Notifications
Translate Page

Cara Melihat Versi Android: Panduan Lengkap

Cara Melihat Versi Android: Panduan Lengkap

Saat ini, Android telah menjadi sistem operasi paling populer di dunia untuk perangkat mobile. Setiap pembaruan sistem Android membawa fitur-fitur baru yang mengesankan, namun tidak semua perangkat dapat menjalankan versi terbaru Android. Oleh karena itu, penting bagi pengguna Android untuk mengetahui versi sistem operasi yang mereka gunakan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat versi Android pada perangkat Anda.

Menggunakan Pengaturan Sistem

Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Android pada perangkat Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda. Biasanya, ikon Pengaturan terlihat seperti ikon roda gigi atau tiga titik bertumpuk.

2. Cari "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat"

Pada halaman Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi yang berkaitan dengan informasi perangkat Anda. Ini mungkin disebut "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

3. Lihat Informasi Versi Android

Setelah masuk ke halaman "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat", Anda akan melihat informasi tentang perangkat Anda. Pada bagian ini, cari informasi tentang versi Android yang sedang Anda jalankan. Ini biasanya terletak di bawah opsi "Versi Android" atau "Nomor Build".

4. Catat Versi Android Anda

Terakhir, catat nomor versi Android yang Anda temukan. Anda sekarang telah berhasil melihat versi Android pada perangkat Anda menggunakan pengaturan sistem.

Dengan menggunakan pengaturan sistem, Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Android yang sedang Anda jalankan. Informasi ini berguna untuk memastikan kompatibilitas perangkat dengan aplikasi dan fitur terbaru yang tersedia. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara lain untuk melihat versi Android pada perangkat Anda.

Melalui Aplikasi Pengaturan

Jika Anda tidak ingin repot masuk ke pengaturan sistem, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengaturan untuk melihat versi Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Pengaturan

Cari dan buka aplikasi Pengaturan di perangkat Anda. Biasanya, ikon Pengaturan terlihat seperti ikon roda gigi atau tiga titik bertumpuk.

2. Cari Opsi "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat"

Pada halaman Pengaturan, cari opsi yang berkaitan dengan informasi perangkat Anda. Ini mungkin disebut "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

3. Temukan Informasi Versi Android

Setelah masuk ke halaman "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat", Anda akan melihat informasi tentang perangkat Anda. Di sini, Anda akan menemukan informasi tentang versi Android yang sedang Anda jalankan. Biasanya, ini terletak di bawah opsi "Versi Android" atau "Nomor Build".

4. Catat Versi Android Anda

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang Anda temukan. Dengan menggunakan aplikasi pengaturan, Anda dapat dengan mudah mengetahui versi Android yang sedang Anda gunakan tanpa harus mencari menu yang tepat di pengaturan sistem.

Melihat versi Android melalui aplikasi pengaturan adalah cara yang lebih cepat dan mudah. Anda dapat dengan mudah mengakses informasi versi Android dengan hanya beberapa ketukan pada layar perangkat Anda. Lanjutkan membaca untuk mengetahui cara lain untuk melihat versi Android pada perangkat Anda.

Menggunakan Kode Rahasia

Terkadang, menggunakan kode rahasia adalah cara yang lebih cepat dan mudah untuk mengetahui versi Android pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Telepon

Buka aplikasi Telepon di perangkat Android Anda. Biasanya, ikon aplikasi Telepon terlihat seperti telepon dengan ikon roda gigi atau tiga titik bertumpuk.

2. Ketik Kode Rahasia

Pada aplikasi Telepon, ketikkan kode rahasia untuk melihat informasi perangkat Anda. Kode rahasia yang umum digunakan untuk mengetahui versi Android adalah *#*#4636#*#*. Setelah memasukkan kode, tekan tombol panggil atau kirim.

3. Masuk ke Layar Informasi

Setelah memasukkan kode rahasia, Anda akan langsung dibawa ke layar yang menampilkan informasi perangkat Anda. Pada layar ini, cari opsi yang berkaitan dengan versi Android atau build number.

4. Catat Versi Android Anda

Terakhir, catat nomor versi Android yang Anda temukan. Kode rahasia ini dapat membantu Anda dengan cepat mengetahui versi Android tanpa harus mencari menu yang tepat di pengaturan sistem atau aplikasi pengaturan.

Menggunakan kode rahasia adalah cara yang cepat dan mudah untuk mengetahui versi Android pada perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa kode rahasia dapat bervariasi tergantung pada perangkat dan versi Android yang Anda gunakan. Pastikan untuk mencari kode rahasia yang tepat untuk perangkat Anda sebelum mencobanya.

Dengan Menyambungkan ke Komputer

Jika Anda ingin mengetahui versi Android pada perangkat yang tidak dapat diakses, Anda bisa menyambungkannya ke komputer. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungkan Perangkat ke Komputer

Pertama, hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan perangkat Anda terhubung dengan baik dan terdeteksi oleh komputer.

2. Buka Perangkat di Komputer

Setelah perangkat terhubung, buka perangkat Android Anda di komputer. Biasanya, perangkat akan muncul sebagai perangkat penyimpanan eksternal atau perangkat yang terhubung.

3. Cari File "build.prop"

Pada perangkat Android di komputer, cari file yang bernama "build.prop". Anda dapat menemukannya di folder sistem perangkat, biasanya di dalam folder "system" atau "system/build.prop".

4. Buka File "build.prop"

Buka file "build.prop" dengan menggunakan aplikasi editor teks seperti Notepad atau Sublime Text. Anda harus memiliki akses yang cukup untuk membuka dan mengedit file ini.

5. Temukan Informasi Versi Android

Setelah membuka file "build.prop", cari baris yang berisi informasi tentang versi Android perangkat Anda. Biasanya, informasi ini terletak di sekitar baris yang dimulai dengan "ro.build.version.release".

6. Catat Versi Android Anda

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang Anda temukan di file "build.prop". Setelah selesai, Anda dapat melepaskan perangkat Android dari komputer.

Dengan menyambungkan perangkat Android Anda ke komputer, Anda dapat dengan mudah melihat versi Android pada perangkat yang tidak dapat diakses secara langsung. Pastikan untuk berhati-hati saat mengedit file "build.prop" dan hanya melakukan perubahan jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Meng

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin cara yang lebih mudah dan sederhana, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat versi Android perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store

Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda. Pastikan Anda terhubung dengan internet agar dapat mengunduh aplikasi yang diperlukan.

2. Cari Aplikasi Pemantau Sistem

Cari aplikasi pemantau sistem seperti "CPU-Z" atau "Antutu" di Google Play Store. Kedua aplikasi ini dapat memberikan informasi lengkap tentang perangkat Anda, termasuk versi Android yang sedang Anda gunakan.

3. Unduh dan Pasang Aplikasi

Pilih aplikasi pemantau sistem yang Anda inginkan dan ketuk tombol "Unduh" atau "Pasang" untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di perangkat Anda.

4. Buka Aplikasi

Buka aplikasi pemantau sistem yang telah Anda unduh dan pasang. Biasanya, aplikasi ini akan menampilkan informasi perangkat Anda secara rinci, termasuk versi Android yang sedang Anda gunakan.

5. Lihat Informasi Versi Android

Cari bagian yang menampilkan informasi tentang versi Android. Biasanya, informasi ini akan tercantum di halaman utama atau tab "Perangkat" di dalam aplikasi pemantau sistem.

6. Catat Versi Android Anda

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang Anda temukan di aplikasi pemantau sistem. Anda sekarang telah berhasil melihat versi Android pada perangkat Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah melihat versi Android pada perangkat Anda tanpa harus mencari menu yang tepat di pengaturan sistem. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi lebih rinci tentang perangkat Anda secara keseluruhan.

Membaca Dokumentasi Perangkat

Setiap perangkat Android biasanya dilengkapi dengan dokumentasi yang menyediakan informasi tentang versi sistem operasi yang digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari Dokumentasi Perangkat

Cari buku panduan atau dokumentasi perangkat yang disertakan saat Anda membeli perangkat Android Anda. Jika Anda tidak memiliki salinan fisik, Anda juga dapat mencari versi digital di situs web produsen perangkat atau dengan melakukan pencarian online.

2. Buka Dokumentasi

Buka dokumen yang berisi informasi tentang perangkat Anda. Biasanya, terdapat bagian yang menjelaskan tentang sistem operasi yang digunakan, termasuk versi Android yang sedang Anda jalankan.

3. Temukan Informasi Versi Android

Cari bagian yang menyediakan informasi tentang versi Android perangkat Anda. Biasanya, informasi ini terletak di bagian awal atau akhir dokumen dan disertai dengan instruksi tentang cara mengetahui versi Android yang sedang digunakan.

4. Catat Versi Android Anda

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang Anda temukan di dokumen perangkat. Dokumentasi perangkat adalah sumber informasi resmi yang dapat diandalkan untuk mengetahui versi Android yang digunakan pada perangkat Anda.

Dengan membaca dokumentasi perangkat, Anda akan mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat tentang versi Android yang sedang Anda gunakan. Pastikan untuk menyimpan salinan dokumen ini sebagai referensi di masa mendatang.

Melalui Aplikasi Google Play Store

Google Play Store juga dapat memberikan informasi tentang versi Android perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store

Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda. Pastikan Anda terhubung dengan internet agar dapat mengakses semua fitur dan informasi yang diperlukan.

2. Cari Aplikasi "My Device"

Cari aplikasi yang bernama "My Device" di Google Play Store. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memberikan informasi lengkap tentang perangkat Android Anda, termasuk versi Android yang sedang Anda gunakan.

3. Unduh dan Pasang Aplikasi

Pilih aplikasi "My Device" dari hasil pencarian dan ketuk tombol "Unduh" atau "Pasang" untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di perangkat Anda.

4. Buka Aplikasi

Buka aplikasi "My Device" setelah berhasil diunduh dan dipasang. Setelah itu, izinkan aplikasi untuk mengakses informasi perangkat Anda yang diperlukan.

5. Lihat Informasi Versi Android

Cari bagian yang menampilkan informasi tentang versi Android. Biasanya, informasi ini akan tercantum di halaman utama atau tab "Perangkat" di dalam aplikasi "My Device".

6. Catat Versi Android Anda

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang Anda temukan di aplikasi "My Device". Dengan menggunakan aplikasi Google Play Store, Anda dapat dengan mudah melihat versi Android pada perangkat Anda tanpa harus mencari menu yang tepat di pengaturan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dengan menggunakan aplikasi "My Device", Anda dapat dengan mudah melihat versi Android pada perangkat Anda dan mendapatkan informasi tambahan tentang perangkat Anda secara keseluruhan.

Dengan Menghubungi Produsen Perangkat

Jika Anda masih bingung atau tidak dapat menemukan cara untuk melihat versi Android pada perangkat Anda, Anda dapat menghubungi produsen perangkat untuk mendapatkan bantuan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari Informasi Kontak

Cari informasi kontak produsen perangkat Anda. Informasi ini biasanya terdapat di situs web produsen atau pada dokumen yang disertakan saat Anda membeli perangkat.

2. Hubungi Dukungan Pelanggan

Hubungi nomor telepon atau alamat email yang disediakan oleh produsen. Jelaskan masalah Anda tentang mencari versi Android pada perangkat Anda dan mintalah bantuan.

3. Ikuti Instruksi Dukungan Pelanggan

Ikuti instruksi yang diberikan oleh tim dukungan pelanggan. Mereka akan memberikan panduan atau instruksi tentang cara mengetahui versi Android pada perangkat Anda.

4. Catat Versi Android Anda

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang diberikan oleh tim dukungan pelanggan. Ini akan memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan perangkat Anda.

Dengan menghubungi produsen perangkat, Anda dapat mendapatkan bantuan langsung dari sumber yang dapat dipercaya. Tim dukungan pelanggan akan memberikan panduan yang sesuai dengan perangkat Anda dan membantu Anda mengetahui versi Android yang sedang Anda gunakan.

Melalui Forum atau Komunitas Android

Komunitas Android sangat aktif dalam membantu pengguna Android. Anda dapat mencari jawaban tentang cara melihat versi Android pada perangkat Anda melalui forum atau komunitas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari Forum atau Komunitas Android

Cari forum atau komunitas Android yang populer dan tepercaya. Ada banyak forum yang dibuat khusus untuk membahas masalah dan solusi seputar perangkat Android.

2. Lihat Diskusi Terkait

Cari diskusi atau thread yang berhubungan dengan caramelihat versi Android pada perangkat Anda. Baca diskusi-diskusi yang ada dan perhatikan solusi atau panduan yang diberikan oleh anggota komunitas.

3. Ajukan Pertanyaan

Jika Anda tidak menemukan jawaban yang Anda cari, ajukan pertanyaan baru di forum atau komunitas. Jelaskan masalah Anda dengan jelas dan sertakan detail tentang perangkat Anda. Anggota komunitas yang berpengalaman akan dengan senang hati membantu Anda.

4. Ikuti Instruksi atau Solusi yang Diberikan

Ikuti instruksi atau solusi yang diberikan oleh anggota komunitas. Mereka mungkin memberikan langkah-langkah atau metode khusus untuk melihat versi Android pada perangkat Anda.

5. Catat Versi Android Anda

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang Anda temukan setelah mengikuti panduan dari forum atau komunitas. Ini akan memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan perangkat Anda.

Dengan mencari jawaban melalui forum atau komunitas Android, Anda dapat berinteraksi dengan pengguna Android lainnya dan mendapatkan panduan yang spesifik sesuai dengan perangkat Anda. Ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan solusi yang telah diuji oleh pengguna lain.

Menggunakan Aplikasi Identifikasi Perangkat

Terdapat beberapa aplikasi yang dapat mengidentifikasi perangkat Android beserta dengan informasi detil, termasuk versi Android yang digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Play Store

Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda. Pastikan Anda terhubung dengan internet agar dapat mengakses semua fitur dan aplikasi yang diperlukan.

2. Cari Aplikasi Identifikasi Perangkat

Cari aplikasi identifikasi perangkat seperti "CPU-Z" atau "Antutu" di Google Play Store. Aplikasi ini dapat memberikan informasi lengkap tentang perangkat Android Anda, termasuk versi Android yang sedang Anda gunakan.

3. Unduh dan Pasang Aplikasi

Pilih aplikasi identifikasi perangkat yang Anda inginkan dan ketuk tombol "Unduh" atau "Pasang" untuk mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di perangkat Anda.

4. Buka Aplikasi

Buka aplikasi identifikasi perangkat yang telah Anda unduh dan pasang. Setelah itu, berikan izin yang diminta agar aplikasi dapat mengakses informasi perangkat Anda.

5. Lihat Informasi Perangkat

Di dalam aplikasi identifikasi perangkat, Anda akan menemukan informasi lengkap tentang perangkat Android Anda, termasuk versi Android yang sedang Anda gunakan. Cari bagian yang menampilkan informasi tersebut.

6. Catat Versi Android Anda

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang Anda temukan di aplikasi identifikasi perangkat. Informasi ini akan memberikan detail yang akurat tentang versi Android dan perangkat Anda secara keseluruhan.

Dengan menggunakan aplikasi identifikasi perangkat, Anda dapat dengan mudah melihat versi Android pada perangkat Anda dengan cara yang cepat dan nyaman. Aplikasi ini juga dapat memberikan informasi lebih rinci tentang spesifikasi perangkat Anda, sehingga Anda dapat mengetahui fitur-fitur yang tersedia.

Kesimpulan

Melihat versi Android pada perangkat Anda adalah langkah penting untuk memastikan kompatibilitas dengan aplikasi dan fitur terbaru. Dalam panduan ini, kami telah menjelaskan berbagai cara untuk melihat versi Android, mulai dari menggunakan pengaturan sistem hingga aplikasi pihak ketiga dan forum komunitas.

Anda dapat menggunakan pengaturan sistem atau aplikasi pengaturan untuk melihat versi Android dengan mudah. Jika Anda ingin cara yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan kode rahasia atau aplikasi identifikasi perangkat. Jika perangkat Anda tidak dapat diakses, Anda dapat menyambungkannya ke komputer atau menghubungi produsen perangkat untuk bantuan.

Jangan lupa untuk mencatat nomor versi Android yang Anda temukan, karena ini akan membantu Anda memperbarui perangkat Anda dan memastikan kompatibilitas dengan fitur dan aplikasi terbaru. Terakhir, Anda juga dapat bergabung dengan forum atau komunitas Android untuk mendapatkan panduan dan solusi dari pengguna lain.

Dengan mengetahui versi Android perangkat Anda, Anda dapat menjalankan aplikasi dan fitur terbaru dengan lancar, serta mengoptimalkan pengalaman Android Anda secara keseluruhan. Selamat mencoba dan semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda!