Notifications
Translate Page

Cara Merubah Foto ke JPG di Android: Panduan Lengkap

Cara Merubah Foto ke JPG di Android: Panduan Lengkap

Saat ini, kebanyakan kamera smartphone menghasilkan foto dalam format PNG atau HEIC. Namun, ada kalanya kita perlu mengubah format foto menjadi JPG, entah untuk mengurangi ukuran file atau untuk keperluan lainnya. Bagaimana cara merubah foto ke JPG di Android? Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkahnya secara lengkap dan detail.

Menggunakan Aplikasi Konversi Foto

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti JPEG Converter atau Image Converter untuk melakukan konversi format foto. Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengubah format foto menjadi JPG dengan mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Instal Aplikasi Konversi Foto

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal aplikasi konversi foto yang tersedia di Google Play Store. Cari aplikasi seperti "JPEG Converter" atau "Image Converter" dan instal pada perangkat Android Anda.

2. Buka Aplikasi Konversi Foto

Setelah menginstal aplikasi konversi foto, buka aplikasi tersebut pada perangkat Android Anda. Anda akan disambut dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan.

3. Pilih Foto yang Ingin Diubah Formatnya

Pilih foto yang ingin Anda ubah formatnya menjadi JPG. Aplikasi konversi foto biasanya memungkinkan Anda untuk mengakses galeri foto Anda langsung dari aplikasi tersebut. Cari foto yang ingin Anda ubah formatnya dan pilih foto tersebut.

4. Pilih Opsi "Convert to JPG"

Setelah memilih foto, cari opsi yang menyatakan "Convert to JPG" atau serupa. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian bawah antarmuka aplikasi konversi foto. Ketuk opsi tersebut untuk memulai proses konversi.

5. Tunggu Proses Konversi Selesai

Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai. Lamanya waktu yang diperlukan untuk konversi tergantung pada ukuran dan kompleksitas foto yang Anda pilih. Aplikasi konversi foto biasanya menampilkan indikator progres yang menunjukkan berapa persen proses konversi yang telah selesai.

6. Foto Telah Berubah Menjadi JPG

Setelah proses konversi selesai, foto Anda akan otomatis berubah format menjadi JPG. Foto tersebut akan disimpan di galeri foto perangkat Android Anda. Anda dapat memeriksa galeri foto Anda untuk memastikan bahwa foto telah berubah formatnya.

Menggunakan Aplikasi Edit Foto

Sebagian besar aplikasi edit foto juga menyediakan opsi untuk mengubah format foto. Dalam langkah-langkah ini, kita akan menggunakan aplikasi edit foto yang umum digunakan, seperti Adobe Photoshop Express atau Snapseed, untuk mengubah format foto menjadi JPG. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Edit Foto

Pertama, buka aplikasi edit foto yang Anda instal pada perangkat Android Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi seperti Adobe Photoshop Express atau Snapseed dari Google Play Store.

2. Pilih Foto yang Ingin Diubah Formatnya

Pilih foto yang ingin Anda ubah formatnya menjadi JPG. Biasanya, Anda dapat mengakses galeri foto Anda langsung dari aplikasi edit foto tersebut. Cari foto yang ingin Anda ubah formatnya dan pilih foto tersebut.

3. Edit atau Atur Foto (Opsional)

Jika Anda ingin mengedit atau mengatur foto sebelum mengubah formatnya, Anda dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi edit foto tersebut. Misalnya, Anda dapat mengatur kecerahan, kontras, atau menerapkan filter pada foto sebelum mengubah formatnya.

4. Simpan atau Ekspor dengan Format JPG

Setelah Anda puas dengan hasil edit atau pengaturan foto, cari opsi "Save" atau "Export" di aplikasi edit foto tersebut. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bawah antarmuka aplikasi. Ketuk opsi tersebut untuk memulai proses penyimpanan atau ekspor.

5. Pilih Format JPG sebagai Opsi Penyimpanan

Setelah memilih opsi "Save" atau "Export", Anda akan diminta untuk memilih format penyimpanan. Pilih format JPG sebagai opsi penyimpanan. Beberapa aplikasi edit foto juga menyediakan opsi lain seperti PNG atau TIFF, tetapi pastikan Anda memilih JPG.

6. Simpan Foto dengan Format JPG

Setelah memilih format JPG, Anda akan diminta untuk memilih lokasi penyimpanan dan memberikan nama file baru (jika diperlukan). Pilih lokasi penyimpanan yang diinginkan dan ketuk opsi "Save" atau "OK" untuk menyimpan foto dengan format JPG.

Menggunakan Google Photos

Jika Anda menggunakan Google Photos, Anda dapat mengubah format foto ke JPG dengan langkah-langkah berikut:

1. Buka Aplikasi Google Photos

Buka aplikasi Google Photos pada perangkat Android Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal aplikasi ini dari Google Play Store.

2. Pilih Foto yang Ingin Diubah Formatnya

Pilih foto yang ingin Anda ubah formatnya menjadi JPG. Cari foto tersebut di antarmuka aplikasi Google Photos dan ketuk foto tersebut untuk membukanya.

3. Ketuk Tombol "More"

Di pojok kanan atas antarmuka aplikasi Google Photos, Anda akan melihat ikon tiga titik vertikal. Ketuk ikon tersebut untuk membuka menu opsi tambahan.

4. Pilih Opsi "Save to Device" atau "Download"

Dalam menu opsi tambahan, cari opsi yang menyatakan "Save to Device" atau "Download". Ketuk opsi tersebut untuk memulai proses penyimpanan foto ke perangkat Android Anda.

5. Foto akan Disimpan dengan Format JPG

Setelah proses penyimpanan selesai, foto akan secara otomatis disimpan di perangkat Android Anda dengan format JPG. Anda dapat memeriksa galeri foto Anda untuk memastikan bahwa foto telah berubah formatnya.

Menggunakan Situs Konversi Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan, Anda dapat menggunakan situs konversi online untuk mengubah format foto ke JPG. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Situs Konversi Online

Pertama, buka browser di perangkat Android Anda dan cari situs konversi online seperti Convertio atau Online Convert. Anda dapat menggunakan mesin pencarian favorit Anda untuk menemukan situs yang Anda inginkan.

2. Pilih Opsi PNG atau HEIC ke JPG

Setelah membuka situs konversi online, cari opsi untuk mengubah format dari PNG atau HEIC ke JPG. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di halaman depan situs atau melalui menu navigasi situs tersebut.

3. Unggah Foto yang Ingin Diubah Formatnya

Setelah memilih opsi PNG atau HEIC ke JPG, Anda akan diarahkan ke halaman konversi. Di halaman ini, Anda akan melihat area unggah atau tombol "Choose File". Ketuk area unggah atau tombol tersebut untuk memilih foto yang ingin Anda ubah formatnya.

4. Tunggu Proses Konversi Selesai

Setelah memilih foto, tunggu hingga proses konversi selesai. Situs konversi online biasanya menampilkan indikator progres yang menunjukkan berapa persen proses konversi yang telah selesai. Waktu yang diperlukan untuk konversi tergantung pada ukuran dan kompleksitas foto yang Anda pilih.

5. Unduh Foto dengan Format JPG

Setelah proses konversi selesai, situs konversi online akan memberikan opsi untukmengunduh foto dengan format JPG. Cari tombol atau tautan yang menyatakan "Download" atau "Unduh" dan ketuk untuk mengunduh foto ke perangkat Android Anda. Foto akan diunduh dengan format JPG dan tersimpan di folder unduhan atau folder yang Anda tentukan.

Menggunakan Aplikasi File Manager

Beberapa aplikasi file manager memiliki fitur untuk mengubah format foto. Dalam langkah-langkah ini, kita akan menggunakan aplikasi File Manager bawaan pada perangkat Android untuk mengubah format foto menjadi JPG. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi File Manager

Buka aplikasi File Manager yang telah terinstal pada perangkat Android Anda. Biasanya, aplikasi ini memiliki ikon folder berwarna biru atau ikon file dengan label "File Manager". Cari dan ketuk ikon aplikasi untuk membukanya.

2. Cari Foto yang Ingin Diubah Formatnya

Cari foto yang ingin Anda ubah formatnya menjadi JPG. Aplikasi File Manager biasanya menampilkan tampilan berupa daftar file dan folder yang ada di perangkat Anda. Navigasikan melalui folder untuk menemukan foto yang ingin Anda ubah formatnya.

3. Tahan Foto yang Dipilih

Setelah menemukan foto yang ingin diubah formatnya, tahan foto tersebut hingga muncul opsi tambahan. Opsi ini biasanya berupa menu konteks yang menawarkan berbagai pilihan untuk file yang dipilih.

4. Pilih Opsi "Convert to JPG"

Dalam menu konteks, cari opsi yang menyatakan "Convert to JPG" atau serupa. Ketuk opsi tersebut untuk memulai proses konversi.

5. Foto akan Segera Berubah Format Menjadi JPG

Setelah Anda memilih opsi "Convert to JPG", aplikasi File Manager akan segera mengubah format foto menjadi JPG secara otomatis. Waktu yang diperlukan untuk konversi tergantung pada ukuran dan kompleksitas foto yang Anda pilih. Setelah proses konversi selesai, foto akan tersedia dengan format JPG di folder yang sama dengan foto asli.

Ringkasan:

Menggunakan Aplikasi Konversi Foto: Instal aplikasi konversi foto, buka aplikasi, pilih foto, pilih opsi "Convert to JPG", tunggu proses konversi selesai, foto akan berubah format menjadi JPG.

Menggunakan Aplikasi Edit Foto: Buka aplikasi edit foto, pilih foto, edit atau atur foto (opsional), simpan atau ekspor dengan format JPG, pilih format JPG sebagai opsi penyimpanan, simpan foto dengan format JPG.

Menggunakan Google Photos: Buka aplikasi Google Photos, pilih foto, ketuk tombol "More", pilih opsi "Save to Device" atau "Download", foto akan disimpan dengan format JPG.

Menggunakan Situs Konversi Online: Buka situs konversi online, pilih opsi PNG atau HEIC ke JPG, unggah foto, tunggu proses konversi selesai, unduh foto dengan format JPG.

Menggunakan Aplikasi File Manager: Buka aplikasi File Manager, cari foto, tahan foto yang dipilih, pilih opsi "Convert to JPG", foto akan segera berubah format menjadi JPG.

Setelah mengetahui beberapa cara di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah format foto menjadi JPG di perangkat Android Anda. Hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan seksama. Selamat mencoba!

Semua metode di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sering mengubah format foto, mungkin lebih baik menggunakan aplikasi konversi foto atau aplikasi edit foto yang menyediakan opsi konversi. Namun, jika Anda hanya perlu mengubah format foto secara sporadis, situs konversi online atau aplikasi File Manager bisa menjadi pilihan yang lebih praktis.

Ingatlah bahwa mengubah format foto tidak akan meningkatkan kualitas foto itu sendiri. Jadi, pastikan untuk membuat salinan cadangan dari foto asli sebelum melakukan konversi. Dengan mengetahui cara merubah foto ke format JPG di Android, Anda dapat dengan mudah mengelola dan membagikan foto-foto Anda dengan lebih fleksibel. Selamat mencoba!