Notifications
Translate Page

Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Android

Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung di Android

Saat ini, internet menjadi salah satu kebutuhan penting bagi kebanyakan orang. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali terhubung ke jaringan WiFi untuk mengakses internet dengan cepat dan mudah. Namun, terkadang kita lupa password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android kita. Apakah Anda juga mengalami masalah ini? Jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa Anda hanya dapat melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda jika perangkat tersebut sudah di-root. Jika perangkat Anda belum di-root, artikel ini mungkin tidak berlaku untuk Anda. Namun, jika perangkat Anda sudah di-root, mari kita lanjutkan untuk mengetahui cara melihat password WiFi yang sudah terhubung di Android.

Cara Melihat Password WiFi dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin repot atau tidak memiliki pengetahuan teknis tentang root, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di Android Anda. Salah satu aplikasi yang populer adalah "WiFi Password Viewer". Aplikasi ini dapat dengan mudah ditemukan dan diunduh melalui Google Play Store. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut:

- Buka aplikasi "WiFi Password Viewer" di perangkat Android Anda.

- Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung di perangkat Anda beserta passwordnya.

- Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, dan Anda akan melihat password yang terhubung dengan jaringan tersebut.

- Catat atau screenshot password yang ditampilkan untuk referensi Anda.

Jika Anda ingin mencoba alternatif lain, ada beberapa aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat Anda gunakan, seperti "WiFi Key Recovery" atau "WiFi Password Recovery". Namun, pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan jangan lupa membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Aplikasi Pihak Ketiga sebagai Solusi Mudah

Menggunakan aplikasi pihak ketiga merupakan solusi yang paling mudah dan cepat untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Dengan hanya beberapa langkah sederhana, Anda dapat dengan mudah menemukan password WiFi yang terhubung dengan jaringan yang Anda inginkan. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi pihak ketiga dapat bekerja dengan sempurna pada setiap perangkat Android. Beberapa perangkat mungkin memiliki kompatibilitas yang berbeda, jadi pastikan untuk memilih aplikasi yang sesuai dengan perangkat Anda.

Cara Melihat Password WiFi dengan Menggunakan Command Prompt

Jika perangkat Android Anda sudah di-root, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung. Ini adalah metode yang sedikit lebih teknis, tetapi sangat efektif. Berikut adalah langkah-langkahnya:

- Buka aplikasi Terminal Emulator di perangkat Android Anda.

- Ketik perintah "su" dan tekan enter. Ini akan memberikan izin root kepada aplikasi.

- Setelah itu, ketik perintah "cat /data/misc/wifi/*.conf" dan tekan enter.

- Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung di perangkat Android Anda beserta passwordnya.

- Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, dan Anda akan melihat password yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Jika Anda tidak memiliki aplikasi Terminal Emulator di perangkat Android Anda, Anda dapat mengunduhnya melalui Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati. Selain itu, perlu diingat bahwa menggunakan Command Prompt membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih lanjut tentang perangkat Android dan dapat berpotensi merusak perangkat jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan untuk mencadangkan data penting Anda sebelum mencoba metode ini.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Command Prompt

Menggunakan Command Prompt untuk melihat password WiFi di perangkat Android yang sudah di-root memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Salah satu kelebihannya adalah Anda dapat melihat password WiFi yang terhubung tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga tambahan. Metode ini juga lebih aman daripada mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

Di sisi lain, kekurangan menggunakan Command Prompt adalah metode ini membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih lanjut. Jika Anda tidak memiliki pengalaman dengan perintah Command Prompt atau tidak yakin tentang apa yang Anda lakukan, ada risiko merusak perangkat Android Anda. Selain itu, tidak semua perangkat Android dapat di-root dengan mudah, jadi pastikan untuk melakukan riset yang cukup sebelum mencoba metode ini.

Cara Melihat Password WiFi dengan Menggunakan Router Admin Page

Jika Anda memiliki akses ke halaman admin router WiFi, Anda juga dapat melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda melalui halaman tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

- Buka browser di perangkat Anda dan masukkan alamat IP router WiFi Anda. Biasanya, alamat IP ini dapat ditemukan pada stiker di router atau di dokumentasi router.

- Setelah Anda masuk ke halaman admin router, cari opsi "Wireless" atau "WiFi".

- Di dalam opsi tersebut, cari daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung dan klik pada jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

- Anda akan melihat password yang terhubung dengan jaringan tersebut di sana.

Perlu diingat bahwa langkah-langkah ini akan bervariasi tergantung pada merek dan model router WiFi Anda. Jika Anda tidak tahu cara mengakses halaman admin router WiFi, Anda dapat mencari petunjuk di dokumentasi router atau menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Pentingnya Menjaga Keamanan Router WiFi

Saat menggunakan metode ini untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda, penting untuk diingat bahwa Anda harus memiliki izin dan akses yang sah ke halaman admin router WiFi. Mengakses halaman tersebut tanpa izin pemiliknya dapat melanggar hukum dan etika. Selalu perhatikan kebijakan privasi dan pastikan untuk menjaga keamanan router WiFi Anda dengan mengganti password admin secara berkala, menggunakan enkripsi yang kuat, dan memperbarui firmware router secara teratur.

Cara Melihat Password WiFi dengan Menggunakan Aplikasi File Manager

Metode terakhir yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan aplikasi file manager. Berikut adalah langkah-langkahnya:

- Unduh dan instal aplikasi file manager seperti "ES File Explorer" dari Google Play Store.

- Buka aplikasi file manager tersebut dan cari folder bernama "data".

- Di dalam folder "data", cari folder bernama "misc".

- Di dalam folder "misc", cari folder bernama "wifi".

- Di dalam folder "wifi", Anda akan menemukan berbagai file dengan ekstensi ".conf". Cari file dengan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

- Buka file tersebut dengan menggunakan editor teks dan cari baris yang berisi "psk". Di sebelah "psk" akan terdapat password WiFi yang terhubung dengan jaringan tersebut.

Metode ini memungkinkan Anda untuk mengakses file konfigurasi WiFi di perangkat Android Anda dan melihat password yang terhubung dengan jaringan WiFi yang sudah terhubung. Namun, perlu diingat bahwa untuk menggunakan metode ini, Anda juga perlu memiliki izin root pada perangkat Android Anda. Selain itu, pastikan untuk menggunakan aplikasi file manager yang terpercaya dan waspada terhadap potensi risiko keaman

Keuntungan Menggunakan Aplikasi File Manager

Dengan menggunakan aplikasi file manager, Anda dapat mengakses file sistem perangkat Android Anda dan menemukan file konfigurasi WiFi yang menyimpan password yang terhubung dengan jaringan WiFi yang sudah terhubung. Metode ini tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam seperti menggunakan Command Prompt, namun tetap membutuhkan izin root pada perangkat Android Anda. Selain itu, menggunakan aplikasi file manager juga memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam menjelajahi berbagai folder di perangkat Anda.

Perhatikan Etika dan Kebijakan Privasi

Setelah Anda berhasil melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda, penting untuk diingat bahwa Anda harus menggunakan informasi ini secara bertanggung jawab. Jangan mengakses jaringan WiFi tanpa izin pemiliknya dan selalu menghormati privasi orang lain. Menggunakan password WiFi orang lain tanpa izin adalah tindakan yang melanggar hukum dan dapat mengakibatkan konsekuensi hukum yang serius.

Di samping itu, penting untuk menjaga keamanan perangkat Android Anda sendiri. Pastikan untuk mengunci perangkat Anda dengan kode PIN atau pola yang kuat, serta menginstal perangkat lunak keamanan yang terpercaya. Dengan mengambil tindakan-tindakan ini, Anda dapat melindungi data pribadi Anda dan mencegah penyalahgunaan akses ke jaringan WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda.

Ringkasan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Jika perangkat Anda sudah di-root, Anda dapat menggunakan Command Prompt atau aplikasi file manager untuk mengakses file konfigurasi WiFi dan menemukan password yang terhubung dengan jaringan WiFi yang sudah terhubung. Namun, jika Anda tidak ingin repot atau tidak memiliki pengetahuan teknis, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store.

Penting untuk diingat bahwa mengakses password WiFi yang bukan milik Anda tanpa izin adalah tindakan yang melanggar hukum dan etika. Selalu menghormati privasi orang lain dan menggunakan informasi ini dengan bijak. Selain itu, pastikan untuk menjaga keamanan perangkat Android Anda sendiri dengan mengunci perangkat dan menginstal perangkat lunak keamanan yang terpercaya.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat dengan mudah mengelola dan mengakses jaringan WiFi dengan lebih lancar. Tetap berhati-hati dan tetap menjaga keamanan dan privasi dalam penggunaan internet Anda!