Notifications
Translate Page

Cara Mengembalikan Pesan Messenger yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Pesan Messenger yang Terhapus di Android

Jika Anda menggunakan aplikasi Messenger di Android, kemungkinan besar Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus pesan penting. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kesalahan pengguna atau pembaruan perangkat lunak yang tidak kompatibel. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan pesan Messenger yang terhapus di Android. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukannya.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa tidak semua pesan yang terhapus dapat dikembalikan. Jika pesan tersebut telah dihapus secara permanen atau jika Anda tidak memiliki salinan cadangan, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat mengembalikannya. Namun, jika pesan tersebut masih ada dalam salinan cadangan atau jika Anda memiliki aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu dalam pemulihan data, ada harapan untuk mendapatkan pesan tersebut kembali.

Memulihkan Pesan Menggunakan Salinan Cadangan

Jika Anda memiliki salinan cadangan pesan Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memulihkannya. Beberapa aplikasi Messenger seperti WhatsApp dan Telegram menyediakan fitur salinan cadangan otomatis, yang memudahkan Anda untuk mengembalikan pesan yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan Aplikasi Messenger

Langkah pertama adalah membuka pengaturan aplikasi Messenger di perangkat Android Anda. Untuk melakukannya, cari ikon aplikasi Messenger di layar utama atau di laci aplikasi, dan ketuk untuk membukanya.

2. Temukan Opsi Cadangan dan Pulihkan

Setelah Anda membuka aplikasi Messenger, pergilah ke pengaturan. Di beberapa aplikasi, Anda dapat menemukan opsi Cadangan dan Pulihkan langsung di menu pengaturan utama. Namun, di aplikasi lain, Anda mungkin perlu mencari opsi ini di bawah opsi lain seperti Privasi atau Keamanan. Cari opsi tersebut dan ketuk untuk melanjutkan.

3. Pilih Opsi untuk Mengembalikan Pesan dari Salinan Cadangan

Setelah Anda menemukan opsi Cadangan dan Pulihkan, ketuk opsi tersebut untuk membuka menu pemulihan. Di dalam menu ini, Anda akan melihat daftar salinan cadangan yang tersedia untuk dipulihkan. Pilih salinan cadangan yang sesuai dengan tanggal dan waktu di mana pesan yang ingin Anda pulihkan terhapus. Setelah Anda memilih salinan cadangan, ketuk opsi Pulihkan untuk memulai proses pemulihan.

4. Tunggu Hingga Proses Selesai

Setelah Anda memilih opsi Pulihkan, aplikasi Messenger akan mulai memulihkan pesan dari salinan cadangan yang dipilih. Proses ini mungkin membutuhkan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah pesan yang akan dipulihkan dan kecepatan koneksi internet Anda. Pastikan Anda tidak membatalkan proses ini dan biarkan aplikasi menyelesaikan pemulihan pesan. Setelah proses selesai, Anda akan melihat pesan yang terhapus telah berhasil dipulihkan ke dalam kotak masuk Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Memulihkan Pesan

Jika Anda tidak memiliki salinan cadangan atau aplikasi Messenger Anda tidak menyediakan fitur salinan cadangan, Anda masih bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan pesan yang terhapus. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda dalam pemulihan data, seperti DiskDigger, GT Recovery, atau Dr.Fone. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga:

1. Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Data

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi pemulihan data yang dipilih dari Google Play Store. Cari aplikasi yang memiliki rating dan ulasan yang baik, serta kompatibel dengan perangkat Android Anda. Setelah Anda menemukan aplikasi yang diinginkan, ketuk tombol Unduh dan tunggu hingga proses unduhan selesai. Setelah itu, ketuk tombol Instal untuk menginstal aplikasi di perangkat Anda.

2. Buka Aplikasi dan Berikan Izin yang Diperlukan

Setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi pemulihan data, buka aplikasi tersebut dari layar utama atau laci aplikasi. Pada saat pertama kali membuka aplikasi, Anda mungkin akan diminta untuk memberikan izin yang diperlukan agar aplikasi dapat memulihkan data yang terhapus. Berikan izin yang diminta dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi.

3. Pilih Jenis File yang Ingin Dipulihkan

Setelah Anda memberikan izin yang diperlukan, aplikasi pemulihan data akan menampilkan berbagai jenis file yang dapat dipulihkan, seperti pesan teks, gambar, video, atau lampiran. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan dengan mencentang kotak yang sesuai. Anda juga dapat memilih opsi untuk memulihkan semua jenis file jika Anda ingin memulihkan semua data yang terhapus.

4. Tunggu Hingga Proses Pemulihan Selesai

Setelah Anda memilih jenis file yang ingin dipulihkan, ketuk tombol Mulai Pemulihan atau tombol serupa yang ada di aplikasi. Aplikasi akan mulai melakukan proses pemulihan, yang mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah dan ukuran file yang akan dipulihkan. Pastikan Anda tidak membatalkan proses ini dan biarkan aplikasi menyelesaikan pemulihan data. Setelah proses selesai, Anda akan melihat pesan yang terhapus telah berhasil dipulihkan dan tersedia kembali di aplikasi Messenger Anda.

Membuka Kembali Pesan yang Terhapus dari Arsip Facebook

Selain menggunakan salinan cadangan atau aplikasi pihak ketiga, Anda juga dapat mencoba membuka kembali pesan yang terhapus dari arsip Facebook. Facebook menyimpan semua percakapan dan pesan yang pernah Anda kirim atau terima di Messenger dalam arsip pribadi. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka kembali pesan yang terhapus dari arsip Facebook:

1. Buka Aplikasi Facebook

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Facebook di perangkat Android Anda. Cari ikon aplikasi Facebook di layar utama atau di laci aplikasi, dan ketuk untuk membukanya. Pastikan Anda masuk ke akun Facebook yang sama yang Anda gunakan untuk mengirim atau menerima pesan di Messenger.

2. Buka Menu Pesan

Setelah Anda membuka aplikasi Facebook, cari ikon pesan di bagian atas atau bawah layar, tergantung pada versi aplikasi yang Anda gunakan. Ketuk ikon pesan untuk membuka menu pesan di aplikasi Facebook.

3. Cari Opsi Arsip Pesan

Setelah Anda membuka menu pesan, cari opsi Arsip Pesan di dalam menu. Opsi ini mungkin terletak di bawah opsi lain seperti Permintaan Pesan atau Pesan Saya. Ketuk opsi Arsip Pesan untuk melanjutkan.

4. Temukan Pesan yang Ingin Dibuka Kembali

Setelah Anda masuk ke arsip pesan, Anda dapat menggunakan fitur pencarian atau menggulir untuk mencari pesan yang ingin Anda buka kembali. Arsip pesan akan menampilkan semua percakapan dan pesan yang pernah Anda kirim atau terima di Messenger. Temukan pesan yang ingin Anda buka kembali dengan menggulir atau menggunakan fitur pencarian yang tersedia di aplikasi Facebook.

...

Mencadangkan Pesan Secara Teratur

Langkah terbaik untuk menghindari kehilangan pesan penting adalah dengan mencadangkannya secara teratur. Pastikan Anda mengaktifkan fitur salinan cadangan otomatis di aplikasi Messenger atau menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat secara otomatis mencadangkan pesan Anda. Denganbegitu, jika Anda menghapus pesan secara tidak sengaja, Anda akan memiliki salinan cadangan yang dapat dipulihkan dengan mudah. Berikut adalah beberapa tips untuk mencadangkan pesan secara teratur:

1. Aktifkan Fitur Cadangan Otomatis di Aplikasi Messenger

Langkah pertama adalah memastikan Anda mengaktifkan fitur cadangan otomatis yang disediakan oleh aplikasi Messenger. Buka pengaturan aplikasi Messenger dan cari opsi yang berkaitan dengan cadangan atau pemulihan data. Aktifkan fitur cadangan otomatis jika tersedia dan pilih frekuensi cadangan yang Anda inginkan, seperti harian, mingguan, atau bulanan. Dengan mengaktifkan fitur ini, aplikasi Messenger akan secara otomatis mencadangkan pesan Anda sehingga Anda dapat dengan mudah mengembalikannya jika terhapus.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mencadangkan Pesan

Jika aplikasi Messenger Anda tidak menyediakan fitur cadangan otomatis, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mencadangkan pesan. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat melakukan cadangan pesan Messenger Anda secara otomatis. Cari aplikasi yang memiliki fitur yang Anda inginkan, seperti cadangan ke cloud atau ke penyimpanan lokal, dan instal aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengatur cadangan pesan Anda.

3. Simpan Salinan Cadangan di Tempat Aman

Setelah Anda berhasil mencadangkan pesan Anda, pastikan Anda menyimpan salinan cadangan di tempat yang aman. Anda dapat menyimpan salinan cadangan di penyimpanan internal atau eksternal perangkat Anda, atau menggunakan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox untuk menyimpannya. Pastikan Anda memiliki akses yang aman ke salinan cadangan dan lindungi dengan kata sandi jika diperlukan. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengakses dan mengembalikan pesan Anda jika terhapus.

4. Periksa dan Verifikasi Salinan Cadangan Secara Berkala

Setelah Anda melakukan cadangan pesan secara teratur, penting untuk memastikan bahwa salinan cadangan tersebut berhasil dan berfungsi dengan baik. Lakukan pemeriksaan dan verifikasi salinan cadangan secara berkala untuk memastikan bahwa semua pesan Anda telah dicadangkan dengan benar. Buka aplikasi cadangan atau periksa salinan cadangan yang disimpan di penyimpanan Anda dan pastikan bahwa semua pesan yang penting telah tercadangkan dengan sukses. Jika ada masalah dengan salinan cadangan, segera perbaiki atau lakukan cadangan ulang untuk memastikan keamanan pesan Anda.

5. Jaga Kebersihan dan Kinerja Perangkat Anda

Untuk menjaga keberhasilan cadangan dan pemulihan pesan, penting untuk menjaga kebersihan dan kinerja perangkat Android Anda. Hapus file yang tidak perlu, hapus cache aplikasi secara teratur, dan pastikan perangkat Anda memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan cadangan pesan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan versi terbaru dari aplikasi Messenger dan sistem operasi Android Anda, karena pembaruan perangkat lunak seringkali menyertakan perbaikan dan fitur baru yang dapat meningkatkan keamanan dan kinerja aplikasi.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan pesan Messenger yang terhapus di Android. Meskipun tidak ada jaminan bahwa semua pesan yang terhapus dapat dikembalikan, Anda masih memiliki beberapa pilihan untuk mencoba memulihkannya. Ingatlah untuk selalu mencadangkan pesan Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang berharga. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda!