Notifications
Translate Page

Cara Melihat Password WiFi di Android: Panduan Lengkap dan Terperinci

Cara Melihat Password WiFi di Android: Panduan Lengkap dan Terperinci

Saat ini, koneksi WiFi sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Namun, terkadang kita lupa atau tidak tahu password WiFi yang sedang kita gunakan. Jangan khawatir, di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melihat password WiFi di Android. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara rinci, sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses kembali password WiFi yang mungkin terlupakan.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa metode yang akan kami jelaskan hanya berlaku untuk Android yang sudah di-root. Jika perangkat Android Anda belum di-root, artikel ini mungkin tidak berlaku bagi Anda. Namun, jika perangkat Android Anda sudah di-root, mari kita lanjutkan dan pelajari cara melihat password WiFi di Android.

Menggunakan Aplikasi "WiFi Key Recovery"

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan aplikasi "WiFi Key Recovery". Aplikasi ini dapat membantu Anda menemukan dan melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi "WiFi Key Recovery"

Langkah pertama dalam menggunakan metode ini adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi "WiFi Key Recovery" dari Play Store. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Tampilkan Daftar Jaringan WiFi

Setelah membuka aplikasi "WiFi Key Recovery", Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan dengan perangkat Android Anda. Daftar ini akan mencakup nama jaringan WiFi beserta passwordnya.

Langkah 3: Cari Nama Jaringan WiFi yang Ingin Dilihat Passwordnya

Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya di daftar yang ditampilkan oleh aplikasi. Anda dapat menggunakan fitur pencarian yang disediakan oleh aplikasi untuk mempermudah proses ini.

Langkah 4: Tampilkan Password WiFi

Jika Anda telah menemukan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, ketuk nama jaringan tersebut di daftar. Aplikasi "WiFi Key Recovery" akan menampilkan password WiFi tersebut di layar perangkat Anda.

Dengan menggunakan aplikasi "WiFi Key Recovery", Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Pastikan untuk mengunduh aplikasi ini hanya dari sumber yang terpercaya dan selalu berhati-hati dalam menggunakan aplikasi yang memerlukan akses root.

Menggunakan File "wpa_supplicant.conf"

Metode kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan file "wpa_supplicant.conf". File ini berisi informasi tentang jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan dengan perangkat Android Anda, termasuk passwordnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pastikan Perangkat Android Anda Sudah di-Root

Sebelum menggunakan metode ini, pastikan perangkat Android Anda telah di-root. Jika perangkat Anda belum di-root, Anda tidak akan dapat mengakses file "wpa_supplicant.conf" yang diperlukan untuk melihat password WiFi.

Langkah 2: Buka Aplikasi File Manager yang Mendukung Akses Root

Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu membuka aplikasi File Manager yang mendukung akses root, seperti ES File Explorer. Buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda setelah Anda telah menginstalnya.

Langkah 3: Cari File "wpa_supplicant.conf"

Setelah membuka aplikasi File Manager yang mendukung akses root, cari file "wpa_supplicant.conf" di direktori /data/misc/wifi. File ini berisi informasi tentang jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan dengan perangkat Android Anda, termasuk passwordnya.

Langkah 4: Buka File "wpa_supplicant.conf" dan Temukan Password WiFi

Buka file "wpa_supplicant.conf" menggunakan aplikasi teks editor bawaan atau aplikasi teks editor pihak ketiga yang Anda telah instal di perangkat Android Anda. Di dalam file ini, Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan beserta passwordnya. Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dan catat passwordnya.

Perlu diingat bahwa mengakses file sistem seperti "wpa_supplicant.conf" membutuhkan akses root, dan Anda harus berhati-hati saat mengedit file ini. Jika Anda tidak yakin tentang langkah-langkah yang harus diambil, lebih baik mendapatkan bantuan dari orang yang berpengalaman dalam melakukan root perangkat Android.

Menggunakan Aplikasi Router Admin

Metode ketiga yang bisa Anda coba adalah menggunakan aplikasi Router Admin. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses pengaturan router WiFi Anda dan melihat password WiFi yang terhubung dengan router tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Router Admin

Langkah pertama dalam menggunakan metode ini adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Router Admin dari Play Store. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Cari dan Pilih Router WiFi

Setelah membuka aplikasi Router Admin, Anda perlu mencari dan memilih router WiFi yang ingin Anda akses pengaturannya. Aplikasi ini akan melakukan pemindaian atau pencarian untuk menemukan router WiFi yang sedang terhubung dengan perangkat Android Anda.

Langkah 3: Masukkan Informasi Login Router

Setelah router WiFi terdeteksi oleh aplikasi, Anda perlu memasukkan informasi login untuk mengakses pengaturan router. Informasi login ini biasanya terdiri dari username dan password admin router. Jika Anda tidak tahu informasi login router, Anda dapat mencarinya di manual router atau menghubungi penyedia layanan internet Anda.

Langkah 4: Temukan dan Lihat Password WiFi

Setelah Anda berhasil login ke pengaturan router, cari opsi atau tab yang berkaitan dengan jaringan WiFi atau keamanan. Di dalam pengaturan tersebut, Anda akan menemukan opsi untuk melihat atau mengubah password WiFi yang terhubung dengan router tersebut. Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dan catat passwordnya.

Perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi Router Admin memerlukan akses ke pengaturan router WiFi Anda. Pastikan untuk menggunakan aplikasi ini dengan bijak dan hanya untuk tujuan yang sah. Jika Anda tidak yakin tentang langkah-langkah yang harus diambil, lebih baik mendapatkan bantuan dari orang yang berpengalaman dalam mengelola pengaturan router.

Menggunakan Perintah "adb" di Komputer

Metode terakhir yang akan kita bahas adalah menggunakan perintah "adb" di komputer. Metode ini membutuhkan komputer dan koneksi USB antara perangkat Android dan komputer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Pastikan Perangkat Android Anda Sudah di-Root dan USB Debugging Diaktifkan

Sebelum menggunakan metode ini, pastikan perangkat Android Anda telah di-root dan USB Debugging diaktifkan. Anda juga perlu menginstal Android SDK di komputer Anda untuk menggunakan perintah "adb".

Langkah 2: Hubungkan Perangkat Android ke Komputer

Hubungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan kabel USB terhubung dengan baik dan perangkat Android Anda terdeteksi oleh komputer.

Langkah 3: Buka Command Prompt atau Terminal di Komputer

Setelah perangkat Android terhubung ke komputer, buka Command Prompt di Windows atau Terminal di macOS atau Linux. Anda akan menggunakan Command Prompt atau Terminal untuk menjalankan perintah "adb".

Langkah 4: Ketik Perintah "adb shell"

Ket

Langkah 4: Ketik Perintah "adb shell"

Setelah membuka Command Prompt atau Terminal, ketik perintah "adb shell" dan tekan Enter. Ini akan memungkinkan Anda masuk ke shell perangkat Android melalui komputer Anda.

Langkah 5: Ketik Perintah "su"

Setelah Anda masuk ke shell perangkat Android, ketik perintah "su" dan tekan Enter. Ini akan memberikan akses root ke perangkat Android Anda, yang diperlukan untuk mengakses file sistem yang menyimpan password WiFi.

Langkah 6: Ketik Perintah "cat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf"

Setelah Anda mendapatkan akses root, ketik perintah "cat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf" dan tekan Enter. Perintah ini akan membaca isi file "wpa_supplicant.conf" yang berisi informasi tentang jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan dengan perangkat Android Anda, termasuk passwordnya.

Langkah 7: Temukan Password WiFi

Di dalam output perintah tersebut, Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan beserta passwordnya. Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dan catat passwordnya.

Perlu diingat bahwa menggunakan perintah "adb" membutuhkan pemahaman tentang penggunaan Command Prompt atau Terminal. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan berhati-hati saat menggunakan perintah "adb". Jika Anda tidak yakin tentang langkah-langkah yang harus diambil, lebih baik mendapatkan bantuan dari orang yang berpengalaman dalam menggunakan perintah "adb".

Kesimpulan

Melihat password WiFi di Android bisa menjadi tugas yang sulit jika Anda tidak tahu caranya. Namun, dengan mengikuti panduan lengkap dan terperinci yang telah kita bahas di artikel ini, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Metode yang telah dijelaskan meliputi menggunakan aplikasi "WiFi Key Recovery", file "wpa_supplicant.conf", aplikasi Router Admin, dan perintah "adb" di komputer. Setiap metode memiliki langkah-langkah yang detail dan terperinci untuk membantu Anda melihat password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda.

Ingatlah bahwa beberapa metode memerlukan akses root pada perangkat Android Anda, dan Anda harus berhati-hati saat menggunakan metode ini. Selalu pastikan untuk mengunduh aplikasi atau perangkat lunak hanya dari sumber yang terpercaya dan selalu berhati-hati saat mengedit file sistem atau mengakses pengaturan router. Jika Anda tidak yakin tentang langkah-langkah yang harus diambil, lebih baik mendapatkan bantuan dari orang yang berpengalaman dalam melakukan root perangkat Android atau mengelola pengaturan router WiFi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengakses kembali password WiFi yang mungkin terlupakan. Selamat mencoba!