Notifications
Translate Page

Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android: Solusi yang Mudah dan Efektif

Cara Mengatasi Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Chrome Android: Solusi yang Mudah dan Efektif

Saat menjelajah internet menggunakan perangkat Android, terkadang Anda mungkin mengalami masalah ketika ingin mengakses situs tertentu di Chrome. Salah satu pesan yang mungkin muncul adalah "Situs ini tidak dapat dijangkau". Ketika ini terjadi, banyak pengguna merasa frustrasi dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan solusi yang mudah dan efektif untuk mengatasi masalah ini.

Sebelum kita membahas cara mengatasi situs yang tidak dapat dijangkau di Chrome Android, penting untuk memahami penyebab umum masalah ini. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan pesan kesalahan ini adalah masalah jaringan, masalah DNS, pengaturan keamanan di situs tersebut, atau bahkan masalah pada perangkat Android Anda. Sekarang, mari kita lihat solusi yang dapat Anda coba.

Periksa Koneksi Internet Anda

Jika Anda mengalami masalah mengakses situs di Chrome Android, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet Anda. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil atau menggunakan paket data yang cukup. Jika koneksi internet Anda lemah atau tidak stabil, maka situs mungkin tidak dapat dijangkau. Cobalah untuk memperbaiki koneksi internet Anda atau mencoba mengakses situs tersebut menggunakan koneksi internet yang berbeda.

Menggunakan Jaringan Wi-Fi yang Stabil

Jika Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, pastikan sinyal Wi-Fi yang Anda terima cukup kuat. Jika sinyal lemah, Anda mungkin akan mengalami masalah dalam mengakses situs di Chrome Android. Cobalah untuk mendekatkan diri ke router Wi-Fi atau mencoba menggunakan jaringan Wi-Fi yang berbeda yang memiliki sinyal yang lebih kuat.

Menggunakan Paket Data yang Cukup

Jika Anda menggunakan paket data seluler untuk mengakses internet, pastikan Anda memiliki cukup kuota data yang tersisa. Jika kuota data Anda habis, situs mungkin tidak dapat dijangkau di Chrome Android. Periksa kuota data Anda dan pastikan Anda memiliki cukup untuk mengakses situs yang ingin Anda kunjungi.

Bersihkan Cache dan Data Chrome

Selama penggunaan rutin, cache dan data Chrome dapat mengumpulkan banyak file yang tidak perlu. Ini dapat menyebabkan masalah saat mengakses situs tertentu. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat membersihkan cache dan data Chrome di perangkat Android Anda. Caranya adalah dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Chrome, lalu ketuk "Bersihkan cache" dan "Bersihkan data". Setelah itu, coba akses kembali situs yang sebelumnya tidak dapat dijangkau dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Bersihkan Cache Chrome

Cache adalah kumpulan data yang disimpan oleh Chrome untuk mempercepat proses pencarian dan memuat situs yang pernah Anda kunjungi. Namun, cache yang terlalu besar atau terisi dengan data yang sudah tidak relevan dapat menyebabkan masalah saat mengakses situs tertentu. Untuk membersihkan cache Chrome, buka Pengaturan > Aplikasi > Chrome, lalu ketuk "Bersihkan cache". Ini akan menghapus semua data cache yang disimpan oleh Chrome.

Bersihkan Data Chrome

Di samping cache, Chrome juga menyimpan data lain seperti riwayat pencarian, cookie, dan pengaturan situs. Data ini juga dapat menyebabkan masalah saat mengakses situs tertentu. Untuk membersihkan data Chrome, buka Pengaturan > Aplikasi > Chrome, lalu ketuk "Bersihkan data". Ini akan menghapus semua data yang disimpan oleh Chrome, termasuk riwayat pencarian dan pengaturan situs.

Ganti DNS Anda

Masalah DNS dapat menjadi penyebab situs tidak dapat dijangkau di Chrome Android. DNS (Domain Name System) menerjemahkan alamat situs web yang Anda ketik menjadi alamat IP yang dapat dikenali oleh perangkat. Jika DNS yang Anda gunakan bermasalah, maka situs mungkin tidak dapat dijangkau. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengganti DNS default dengan DNS publik seperti Google DNS atau Cloudflare DNS. Caranya adalah dengan membuka Pengaturan > Jaringan & Internet > Wi-Fi > Ketuk dan tahan nama jaringan Wi-Fi Anda > Ubah jaringan > Tampilkan opsi lanjutan > Ubah pengaturan IP ke Statis > Masukkan DNS yang ingin Anda gunakan.

Menggunakan Google DNS

Google DNS adalah salah satu DNS publik yang dapat Anda gunakan untuk mengganti DNS default. Google DNS memiliki kecepatan yang tinggi dan stabil. Untuk menggunakan Google DNS, buka Pengaturan > Jaringan & Internet > Wi-Fi > Ketuk dan tahan nama jaringan Wi-Fi Anda > Ubah jaringan > Tampilkan opsi lanjutan > Ubah pengaturan IP ke Statis > Masukkan DNS primer dan sekunder Google DNS (8.8.8.8 dan 8.8.4.4).

Menggunakan Cloudflare DNS

Cloudflare DNS adalah juga salah satu DNS publik yang dapat Anda gunakan sebagai alternatif DNS default. Cloudflare DNS juga memiliki kecepatan yang tinggi dan fitur keamanan yang baik. Untuk menggunakan Cloudflare DNS, buka Pengaturan > Jaringan & Internet > Wi-Fi > Ketuk dan tahan nama jaringan Wi-Fi Anda > Ubah jaringan > Tampilkan opsi lanjutan > Ubah pengaturan IP ke Statis > Masukkan DNS primer dan sekunder Cloudflare DNS (1.1.1.1 dan 1.0.0.1).

Nonaktifkan Ekstensi Chrome

Jika Anda menggunakan banyak ekstensi di Chrome Android, beberapa dari mereka mungkin tidak kompatibel dengan situs tertentu dan menyebabkan situs tidak dapat dijangkau. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba menonaktifkan ekstensi satu per satu. Caranya adalah dengan membuka Chrome, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih "Ekstensi". Di sini, Anda dapat menonaktifkan ekstensi yang Anda curigai menjadi penyebab masalah.

Menonaktifkan Ekstensi yang Mungkin Menyebabkan Masalah

Ekstensi Chrome adalah program tambahan yang menambahkan fitur dan fungsi ekstra ke Chrome. Namun, tidak semua ekstensi kompatibel dengan semua situs web. Beberapa ekstensi mungkin menyebabkan masalah saat mengakses situs tertentu. Untuk menonaktifkan ekstensi, buka Chrome, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih "Ekstensi". Di sini, Anda akan melihat daftar semua ekstensi yang Anda instal. Nonaktifkan ekstensi yang Anda curigai menjadi penyebab masalah dengan menggeser tombol di sebelahnya ke posisi mati (off).

Perbarui Aplikasi Chrome

Ketika Anda mengalami masalah mengakses situs di Chrome Android, mungkin ada masalah dengan versi aplikasi itu sendiri. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat memeriksa apakah ada pembaruan untuk aplikasi Chrome di Google Play Store. Jika ada, perbarui aplikasi tersebut ke versi terbaru. Setelah itu, coba akses kembali situs yang sebelumnya tidak dapat dijangkau dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Memeriksa Pembaruan di Google Play Store

Google Play Store adalah toko aplikasi resmi untuk perangkat Android. Di sini, Anda dapat memeriksa apakah ada pembaruan untuk aplikasi Chrome. Untuk memeriksa pembaruan, buka Google Play Store, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas, lalu pilih "My apps & games". Di sini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terpasang di perangkatAnda. Gulir ke bawah dan cari aplikasi Chrome. Jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan melihat tombol "Update" di sebelahnya. Ketuk tombol tersebut untuk memperbarui aplikasi Chrome ke versi terbaru.

Memeriksa Pembaruan Otomatis

Jika Anda ingin memastikan bahwa aplikasi Chrome secara otomatis diperbarui ke versi terbaru, Anda dapat mengaktifkan pengaturan pembaruan otomatis di Google Play Store. Untuk melakukannya, buka Google Play Store, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas, lalu pilih "Pengaturan". Di sini, gulir ke bawah dan pastikan opsi "Pembaruan aplikasi secara otomatis" diaktifkan. Dengan pengaturan ini, aplikasi Chrome akan diperbarui secara otomatis setiap kali ada pembaruan yang tersedia.

Periksa Pengaturan Keamanan Situs

Beberapa situs mungkin memiliki pengaturan keamanan yang membatasi akses dari perangkat Android. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa pengaturan keamanan situs tersebut. Pastikan tidak ada pengaturan yang memblokir akses dari perangkat Android atau mengharuskan Anda untuk menggunakan peramban lain selain Chrome. Jika ada, coba ubah pengaturan tersebut agar situs tersebut dapat diakses di Chrome Android.

Memeriksa Pengaturan Situs di Chrome

Chrome memiliki pengaturan situs yang dapat Anda sesuaikan untuk setiap situs yang Anda kunjungi. Untuk memeriksa pengaturan situs, buka Chrome, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih "Pengaturan". Gulir ke bawah dan ketuk "Pengaturan situs". Di sini, Anda akan melihat opsi untuk mengelola pengaturan situs seperti izin kamera, izin lokasi, dan lainnya. Periksa pengaturan situs untuk situs yang tidak dapat Anda akses dan pastikan tidak ada pengaturan yang membatasi akses dari perangkat Android.

Memeriksa Sertifikat Keamanan Situs

Beberapa situs menggunakan sertifikat keamanan untuk melindungi informasi pengguna. Jika sertifikat keamanan situs tidak valid atau telah kedaluwarsa, Chrome mungkin akan memblokir akses ke situs tersebut. Untuk memeriksa sertifikat keamanan situs, buka Chrome dan kunjungi situs yang tidak dapat Anda akses. Ketuk ikon gembok di bilah alamat untuk melihat informasi sertifikat situs. Pastikan sertifikat situs valid dan belum kedaluwarsa. Jika sertifikat tidak valid, hubungi pemilik situs untuk menyelesaikan masalah ini.

Restart Perangkat Android Anda

Kadang-kadang, masalah teknis kecil pada perangkat Android Anda dapat menyebabkan situs tidak dapat dijangkau di Chrome. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba me-restart perangkat Android Anda. Caranya sangat sederhana, cukup tahan tombol daya perangkat Anda, lalu pilih opsi "Restart" atau "Matikan" dan nyalakan kembali perangkat setelah beberapa detik.

Menggunakan Restart Biasa

Restart biasa adalah cara termudah untuk memulihkan perangkat Android Anda dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Cukup tekan dan tahan tombol daya perangkat Anda, lalu pilih opsi "Restart" atau "Matikan". Tunggu beberapa detik, kemudian hidupkan kembali perangkat Anda dengan menekan tombol daya lagi. Perangkat Android Anda akan menyelesaikan proses restart dan kembali ke kondisi normal.

Menggunakan Restart Paksa

Jika perangkat Android Anda tidak merespons atau terjebak dalam keadaan yang tidak normal, Anda dapat menggunakan restart paksa untuk memulihkannya. Caranya adalah dengan menekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Tunggu perangkat Anda mati dan biarkan selama beberapa detik sebelum menyalakannya kembali dengan menekan tombol daya. Restart paksa akan memaksa perangkat Anda untuk memulai ulang dan dapat membantu mengatasi masalah yang mungkin terjadi.

Gunakan Mode Penyamaran di Chrome

Jika Anda masih mengalami masalah mengakses situs di Chrome Android, Anda dapat mencoba menggunakan mode penyamaran di Chrome. Mode penyamaran akan memuat Chrome tanpa ekstensi atau riwayat yang dapat mengganggu akses ke situs tertentu. Caranya adalah dengan membuka Chrome, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih "Mode Penyamaran" untuk masuk ke mode tersebut. Coba akses kembali situs yang sebelumnya tidak dapat dijangkau dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Menggunakan Mode Penyamaran

Mode penyamaran adalah cara untuk menjelajah internet tanpa meninggalkan jejak atau pengaruh di peramban Anda. Ketika Anda menggunakan mode penyamaran di Chrome, semua riwayat penelusuran, cookie, dan data pengguna lainnya akan dihapus setelah Anda menutup tab penyamaran. Untuk menggunakan mode penyamaran, buka Chrome, ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih "Mode Penyamaran". Di mode penyamaran, coba akses kembali situs yang sebelumnya tidak dapat dijangkau dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Periksa Pengaturan Keamanan Perangkat Android Anda

Beberapa pengaturan keamanan pada perangkat Android Anda mungkin membatasi akses ke situs tertentu di Chrome. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat memeriksa pengaturan keamanan perangkat Android Anda. Pastikan tidak ada pengaturan yang memblokir akses ke situs tertentu atau membatasi akses ke aplikasi peramban seperti Chrome. Jika ada, coba ubah pengaturan tersebut agar situs tersebut dapat diakses di Chrome Android.

Memeriksa Pengaturan Keamanan Perangkat

Pengaturan keamanan pada perangkat Android Anda dapat mempengaruhi akses ke aplikasi dan situs tertentu. Untuk memeriksa pengaturan keamanan perangkat, buka Pengaturan, lalu cari opsi "Keamanan" atau "Privasi". Di sini, Anda akan melihat berbagai pengaturan keamanan yang dapat Anda sesuaikan. Pastikan tidak ada pengaturan yang membatasi akses ke situs tertentu atau membatasi akses ke aplikasi peramban seperti Chrome. Jika ada, ubah pengaturan tersebut agar situs tersebut dapat diakses di Chrome Android.

Hubungi Penyedia Layanan Internet Anda

Jika Anda telah mencoba semua solusi di atas dan masih mengalami masalah mengakses situs di Chrome Android, mungkin ada masalah dengan penyedia layanan internet Anda. Mereka mungkin memiliki pembatasan atau pemblokiran tertentu yang menghalangi akses ke situs tertentu. Dalam kasus seperti ini, Anda dapat menghubungi penyedia layanan internet Anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dan mencari tahu apakah ada pembatasan yang dapat dihapus.

Menghubungi Layanan Pelanggan Penyedia Internet

Jika Anda curiga bahwa penyedia layanan internet Anda membatasi akses ke situs tertentu, hubungi layanan pelanggan penyedia internet Anda. Jelaskan masalah Anda dengan detail dan tanyakan apakah ada pembatasan atau pemblokiran tertentu yang mungkin menghalangi akses ke situs tersebut. Mereka akan dapat memberikan informasi lebih lanjut dan membantu Anda mencari solusi untuk masalah ini.

Dengan mengikuti solusi-solusi di atas, Anda seharusnya dapat mengatasi masalah "situs ini tidak dapat dijangkau" di Chrome Android. Selamat mencoba dan semoga berhasil!