Notifications
Translate Page

Cara Mengembalikan History Google Chrome yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan History Google Chrome yang Terhapus di Android

Saat menggunakan Google Chrome di perangkat Android, seringkali kita menghapus riwayat browsing tanpa sengaja. Hal ini bisa terjadi karena kita ingin membersihkan perangkat dari cache atau mungkin hanya ingin menghapus beberapa halaman yang tidak ingin terlihat oleh orang lain. Namun, terkadang kita juga ingin mengembalikan riwayat browsing yang pernah terhapus tersebut. Bagaimana cara mengembalikan history Google Chrome yang terhapus di Android? Artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan detail untuk membantu Anda mengatasi masalah ini.

Sebelum kita membahas cara mengembalikan history Google Chrome yang terhapus di Android, penting untuk memahami bahwa Google Chrome di Android tidak menyimpan riwayat browsing secara default. Namun, jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Chrome dengan akun Google Anda, Anda dapat mengembalikan riwayat tersebut melalui langkah-langkah berikut:

Masuk ke Akun Google Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengembalikan riwayat browsing yang terhapus adalah masuk ke akun Google Anda di perangkat Android. Pastikan Anda menggunakan akun yang sama yang Anda gunakan saat mengakses Google Chrome.

Setelah masuk, buka aplikasi Google Chrome di perangkat Anda dan ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Buka Menu Pengaturan

Setelah masuk ke akun Google Anda, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar Chrome. Kemudian, pilih opsi "Pengaturan" dari menu yang muncul.

Langkah 2: Buka Pengaturan Akun

Setelah membuka menu pengaturan, gulir ke bawah dan temukan opsi "Akun Google". Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan akun Google Anda.

Langkah 3: Sinkronisasi Data

Pada pengaturan akun Google, pastikan opsi "Sinkronisasi Chrome" diaktifkan. Jika opsi ini tidak aktif, nyalakan tombol di sebelahnya untuk mengaktifkannya.

Sinkronisasi Ulang Akun Google

Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Chrome sebelumnya tetapi riwayat browsing masih tidak muncul, Anda dapat mencoba sinkronisasi ulang akun Google Anda. Untuk melakukannya, kembali ke pengaturan akun Google dan ketuk opsi "Sinkronisasi ulang akun".

Navigasi Ulang di Google Chrome

Setelah Anda mengaktifkan sinkronisasi riwayat, tutup dan buka kembali Google Chrome di perangkat Android Anda. Pastikan Anda terhubung ke internet dan biarkan Chrome melakukan sinkronisasi data.

Periksa Riwayat Browsing di Google Chrome

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, periksa kembali riwayat browsing di Google Chrome. Riwayat yang terhapus seharusnya sudah muncul kembali.

Langkah 1: Buka Riwayat Browsing

Untuk membuka riwayat browsing di Google Chrome, ketuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar Chrome. Kemudian, pilih opsi "Riwayat" dari menu yang muncul.

Langkah 2: Atur Waktu Riwayat

Setelah membuka riwayat browsing, Anda dapat mengatur rentang waktu riwayat yang ingin Anda lihat. Pilih opsi "Rentang Waktu" dan pilih waktu yang sesuai.

Langkah 3: Periksa Riwayat Browsing

Sekarang, Anda dapat melihat riwayat browsing yang terhapus dan memastikan bahwa data tersebut telah berhasil dikembalikan.

Hapus Cache dan Data Chrome

Jika riwayat browsing masih belum muncul setelah mencoba langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba menghapus cache dan data Chrome di perangkat Android. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan perangkat, pilih "Aplikasi" atau "Pengelola Aplikasi", cari Google Chrome dalam daftar aplikasi, lalu ketuk opsi "Hapus Cache" dan "Hapus Data".

Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengembalikan riwayat browsing yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda mengembalikan data yang terhapus, termasuk riwayat browsing di Google Chrome.

Simpan Riwayat Secara Berkala

Untuk menghindari kehilangan riwayat browsing di masa depan, disarankan untuk secara berkala menyimpan riwayat tersebut. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan fitur bookmark atau membuat screenshot riwayat penting.

Langkah 1: Gunakan Fitur Bookmark

Google Chrome menyediakan fitur bookmark yang memungkinkan Anda menyimpan halaman web yang penting. Setiap kali Anda menemukan halaman yang ingin Anda ingat, cukup tekan ikon bintang di bilah alamat untuk menyimpannya sebagai bookmark. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengakses kembali halaman tersebut di masa depan.

Langkah 2: Buat Screenshot Riwayat Penting

Jika Anda ingin menyimpan bukti visual dari riwayat browsing Anda, Anda dapat membuat screenshot halaman web yang ingin Anda ingat. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan pada perangkat Android Anda. Setelah membuat screenshot, Anda dapat menyimpannya di galeri perangkat Anda atau mengirimnya melalui aplikasi pesan atau email.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mengembalikan riwayat browsing Google Chrome yang terhapus di perangkat Android. Ingatlah bahwa langkah-langkah ini hanya berlaku jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Chrome dengan akun Google Anda. Jika belum, Anda mungkin tidak dapat mengembalikan riwayat yang terhapus. Selain itu, pastikan Anda melakukan langkah-langkah dengan hati-hati dan mengikuti urutan yang diberikan untuk hasil yang maksimal.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika riwayat browsing Google Chrome di perangkat Android Anda terhapus. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikannya dan melanjutkan aktivitas browsing Anda seperti biasa. Selamat mencoba!