Notifications
Translate Page

Cara Membuka File RAR di Android: Panduan Lengkap dan Praktis

Cara Membuka File RAR di Android: Panduan Lengkap dan Praktis

File RAR adalah format kompresi yang umum digunakan untuk mengompresi dan mengarsipkan file-file menjadi satu file yang lebih kecil. Namun, ketika Anda ingin membuka file RAR di perangkat Android, Anda membutuhkan aplikasi yang mendukung format ini. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara membuka file RAR di Android Anda.

Unduh dan Instal Aplikasi "RAR for Android"

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuka file RAR di Android adalah mengunduh dan menginstal aplikasi "RAR for Android" dari Google Play Store. Aplikasi ini gratis dan dirancang khusus untuk membuka file RAR di perangkat Android.

Setelah berhasil diunduh dan diinstal, buka aplikasi "RAR for Android" di perangkat Anda dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Temukan File RAR yang Ingin Anda Buka

Selanjutnya, Anda perlu mencari file RAR yang ingin Anda buka di perangkat Android Anda. File RAR biasanya disimpan di folder unduhan atau folder lain di perangkat Anda.

Buka aplikasi "File Manager" atau "Pengelola File" di perangkat Android Anda. Telusuri folder yang sesuai dan cari file RAR yang ingin Anda buka.

Tips: Penggunaan Aplikasi "File Manager" Alternatif

Jika perangkat Android Anda tidak dilengkapi dengan aplikasi "File Manager" bawaan, Anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengelola file di perangkat Android, seperti "ES File Explorer" atau "Solid Explorer".

Unduh salah satu aplikasi tersebut dari Google Play Store, instal, dan buka aplikasi tersebut untuk melanjutkan mencari file RAR yang ingin Anda buka.

Pilih File RAR dan Ekstrak

Setelah Anda menemukan file RAR yang ingin Anda buka, sentuh file tersebut untuk memilihnya. Setelah memilih file RAR, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian bawah layar, termasuk "Extract To" atau "Ekstrak Ke".

Tap opsi tersebut untuk memasuki proses ekstraksi file RAR di perangkat Android Anda.

Penjelasan Opsi "Extract To" atau "Ekstrak Ke"

Opsi "Extract To" atau "Ekstrak Ke" memungkinkan Anda memilih folder atau lokasi di perangkat Android Anda di mana Anda ingin mengekstrak isi dari file RAR tersebut. Anda dapat memilih folder unduhan, folder gambar, atau folder lain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah memilih opsi "Extract To" atau "Ekstrak Ke", Anda akan melihat jendela baru yang menunjukkan proses ekstraksi sedang berlangsung.

Tunggu Proses Ekstraksi Selesai

Setelah Anda memilih opsi "Extract To" atau "Ekstrak Ke", Anda perlu menunggu beberapa saat hingga proses ekstraksi selesai. Durasi ekstraksi tergantung pada ukuran file RAR dan kecepatan perangkat Android Anda.

Saat proses ekstraksi berlangsung, Anda dapat melihat kemajuan ekstraksi di layar perangkat Android Anda.

Buka File Hasil Ekstraksi

Setelah proses ekstraksi selesai, Anda dapat membuka file hasil ekstraksi tersebut dengan menggunakan aplikasi yang sesuai di perangkat Android Anda. Misalnya, jika file tersebut adalah file gambar, Anda dapat membukanya dengan aplikasi galeri atau aplikasi pemutar musik untuk file audio.

Cari file yang telah diekstrak di folder atau lokasi yang Anda pilih saat proses ekstraksi. Sentuh file tersebut untuk membukanya menggunakan aplikasi yang sesuai.

Contoh Aplikasi yang Dapat Membuka File Hasil Ekstraksi

File RAR yang telah diekstrak dapat berisi berbagai jenis file, seperti dokumen, gambar, video, atau audio. Di perangkat Android, terdapat berbagai aplikasi yang dapat membuka jenis file ini, seperti Google Docs untuk dokumen, Galeri untuk gambar, pemutar video untuk video, dan pemutar musik untuk audio.

Pastikan Anda memiliki aplikasi yang sesuai untuk membuka file hasil ekstraksi yang Anda pilih.

Hapus File RAR Setelah Ekstraksi

Setelah Anda berhasil membuka dan melihat isi file RAR, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus file RAR tersebut untuk menghemat ruang penyimpanan di perangkat Android Anda.

Untuk menghapus file RAR, buka aplikasi "File Manager" atau aplikasi pengelola file lainnya di perangkat Android Anda. Telusuri folder tempat Anda menyimpan file RAR, pilih file RAR yang ingin dihapus, dan gunakan opsi "Delete" atau "Hapus" yang tersedia di aplikasi tersebut.

Perbarui Aplikasi "RAR for Android" Secara Berkala

Pastikan Anda memperbarui aplikasi "RAR for Android" secara berkala untuk memastikan Anda mendapatkan fitur terbaru dan perbaikan bug yang mungkin dilakukan oleh pengembang aplikasi.

Untuk memperbarui aplikasi "RAR for Android", buka Google Play Store, cari "RAR for Android" di kolom pencarian, dan jika tersedia, ketuk tombol "Update" atau "Perbarui" untuk mengunduh dan menginstal versi terbaru dari aplikasi tersebut.

Gunakan Password Jika Diperlukan

Jika file RAR yang ingin Anda buka dilindungi oleh password, Anda perlu memasukkan password yang benar untuk membuka file tersebut. Pastikan Anda memiliki password yang tepat sebelum mencoba membuka file RAR tersebut.

Setelah memasukkan password yang benar, aplikasi "RAR for Android" akan membuka file RAR dan memungkinkan Anda mengakses isi file tersebut di perangkat Android Anda.

Simpan File Hasil Ekstraksi dengan Tepat

Setelah Anda membuka dan melihat isi file RAR, pastikan Anda menyimpan file hasil ekstraksi dengan tepat. Anda dapat memilih folder atau lokasi penyimpanan yang sesuai agar file tersebut mudah ditemukan di perangkat Android Anda.

Untuk menyimpan file hasil ekstraksi, saat Anda membuka file tersebut dengan aplikasi yang sesuai, aplikasi tersebut biasanya akan memberi opsi untuk menyimpan file ke folder yang Anda inginkan. Pilih folder yang sesuai dan tap tombol "Save" atau "Simpan" untuk menyimpan file tersebut di perangkat Android Anda.

Nikmati Akses Mudah ke File RAR di Android Anda

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang dapat membuka file RAR di perangkat Android Anda dengan mudah dan cepat. Nikmati akses mudah ke file RAR dan nikmati berbagai konten yang ada di dalamnya!

Dengan memiliki aplikasi "RAR for Android" yang terinstal di perangkat Android Anda, Anda dapat membuka file RAR kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan Anda.

Gunakan panduan ini sebagai referensi untuk membuka file RAR di perangkat Android Anda dan jelajahi berbagai konten yang terkompresi di dalamnya dengan mudah dan praktis.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam membuka file RAR di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!