Notifications
Translate Page

Cara Menghilangkan Iklan Game di HP Android: Panduan Lengkap dan Terperinci

Cara Menghilangkan Iklan Game di HP Android: Panduan Lengkap dan Terperinci

Saat ini, penggunaan smartphone Android semakin meluas dan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali pengguna merasa terganggu dengan iklan-iklan yang muncul saat bermain game di HP Android mereka. Iklan-iklan tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan pengalaman bermain game.

Jika Anda juga mengalami masalah ini, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci mengenai cara menghilangkan iklan game di HP Android. Kami akan membahas berbagai metode dan teknik yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan iklan-iklan yang mengganggu tersebut. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menikmati bermain game di HP Android tanpa terganggu oleh iklan-iklan yang tidak diinginkan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menghilangkan iklan game di HP Android dengan mudah, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memblokir iklan. Berikut adalah beberapa aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan:

1. Blokada

Blokada adalah salah satu aplikasi pemblokir iklan terbaik yang tersedia untuk perangkat Android. Aplikasi ini dapat memblokir iklan di semua aplikasi dan browser di HP Android Anda. Selain itu, Blokada juga dapat melindungi Anda dari malware dan melacak pelacak. Untuk menggunakan Blokada, Anda cukup mengunduh aplikasi dari situs resminya dan mengaktifkannya.

2. AdGuard

AdGuard adalah aplikasi pemblokir iklan yang sangat populer dan efektif. Aplikasi ini dapat memblokir iklan di semua aplikasi, browser, dan bahkan dalam permainan. AdGuard juga dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti perlindungan terhadap malware dan pelacak. Anda dapat mengunduh AdGuard dari Play Store dan mengaktifkannya dengan mudah.

3. DNS66

DNS66 adalah aplikasi pemblokir iklan open-source yang dapat menghilangkan iklan di semua aplikasi dan browser di HP Android Anda. Aplikasi ini menggunakan metode DNS-based ad-blocking untuk memblokir iklan. Anda dapat mengunduh DNS66 dari toko aplikasi pihak ketiga dan menginstalnya di HP Android Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pemblokir iklan pihak ketiga seperti Blokada, AdGuard, atau DNS66, Anda dapat dengan mudah menghilangkan iklan game di HP Android Anda. Pastikan untuk mengaktifkan aplikasi tersebut dan memperbarui daftar filter iklan secara teratur untuk memastikan efektivitasnya.

Mengubah Pengaturan di HP Android

Salah satu cara lain untuk menghilangkan iklan game di HP Android adalah dengan mengubah pengaturan di perangkat Anda. Berikut adalah beberapa pengaturan yang dapat Anda ubah:

1. Batasi Izin Aplikasi

Beberapa aplikasi game meminta izin yang tidak perlu untuk berfungsi, seperti izin untuk menampilkan iklan. Anda dapat membatasi izin-izin tersebut agar aplikasi tidak dapat menampilkan iklan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Pemberitahuan, tergantung pada versi Android Anda.
  3. Pilih aplikasi game yang ingin Anda batasi izinnya.
  4. Pilih Ijin Aplikasi atau Izin, tergantung pada versi Android Anda.
  5. Matikan izin-izin yang berkaitan dengan iklan, seperti izin untuk menampilkan iklan atau mengakses data pengguna.

Dengan membatasi izin aplikasi, Anda dapat mencegah aplikasi game menampilkan iklan yang mengganggu di HP Android Anda.

2. Nonaktifkan Notifikasi Iklan

Beberapa aplikasi game mungkin mengirimkan notifikasi iklan yang mengganggu. Anda dapat mematikan notifikasi iklan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Pemberitahuan, tergantung pada versi Android Anda.
  3. Pilih aplikasi game yang ingin Anda nonaktifkan notifikasi iklannya.
  4. Pilih Notifikasi.
  5. Nonaktifkan notifikasi terkait iklan.

Dengan mematikan notifikasi iklan, Anda tidak akan lagi terganggu oleh notifikasi iklan saat bermain game di HP Android Anda.

3. Atur Pilihan Pengembang

Android memiliki fitur pengembang yang memungkinkan Anda mengubah berbagai pengaturan tambahan. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menghilangkan iklan game di HP Android Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Pilihan Pengembang dan mengubah pengaturan terkait iklan:

  1. Buka Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Pilih Tentang Ponsel atau Tentang Perangkat, tergantung pada versi Android Anda.
  3. Cari Nomor Build atau Versi Perangkat Lunak.
  4. Tekan Nomor Build atau Versi Perangkat Lunak tujuh kali secara berurutan untuk mengaktifkan Pilihan Pengembang.
  5. Kembali ke Pengaturan dan pilih Opsi Pengembang yang baru muncul.
  6. Cari opsi yang berkaitan dengan iklan, seperti "Tampilkan batas iklan" atau "Batasi iklan non-verifikasi".
  7. Aktifkan opsi-opsi tersebut untuk menghilangkan iklan game di HP Android Anda.

Dengan mengubah pengaturan di Pilihan Pengembang, Anda dapat membatasi atau menghilangkan iklan game di HP Android Anda.

Menggunakan Versi Pro atau Premium

Jika Anda adalah penggemar game tertentu dan seringkali menghadapi iklan-iklan yang mengganggu saat bermain, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli versi pro atau premium dari game tersebut. Versi pro atau premium biasanya tidak menampilkan iklan atau memiliki iklan yang lebih sedikit dibandingkan dengan versi gratisnya. Dalam beberapa kasus, versi pro atau premium juga menawarkan fitur tambahan yang tidak tersedia di versi gratis.

Untuk membeli versi pro atau premium dari game, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Play Store di HP Android Anda.
  2. Cari game yang ingin Anda beli versi pro atau premiumnya.
  3. Pilih game tersebut dan gulir ke bawah untuk melihat opsi versi pro atau premium.
  4. Pilih versi pro atau premium yang diinginkan.
  5. Ikuti instruksi pembelian yang ditampilkan di layar untuk menyelesaikan pembelian.

Setelah membeli versi pro atau premium dari game, Anda dapat menikmati bermain game tanpa terganggu oleh iklan-iklan yang tidak diinginkan.

Menghapus Aplikasi yang Mengandung Iklan

Jika Anda seringkali mengalami iklan game yang mengganggu saat bermain, mungkin ada beberapa aplikasi game di HP Android Anda yang mengandung iklan. Anda dapat menghapus aplikasi-aplikasi tersebut untuk menghilangkan iklan game. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi yang mengandung iklan di HP Android Anda:

  1. Buka Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Pemberitahuan, tergantung pada versi Android Anda.Pilih aplikasi game yang mengandung iklan yang ingin Anda hapus.
  3. Pilih Hapus atau Uninstall untuk menghapus aplikasi tersebut dari HP Android Anda.

Dengan menghapus aplikasi game yang mengandung iklan, Anda dapat menghilangkan iklan game di HP Android Anda secara permanen. Pastikan untuk memeriksa ulasan dan detail aplikasi sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi baru untuk menghindari aplikasi yang mengandung iklan yang tidak diinginkan.

Menggunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah cara lain untuk menghilangkan iklan game di HP Android Anda. VPN dapat membantu Anda mengakses internet dengan aman dan anonim serta menghindari iklan-iklan yang tidak diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan VPN untuk menghilangkan iklan game:

1. Unduh dan Pasang Aplikasi VPN

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi VPN dari Play Store. Ada banyak aplikasi VPN yang tersedia, seperti NordVPN, ExpressVPN, atau CyberGhost. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti instruksi untuk menginstalnya di HP Android Anda.

2. Buka Aplikasi VPN dan Sambungkan

Buka aplikasi VPN yang telah Anda instal dan ikuti petunjuk untuk membuat akun (jika diperlukan). Setelah itu, pilih server VPN yang tersedia dan sambungkan dengan menekan tombol "Connect" atau sejenisnya. Tunggu beberapa saat hingga koneksi VPN berhasil terhubung.

3. Nikmati Bermain Game Tanpa Iklan

Setelah terhubung dengan VPN, Anda dapat membuka game di HP Android Anda dan menjalankannya tanpa terganggu oleh iklan-iklan yang tidak diinginkan. VPN akan menyembunyikan alamat IP Anda dan mengenkripsi koneksi internet Anda, sehingga mempersulit penyedia iklan untuk menampilkan iklan kepada Anda.

Perlu diingat bahwa penggunaan VPN mungkin mempengaruhi kecepatan internet Anda dan beberapa game online mungkin tidak berfungsi optimal saat menggunakan VPN. Pastikan untuk memilih server VPN yang terdekat dengan lokasi Anda untuk meminimalkan pengaruh terhadap kecepatan dan kualitas koneksi internet.

Menggunakan Browser dengan Fitur Pemblokir Iklan

Jika Anda lebih suka menggunakan browser untuk bermain game di HP Android Anda, Anda dapat memilih browser yang dilengkapi dengan fitur pemblokir iklan bawaan. Berikut adalah beberapa browser yang dapat Anda gunakan:

1. Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu browser terpopuler yang tersedia untuk HP Android. Browser ini memiliki fitur pemblokir iklan bawaan yang dapat membantu menghilangkan iklan saat Anda menjelajahi internet. Untuk mengaktifkan fitur pemblokir iklan di Google Chrome, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Chrome di HP Android Anda.
  2. Tap tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih Pengaturan.
  4. Pilih Pengaturan Situs.
  5. Pilih Iklan.
  6. Aktifkan opsi Blokir iklan.

Dengan mengaktifkan fitur pemblokir iklan di Google Chrome, Anda dapat menghindari iklan-iklan yang mengganggu saat bermain game di HP Android Anda.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah browser lain yang populer di HP Android. Browser ini juga memiliki fitur pemblokir iklan yang dapat membantu menghilangkan iklan saat Anda menjelajahi internet. Untuk mengaktifkan fitur pemblokir iklan di Mozilla Firefox, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Mozilla Firefox di HP Android Anda.
  2. Tap tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih Pengaturan.
  4. Pilih Perlindungan Privasi.
  5. Pilih Blokir Iklan.
  6. Aktifkan opsi Blokir Iklan.

Dengan mengaktifkan fitur pemblokir iklan di Mozilla Firefox, Anda dapat menjelajahi internet dan bermain game di HP Android Anda tanpa terganggu oleh iklan-iklan yang tidak diinginkan.

Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Cache dan data aplikasi dapat menyimpan iklan-iklan yang telah ditampilkan di HP Android Anda. Menghapus cache dan data aplikasi secara teratur dapat membantu menghilangkan iklan game yang telah tersimpan di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus cache dan data aplikasi di HP Android Anda:

  1. Buka Pengaturan di HP Android Anda.
  2. Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Pemberitahuan, tergantung pada versi Android Anda.
  3. Cari aplikasi game yang ingin Anda hapus cache dan datanya.
  4. Pilih aplikasi tersebut.
  5. Pilih Penyimpanan atau Penyimpanan & Cache, tergantung pada versi Android Anda.
  6. Pilih Hapus Cache atau Hapus Data.
  7. Konfirmasikan penghapusan cache atau data.

Dengan menghapus cache dan data aplikasi secara teratur, Anda dapat menghilangkan iklan game yang telah tersimpan di HP Android Anda dan memperbarui pengalaman bermain game Anda.

Menggunakan Firewall

Firewall adalah alat yang dapat membantu Anda memblokir akses ke jaringan atau aplikasi tertentu. Dengan menggunakan firewall, Anda dapat memblokir iklan game di HP Android Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan firewall untuk menghilangkan iklan game:

1. Unduh dan Pasang Aplikasi Firewall

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi firewall dari Play Store. Ada beberapa aplikasi firewall yang tersedia, seperti NetGuard, NoRoot Firewall, atau AFWall+. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti instruksi untuk menginstalnya di HP Android Anda.

2. Konfigurasi Firewall

Setelah menginstal aplikasi firewall, Anda perlu mengkonfigurasinya untuk memblokir akses iklan game. Langkah-langkah ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada aplikasi firewall yang Anda gunakan, tetapi pada umumnya, Anda perlu menambahkan aturan blokir untuk aplikasi game yang ingin Anda blokir iklannya. Ikuti petunjuk di aplikasi firewall yang Anda pilih untuk mengkonfigurasinya.

3. Nikmati Bermain Game Tanpa Iklan

Setelah mengkonfigurasi firewall, Anda dapat membuka game di HP Android Anda dan menjalankannya tanpa iklan yang mengganggu. Firewall akan memblokir akses iklan game sehingga Anda dapat menikmati pengalaman bermain game yang lebih baik.

Perlu diingat bahwa menggunakan firewall mungkin mempengaruhi kinerja dan koneksi aplikasi game lain yang membutuhkan akses internet. Pastikan untuk mengkonfigurasi firewall dengan hati-hati dan hanya memblokir akses iklan yang tidak diinginkan.

Membatasi Izin Aplikasi

Banyak aplikasi game meminta izin yang tidak perlu untuk berfungsi, seperti izin untuk menampilkan iklan. Anda dapat membatasi izin-izin tersebut agar aplikasi tidak dapat menampilkan iklan di HP Android Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk membatasi izin aplikasi:

1. Buka Pengaturan di HP Android Anda.

Pilih Aplikasi atau Aplikasi & Pemberitahuan, tergantung pada versi Android Anda.

2. Pilih aplikasi game yang ingin Anda batasi izinnya.

Pilih Ijin Aplikasi atau Izin, tergantung pada versi Android Anda.

3

3. Batasi Izin yang Berkaitan dengan Iklan

Pada halaman izin aplikasi, periksa izin-izin yang berkaitan dengan iklan, seperti izin untuk menampilkan iklan, mengakses data pengguna, atau mengirim notifikasi iklan. Untuk membatasi izin-izin tersebut, cukup matikan opsi yang terkait dengan iklan.

4. Perbarui Izin Aplikasi

Pastikan untuk memperbarui izin aplikasi secara teratur. Setelah memperbarui izin aplikasi, pastikan untuk memeriksa kembali izin-izin yang berkaitan dengan iklan dan memastikan bahwa opsi yang tidak diinginkan telah dimatikan.

Dengan membatasi izin aplikasi, Anda dapat mencegah aplikasi game menampilkan iklan yang mengganggu di HP Android Anda. Pastikan untuk memeriksa izin-izin aplikasi dengan cermat sebelum menginstal atau memperbarui aplikasi game untuk menghindari izin yang tidak perlu atau yang berkaitan dengan iklan.

Memperbarui Perangkat Lunak

Memperbarui perangkat lunak di HP Android Anda dapat membantu menghilangkan iklan game dan meningkatkan keamanan serta kinerja perangkat Anda. Perbarui perangkat lunak dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan di HP Android Anda.

Pilih Tentang Ponsel atau Tentang Perangkat, tergantung pada versi Android Anda.

2. Cek Pembaruan Sistem

Pilih opsi Cek Pembaruan Sistem atau Pembaruan Perangkat Lunak untuk memeriksa ketersediaan pembaruan untuk perangkat Anda. Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut.

3. Perbarui Aplikasi

Buka Play Store di HP Android Anda dan periksa apakah ada pembaruan aplikasi yang tersedia. Jika ada, perbarui aplikasi tersebut untuk memastikan Anda menggunakan versi terbaru yang mungkin telah mengatasi masalah iklan yang mengganggu.

4. Restart Perangkat Anda

Setelah memperbarui perangkat lunak dan aplikasi, restart HP Android Anda. Ini akan membantu memastikan bahwa pembaruan dan perubahan yang telah Anda lakukan diterapkan dengan baik.

Dengan memperbarui perangkat lunak secara teratur, Anda dapat menghilangkan iklan game di HP Android Anda dan memastikan bahwa perangkat Anda berfungsi dengan optimal.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda akan dapat menghilangkan iklan game di HP Android Anda dengan mudah dan menikmati pengalaman bermain game yang lebih baik. Selamat mencoba dan semoga sukses!