Notifications
Translate Page

Cara Membuka Tab Baru di Google Chrome Android: Panduan Lengkap

Cara Membuka Tab Baru di Google Chrome Android: Panduan Lengkap

Saat menggunakan Google Chrome di perangkat Android, seringkali kita perlu membuka tab baru untuk menjelajahi situs web yang berbeda atau melakukan beberapa tugas secara bersamaan. Membuka tab baru di Google Chrome Android dapat dilakukan dengan beberapa cara yang praktis dan mudah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuka tab baru di Google Chrome Android dengan berbagai metode yang tersedia. Dari menggunakan tombol menu hingga perintah suara, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara rinci agar Anda dapat dengan mudah membuka tab baru di Google Chrome Android.

Menggunakan Tombol Menu

Jika Anda ingin membuka tab baru di Google Chrome Android, Anda dapat menggunakan tombol menu di sudut kanan atas layar. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Google Chrome

Pertama, buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal versi terbaru dari Google Chrome melalui Google Play Store.

Langkah 2: Akses Tombol Menu

Selanjutnya, perhatikan tombol menu yang terletak di sudut kanan atas layar. Tombol ini terlihat seperti tiga titik vertikal. Ketuk tombol menu ini untuk melihat beberapa opsi yang tersedia.

Langkah 3: Pilih "Tab Baru"

Dalam daftar opsi yang muncul setelah Anda menekan tombol menu, cari opsi yang bertuliskan "Tab baru". Ketuk opsi ini untuk membuka tab baru di Google Chrome Android.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuka tab baru di Google Chrome Android menggunakan tombol menu. Metode ini sangat sederhana dan efektif.

Menggunakan Tombol + di Sebelah Tab Aktif

Alternatif lain untuk membuka tab baru di Google Chrome Android adalah dengan menggunakan tombol "+" yang terletak di sebelah tab yang sedang aktif. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Google Chrome

Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Langkah 2: Temukan Tab Aktif

Perhatikan tab yang sedang aktif di Google Chrome. Tombol "+" untuk membuka tab baru akan terletak di sebelah tab ini.

Langkah 3: Ketuk Tombol +

Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol "+" yang terletak di sebelah tab aktif. Ketuk tombol ini untuk membuka tab baru di Google Chrome Android.

Dengan menggunakan tombol + di sebelah tab aktif, Anda dapat membuka tab baru dengan cepat dan langsung di sebelah tab yang sedang Anda gunakan.

Menggunakan Gestur Swipe

Jika Anda lebih suka menggunakan gestur untuk membuka tab baru di Google Chrome Android, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Caranya adalah dengan melakukan swipe ke atas dari bagian bawah layar perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Chrome

Seperti langkah-langkah sebelumnya, pastikan Anda membuka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Swipe ke Atas

Swipe atau geser layar perangkat Anda ke atas dari bagian bawah layar. Lakukan gerakan ini dengan ujung jari Anda.

Langkah 3: Tab Baru Terbuka

Setelah Anda melakukan swipe ke atas, tab baru akan terbuka di Google Chrome Android. Anda dapat segera mulai menjelajahi situs web baru pada tab ini.

Dengan menggunakan gestur swipe, Anda dapat membuka tab baru dengan cepat dan mudah tanpa harus menekan tombol tambahan. Metode ini sangat praktis untuk pengguna yang sering menggunakan gestur pada perangkat Android mereka.

Menggunakan Tombol Ctrl + T pada Keyboard Eksternal

Jika Anda menggunakan keyboard eksternal yang terhubung ke perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl + T untuk membuka tab baru di Google Chrome Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Hubungkan Keyboard Eksternal

Pastikan keyboard eksternal Anda terhubung dan terdeteksi oleh perangkat Android Anda. Pastikan juga bahwa keyboard tersebut memiliki tombol Ctrl dan T.

Langkah 2: Buka Google Chrome

Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Tekan Ctrl + T

Setelah Google Chrome terbuka, tekan tombol Ctrl dan T pada keyboard eksternal secara bersamaan. Hal ini akan membuka tab baru di Google Chrome Android.

Dengan menggunakan tombol Ctrl + T pada keyboard eksternal, Anda dapat membuka tab baru di Google Chrome Android dengan mudah dan cepat. Metode ini sangat berguna bagi pengguna yang sering menggunakan keyboard eksternal untuk bekerja atau menjelajahi situs web.

Menggunakan Perintah Suara

Jika Anda lebih suka menggunakan perintah suara, Anda dapat membuka tab baru di Google Chrome Android dengan mudah. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur perintah suara pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Aktifkan Perintah Suara

Buka pengaturan perangkat Android Anda dan cari opsi untuk mengaktifkan perintah suara. Aktifkan opsi ini agar perangkat Anda siap menerima perintah suara.

Langkah 2: Buka Google Chrome

Setelah mengaktifkan perintah suara, buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Ucapkan Perintah

Ucapkan perintah suara "Buka tab baru di Google Chrome" dengan jelas dan lantang. Perangkat akan mengenali perintah Anda dan membuka tab baru di Google Chrome Android.

Dengan menggunakan perintah suara, Anda dapat membuka tab baru di Google Chrome Android dengan cepat dan tanpa harus menggunakan tangan. Metode ini sangat berguna bagi pengguna yang sedang sibuk atau tidak ingin mengganggu aktivitas mereka dengan menekan tombol atau melakukan gestur.

Menggunakan Pintasan di Layar Beranda

Untuk mempermudah akses, Anda dapat menambahkan pintasan untuk membuka tab baru di Google Chrome Android di layar beranda perangkat Anda. Caranya adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Google Chrome

Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Tahan Ikon Google Chrome

Tahan dan tekan ikon Google Chrome di layar beranda perangkat Anda. Tahan ikon ini sampai muncul beberapa opsi tambahan.

Langkah 3: Pilih "Tab Baru"

Dalam opsi-opsi yang muncul setelah Anda menahan ikon Google Chrome, cari dan pilih opsi yang bertuliskan "Tab Baru". Ketuk opsi ini untuk membuka tab baru di Google Chrome Android.

Dengan menambahkan pintasan di layar beranda, Anda dapat membuka tab baru di Google Chrome Android dengan cepat dan mudah. Metode ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin mengakses tab baru dengan satu ketukan pada layar beranda mereka.

Menggunakan Tombol Multitasking

Jika Anda sedang menggunakan fitur multitasking di perangkat Android Anda, Anda dapat dengan mudah membuka tab baru di Google Chrome Android. Caranya adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Aktifkan Fitur Multitasking

Geser jari Anda ke atas dari bagian bawah layar perangkat Android Anda untuk mengaktifkan fitur multitasking. Tampilan multitasking akan muncul.

Langkah 2: Temukan Ikon GoogleChrome

Carilah ikon Google Chrome di daftar aplikasi yang muncul pada tampilan multitasking. Ketuk ikon ini untuk membuka Google Chrome.

Langkah 3: Ketuk Ikon +

Setelah Google Chrome terbuka, perhatikan ikon "+" yang terletak di bagian atas layar. Ketuk ikon ini untuk membuka tab baru di Google Chrome Android.

Dengan menggunakan tombol multitasking, Anda dapat membuka tab baru di Google Chrome Android dengan mudah. Metode ini sangat berguna ketika Anda sedang menggunakan fitur multitasking dan ingin membuka tab baru tanpa harus kembali ke layar beranda atau menu aplikasi.

Menggunakan Pencarian Google Chrome

Google Chrome memiliki fitur pencarian internal yang memungkinkan Anda membuka tab baru dengan cepat. Caranya adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Google Chrome

Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Ketuk Bilah Pencarian

Perhatikan bilah pencarian yang terletak di bagian atas layar Google Chrome. Ketuk bilah ini untuk memulai proses pencarian.

Langkah 3: Ketik "Tab Baru"

Ketik kata kunci "Tab Baru" di dalam bilah pencarian. Anda akan melihat beberapa hasil pencarian terkait.

Langkah 4: Pilih Opsi "Tab Baru"

Dalam hasil pencarian, pilih opsi yang bertuliskan "Tab Baru" untuk membuka tab baru di Google Chrome Android.

Dengan menggunakan fitur pencarian Google Chrome, Anda dapat membuka tab baru di Google Chrome Android secara cepat dan mudah. Metode ini sangat berguna ketika Anda ingin membuka tab baru dengan cepat tanpa perlu mencari tombol tambahan atau melibatkan gerakan fisik.

Menggunakan Pintasan di Bilah Alamat

Anda juga dapat membuka tab baru di Google Chrome Android dengan memanfaatkan pintasan yang tersedia di bilah alamat. Caranya adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Google Chrome

Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Ketuk Bilah Alamat

Perhatikan bilah alamat yang terletak di bagian atas layar Google Chrome. Ketuk bilah ini untuk memulai proses pengetikan.

Langkah 3: Ketik "chrome://newtab"

Ketik kata kunci "chrome://newtab" di dalam bilah alamat. Ini adalah pintasan untuk membuka tab baru di Google Chrome Android.

Langkah 4: Tekan Enter

Setelah mengetik "chrome://newtab", tekan tombol Enter pada keyboard atau ikon "Go" di keyboard layar Anda. Tab baru akan terbuka di Google Chrome Android.

Dengan menggunakan pintasan di bilah alamat, Anda dapat membuka tab baru di Google Chrome Android dengan cepat dan mudah. Metode ini sangat berguna ketika Anda ingin membuka tab baru dengan menggunakan bilah alamat yang sudah ada di layar Google Chrome.

Menggunakan Gestur Tiga Jari

Beberapa perangkat Android memiliki fitur gestur tiga jari yang memungkinkan Anda membuka tab baru di Google Chrome Android. Caranya adalah dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Aktifkan Fitur Gestur Tiga Jari

Buka pengaturan perangkat Android Anda dan cari opsi untuk mengaktifkan fitur gestur tiga jari. Pastikan opsi ini diaktifkan agar Anda dapat menggunakan gestur tiga jari.

Langkah 2: Buka Google Chrome

Buka aplikasi Google Chrome di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Lakukan Gestur Tiga Jari

Lakukan gestur tiga jari pada layar perangkat Anda. Gerakan ini dapat berbeda-beda tergantung pada pengaturan perangkat Anda. Cek panduan perangkat Anda untuk mengetahui gestur yang tepat.

Langkah 4: Tab Baru Terbuka

Setelah melakukannya dengan benar, tab baru akan terbuka di Google Chrome Android. Anda dapat langsung mulai menjelajahi situs web baru pada tab ini.

Dengan menggunakan fitur gestur tiga jari, Anda dapat membuka tab baru di Google Chrome Android dengan mudah. Metode ini sangat berguna bagi pengguna yang menginginkan akses cepat dan praktis dengan menggunakan gestur pada layar perangkat mereka.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara membuka tab baru di Google Chrome Android. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Coba dan eksplorasi setiap metode untuk menemukan yang paling cocok untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menjelajahi web dengan lebih efisien melalui Google Chrome di perangkat Android Anda!