Notifications
Translate Page

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android: Panduan Lengkap dan Praktis

Cara Menghilangkan Iklan di HP Android: Panduan Lengkap dan Praktis

Semakin berkembangnya teknologi, penggunaan smartphone telah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali pengalaman pengguna terganggu oleh munculnya iklan yang mengganggu saat menggunakan HP Android. Iklan-iklan tersebut dapat memperlambat kinerja perangkat, menghabiskan kuota internet, dan bahkan mengganggu privasi pengguna.

Jika Anda juga mengalami masalah ini, jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara menghilangkan iklan di HP Android. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami sampaikan, Anda dapat menikmati penggunaan HP Android dengan lebih nyaman dan lancar.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat menghilangkan iklan di HP Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AdGuard, Blokada, atau DNS66. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam memblokir iklan yang muncul saat Anda menggunakan aplikasi atau menjelajahi internet. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya untuk menghindari masalah keamanan.

AdGuard

AdGuard adalah salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer untuk menghilangkan iklan di HP Android. Aplikasi ini bekerja dengan memblokir iklan melalui DNS dan memfilter lalu lintas aplikasi. Anda dapat mengunduh AdGuard dari situs resmi mereka dan mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan. Setelah diinstal, Anda dapat mengaktifkan AdGuard dan menyesuaikan pengaturannya sesuai kebutuhan Anda.

Blokada

Blokada adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat membantu Anda menghilangkan iklan di HP Android. Aplikasi ini menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk memblokir iklan yang muncul saat Anda menggunakan aplikasi atau menjelajahi internet. Anda dapat mengunduh Blokada dari situs resmi mereka dan mengikuti panduan instalasi yang disediakan. Setelah diinstal, Anda dapat mengaktifkan Blokada dan menyesuaikan pengaturannya agar sesuai dengan preferensi Anda.

DNS66

DNS66 adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan iklan di HP Android. Aplikasi ini bekerja dengan memblokir iklan melalui DNS dan memfilter lalu lintas aplikasi. Anda dapat mengunduh DNS66 dari sumber yang terpercaya dan mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan. Setelah diinstal, Anda dapat mengaktifkan DNS66 dan mengatur daftar domain yang ingin Anda blokir.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti AdGuard, Blokada, atau DNS66, Anda dapat memblokir iklan yang mengganggu dengan mudah. Pastikan Anda mengaktifkan aplikasi tersebut dan mengatur pengaturannya sesuai kebutuhan Anda.

Menggunakan Pengaturan Bawaan Android

HP Android juga menyediakan pengaturan bawaan yang dapat membantu Anda menghilangkan iklan. Caranya adalah dengan membuka Pengaturan, lalu pilih menu Google atau Akun Google. Selanjutnya, pilih Iklan, dan aktifkan opsi "Opt out of Ads Personalization". Dengan mengaktifkan opsi ini, iklan yang ditampilkan akan menjadi lebih umum dan tidak didasarkan pada minat atau aktivitas Anda.

Menemukan Pengaturan Iklan

Pertama, buka Pengaturan di HP Android Anda. Setelah itu, gulir ke bawah dan cari menu Google atau Akun Google. Klik menu tersebut untuk melanjutkan.

Masuk ke Pengaturan Iklan

Selanjutnya, di dalam menu Google atau Akun Google, cari opsi yang bernama "Iklan" atau "Iklan Personal". Klik opsi ini untuk melanjutkan ke pengaturan iklan di HP Android Anda.

Aktifkan Opsi "Opt out of Ads Personalization"

Setelah Anda masuk ke pengaturan iklan, cari opsi yang bernama "Opt out of Ads Personalization" atau "Nonaktifkan Personalisasi Iklan". Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi "Aktif". Dengan mengaktifkan opsi ini, iklan yang ditampilkan akan menjadi lebih umum dan tidak didasarkan pada minat atau aktivitas Anda.

Dengan menggunakan pengaturan bawaan Android untuk menghilangkan iklan, Anda dapat mengontrol preferensi iklan yang ditampilkan pada HP Android Anda. Pastikan Anda mengaktifkan opsi "Opt out of Ads Personalization" untuk mengurangi iklan yang muncul berdasarkan minat atau aktivitas Anda.

Menggunakan Browser dengan Fitur Anti-Iklan

Beberapa browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera Mini telah dilengkapi dengan fitur anti-iklan. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di pengaturan browser untuk menghilangkan iklan saat menjelajahi internet. Selain itu, Anda juga dapat menginstal ekstensi atau add-on anti-iklan untuk memperkuat perlindungan Anda terhadap iklan yang mengganggu.

Google Chrome

Jika Anda menggunakan Google Chrome sebagai browser utama di HP Android Anda, Anda dapat mengaktifkan fitur anti-iklan yang disediakan oleh browser ini. Caranya adalah dengan membuka Google Chrome, lalu ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas layar. Selanjutnya, pilih menu "Pengaturan" dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Situs web". Ketuk opsi ini dan pilih "Iklan". Di dalam menu "Iklan", aktifkan opsi "Blokir iklan" untuk mengaktifkan fitur anti-iklan di Google Chrome.

Mozilla Firefox

Jika Anda menggunakan Mozilla Firefox sebagai browser utama di HP Android Anda, Anda dapat mengaktifkan fitur anti-iklan yang disediakan oleh browser ini. Caranya adalah dengan membuka Mozilla Firefox, lalu ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar. Selanjutnya, pilih menu "Pengaturan" dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Privasi". Ketuk opsi ini dan pilih "Perlindungan". Di dalam menu "Perlindungan", aktifkan opsi "Lindungi dari pelacak dan iklan" untuk mengaktifkan fitur anti-iklan di Mozilla Firefox.

Opera Mini

Jika Anda menggunakan Opera Mini sebagai browser utama di HP Android Anda, Anda dapat mengaktifkan fitur anti-iklan yang disediakan oleh browser ini. Caranya adalah dengan membuka Opera Mini, lalu ketuk ikon O di pojok kanan bawah layar. Selanjutnya, pilih menu "Pengaturan" dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Blokir iklan". Ketuk opsi ini untuk mengaktifkan fitur anti-iklan di Opera Mini.

Dengan menggunakan browser dengan fitur anti-iklan, Anda dapat menghilangkan iklan saat menjelajahi internet di HP Android Anda. Pastikan Anda mengaktifkan fitur anti-iklan di pengaturan browser atau menginstal ekstensi anti-iklan untuk memperkuat perlindungan Anda terhadap iklan yang mengganggu.

Memblokir Iklan dengan Mengubah Hosts File

Mengubah hosts file di HP Android juga dapat membantu Anda menghilangkan iklan. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi file manager dengan akses root, seperti ES File Explorer. Buka file hosts di direktori /system/etc, lalu tambahkan baris kode yang mengarahkan iklan ke alamat IP yang tidak valid. Setelah itu, simpan perubahan dan restart perangkat Anda untuk melihat hasilnya.

Mengunduh dan Menginstal ES File Explorer

Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ES File Explorer di HP Android Anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda mengakses file hosts dan mengeditnyadengan mudah. Setelah Anda mengunduh aplikasi ES File Explorer, instal aplikasi tersebut dengan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Membuka File Hosts

Setelah Anda menginstal ES File Explorer, buka aplikasi tersebut. Di laman utama, Anda akan melihat berbagai file dan folder yang ada di perangkat Anda. Gulir ke bawah dan cari folder bernama "system". Ketuk folder tersebut untuk melanjutkan.

Setelah masuk ke dalam folder "system", Anda akan melihat beberapa folder dan file lainnya. Cari folder bernama "etc" dan ketuk folder tersebut untuk membukanya.

Di dalam folder "etc", Anda akan menemukan berbagai file termasuk file hosts. Cari dan ketuk file hosts untuk membukanya.

Mengedit File Hosts

Setelah Anda membuka file hosts, Anda akan melihat teks yang terdiri dari beberapa baris kode. Di sini, Anda dapat menambahkan baris kode yang mengarahkan iklan ke alamat IP yang tidak valid.

Anda dapat menyalin baris kode berikut dan menambahkannya di bawah baris kode yang sudah ada:

127.0.0.1iklan.com

Ubah "iklan.com" dengan alamat situs web iklan yang ingin Anda blokir. Anda dapat menambahkan beberapa baris kode seperti ini untuk memblokir iklan dari beberapa situs web yang berbeda.

Setelah Anda menambahkan baris kode yang diperlukan, simpan perubahan dengan menekan tombol "Save" atau "Simpan" di aplikasi ES File Explorer.

Restart Perangkat Anda

Setelah Anda menyimpan perubahan di file hosts, restart perangkat Anda. Setelah perangkat Anda menyala kembali, perubahan yang Anda lakukan akan mulai berlaku. Iklan dari situs web yang Anda blokir akan diarahkan ke alamat IP yang tidak valid dan tidak akan muncul di perangkat Anda.

Dengan mengubah file hosts di HP Android Anda, Anda dapat memblokir iklan yang mengganggu dengan mengarahkannya ke alamat IP yang tidak valid. Pastikan Anda menggunakan aplikasi file manager dengan akses root, seperti ES File Explorer, untuk mengedit file hosts dan menyimpan perubahan yang Anda lakukan.

Menggunakan Versi Premium Aplikasi

Jika Anda menggunakan aplikasi yang sering menampilkan iklan, pertimbangkan untuk mengupgrade ke versi premium. Versi premium biasanya tidak menampilkan iklan dan memberikan fitur tambahan yang tidak tersedia di versi gratis. Dengan membayar sedikit biaya untuk versi premium, Anda dapat menikmati pengalaman penggunaan aplikasi tanpa terganggu oleh iklan yang mengganggu.

Mengidentifikasi Aplikasi dengan Iklan yang Mengganggu

Pertama, identifikasi aplikasi di HP Android Anda yang sering menampilkan iklan dan mengganggu pengalaman penggunaan Anda. Periksa aplikasi-aplikasi yang sering Anda gunakan dan catat aplikasi-aplikasi yang menampilkan iklan secara berlebihan.

Mencari Versi Premium

Setelah Anda mengidentifikasi aplikasi dengan iklan yang mengganggu, cari tahu apakah aplikasi-aplikasi tersebut memiliki versi premium. Buka Google Play Store dan cari aplikasi yang ingin Anda upgrade ke versi premium. Di halaman aplikasi, Anda akan melihat informasi tentang versi premium dan fitur tambahan yang ditawarkan.

Membeli dan Menginstal Versi Premium

Jika Anda telah memutuskan untuk mengupgrade ke versi premium, pilih opsi "Beli" atau "Upgrade" di halaman aplikasi. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan pembelian dan instalasi versi premium. Setelah selesai, buka aplikasi versi premium tersebut dan nikmati pengalaman penggunaan tanpa terganggu oleh iklan yang mengganggu.

Dengan mengupgrade ke versi premium, Anda dapat menikmati pengalaman penggunaan aplikasi tanpa terganggu oleh iklan yang mengganggu. Pastikan Anda mengidentifikasi aplikasi dengan iklan yang mengganggu, mencari versi premium, dan menginstal versi premium untuk menikmati fitur tambahan dan bebas iklan.

Menghapus Aplikasi yang Menampilkan Iklan

Jika Anda menemukan aplikasi yang terlalu banyak menampilkan iklan dan mengganggu pengalaman penggunaan HP Android Anda, pertimbangkan untuk menghapus aplikasi tersebut. Buka Pengaturan, pilih menu Aplikasi, lalu temukan aplikasi yang ingin dihapus. Pilih aplikasi tersebut dan pilih opsi Uninstall. Dengan menghapus aplikasi yang menampilkan iklan secara berlebihan, Anda dapat mengurangi jumlah iklan yang muncul di HP Android Anda.

Buka Pengaturan dan Pilih Menu Aplikasi

Pertama, buka Pengaturan di HP Android Anda. Di laman Pengaturan, cari dan pilih menu "Aplikasi" atau "Aplikasi & Notifikasi".

Pilih Aplikasi yang Ingin Dihapus

Setelah Anda masuk ke menu Aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Android Anda. Cari aplikasi yang ingin Anda hapus dengan cara melihat daftar atau menggunakan fitur pencarian yang tersedia di laman tersebut.

Ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus untuk melanjutkan ke halaman detail aplikasi tersebut.

Hapus Aplikasi

Setelah Anda masuk ke halaman detail aplikasi, Anda akan melihat berbagai informasi tentang aplikasi tersebut. Pilih opsi "Uninstall" atau "Hapus" untuk menghapus aplikasi dari HP Android Anda.

Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses penghapusan aplikasi. Setelah selesai, aplikasi yang menampilkan iklan secara berlebihan akan dihapus dari HP Android Anda, dan Anda akan mengurangi jumlah iklan yang muncul di perangkat Anda.

Dengan menghapus aplikasi yang menampilkan iklan secara berlebihan, Anda dapat mengurangi jumlah iklan yang mengganggu pengalaman penggunaan HP Android Anda. Pastikan Anda membuka Pengaturan, memilih menu Aplikasi, dan menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan.

Menggunakan VPN dengan Fitur Anti-Iklan

Beberapa VPN memiliki fitur anti-iklan yang dapat membantu Anda menghilangkan iklan saat menggunakan HP Android. Dengan mengaktifkan VPN yang memiliki fitur ini, Anda dapat menjelajahi internet tanpa terganggu oleh iklan yang muncul di berbagai situs web. Pastikan Anda menggunakan VPN yang terpercaya dan aman untuk melindungi privasi Anda saat mengakses internet.

Mencari VPN dengan Fitur Anti-Iklan

Pertama, cari VPN yang memiliki fitur anti-iklan. Anda dapat mencari di Google Play Store atau melalui sumber-sumber terpercaya lainnya untuk menemukan VPN yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Unduh dan Instal VPN

Setelah Anda menemukan VPN yang sesuai, unduh dan instal aplikasi VPN tersebut di HP Android Anda. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses instalasi.

Aktifkan Fitur Anti-Iklan

Setelah Anda menginstal VPN, buka aplikasi tersebut dan temukan opsi untuk mengaktifkan fitur anti-iklan. Aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi "Aktif" atau mengikuti petunjuk yang diberikan.

Sambungkan ke VPN

Setelah Anda mengaktifkan fitur anti-iklan, sambungkan perangkat Anda ke VPN dengan memilih lokasi server yang diinginkan dan menekan tombol "Sambungkan" atau "Connect". Setelah terhubung, VPN akan melindungi privasi Anda dan memblokir iklan yang mengganggu saat Anda menjelajahi internet di HP Android Anda.

Dengan menggunakan VPN yang memiliki fitur anti-iklan, Anda dapat menjelajahi internet tanpa terganggu oleh iklan yang muncul di berbagai situs web. Pastikan Anda menggunakan VPN yang terpercaya dan aman untuk melindungi privasi Anda saat mengakses internet.

Menggunakan Firewall

Menggunakan aplikasi firewall seperti NoRoot Firewall atau NetGuard dapat membantu Anda mengontrol lalu lintas internet dan memblokir iklan yang muncul di HP Android. Dengan mengatur aturan firewall yang tepat, Anda dapat menghilangkan iklan yang mengganggu dan mempercepat kinerja perangkat Anda. Pastikan Anda mengunduh aplikasi firewall dari sumber yang terpercaya dan mengikuti petunjuk pengaturan dengan seksama.

NoRoot Firewall

NoRoot Firewall adalah aplikasi firewall yang dapat digunakan untuk mengontrol lalu lintas internet dan memblokir iklan di HP Android tanpa perlu akses root. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, buka aplikasi NoRoot Firewall dan aktifkan opsi "Enable Firewall". Kemudian, Anda dapat menambahkan aturan firewall untuk memblokir iklan dengan mengklik opsi "Add" atau "Tambah" dan memasukkan informasi yang diperlukan. Setelah aturan ditambahkan, NoRoot Firewall akan melindungi perangkat Anda dari iklan yang mengganggu saat menggunakan aplikasi atau menjelajahi internet.

NetGuard

NetGuard adalah aplikasi firewall lainnya yang dapat membantu Anda mengontrol lalu lintas internet dan memblokir iklan di HP Android. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, buka aplikasi NetGuard dan aktifkan opsi "Enable Internet Access Control". Kemudian, Anda dapat menambahkan aturan firewall untuk memblokir iklan dengan mengklik opsi "Add" atau "Tambah" dan memasukkan informasi yang diperlukan. Setelah aturan ditambahkan, NetGuard akan melindungi perangkat Anda dari iklan yang mengganggu saat menggunakan aplikasi atau menjelajahi internet.

Dengan menggunakan aplikasi firewall seperti NoRoot Firewall atau NetGuard, Anda dapat mengontrol lalu lintas internet di HP Android Anda dan memblokir iklan yang mengganggu. Pastikan Anda mengunduh aplikasi firewall dari sumber yang terpercaya dan mengatur aturan firewall dengan tepat.

Memperbarui Sistem Operasi

Sistem operasi yang tidak diperbarui seringkali rentan terhadap iklan yang terus muncul. Pastikan Anda selalu memperbarui sistem operasi HP Android Anda ke versi yang terbaru. Pembaruan sistem operasi tidak hanya akan meningkatkan keamanan dan kinerja perangkat, tetapi juga dapat membantu menghilangkan iklan yang mengganggu.

Cara Memperbarui Sistem Operasi Android

Pertama, buka Pengaturan di HP Android Anda. Di laman Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Di halaman "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat", cari opsi "Pembaruan Sistem" atau "Pembaruan Perangkat Lunak". Ketuk opsi ini untuk memeriksa apakah ada pembaruan sistem yang tersedia untuk HP Android Anda.

Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil dan memiliki daya baterai yang cukup sebelum memulai proses pembaruan.

Setelah pembaruan selesai diunduh dan diinstal, restart perangkat Anda untuk menerapkan perubahan. Setelah perangkat Anda menyala kembali, sistem operasi HP Android Anda akan diperbarui ke versi yang terbaru dan iklan yang mengganggu kemungkinan akan berkurang.

Dengan memperbarui sistem operasi HP Android Anda secara teratur, Anda dapat meningkatkan keamanan, kinerja, dan menghilangkan iklan yang mengganggu di perangkat Anda. Pastikan Anda memeriksa pembaruan sistem operasi secara rutin dan menginstal pembaruan yang tersedia.

Menggunakan Aplikasi Antivirus

Beberapa aplikasi antivirus memiliki fitur anti-iklan yang dapat membantu Anda menghilangkan iklan yang tidak diinginkan di HP Android. Selain melindungi perangkat Anda dari serangan malware, aplikasi antivirus ini juga dapat memblokir iklan yang mengganggu saat Anda menggunakan aplikasi atau menjelajahi internet. Pilih aplikasi antivirus yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mencari Aplikasi Antivirus dengan Fitur Anti-Iklan

Pertama, cari aplikasi antivirus yang memiliki fitur anti-iklan di Google Play Store atau melalui sumber-sumber terpercaya lainnya. Baca deskripsi aplikasi dan tinjauan pengguna untuk memastikan aplikasi tersebut memiliki fitur yang Anda butuhkan.

Unduh dan Instal Aplikasi Antivirus

Setelah Anda menemukan aplikasi antivirus yang sesuai, unduh dan instal aplikasi tersebut di HP Android Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses instalasi.

Aktifkan Fitur Anti-Iklan

Setelah Anda menginstal aplikasi antivirus, buka aplikasi tersebut dan cari opsi untuk mengaktifkan fitur anti-iklan. Aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi "Aktif" atau mengikuti petunjuk yang diberikan.

Lakukan Pemindaian dan Blokir Iklan

Setelah Anda mengaktifkan fitur anti-iklan, lakukan pemindaian penuh pada perangkat Anda. Aplikasi antivirus akan memeriksa aplikasi-aplikasi yang terinstal di HP Android Anda dan memblokir iklan yang mengganggu. Pastikan Anda mengatur pengaturan pemindaian sesuai kebutuhan Anda.

Dengan menggunakan aplikasi antivirus yang memiliki fitur anti-iklan, Anda dapat melindungi perangkat Anda dari serangan malware dan memblokir iklan yang mengganggu. Pastikan Anda mengunduh aplikasi antivirus yang terpercaya dan melakukan pemindaian secara rutin untuk menjaga keamanan dan menghilangkan iklan yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti panduan lengkap di atas, Anda dapat menghilangkan iklan di HP Android dengan mudah dan nyaman. Perhatikan pula bahwa beberapa metode mungkin lebih efektif daripada yang lain, tergantung pada kasus dan preferensi Anda. Jangan biarkan iklan mengganggu pengalaman penggunaan HP Android Anda. Nikmati penggunaan HP Android yang bebas iklan dan lebih nyaman!