Notifications
Translate Page

Cara Mengganti Background Story Instagram Android: Panduan Lengkap

Cara Mengganti Background Story Instagram Android: Panduan Lengkap

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna smartphone. Fitur Story di Instagram memungkinkan pengguna untuk berbagi momen sehari-hari dalam bentuk foto atau video yang bersifat sementara. Bagi pengguna Android, mengganti background Story Instagram dapat memberikan tampilan yang menarik dan kreatif pada cerita yang dibagikan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengganti background Story Instagram pada perangkat Android dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Membuka Aplikasi Instagram

Langkah pertama dalam mengganti background Story Instagram adalah membuka aplikasi Instagram di perangkat Android Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Instagram Anda sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

1. Mengklik Ikon Kamera di Kiri Atas

Setelah membuka aplikasi Instagram, Anda akan melihat ikon kamera di pojok kiri atas layar. Klik ikon tersebut untuk masuk ke mode kamera Story, di mana Anda dapat mengambil foto atau merekam video untuk dibagikan pada cerita.

2. Mengambil Foto atau Video

Selanjutnya, Anda dapat mengambil foto atau video seperti biasa dengan menekan tombol utama pada layar atau dengan menekan dan menahan tombol utama untuk merekam video. Pastikan Anda memilih objek atau momen yang ingin Anda bagikan melalui Story Instagram.

3. Memilih Background

Setelah Anda mengambil foto atau video, Anda dapat memilih background yang ingin Anda gunakan pada Story Instagram. Pada layar pengeditan Story, geser ke atas untuk melihat berbagai pilihan background yang tersedia. Anda dapat memilih dari koleksi latar belakang yang disediakan oleh Instagram atau mengunggah foto atau gambar dari galeri Anda.

Anda juga dapat memilih foto atau gambar yang sudah ada di galeri perangkat Anda sebagai background Story Instagram. Caranya adalah dengan mengklik ikon galeri di bawah layar pengeditan Story, lalu pilih foto atau gambar yang ingin Anda gunakan sebagai background.

4. Mengganti Warna Background

Anda juga dapat mengganti warna background Story Instagram sesuai dengan keinginan Anda. Setelah memilih background, geser ke bawah pada layar pengeditan Story dan pilih opsi "Warna". Anda akan melihat palet warna yang beragam untuk dipilih. Pilihlah warna yang sesuai dengan tema atau suasana yang ingin Anda tampilkan pada cerita Anda.

Jika Anda ingin menggunakan warna yang tidak ada di palet warna, Anda dapat menggunakan pipet warna untuk memilih warna dari foto atau gambar yang Anda unggah sebagai background. Caranya adalah dengan menekan dan menahan tombol pada palet warna, lalu arahkan ke warna yang ingin Anda pilih pada foto atau gambar.

5. Menambahkan Stiker atau Teks

Anda dapat membuat tampilan Story Instagram Anda lebih menarik dengan menambahkan stiker, teks, atau elemen dekoratif lainnya. Setelah memilih background, geser ke bawah pada layar pengeditan Story dan pilih opsi "Stiker" atau "Teks". Anda akan melihat berbagai pilihan stiker dan teks yang dapat Anda tambahkan pada cerita Anda.

Anda dapat memilih stiker atau teks yang sesuai dengan tema atau pesan yang ingin Anda sampaikan melalui Story Instagram. Misalnya, jika Anda sedang merayakan ulang tahun, Anda dapat menambahkan stiker "Happy Birthday" atau tulisan "Selamat Ulang Tahun" pada cerita Anda.

6. Menyimpan dan Membagikan Story

Jika Anda sudah puas dengan tampilan Story Instagram Anda, klik tombol "Selesai" di pojok kanan atas layar untuk menyimpan Story. Selanjutnya, Anda dapat membagikan Story dengan mengklik tombol "Bagikan ke Cerita" atau mengirimkannya langsung kepada teman atau pengikut Anda.

Anda juga dapat membagikan cerita Anda ke platform media sosial lainnya seperti Facebook atau Twitter dengan mengklik opsi "Bagikan ke Facebook" atau "Bagikan ke Twitter".

7. Menghapus atau Mengedit Background Story

Jika Anda ingin menghapus atau mengedit background Story Instagram yang sudah diposting, Anda dapat mengunjungi profil Anda dan membuka Story yang ingin dihapus atau diubah. Caranya adalah dengan mengklik foto profil Anda di pojok kanan bawah layar, lalu pilih cerita yang ingin Anda edit atau hapus.

Setelah memilih cerita yang ingin diubah, Anda dapat mengklik ikon tiga titik di pojok kanan bawah cerita untuk membuka menu opsi. Pilih opsi "Edit Story" untuk melakukan perubahan pada cerita, atau pilih opsi "Hapus" untuk menghapus cerita dari profil Anda.

8. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengganti background Story Instagram dengan lebih banyak pilihan, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur pengeditan Story yang lebih lengkap. Cari aplikasi tersebut di Play Store, unduh, dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengganti background Story dengan cara yang lebih kreatif.

Berikut adalah beberapa aplikasi pengeditan foto dan video yang populer dan dapat digunakan untuk mengganti background Story Instagram:

a. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi pengeditan foto dan desain grafis yang populer. Dalam aplikasi ini, Anda dapat menemukan berbagai template, stiker, dan alat pengeditan yang dapat membantu Anda membuat tampilan Story Instagram yang menarik.

b. Adobe Spark Post

Adobe Spark Post adalah aplikasi pengeditan foto dan desain grafis yang mudah digunakan. Dalam aplikasi ini, Anda dapat menambahkan teks, stiker, filter, dan berbagai elemen lainnya untuk mempercantik tampilan Story Instagram Anda.

c. Unfold

Unfold adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membuat tampilan cerita yang menarik. Dalam aplikasi ini, Anda dapat menemukan berbagai template dan alat pengeditan yang dapat membantu Anda mengganti background Story Instagram dengan berbagai pilihan yang kreatif.

9. Mengikuti Tren dan Mengembangkan Kreativitas

Selain mengikuti panduan di atas, Anda juga dapat mengikuti tren dan mengembangkan kreativitas Anda sendiri dalam mengganti background Story Instagram. Jelajahi inspirasi dari pengguna lain, eksplorasi fitur-fitur baru yang ditawarkan oleh Instagram, dan berani mencoba hal-hal baru untuk membuat tampilan Story yang unik dan menarik.

Cobalah untuk menggabungkan berbagai elemen seperti teks, stiker, dan filter dengan background yang kreatif untuk menciptakan cerita yang menarik dan berbeda dari yang lain. Ingatlah bahwa Story Instagram adalah cara yang baik untuk berbagi momen sehari-hari dengan teman dan pengikut Anda, jadi jadilah kreatif dan jangan takut untuk mencoba hal-hal baru.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda dapat dengan mudah mengganti background Story Instagram pada perangkat Android Anda. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam membuat cerita yang menarik dan kreatif di Instagram!