah satu cara termudah untuk melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android kamu. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang user-friendly dan dapat digunakan oleh siapa saja, bahkan oleh pemula sekalipun. Caranya cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:

Langkah 1: Install Aplikasi WiFi Key Recovery

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstall aplikasi WiFi Key Recovery dari Google Play Store. Pastikan perangkat Android kamu terhubung dengan internet sebelum mengunduh aplikasi ini.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Berikan Izin Akses Root

Setelah menginstall aplikasi WiFi Key Recovery, buka aplikasi tersebut di perangkat Android kamu. Pada beberapa perangkat, aplikasi ini membutuhkan akses root untuk dapat berfungsi dengan baik. Jika diminta, berikan izin akses root kepada aplikasi ini.

Langkah 3: Lihat Password WiFi

Setelah izin akses root diberikan, aplikasi WiFi Key Recovery akan menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah kamu hubungkan di perangkat Android kamu, lengkap dengan passwordnya. Cukup pilih jaringan WiFi yang ingin kamu lihat passwordnya, dan aplikasi akan menampilkan password tersebut di layar perangkat kamu.

Dengan menggunakan aplikasi WiFi Key Recovery, kamu dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android kamu. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya dapat menampilkan password WiFi yang pernah tersimpan di perangkat Android kamu, bukan password WiFi jaringan yang sedang aktif di sekitarmu.

Melalui Pengaturan WiFi

Pilihan kedua yang bisa kamu coba adalah melihat password WiFi melalui pengaturan WiFi di perangkat Android kamu. Caranya cukup mudah:

Langkah 1: Buka Pengaturan di Perangkat Android

Langkah pertama adalah membuka menu Pengaturan di perangkat Android kamu. Caranya cukup tekan ikon Pengaturan di layar beranda atau laci aplikasi perangkat kamu.

Langkah 2: Cari dan Pilih Opsi "WiFi" atau "Jaringan & Internet"

Setelah masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi "WiFi" atau "Jaringan & Internet" di menu tersebut. Biasanya, opsi ini terletak di bagian atas atau bagian awal menu Pengaturan.

Langkah 3: Pilih Jaringan WiFi yang Ingin Kamu Lihat Passwordnya

Setelah memilih opsi "WiFi" atau "Jaringan & Internet", kamu akan melihat daftar jaringan WiFi yang tersedia di sekitarmu. Cari dan pilih jaringan WiFi yang ingin kamu lihat passwordnya.

Langkah 4: Lihat Password WiFi

Setelah memilih jaringan WiFi yang ingin kamu lihat passwordnya, pilih opsi "Lihat Password" atau "Show Password" (tergantung versi Android yang kamu gunakan). Perangkat Android kamu akan menampilkan password WiFi tersebut di layar perangkat kamu.

Dengan menggunakan pengaturan WiFi di perangkat Android kamu, kamu dapat dengan mudah melihat password WiFi yang sedang terhubung dengan perangkat kamu. Namun, kamu hanya dapat melihat password jaringan WiFi yang sedang aktif di sekitarmu, bukan password WiFi yang tersimpan di perangkat kamu.

Melalui Router WiFi

Metode ketiga ini melibatkan akses ke router WiFi yang kamu gunakan. Jika kamu memiliki akses ke router tersebut, kamu dapat melihat password WiFi dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Pastikan Perangkat Android Terhubung ke Jaringan WiFi yang Ingin Kamu Lihat Passwordnya

Sebelum melanjutkan, pastikan perangkat Android kamu terhubung ke jaringan WiFi yang ingin kamu lihat passwordnya. Perangkat Android kamu harus terhubung ke jaringan WiFi yang sama dengan router yang ingin kamu akses.

Langkah 2: Buka Browser di Perangkat Lain yang Terhubung ke Router WiFi yang Sama

Setelah perangkat Android kamu terhubung ke jaringan WiFi yang ingin kamu lihat passwordnya, buka browser di perangkat lain yang terhubung ke router WiFi yang sama. Perangkat lain ini bisa berupa laptop, komputer, atau smartphone yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Langkah 3: Ketikkan Alamat IP Router di Bar Alamat Browser

Pada browser di perangkat lain, ketikkan alamat IP router di bar alamat browser. Alamat IP router ini dapat berbeda-beda tergantung merek dan model router yang kamu gunakan. Alamat IP router biasanya tercetak di bagian belakang router atau dapat kamu temukan di manual pengguna router tersebut.

Langkah 4: Masukkan Nama Pengguna dan Kata Sandi untuk Masuk ke Pengaturan Router

Setelah memasukkan alamat IP router di bar alamat browser, kamu akan diarahkan ke halaman login pengaturan router. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang benar untuk dapat masuk ke pengaturan router. Nama pengguna dan kata sandi ini biasanya tercetak di bagian belakang router atau dapat kamu temukan di manual pengguna router tersebut.

Langkah 5: Cari Opsi "Wireless" atau "WiFi Settings" di Pengaturan Router

Setelah berhasil masuk ke pengaturan router, cari opsi "Wireless" atau "WiFi Settings" di menu pengaturan router. Opsi ini bertanggung jawab untuk mengatur konfigurasi jaringan WiFi pada router tersebut.

Langkah 6: Temukan Password WiFi yang Terhubung ke Perangkat Android Kamu

Di menu "Wireless" atau "WiFi Settings", kamu akan menemukan daftar jaringan WiFi yang terhubung ke router tersebut. Cari jaringan WiFi yang ingin kamu lihat passwordnya, dan perhatikan kolom password atau passphrase. Password WiFi yang terhubung dengan perangkat Android kamu akan terlihat di kolom tersebut.

Dengan menggunakan akses ke router WiFi, kamu dapat melihat password WiFi yang terhubung dengan perangkat Android kamu. Namun, metode ini hanya berlaku jika kamu memiliki akses ke router tersebut dan dapat masuk ke pengaturan router.

Menggunakan Aplikasi File Manager

Metode terakhir yang akan kita bahas adalah melalui aplikasi file manager yang terinstal di perangkat Android kamu. Aplikasi file manager seperti ES File Explorer dapat membantu kamu menemukan file konfigurasi WiFi yang menyimpan password. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi File Manager

Langkah pertama adalah membuka aplikasi file manager yang terinstal di perangkat Android kamu. Banyak aplikasi file manager yang tersedia di Google Play Store, salah satunya adalah ES File Explorer. Cari dan buka aplikasi file manager tersebut di perangkat kamu.

Langkah 2: Cari Folder "Data" di Penyimpanan Internal Perangkat Kamu

Setelah membuka aplikasi file manager, cari folder bernama "data" di penyimpanan internal perangkat kamu. Folder ini biasanya terletak di direktori utama penyimpanan internal perangkat kamu.

Langkah 3: BukaFolder "Misc" dan Kemudian "WiFi"

Setelah menemukan folder "data", buka folder tersebut dan cari folder bernama "misc". Di dalam folder "misc", kamu akan menemukan folder "WiFi". Buka folder "WiFi" tersebut untuk melanjutkan proses selanjutnya.

Langkah 4: Temukan File Konfigurasi WiFi yang Menyimpan Password

Di dalam folder "WiFi", kamu akan menemukan beberapa file konfigurasi yang terkait dengan jaringan WiFi yang pernah kamu hubungkan di perangkat Android kamu. Cari file yang menyimpan informasi password WiFi yang kamu cari. Biasanya, file tersebut memiliki format .conf atau .cfg.

Langkah 5: Buka File Konfigurasi WiFi dan Temukan Password

Setelah menemukan file konfigurasi WiFi yang menyimpan password yang kamu cari, buka file tersebut menggunakan aplikasi teks editor yang terinstal di perangkat Android kamu. Di dalam file konfigurasi tersebut, kamu akan menemukan informasi tentang jaringan WiFi, termasuk passwordnya. Cari bagian yang berkaitan dengan password dan kamu akan menemukan password WiFi yang kamu cari.

Dengan menggunakan aplikasi file manager seperti ES File Explorer, kamu dapat dengan mudah menemukan file konfigurasi WiFi yang menyimpan password. Namun, perlu diingat bahwa metode ini memerlukan akses ke file sistem perangkat Android kamu, dan kamu harus berhati-hati saat mengedit atau menghapus file tersebut.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain metode-metode di atas, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi di perangkat Android kamu. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu kamu melakukan hal ini. Beberapa aplikasi populer termasuk WiFi Password Viewer, WiFi Password Show, dan WiFi Password Recovery. Cara penggunaan aplikasi ini bervariasi tergantung pada aplikasi yang kamu pilih, namun umumnya kamu perlu mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut, lalu buka aplikasi dan izinkan akses ke jaringan WiFi yang sedang terhubung dengan perangkat Android kamu. Aplikasi tersebut akan menampilkan password WiFi yang terhubung dengan perangkat kamu. Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstallnya.

Kesimpulan

Melihat password WiFi di perangkat Android dapat sangat berguna jika kamu lupa password atau ingin menggunakan password tersebut di perangkat lain. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa metode yang dapat kamu gunakan untuk melihat password WiFi di perangkat Android kamu. Kamu dapat menggunakan aplikasi seperti WiFi Key Recovery, mengakses pengaturan WiFi di perangkat Android, mengakses router WiFi, menggunakan aplikasi file manager, atau aplikasi pihak ketiga. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Perlu diingat bahwa melihat password WiFi yang tidak kamu miliki izinnya adalah pelanggaran privasi dan dapat melanggar hukum. Pastikan kamu hanya menggunakan metode-metode ini untuk melihat password WiFi yang telah kamu gunakan sebelumnya atau jika kamu memiliki izin dari pemilik jaringan WiFi. Selalu berhati-hati dan menghormati privasi orang lain saat menggunakan informasi yang kamu dapatkan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam melihat password WiFi di perangkat Android kamu. Selamat mencoba!