Notifications
Translate Page

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android: Panduan Lengkap

Cara Melihat Password Wifi yang Sudah Connect di Android: Panduan Lengkap

Saat ini, konektivitas internet telah menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Terhubung ke jaringan Wi-Fi adalah salah satu cara paling populer untuk mendapatkan akses internet yang cepat dan stabil. Namun, seringkali kita lupa atau tidak tahu kata sandi Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android kita. Hal ini bisa menjadi masalah jika kita perlu menghubungkan perangkat lain ke jaringan Wi-Fi yang sama.

Untungnya, ada beberapa cara untuk melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di Android. Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan lupa password Wi-Fi atau hanya ingin tahu cara melihatnya, ikuti langkah-langkah berikut.

Menampilkan Password Wi-Fi melalui Pengaturan Android

Pada sesi ini, kami akan menjelaskan cara melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android melalui pengaturan bawaan. Metode ini tersedia di sebagian besar perangkat Android dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga. Berikut adalah ringkasan langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan Wi-Fi

Langkah pertama adalah membuka pengaturan Wi-Fi di perangkat Android Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mencari opsi "Wi-Fi". Setelah Anda menemukannya, ketuk untuk membukanya.

2. Pilih Jaringan Wi-Fi yang Terhubung

Sekarang, Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekitar Anda. Cari dan pilih jaringan Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Biasanya, jaringan yang terhubung akan memiliki tanda centang atau status "Terhubung".

3. Buka Opsi Jaringan Wi-Fi

Setelah Anda memilih jaringan Wi-Fi yang terhubung, tahan atau ketuk lama nama jaringan tersebut. Ini akan membuka opsi lebih lanjut untuk jaringan Wi-Fi tersebut.

4. Tampilkan Password Wi-Fi

Di menu opsi jaringan Wi-Fi, cari dan pilih opsi "Tampilkan Password" atau "Lihat Password". Ini akan meminta Anda untuk memasukkan PIN atau kata sandi keamanan perangkat Android Anda. Setelah Anda mengkonfirmasi identitas Anda, password Wi-Fi yang sudah terhubung akan ditampilkan di layar.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat dengan mudah melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Pastikan untuk mengingat atau mencatatnya dengan aman agar Anda dapat menggunakannya jika diperlukan di kemudian hari.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Melihat Password Wi-Fi

Jika metode sebelumnya tidak berhasil atau Anda ingin alternatif lain, menggunakan aplikasi pihak ketiga bisa menjadi solusinya. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dirancang khusus untuk melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android. Berikut adalah beberapa aplikasi populer yang bisa Anda coba:

1. WiFi Password Viewer

WiFi Password Viewer adalah salah satu aplikasi populer yang dapat membantu Anda melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android. Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan izin root di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan aplikasi ini:

a. Unduh dan Instal WiFi Password Viewer

Pertama, unduh dan instal aplikasi WiFi Password Viewer dari Google Play Store. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut.

b. Berikan Izin Root

Aplikasi WiFi Password Viewer membutuhkan akses root untuk dapat menampilkan password Wi-Fi yang tersimpan di perangkat Android Anda. Berikan izin root ketika diminta oleh aplikasi ini.

c. Lihat Password Wi-Fi

Setelah aplikasi WiFi Password Viewer berhasil mendapatkan izin root, Anda akan melihat daftar semua jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung di perangkat Android Anda beserta password masing-masing. Cari dan pilih jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan untuk melihat passwordnya.

2. WiFi Key Recovery

Aplikasi WiFi Key Recovery juga merupakan pilihan yang bagus untuk melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Aplikasi ini bekerja dengan memeriksa file konfigurasi sistem di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan aplikasi ini:

a. Unduh dan Instal WiFi Key Recovery

Pertama, unduh dan instal aplikasi WiFi Key Recovery dari Google Play Store. Setelah selesai, buka aplikasi tersebut.

b. Berikan Izin Akses Penyimpanan

Aplikasi WiFi Key Recovery memerlukan izin akses penyimpanan untuk dapat memeriksa file konfigurasi sistem di perangkat Android Anda. Berikan izin akses penyimpanan ketika diminta oleh aplikasi ini.

c. Lihat Password Wi-Fi

Setelah aplikasi WiFi Key Recovery berhasil mendapatkan izin akses penyimpanan, Anda akan melihat daftar semua jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung di perangkat Android Anda beserta password masing-masing. Cari dan pilih jaringan Wi-Fi yang Anda inginkan untuk melihat passwordnya.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WiFi Password Viewer atau WiFi Key Recovery, Anda dapat dengan mudah melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan hati-hati.

Menggunakan Command Prompt di Perangkat Android yang Di-root

Jika perangkat Android Anda di-root, Anda dapat menggunakan command prompt untuk melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung. Metode ini memerlukan pengetahuan teknis lebih lanjut dan risiko kerusakan perangkat jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

1. Pastikan Perangkat Android Anda Di-root

Sebelum Anda dapat menggunakan command prompt di perangkat Android Anda, pastikan perangkat tersebut sudah di-root. Proses rooting dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Cari panduan rooting yang sesuai untuk perangkat Anda dan ikuti langkah-langkahnya dengan hati-hati.

2. Unduh dan Instal Terminal Emulator

Selanjutnya, unduh dan instal aplikasi Terminal Emulator dari Google Play Store. Aplikasi ini akan memberikan Anda akses ke command prompt di perangkat Android Anda.

3. Buka Terminal Emulator

Setelah berhasil menginstal Terminal Emulator, buka aplikasi tersebut dari menu aplikasi perangkat Android Anda.

4. Ketik Perintah untuk Melihat Password Wi-Fi

Dalam Terminal Emulator, ketik perintah berikut untuk melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda:

sucat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf

5. Temukan Password Wi-Fi

Setelah Anda memasukkan perintah di atas, Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang pernah terhubung di perangkat Android Anda beserta password masing-masing. Cari dan catat password Wi-Fi yang Anda inginkan.

Perlu diingat bahwa menggunakan command prompt di perangkat Android yang di-root dapat berisiko dan dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat Anda jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan seksama dan hanya menggunakan metode ini jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang cukup.

Menampilkan Password Wi-Fi yang Sudah Terhubung di Perangkat Lain

Jika Anda tidak dapat mengakses password Wi-Fi yang sudah terhubungdi perangkat Android Anda, tetapi masih ingin melihatnya, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lain yang sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Berikut adalah cara melakukannya:

1. Pastikan Perangkat Lain Terhubung ke Jaringan Wi-Fi yang Sama

Langkah pertama adalah memastikan bahwa perangkat lain yang ingin Anda gunakan untuk melihat password Wi-Fi sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Android Anda. Pastikan perangkat tersebut terhubung ke jaringan yang sama dan memiliki akses internet yang stabil.

2. Buka Pengaturan Wi-Fi di Perangkat Lain

Selanjutnya, buka pengaturan Wi-Fi di perangkat lain tersebut. Biasanya, pengaturan Wi-Fi dapat diakses melalui menu Pengaturan atau melalui panel notifikasi perangkat.

3. Temukan Jaringan Wi-Fi yang Terhubung

Setelah Anda membuka pengaturan Wi-Fi, Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekitar perangkat lain. Cari dan pilih jaringan Wi-Fi yang sudah terhubung ke perangkat Android Anda.

4. Tampilkan Informasi Jaringan Wi-Fi

Setelah Anda memilih jaringan Wi-Fi yang terhubung, perhatikan bahwa beberapa perangkat akan menampilkan informasi jaringan Wi-Fi yang lebih detail. Biasanya, ada opsi seperti "Lihat Info", "Detail Jaringan", atau ikon tiga titik vertikal yang akan membuka menu tambahan.

5. Temukan Password Wi-Fi

Di menu tambahan tersebut, cari opsi yang berhubungan dengan password Wi-Fi. Beberapa perangkat akan menampilkan password langsung, sementara yang lain mungkin memerlukan Anda untuk memasukkan PIN atau kata sandi perangkat Anda untuk melihat password.

Dengan menggunakan perangkat lain yang sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama, Anda dapat dengan mudah melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Pastikan untuk menggunakan perangkat dengan izin dan kepercayaan pemilik jaringan Wi-Fi. Selain itu, pastikan perangkat lain tersebut juga memiliki akses ke pengaturan jaringan Wi-Fi yang memungkinkan Anda untuk melihat password.

Melihat Password Wi-Fi di Router

Jika Anda memiliki akses ke router Wi-Fi, Anda juga dapat melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android melalui antarmuka pengaturan router. Namun, langkah-langkah ini bervariasi tergantung pada merek dan model router yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkah umumnya:

1. Buka Browser dan Masukkan Alamat IP Router

Pertama, buka browser di perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama dengan perangkat Android Anda. Kemudian, masukkan alamat IP router di bilah alamat browser. Umumnya, alamat IP router adalah 192.168.1.1 atau 192.168.0.1, tetapi dapat bervariasi tergantung pada merek dan model router Anda.

2. Masukkan Nama Pengguna dan Kata Sandi

Setelah Anda memasukkan alamat IP router, Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses pengaturan router. Jika Anda tidak tahu nama pengguna dan kata sandi, Anda dapat mencarinya di manual router atau mencarinya online dengan mencantumkan merek dan model router Anda.

3. Temukan Pengaturan Wi-Fi

Setelah berhasil masuk ke antarmuka pengaturan router, cari opsi yang berhubungan dengan pengaturan jaringan Wi-Fi. Biasanya, ini dapat ditemukan di bagian "Wireless" atau "Wi-Fi".

4. Tampilkan Password Wi-Fi

Di pengaturan jaringan Wi-Fi, Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang sedang disiarkan oleh router Anda. Temukan jaringan Wi-Fi yang terhubung dengan perangkat Android Anda dan lihat kolom password atau key. Di sini, Anda akan melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda.

Pastikan untuk mengingat atau mencatat password Wi-Fi yang sudah Anda lihat di pengaturan router. Juga, pastikan untuk melindungi akses ke pengaturan router dengan mengubah kata sandi atau mengaktifkan keamanan lainnya untuk mencegah akses yang tidak sah ke jaringan Wi-Fi Anda.

Menyimpan Password Wi-Fi yang Sudah Terhubung di Android

Jika Anda tidak ingin repot-repot melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung setiap kali Anda membutuhkannya, Anda dapat menyimpannya di perangkat Android Anda. Ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi tanpa harus memasukkan password setiap kali. Berikut adalah cara menyimpan password Wi-Fi di Android:

1. Buka Pengaturan Wi-Fi

Pertama, buka pengaturan Wi-Fi di perangkat Android Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi Pengaturan dan mencari opsi "Wi-Fi". Setelah Anda menemukannya, ketuk untuk membukanya.

2. Pilih Jaringan Wi-Fi

Sekarang, Anda akan melihat daftar jaringan Wi-Fi yang tersedia di sekitar Anda. Cari dan pilih jaringan Wi-Fi yang ingin Anda simpan passwordnya di perangkat Android Anda.

3. Centang Kotak "Simpan Password"

Dalam opsi jaringan Wi-Fi yang dipilih, Anda akan melihat kotak yang bertuliskan "Simpan Password" atau "Save Password". Pastikan untuk mencentang kotak ini untuk menyimpan password Wi-Fi di perangkat Android Anda.

4. Terhubung Otomatis

Setelah Anda menyimpan password Wi-Fi di perangkat Android Anda, perangkat akan secara otomatis terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama saat perangkat berada dalam jangkauan. Anda tidak perlu memasukkan password lagi kecuali Anda menghapus atau mengubah pengaturan Wi-Fi di perangkat Android Anda.

Dengan menyimpan password Wi-Fi di perangkat Android Anda, Anda dapat dengan mudah terhubung ke jaringan Wi-Fi tanpa harus memasukkan password setiap kali. Ini akan menghemat waktu dan mempermudah koneksi internet Anda.

Menjaga Keamanan Password Wi-Fi

Setelah Anda berhasil melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android, penting untuk menjaga keamanannya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengamankan password Wi-Fi Anda:

1. Ubah Password Wi-Fi Secara Berkala

Untuk menjaga keamanan jaringan Wi-Fi Anda, disarankan untuk mengubah password secara berkala. Ini akan mencegah akses yang tidak sah ke jaringan Anda dan melindungi privasi Anda. Pilih password yang kuat dan sulit ditebak, dan pastikan untuk tidak menggunakan password yang sama dengan akun lain yang Anda miliki.

2. Aktifkan Keamanan Tambahan

Selain password Wi-Fi, Anda juga dapat meningkatkan keamanan jaringan Anda dengan mengaktifkan fitur keamanan tambahan seperti WPA2 (Wi-Fi Protected Access 2). Ini adalah protokol keamanan yang lebih aman daripada WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WPA (Wi-Fi Protected Access). Pastikan perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda juga mendukung fitur keamanan yang sama.

3. Batasi Akses ke Jaringan Wi-Fi

Anda juga dapat membatasi akses ke jaringan Wi-Fi Anda dengan mengaktifkan fitur MAC filtering. Dengan fitur ini, hanya perangkat dengan alamat MAC yang telah diizinkan yang dapat terhubung ke jaringan Anda. Anda dapat menambahkan daftar alamat MAC yang diizinkan di pengaturan router Anda.

4. Perbarui Firmware Router

Pastikan untuk memperbarui firmware router Anda secara teratur. Firmware yang diperbarui akan memperbaiki kerentanan keamanan yang mungkin ada di versi sebelumnya. Periksa situs web produsen router Anda untuk memeriksa ketersediaan pembaruan firmware terbaru dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk melakukan pembaruan.

5. Jaga Kerahasiaan Password Wi-Fi

Sebagai pemilik jaringan Wi-Fi, penting untuk menjaga kerahasiaan password Wi-Fi Anda. Jangan memberikan password kepada orang yang tidak berhak atau tidak dapat dipercaya. Pastikan untuk membagikan password hanya kepada orang-orang yang membutuhkannya dan yang memiliki izin untuk mengakses jaringan Anda.

6. Periksa Aktivitas Jaringan

Melakukan pemantauan dan memeriksa aktivitas jaringan secara teratur juga merupakan langkah penting untuk menjaga keamanan Wi-Fi Anda. Periksa log aktivitas pada router Anda dan perhatikan apakah ada perangkat yang tidak dikenal terhubung ke jaringan Anda. Jika Anda mencurigai adanya aktivitas yang mencurigakan, pertimbangkan untuk mengganti password Wi-Fi Anda dan mengambil tindakan keamanan tambahan.

Dengan mengambil langkah-langkah keamanan ini, Anda dapat menjaga keamanan jaringan Wi-Fi Anda dan melindungi privasi serta data pribadi Anda.

Memulihkan Password Wi-Fi yang Lupa

Jika Anda benar-benar lupa password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android dan tidak dapat mengaksesnya melalui metode yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda masih memiliki beberapa opsi untuk memulihkannya. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba:

1. Menggunakan Fitur Lupa Password

Beberapa perangkat Android memiliki fitur "Lupa Password" yang memungkinkan Anda memulihkan password Wi-Fi yang terhubung. Cara mengakses fitur ini bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Anda. Coba cari opsi "Lupa Password" di pengaturan Wi-Fi atau di menu koneksi jaringan di perangkat Android Anda.

2. Menghubungi Penyedia Jaringan Wi-Fi

Jika Anda tidak dapat menggunakan fitur Lupa Password atau tidak berhasil memulihkan password Wi-Fi dengan cara lain, Anda dapat menghubungi penyedia jaringan Wi-Fi. Mereka mungkin memiliki catatan password Wi-Fi yang terhubung dengan perangkat Android Anda dan dapat membantu Anda memulihkannya atau memberikan password baru.

3. Reset Router ke Pengaturan Awal

Jika Anda memiliki akses ke router Wi-Fi dan tidak dapat memulihkan password Wi-Fi yang terhubung, Anda dapat mencoba mengatur ulang router ke pengaturan awal. Ini akan menghapus semua pengaturan yang ada di router, termasuk password Wi-Fi. Namun, perhatikan bahwa langkah ini akan mengakibatkan semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi harus memasukkan password baru untuk terhubung.

4. Menghubungi Teknisi atau Ahli Jaringan

Jika semua langkah di atas tidak berhasil atau Anda tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup, Anda dapat menghubungi teknisi atau ahli jaringan untuk mendapatkan bantuan. Mereka akan dapat membantu Anda memulihkan password Wi-Fi yang terhubung di perangkat Android Anda dengan menggunakan metode atau alat yang sesuai.

Pastikan untuk menggunakan opsi ini dengan bijak dan hanya jika Anda memiliki izin atau hak akses yang sah untuk mengakses jaringan Wi-Fi yang terkait. Mengambil tindakan ilegal atau melanggar privasi orang lain dapat memiliki konsekuensi hukum yang serius.

Menggunakan Password Managers

Jika Anda sering lupa password Wi-Fi atau ingin mengatur semua password Anda dengan mudah, Anda dapat menggunakan manajer kata sandi. Password managers adalah alat yang dirancang untuk mengelola dan menyimpan semua kata sandi Anda dengan aman. Berikut adalah beberapa password manager populer yang dapat Anda gunakan:

1. LastPass

LastPass adalah salah satu password manager terpopuler yang tersedia. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyimpan, mengelola, dan menghasilkan password yang kuat untuk semua akun Anda. LastPass juga dapat secara otomatis mengisi formulir login dan menyinkronkan kata sandi di semua perangkat Anda.

2. 1Password

1Password juga merupakan password manager yang sangat populer dan dapat membantu Anda mengatur semua kata sandi Anda dengan aman. Aplikasi ini menyediakan fitur seperti penyimpanan kata sandi, pembuat kata sandi yang kuat, dan otentikasi dua faktor untuk melindungi akun Anda.

3. Dashlane

Dashlane adalah password manager yang mudah digunakan dan aman. Aplikasi ini menyediakan penyimpanan kata sandi, pengisian otomatis, dan fitur keamanan tambahan seperti VPN untuk melindungi privasi Anda saat browsing.

Dengan menggunakan password manager, Anda dapat mengatur semua kata sandi Anda dengan mudah dan aman, termasuk password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda. Pastikan untuk mengamankan akses ke password manager Anda dengan kata sandi yang kuat dan jangan membagikan akses tersebut kepada orang lain.

Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan berbagai cara untuk melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android. Penting untuk diingat bahwa mengakses atau melihat password Wi-Fi orang lain tanpa izin adalah tindakan ilegal dan melanggar privasi. Pastikan Anda hanya menggunakan panduan ini untuk melihat password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android Anda sendiri atau dengan izin pemilik jaringan Wi-Fi.

Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda menyelesaikan masalah terkait password Wi-Fi yang sudah terhubung di perangkat Android. Dengan pengetahuan ini, Anda tidak perlu lagi khawatir tentang lupa password Wi-Fi atau kesulitan terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama di perangkat lain. Nikmati konektivitas internet yang cepat dan stabil dengan mudah!