Notifications
Translate Page

Cara Menggunakan Virtual Background di Zoom Android: Panduan Lengkap

Cara Menggunakan Virtual Background di Zoom Android: Panduan Lengkap

Saat ini, Zoom telah menjadi platform populer untuk rapat online, kelas virtual, dan pertemuan jarak jauh. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Zoom adalah kemampuan untuk menggunakan virtual background. Dengan fitur ini, Anda dapat mengubah latar belakang Anda menjadi gambar atau video yang menarik, menciptakan suasana baru yang menyenangkan dalam pertemuan Anda.

Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan virtual background di Zoom Android. Kami akan menjelaskan langkah-langkah detail untuk mengaktifkan dan mengatur virtual background, serta memberikan tips dan trik yang berguna untuk mendapatkan hasil terbaik. Jadi, jika Anda ingin tampil lebih menarik dan profesional dalam pertemuan Zoom Anda, teruslah membaca!

Memeriksa Persyaratan Sistem

Sebelum memulai, pastikan bahwa perangkat Android Anda memenuhi persyaratan sistem yang diperlukan untuk menggunakan fitur virtual background di Zoom. Menggunakan virtual background membutuhkan perangkat dengan Android versi 7.0 atau yang lebih baru. Jika perangkat Anda tidak memenuhi persyaratan ini, Anda mungkin tidak dapat menggunakan fitur ini.

Untuk memeriksa versi Android perangkat Anda, buka Pengaturan ponsel Anda dan cari opsi "Tentang ponsel" atau "Tentang perangkat". Di sini, Anda akan menemukan informasi tentang versi Android yang sedang Anda gunakan.

Jika perangkat Anda menggunakan versi Android yang memenuhi persyaratan, pastikan juga bahwa Anda memiliki versi terbaru aplikasi Zoom di perangkat Anda. Dalam bagian selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memperbarui aplikasi Zoom.

Memperbarui Aplikasi Zoom

Sebelum Anda dapat menggunakan fitur virtual background di Zoom Android, pastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru aplikasi Zoom di perangkat Anda. Memperbarui aplikasi secara teratur penting karena versi terbaru sering kali menyertakan perbaikan bug dan fitur baru yang diperlukan untuk menggunakan fitur virtual background.

Untuk memperbarui aplikasi Zoom di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Google Play Store

Pertama, buka Google Play Store di perangkat Android Anda. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara default dan memiliki ikon berwarna segitiga merah, hijau, biru, dan kuning.

2. Cari Aplikasi Zoom

Setelah membuka Google Play Store, ketik "Zoom" di bilah pencarian di bagian atas layar. Ketika Anda mulai mengetik, saran pencarian akan muncul di bawah bilah pencarian. Ketuk "Zoom" ketika muncul di saran pencarian atau tekan tombol enter di keyboard perangkat Anda.

3. Perbarui Aplikasi Zoom

Setelah Anda menemukan halaman aplikasi Zoom di Google Play Store, gulir ke bawah hingga Anda melihat tombol "Perbarui". Jika tombol ini tidak muncul, itu berarti aplikasi Zoom Anda sudah diperbarui ke versi terbaru. Namun, jika tombol "Perbarui" muncul, ketuk tombol ini untuk memperbarui aplikasi Zoom ke versi terbaru.

Setelah Anda berhasil memperbarui aplikasi Zoom, Anda siap untuk mengaktifkan fitur virtual background di perangkat Android Anda. Kami akan menjelaskan langkah-langkah detailnya pada bagian berikutnya.

Mengaktifkan Fitur Virtual Background

Setelah memastikan bahwa aplikasi Zoom Anda diperbarui, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur virtual background di perangkat Android Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini:

1. Buka Aplikasi Zoom

Pertama, buka aplikasi Zoom di perangkat Android Anda. Anda dapat menemukan ikon aplikasi Zoom di layar utama atau dalam daftar aplikasi di perangkat Anda. Ketuk ikon aplikasi Zoom untuk membukanya.

2. Masuk ke Akun Zoom Anda

Jika Anda belum masuk ke akun Zoom Anda, Anda akan diminta untuk masuk. Masukkan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun Zoom Anda untuk masuk. Jika Anda belum memiliki akun Zoom, Anda dapat membuatnya dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

3. Buka Pengaturan

Setelah Anda masuk ke akun Zoom Anda, ketuk ikon "Pengaturan" di bagian bawah kanan layar. Ikon ini terlihat seperti sebuah roda gigi dan akan membuka menu pengaturan Zoom.

4. Pilih Pengaturan Meeting

Di menu pengaturan Zoom, gulir ke bawah dan ketuk opsi "Pengaturan Meeting" untuk membuka pengaturan terkait pertemuan.

5. Aktifkan Virtual Background

Dalam pengaturan pertemuan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Virtual Background" dan ketuk opsi ini. Di sini, Anda akan melihat tombol on/off untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur virtual background di Zoom.

Ketuk tombol ini untuk mengaktifkan virtual background di perangkat Android Anda. Setelah fitur ini diaktifkan, Anda dapat mulai memilih virtual background yang ingin Anda gunakan dalam pertemuan Zoom Anda.

Memilih Virtual Background

Setelah mengaktifkan fitur virtual background di Zoom Android, langkah berikutnya adalah memilih latar belakang virtual yang ingin Anda gunakan. Zoom menyediakan beberapa latar belakang virtual yang dapat Anda pilih, termasuk gambar dan video.

Untuk memilih virtual background di Zoom Android, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan Virtual Background

Setelah mengaktifkan fitur virtual background, kembali ke menu pengaturan Zoom dengan mengetuk ikon "Pengaturan" di bagian bawah kanan layar. Di menu pengaturan, ketuk opsi "Pengaturan Meeting" dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Virtual Background".

2. Pilih Latar Belakang Virtual

Ketuk opsi "Virtual Background" untuk membuka menu pemilihan latar belakang virtual. Di sini, Anda akan melihat beberapa latar belakang virtual yang telah disediakan oleh Zoom. Anda dapat memilih salah satu dari latar belakang ini dengan mengkliknya.

Anda juga dapat melihat tampilan preview dari latar belakang virtual sebelum memilihnya. Ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana tampilan Anda akan berubah dengan latar belakang tersebut.

3. Terapkan Latar Belakang Virtual

Setelah Anda memilih latar belakang virtual yang ingin Anda gunakan, ketuk tombol "Terapkan" untuk menerapkan latar belakang tersebut dalam pertemuan Zoom Anda. Latar belakang virtual akan segera diterapkan dan Anda dapat melihat perubahan tersebut pada layar perangkat Anda.

Jika Anda tidak puas dengan pilihan latar belakang virtual yang disediakan oleh Zoom, Anda juga dapat mengunggah gambar atau video kustom sebagai latar belakang virtual. Kami akan menjelaskan cara melakukan ini pada bagian berikut.

Mengunggah Gambar atau Video Kustom

Jika Anda ingin menggunakan gambar atau video kustom sebagai latar belakang virtual di Zoom Android, Anda dapat mengunggahnya ke aplikasi Zoom. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengunggah gambar atau video kustom:

1. Buka Pengaturan Virtual Background

Seperti sebelumnya, buka menu pengaturan Zoom dengan mengetuk ikon "Pengaturan" di bagian bawah kanan layar. Di menu pengaturan, ketuk opsi "Pengaturan Meeting" dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Virtual Background".2. Pilih Latar Belakang Virtual

Ketuk opsi "Virtual Background" untuk membuka menu pemilihan latar belakang virtual. Di sini, Anda akan melihat beberapa latar belakang virtual yang telah disediakan oleh Zoom. Namun, jika Anda ingin menggunakan gambar atau video kustom, ketuk opsi "+Tambah Gambar" atau "+Tambah Video" yang biasanya terletak di bagian bawah menu.

3. Unggah Gambar atau Video

Setelah Anda memilih opsi "+Tambah Gambar" atau "+Tambah Video", Anda akan diarahkan ke galeri perangkat Anda di mana Anda dapat memilih gambar atau video yang ingin Anda unggah sebagai latar belakang virtual. Telusuri galeri perangkat Anda dan pilih gambar atau video yang diinginkan, kemudian ketuk "Pilih" atau "Unggah" untuk mengunggahnya ke Zoom.

Pastikan gambar atau video yang Anda unggah sesuai dengan kebijakan dan etika Zoom. Hindari menggunakan materi yang melanggar hak cipta, mengandung konten yang tidak pantas, atau melanggar ketentuan penggunaan Zoom.

4. Terapkan Latar Belakang Virtual Kustom

Setelah Anda mengunggah gambar atau video kustom, kembali ke menu pemilihan latar belakang virtual. Anda sekarang akan melihat gambar atau video kustom yang telah Anda unggah. Ketuk gambar atau video tersebut untuk memilihnya sebagai latar belakang virtual Anda.

Setelah memilih gambar atau video kustom, ketuk tombol "Terapkan" untuk menerapkan latar belakang tersebut dalam pertemuan Zoom Anda. Latar belakang virtual kustom akan segera diterapkan dan Anda dapat melihat perubahan tersebut pada layar perangkat Anda.

Dengan mengunggah gambar atau video kustom, Anda dapat menampilkan latar belakang yang lebih personal dan unik dalam pertemuan Zoom Anda.

Tips untuk Mendapatkan Hasil Terbaik

Untuk mendapatkan hasil terbaik dengan menggunakan virtual background di Zoom Android, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda:

1. Pilih Latar Belakang yang Tepat

Saat memilih latar belakang virtual, pilihlah gambar atau video yang sesuai dengan konteks dari pertemuan atau acara yang Anda ikuti. Misalnya, jika Anda sedang mengikuti rapat bisnis serius, pilihlah latar belakang yang terlihat profesional dan tidak mengganggu. Jika Anda mengikuti pertemuan informal atau kelas virtual yang menyenangkan, Anda dapat memilih latar belakang yang lebih santai dan kreatif.

2. Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan yang baik adalah kunci untuk mendapatkan hasil terbaik dengan menggunakan virtual background. Pastikan Anda berada di tempat yang cukup terang dan hindari pencahayaan yang terlalu kontras atau terlalu redup. Jika mungkin, duduklah di dekat sumber cahaya alami seperti jendela untuk mendapatkan pencahayaan yang lebih baik.

3. Gunakan Latar Belakang yang Rapi dan Bersih

Pastikan area di belakang Anda bersih dan rapi saat menggunakan virtual background. Jaga agar tidak ada barang yang mengganggu atau terlihat di latar belakang, seperti tumpukan pakaian atau barang-barang yang tidak teratur. Latar belakang yang rapi dan bersih akan memberikan kesan yang lebih profesional dan teratur.

4. Hindari Pakaian dengan Warna yang Sama dengan Latar Belakang

Jika Anda menggunakan virtual background dengan gambar atau video yang memiliki warna-warna tertentu, hindari mengenakan pakaian dengan warna yang sama atau mirip dengan latar belakang tersebut. Hal ini akan membuat Anda terlihat seperti "menghilang" dalam latar belakang virtual dan menyulitkan orang lain untuk melihat Anda dengan jelas.

5. Perhatikan Kualitas Gambar atau Video

Pastikan gambar atau video yang Anda gunakan sebagai latar belakang memiliki kualitas yang baik. Hindari menggunakan gambar atau video yang buram, kabur, atau terdistorsi karena hal ini dapat mengganggu tampilan Anda dalam pertemuan Zoom. Jika mungkin, pilih gambar atau video dengan resolusi tinggi untuk hasil terbaik.

6. Coba-coba dan Eksplorasi

Jangan takut untuk mencoba-coba dan eksplorasi dengan berbagai latar belakang virtual yang tersedia. Zoom menyediakan banyak pilihan latar belakang yang dapat Anda gunakan, mulai dari gambar-gambar alam yang indah hingga latar belakang kreatif dan lucu. Cobalah berbagai latar belakang untuk menemukan yang paling sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan Anda.

7. Gunakan Kamera Belakang untuk Kualitas Gambar yang Lebih Baik

Jika perangkat Android Anda memiliki kamera belakang yang berkualitas lebih baik daripada kamera depan, pertimbangkan untuk menggunakan kamera belakang saat menggunakan virtual background. Kamera belakang biasanya memiliki resolusi yang lebih tinggi dan kualitas gambar yang lebih baik, sehingga memberikan tampilan yang lebih jelas dan profesional dalam pertemuan Zoom.

Mengatasi Masalah yang Mungkin Muncul

Walaupun fitur virtual background di Zoom Android sangat berguna, terkadang Anda mungkin mengalami beberapa masalah atau kesalahan dalam penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang mungkin muncul saat menggunakan virtual background di Zoom Android, beserta solusinya:

Tidak Dapat Mengaktifkan Fitur Virtual Background

Jika Anda tidak dapat mengaktifkan fitur virtual background di Zoom Android, pastikan bahwa perangkat Anda memenuhi persyaratan sistem yang diperlukan. Pastikan juga bahwa Anda memiliki versi terbaru aplikasi Zoom di perangkat Anda. Jika masalah masih persisten, coba untuk menghapus dan menginstal ulang aplikasi Zoom atau hubungi dukungan teknis Zoom untuk bantuan lebih lanjut.

Latar Belakang Virtual Tidak Terlihat dengan Jelas

Jika latar belakang virtual Anda tidak terlihat dengan jelas atau terdistorsi, periksa kualitas gambar atau video yang Anda gunakan. Pastikan gambar atau video tersebut memiliki resolusi yang cukup tinggi dan tidak buram. Juga, pastikan pencahayaan di tempat Anda cukup terang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Jika masalah masih berlanjut, coba untuk menggunakan koneksi internet yang lebih stabil atau hubungi dukungan teknis Zoom.

Virtual Background Terlihat Tidak Rapi atau Tidak Terpasang dengan Baik

Jika virtual background Anda terlihat tidak rapi atau tidak terpasang dengan baik, pastikan bahwa Anda memiliki latar belakang yang bersih dan rapi di belakang Anda. Jaga agar tidak ada barang yang mengganggu atau terlihat di latar belakang. Jika masalah masih berlanjut, coba untuk menggunakan perangkat dengan spesifikasi yang lebih baik atau hubungi dukungan teknis Zoom untuk bantuan lebih lanjut.

Menggunakan Virtual Background di Zoom Meeting

Setelah Anda mengatur virtual background di Zoom Android, Anda siap untuk menggunakannya dalam pertemuan Zoom. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan virtual background dalam Zoom Meeting:

1. Buka Aplikasi Zoom

Pertama, buka aplikasi Zoom di perangkat Android Anda dan masuk ke akun Zoom Anda jika belum melakukannya.

2. Bergabung dengan Pertemuan Zoom

Bergabunglah dengan pertemuan Zoom yang ingin Anda ikuti. Anda dapat melakukannya dengan memasukkan ID pertemuan yang diberikan oleh host pertemuan atau dengan mengklik tautan undangan yang diterima melalui email atau pesan teks.

3. Buka Pengaturan Virtual Background

Setelah Anda bergabung dengan pertemuan Zoom, ketuk ikon "More" di bagian bawah layar. Kemudian, ketuk opsi "Virtual Background" untuk membuka menu pemilihan latar belakang virtual.

4. Pilih Latar Belakang Virtual

Di menu pemilihan latar belakang virtual, Anda akan melihat daftar latar belakang yang telah Anda pilih sebelumnya atau yang telah disediakan oleh Zoom. Gulir ke bawah dan ketuk latar belakang virtual yang ingin Anda gunakan dalam pertemuan.

5. Terapkan Latar Belakang Virtual

Setelah memilih latar belakang virtual, ketuk tombol "Terapkan" untuk menerapkan latar belakang tersebut dalam pertemuan Zoom Anda. Latar belakang virtual akan segera diterapkan dan Anda dapat melihat perubahan tersebut pada layar perangkat Anda.

Sekarang, Anda telah berhasil menggunakan virtual background dalam pertemuan Zoom. Pastikan untuk mengatur latar belakang sesuai kebutuhan dan suasana pertemuan Anda.

Menggunakan Virtual Background dengan Kamera Belakang

Virtual background di Zoom Android tidak hanya dapat digunakan dengan kamera depan, tetapi juga dengan kamera belakang perangkat Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memiliki tampilan yang lebih jelas dan profesional dalam pertemuan Zoom. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan virtual background dengan kamera belakang:

1. Buka Pengaturan Video

Pertama, saat Anda berada di dalam pertemuan Zoom, ketuk ikon "More" di bagian bawah layar. Kemudian, ketuk opsi "Video" untuk membuka pengaturan video dalam pertemuan.

2. Ganti Kamera ke Kamera Belakang

Di menu pengaturan video, Anda akan melihat opsi untuk memilih kamera yang ingin Anda gunakan. Ketuk opsi "Ganti Kamera" atau "Switch Camera" untuk mengubah kamera yang sedang digunakan. Pilih kamera belakang perangkat Anda untuk menggunakan virtual background dengan kamera belakang.

3. Buka Pengaturan Virtual Background

Setelah Anda mengganti kamera ke kamera belakang, ketuk ikon "More" lagi di bagian bawah layar. Kemudian, ketuk opsi "Virtual Background" untuk membuka menu pemilihan latar belakang virtual.

4. Pilih Latar Belakang Virtual

Di menu pemilihan latar belakang virtual, Anda dapat memilih latar belakang yang ingin Anda gunakan dengan kamera belakang. Gulir ke bawah dan ketuk latar belakang virtual yang sesuai dengan pertemuan Anda.

5. Terapkan Latar Belakang Virtual

Setelah memilih latar belakang virtual, ketuk tombol "Terapkan" untuk menerapkan latar belakang tersebut dalam pertemuan Zoom Anda. Latar belakang virtual akan segera diterapkan dan Anda dapat melihat perubahan tersebut pada layar perangkat Anda.

Dengan menggunakan kamera belakang, Anda dapat menghasilkan tampilan yang lebih baik dan lebih profesional dalam pertemuan Zoom dengan virtual background.

Menghapus Virtual Background

Jika Anda ingin menghapus virtual background dan kembali ke latar belakang asli Anda, berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghapus virtual background di Zoom Android:

1. Buka Pengaturan Virtual Background

Saat Anda berada dalam pertemuan Zoom, ketuk ikon "More" di bagian bawah layar. Kemudian, ketuk opsi "Virtual Background" untuk membuka menu pemilihan latar belakang virtual.

2. Pilih Latar Belakang Asli

Di menu pemilihan latar belakang virtual, ketuk opsi "None" atau "Tidak ada" untuk memilih latar belakang asli Anda. Opsi ini akan menghapus virtual background dan mengembalikan latar belakang asli Anda dalam pertemuan Zoom.

3. Tutup Menu Virtual Background

Setelah memilih latar belakang asli, ketuk tombol "Tutup" atau "Close" untuk menutup menu pemilihan latar belakang virtual. Virtual background akan dihapus dan latar belakang asli Anda akan terlihat kembali dalam pertemuan Zoom.

Sekarang, Anda telah berhasil menghapus virtual background dan kembali ke latar belakang asli Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara menggunakan virtual background di Zoom Android. Kami menjelaskan langkah-langkah detail untuk mengaktifkan dan mengatur virtual background, memberikan tips dan trik untuk hasil terbaik, serta solusi untuk masalah yang mungkin muncul. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat membuat pertemuan Zoom Anda lebih menarik dan profesional. Jadi, jangan ragu untuk mencoba fitur virtual background di Zoom Android dan mulai menciptakan suasana baru dalam pertemuan Anda!