Notifications
Translate Page

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android: Panduan Lengkap

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Android: Panduan Lengkap

Saat ini, ponsel Android telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan kemampuan untuk merekam video kualitas tinggi dan menyimpannya secara digital, ponsel Android telah menjadi perangkat favorit untuk mengabadikan momen tak terlupakan. Namun, terkadang kita bisa menghapus video secara tidak sengaja, entah itu karena kesalahan atau kecelakaan. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan video yang terhapus di Android.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk dicatat bahwa kemungkinan pemulihan video yang terhapus bergantung pada beberapa faktor, seperti kapasitas penyimpanan ponsel dan berapa lama video tersebut telah dihapus. Namun, dengan menggunakan metode yang kami jelaskan di bawah ini, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikan video yang hilang. Jadi, mari kita mulai!

Mengecek Folder Sampah di Aplikasi Galeri

Jika Anda menghapus video menggunakan aplikasi Galeri bawaan Android, ada kemungkinan besar bahwa video tersebut masih ada di folder Sampah. Buka aplikasi Galeri Anda dan cari opsi "Sampah" atau "Folder Terhapus". Di sinilah video yang terhapus secara otomatis disimpan selama jangka waktu tertentu sebelum benar-benar dihapus dari perangkat Anda. Jika Anda menemukan video yang ingin Anda pulihkan, cukup pilih dan kembalikan ke galeri utama.

Langkah-langkah:

1. Buka aplikasi Galeri di ponsel Android Anda.

2. Cari opsi "Sampah" atau "Folder Terhapus".

3. Jika Anda menemukan opsi tersebut, pilih untuk membuka folder Sampah.

4. Lihatlah secara seksama apakah video yang ingin Anda pulihkan ada di dalam folder Sampah.

5. Jika iya, pilih video tersebut dan pilih opsi "Kembalikan" atau "Pindahkan ke Galeri Utama".

6. Video akan dikembalikan ke galeri utama Anda dan dapat diakses seperti biasa.

Jika Anda tidak menemukan folder Sampah di aplikasi Galeri, jangan khawatir. Masih ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikan video yang terhapus di Android.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Android

Jika video Anda tidak ditemukan di folder Sampah atau jika Anda menggunakan aplikasi Galeri pihak ketiga, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data Android untuk membantu mengembalikan video yang terhapus. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store yang dirancang khusus untuk pemulihan data, seperti DiskDigger, Undeleter, dan Dumpster. Unduh dan instal salah satu dari aplikasi ini, lalu ikuti petunjuknya untuk memulai proses pemulihan video.

Langkah-langkah:

1. Buka Play Store di ponsel Android Anda.

2. Cari aplikasi pemulihan data seperti DiskDigger, Undeleter, atau Dumpster.

3. Unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih.

4. Buka aplikasi pemulihan data yang telah diinstal.

5. Ikuti petunjuk di aplikasi untuk memulai proses pemulihan data.

6. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, pilih "Video".

7. Aplikasi akan melakukan pemindaian penuh pada penyimpanan ponsel Anda untuk mencari video yang terhapus.

8. Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan hasilnya. Cari video yang ingin Anda pulihkan.

9. Pilih video tersebut dan pilih opsi "Pulihkan" atau "Kembalikan".

10. Video akan dikembalikan ke galeri Anda dan dapat diakses seperti biasa.

Jika metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data desktop.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Desktop

Jika metode sebelumnya tidak berhasil mengembalikan video yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data desktop. Salah satu aplikasi yang populer adalah EaseUS Data Recovery Wizard. Pertama, hubungkan ponsel Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Kemudian, instal dan jalankan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. Pilih penyimpanan internal atau kartu SD eksternal yang digunakan untuk menyimpan video yang terhapus. Setelah itu, biarkan aplikasi melakukan pemindaian penuh dan pilih video yang ingin Anda pulihkan. Terakhir, klik tombol "Pulihkan" dan tunggu hingga proses selesai.

Langkah-langkah:

1. Hubungkan ponsel Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

2. Buka browser Anda dan kunjungi situs web resmi EaseUS Data Recovery Wizard.

3. Unduh dan instal aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda.

4. Jalankan aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard setelah instalasi selesai.

5. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, dalam hal ini adalah "Video".

6. Pilih lokasi penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan video yang terhapus, seperti penyimpanan internal atau kartu SD eksternal.

7. Klik tombol "Pindai" dan biarkan aplikasi melakukan pemindaian penuh pada penyimpanan yang dipilih.

8. Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan.

9. Cari video yang ingin Anda pulihkan dan centang kotak di depannya.

10. Klik tombol "Pulihkan" dan pilih lokasi penyimpanan di komputer Anda untuk menyimpan video yang dipulihkan.

11. Tunggu hingga proses pemulihan selesai, dan Anda dapat menemukan video yang dipulihkan di lokasi penyimpanan yang Anda pilih.

Jika metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak memiliki salinan cadangan di penyimpanan cloud, Anda dapat mencoba menggunakan layanan pemulihan data profesional.

Menggunakan Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua upaya sebelumnya tidak berhasil dan video yang terhapus sangat berharga bagi Anda, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional. Mereka memiliki alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulihkan video yang terhapus secara efektif. Namun, perlu dicatat bahwa layanan ini biasanya berbiaya tinggi, jadi pastikan untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum mengambil langkah ini.

Langkah-langkah:

1. Lakukan penelitian untuk menemukan layanan pemulihan data profesional yang terpercaya dan berpengalaman.

2. Hubungi layanan pemulihan data dan jelaskan situasi Anda secara detail.

3. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh layanan pemulihan data untuk mengirimkan perangkat Android Anda ke mereka.

4. Biarkan tim pemulihan data melakukan proses pemulihan pada perangkat Anda.

5. Setelah proses selesai, tim pemulihan data akan memberi tahu Anda tentang hasilnya.

6. Jika video yang terhapus berhasil dipulihkan, Anda akan diminta untuk membayar biaya layanan.

7. Jika video tidak dapat dipulihkan, Anda mungkin tidak dikenakan biaya atau hanya dikenakan biaya sebagian.

Meskipun layanan pemulihan data profesional dapat menjadi pilihan terakhir, ini adalah solusi terbaik jika video yang terhapus sangat berharga dan tidak dapat digantikan.

Menghindari Kehilangan Video di Masa Depan

Agar video Anda tidak hilang di masa depan, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda ambil. Pertama, pastikan Anda memiliki salinan cadangan video Anda secara teratur. Andadapat menggunakan penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive untuk secara otomatis menyinkronkan dan menyimpan salinan video Anda. Selain itu, Anda juga dapat memindahkan video ke komputer Anda secara teratur sebagai cadangan eksternal.

Selain membuat salinan cadangan, hindari menghapus video secara sembarangan. Pastikan untuk memeriksa dengan teliti sebelum menghapus video apa pun dan pastikan bahwa Anda benar-benar ingin menghapusnya. Jika Anda menggunakan aplikasi Galeri pihak ketiga, pastikan untuk membaca ulasan dan memilih aplikasi yang memiliki fitur pemulihan yang andal. Beberapa aplikasi Galeri pihak ketiga bahkan memiliki fitur "Tempat Sampah" yang mirip dengan fitur di aplikasi Galeri bawaan Android, yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan video yang terhapus dengan mudah.

Selain itu, hindari memilih opsi "Pulihkan ke pengaturan pabrik" tanpa melakukan backup terlebih dahulu. Opsi ini akan menghapus semua data di ponsel Anda, termasuk video yang belum Anda pulihkan. Jadi, pastikan untuk selalu melakukan backup data penting Anda sebelum melakukan reset pabrik.

Terakhir, selalu perbarui perangkat Anda dan aplikasi yang Anda gunakan. Pembaruan sistem dan pembaruan aplikasi sering kali termasuk perbaikan keamanan dan pemulihan data yang dapat membantu melindungi video Anda dari hilang atau kerusakan. Pastikan juga untuk menggunakan antivirus yang terpercaya dan memindai perangkat Anda secara berkala untuk mencegah serangan malware yang dapat menyebabkan hilangnya data.

Dalam kesimpulan, kehilangan video yang terhapus di Android bisa menjadi momen yang menegangkan, tetapi dengan metode yang tepat, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikannya. Mulai dari memeriksa folder Sampah di aplikasi Galeri, menggunakan aplikasi pemulihan data Android, atau bahkan menghubungi layanan pemulihan data profesional, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba. Selain itu, dengan mengambil langkah-langkah pencegahan seperti membuat salinan cadangan secara teratur dan menghindari menghapus video secara sembarangan, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan video di masa depan. Jadi, jangan panik jika video Anda terhapus, ikuti panduan ini, dan dapatkan kembali video berharga Anda dengan mudah. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam mengembalikan video yang terhapus di Android Anda!