Notifications
Translate Page

Cara Setting DNS di Android untuk Peningkatan Kinerja Internet

Cara Setting DNS di Android untuk Peningkatan Kinerja Internet

Saat menjelajah internet menggunakan perangkat Android, kinerja internet yang lambat atau terganggu bisa menjadi masalah yang menjengkelkan. Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja internet di perangkat Android adalah dengan mengatur DNS (Domain Name System) yang digunakan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail dan komprehensif tentang cara melakukan pengaturan DNS di perangkat Android Anda.

Apa itu DNS dan Kenapa Penting di Android Anda?

DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menerjemahkan alamat IP menjadi nama domain yang lebih mudah diingat. Ketika Anda mengakses sebuah situs web, perangkat Android Anda meminta informasi dari server DNS untuk menemukan alamat IP yang terkait dengan nama domain yang Anda tuju. Sebuah DNS yang efisien dan responsif sangat penting untuk memastikan koneksi internet yang lancar.

Kenapa DNS Penting di Android?

Pada dasarnya, DNS bertindak sebagai buku telepon internet. Tanpa DNS, Anda harus mengingat alamat IP setiap situs web yang ingin Anda kunjungi, yang tentu saja tidak praktis. Dengan menggunakan DNS, Anda hanya perlu mengingat nama domain dan DNS akan menghubungkan Anda ke alamat IP yang sesuai.

Bagaimana DNS Bekerja di Android?

Saat Anda memasukkan alamat URL atau nama domain di peramban web di perangkat Android Anda, perangkat akan mengirim permintaan ke server DNS yang ditentukan oleh penyedia layanan internet Anda. Server DNS ini akan mencari alamat IP yang sesuai dengan nama domain yang Anda masukkan. Setelah menemukan alamat IP, server DNS akan mengirimkan informasi tersebut kembali ke perangkat Anda, sehingga Anda dapat terhubung ke situs web yang Anda tuju.

Mengapa Mengatur DNS di Android Dapat Meningkatkan Kinerja Internet?

Pengaturan DNS yang tepat dapat membantu meningkatkan kinerja internet di perangkat Android Anda. Beberapa server DNS publik seperti Google DNS atau Cloudflare DNS, misalnya, terkenal karena kecepatan dan keandalan mereka. Dengan mengatur perangkat Android Anda untuk menggunakan DNS yang responsif, Anda dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan ke situs web dan meningkatkan kecepatan browsing Anda secara keseluruhan.

Mencari DNS Terbaik untuk Perangkat Android Anda

Ada banyak DNS publik yang dapat Anda pilih untuk perangkat Android Anda. Berikut adalah beberapa DNS publik populer yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Google Public DNS

Google Public DNS adalah salah satu DNS publik terpopuler yang tersedia. Server DNS ini memiliki reputasi sebagai salah satu yang paling cepat dan andal. Google Public DNS juga dikenal karena keamanannya yang tinggi. Untuk mengatur perangkat Android Anda menggunakan Google Public DNS, Anda perlu memasukkan alamat IP DNS mereka ke pengaturan Wi-Fi atau seluler di perangkat Android Anda.

2. Cloudflare DNS

Cloudflare DNS adalah DNS publik lain yang cepat dan andal. Mereka menawarkan keamanan tingkat tinggi dan privasi yang ditingkatkan dengan fitur-fitur seperti DNS over HTTPS (DoH). Anda dapat mengatur perangkat Android Anda untuk menggunakan Cloudflare DNS dengan memasukkan alamat IP DNS mereka ke pengaturan Wi-Fi atau seluler di perangkat Anda.

3. OpenDNS

OpenDNS adalah layanan DNS publik yang populer yang menawarkan perlindungan terhadap situs web berbahaya dan serangan phishing. Mereka juga menawarkan kontrol orang tua yang dapat membantu Anda membatasi akses ke konten yang tidak sesuai. Untuk mengatur perangkat Android Anda menggunakan OpenDNS, Anda perlu memasukkan alamat IP DNS mereka ke pengaturan Wi-Fi atau seluler di perangkat Android Anda.

4. Quad9

Quad9 adalah layanan DNS publik yang menyediakan perlindungan terhadap malware dan serangan phishing. Mereka bekerja sama dengan organisasi keamanan terkemuka untuk menyaring situs web berbahaya. Untuk mengatur perangkat Android Anda menggunakan Quad9, Anda perlu memasukkan alamat IP DNS mereka ke pengaturan Wi-Fi atau seluler di perangkat Anda.

Cara Mengatur DNS di Android secara Manual

Jika Anda ingin mengatur DNS di perangkat Android secara manual, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan di Perangkat Android Anda

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan biasanya di laci aplikasi atau di panel notifikasi.

2. Cari Opsi Wi-Fi atau Jaringan & Internet

Di menu Pengaturan, cari opsi yang berkaitan dengan Wi-Fi atau Jaringan & Internet, tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

3. Pilih Jaringan Wi-Fi yang Digunakan

Di menu Wi-Fi atau Jaringan & Internet, pilih jaringan Wi-Fi yang sedang Anda gunakan. Anda akan melihat daftar jaringan yang tersedia di sekitar Anda. Ketuk jaringan Wi-Fi yang digunakan untuk melanjutkan.

4. Tekan dan Tahan Nama Jaringan Wi-Fi

Setelah memilih jaringan Wi-Fi, tekan dan tahan nama jaringan tersebut. Anda akan melihat menu pop-up dengan beberapa opsi.

5. Pilih "Ubah Jaringan"

Dalam menu pop-up, pilih opsi "Ubah Jaringan" atau "Ubah Pengaturan" untuk melanjutkan. Ini akan membuka pengaturan jaringan Wi-Fi yang lebih rinci.

6. Cari Opsi "IP Settings" atau "Pengaturan IP"

Dalam pengaturan jaringan Wi-Fi, cari opsi yang berkaitan dengan "IP Settings" atau "Pengaturan IP". Pada beberapa perangkat Android, Anda mungkin perlu mengklik lebih lanjut pada opsi "Lainnya" atau "Lainnya" untuk menemukannya.

7. Ubah Opsi "IP Settings" Menjadi "Statis"

Setelah menemukan opsi "IP Settings" atau "Pengaturan IP", ubah opsi ini menjadi "Statis". Ini akan memungkinkan Anda untuk memasukkan pengaturan DNS manual.

8. Masukkan Alamat IP DNS

Setelah mengubah opsi "IP Settings" menjadi "Statis", Anda akan melihat opsi untuk memasukkan alamat IP DNS. Masukkan alamat IP DNS yang ingin Anda gunakan di kolom yang tersedia.

9. Simpan Pengaturan dan Ulangi Koneksi Wi-Fi

Setelah memasukkan alamat IP DNS, tekan tombol "Simpan" atau "Selesai" untuk menyimpan pengaturan. Setelah itu, Anda mungkin perlu memutuskan dan menghubungkan kembali koneksi Wi-Fi Anda untuk perubahan DNS mulai berlaku.

Menggunakan Aplikasi DNS Changer untuk Android

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan pengaturan DNS manual, Anda dapat menggunakan aplikasi DNS Changer untuk mempermudah prosesnya. Aplikasi DNS Changer memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan DNS dengan beberapa ketukan saja. Berikut adalah beberapa aplikasi DNS Changer yang dapat Anda gunakan di perangkat Android Anda:

1. DNS Changer (no root 3G/Wi-Fi)

DNS Changer (no root 3G/Wi-Fi) adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengganti pengaturan DNS di perangkat Android tanpa memerlukan akses root.Aplikasi ini menyediakan berbagai server DNS yang dapat Anda pilih, termasuk Google DNS, Cloudflare DNS, dan OpenDNS. Anda dapat dengan mudah mengubah pengaturan DNS hanya dengan memilih server yang diinginkan dari daftar yang disediakan oleh aplikasi ini.

2. Intra

Intra adalah aplikasi DNS Changer yang dikembangkan oleh tim di Jigsaw, sebuah perusahaan teknologi di bawah naungan Alphabet Inc. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan keamanan dan privasi saat menggunakan internet. Intra mengaktifkan DNS over HTTPS (DoH) secara otomatis untuk melindungi privasi Anda dan mencegah serangan DNS spoofing. Anda dapat memilih untuk menggunakan server DNS dari Google atau Cloudflare melalui aplikasi ini.

3. 1.1.1.1: Faster & Safer Internet

1.1.1.1: Faster & Safer Internet adalah aplikasi DNS Changer yang dikembangkan oleh Cloudflare. Aplikasi ini menawarkan kecepatan dan keamanan tingkat tinggi dengan menggunakan DNS over HTTPS (DoH). Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengubah pengaturan DNS di perangkat Android Anda menjadi DNS Cloudflare yang responsif dan andal.

Mengatasi Masalah yang Muncul Setelah Mengubah DNS

Setelah mengubah DNS di perangkat Android, Anda mungkin mengalami beberapa masalah seperti koneksi internet yang terputus atau lambat. Berikut adalah beberapa solusi untuk mengatasi masalah yang mungkin muncul setelah mengubah DNS di perangkat Android Anda:

1. Periksa Koneksi Internet Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa koneksi internet Anda. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang stabil atau mempunyai sinyal seluler yang kuat. Jika koneksi internet Anda bermasalah, maka masalah yang Anda hadapi mungkin bukan karena pengaturan DNS.

2. Restart Perangkat Android Anda

Kadang-kadang, mengubah pengaturan DNS dapat menyebabkan konflik dengan perangkat Android. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba me-restart perangkat Anda. Restart akan membantu menyegarkan pengaturan perangkat Android Anda dan memperbaiki masalah yang mungkin terjadi setelah mengubah DNS.

3. Kembali ke Pengaturan DNS Default

Jika Anda mengalami masalah yang serius setelah mengubah DNS, Anda dapat kembali ke pengaturan DNS default perangkat Android Anda. Dalam pengaturan Wi-Fi atau seluler, ubah pengaturan DNS menjadi "Otomatis" atau "Dapatkan secara otomatis". Ini akan mengembalikan perangkat Android Anda ke pengaturan DNS yang diberikan oleh penyedia layanan internet Anda.

4. Pilih DNS yang Berbeda

Jika masalah tetap terjadi setelah mengubah DNS, Anda dapat mencoba menggunakan DNS yang berbeda. Cobalah menggunakan server DNS lain seperti Google DNS, Cloudflare DNS, atau OpenDNS. Kadang-kadang, masalah dapat terjadi karena server DNS yang Anda pilih tidak responsif atau mengalami gangguan. Dengan mencoba DNS yang berbeda, Anda dapat mengetahui apakah masalah tersebut terkait dengan server DNS tertentu atau tidak.

Cara Mengembalikan Pengaturan DNS ke Default di Android

Jika Anda ingin mengembalikan pengaturan DNS di perangkat Android ke default, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan di Perangkat Android Anda

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Cari Opsi Wi-Fi atau Jaringan & Internet

Cari opsi yang berkaitan dengan Wi-Fi atau Jaringan & Internet di menu Pengaturan.

3. Pilih Jaringan Wi-Fi yang Digunakan

Pada menu Wi-Fi atau Jaringan & Internet, pilih jaringan Wi-Fi yang sedang Anda gunakan.

4. Tekan dan Tahan Nama Jaringan Wi-Fi

Setelah memilih jaringan Wi-Fi, tekan dan tahan nama jaringan tersebut untuk melihat menu pop-up.

5. Pilih "Ubah Jaringan"

Dalam menu pop-up, pilih opsi "Ubah Jaringan" atau "Ubah Pengaturan". Ini akan membuka pengaturan jaringan Wi-Fi yang lebih rinci.

6. Ganti Opsi "IP Settings" ke "DHCP" atau "Dapatkan secara otomatis"

Dalam pengaturan jaringan Wi-Fi, cari opsi yang berkaitan dengan "IP Settings" atau "Pengaturan IP". Ubah opsi ini menjadi "DHCP" atau "Dapatkan secara otomatis".

7. Simpan Pengaturan dan Ulangi Koneksi Wi-Fi

Setelah mengubah opsi "IP Settings" menjadi "DHCP" atau "Dapatkan secara otomatis", tekan tombol "Simpan" atau "Selesai" untuk menyimpan pengaturan. Setelah itu, Anda mungkin perlu memutuskan dan menghubungkan kembali koneksi Wi-Fi Anda untuk perubahan pengaturan DNS mulai berlaku.

Mengoptimalkan Pengaturan DNS untuk Keamanan dan Privasi

DNS dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan dan privasi saat menjelajah internet di perangkat Android Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan pengaturan DNS Anda:

1. Gunakan DNS over HTTPS (DoH)

DNS over HTTPS (DoH) adalah teknologi yang mengenkripsi permintaan DNS Anda, sehingga mengamankan data Anda dari penyadapan atau manipulasi. Anda dapat mengaktifkan DoH di perangkat Android Anda dengan menggunakan aplikasi atau pengaturan yang mendukung fitur ini.

2. Pilih Server DNS yang Terpercaya

Pilih server DNS yang dikelola oleh perusahaan atau organisasi yang terpercaya. Server DNS yang terpercaya memiliki reputasi yang baik dalam kecepatan, keandalan, dan keamanan. Beberapa server DNS populer yang dapat dipercaya adalah Google DNS, Cloudflare DNS, dan OpenDNS.

3. Aktifkan Filter DNS

Aktifkan fitur filter DNS yang tersedia di beberapa aplikasi atau perangkat Android. Fitur ini dapat membantu melindungi Anda dari situs web berbahaya, malware, atau konten tidak diinginkan lainnya.

4. Perbarui Perangkat Android Anda

Perbarui perangkat Android Anda secara teratur untuk memastikan Anda mendapatkan patch keamanan terbaru dan fitur yang diperbarui. Perbarui juga aplikasi DNS Changer atau aplikasi terkait lainnya untuk mendapatkan manfaat dari perbaikan dan peningkatan yang tersedia.

Menggunakan DNS Over HTTPS (DoH) di Android

DNS over HTTPS (DoH) adalah teknologi yang mengenkripsi permintaan DNS Anda menggunakan protokol HTTPS, sehingga mengamankan privasi dan keamanan Anda saat menggunakan DNS. Untuk mengaktifkan DoH di perangkat Android Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Gunakan Aplikasi DNS Changer

Beberapa aplikasi DNS Changer seperti Intra dapat mengaktifkan DoH secara otomatis. Instal dan jalankan aplikasi DNS Changer di perangkat Android Anda, dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengaktifkan DoH.

2. Gunakan Browser yang Mendukung DoH

Beberapa browser populer seperti Firefox dan Chrome telah mendukung DoH. Anda dapat mengaktifkan fitur DoH di pengaturan browser Anda. Setelah mengaktifkan DoH,semua permintaan DNS yang dilakukan melalui browser tersebut akan menggunakan koneksi yang aman dan terenkripsi.

Menggunakan DNS Filter untuk Memblokir Konten Tidak Diinginkan

DNS filter adalah fitur atau aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memblokir akses ke situs web atau konten yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa aplikasi DNS filter yang dapat Anda gunakan di perangkat Android Anda:

1. AdGuard

AdGuard adalah aplikasi DNS filter yang kuat dan populer. Aplikasi ini dapat memblokir iklan, melindungi privasi Anda, dan mencegah akses ke situs web berbahaya. AdGuard juga memiliki fitur pengendalian orang tua yang memungkinkan Anda untuk membatasi akses ke konten yang tidak sesuai.

2. Blokada

Blokada adalah aplikasi DNS filter yang efektif untuk melindungi perangkat Android Anda dari iklan dan pelacak. Aplikasi ini bekerja dengan memblokir permintaan DNS ke server iklan dan pelacak sehingga mengurangi gangguan dan meningkatkan keamanan dan privasi Anda saat menjelajah internet.

3. DNS66

DNS66 adalah aplikasi DNS filter open-source yang dapat memblokir iklan dan mengamankan privasi Anda. Aplikasi ini menggunakan daftar host yang diperbarui secara berkala untuk memblokir akses ke situs web iklan. Anda dapat dengan mudah mengaktifkan atau menonaktifkan DNS66 melalui pengaturan di perangkat Android Anda.

4. NextDNS

NextDNS adalah layanan DNS filter yang dapat Anda gunakan dengan mengatur DNS di perangkat Android Anda. NextDNS menawarkan berbagai fitur keamanan dan privasi, termasuk perlindungan terhadap iklan, malware, dan situs web berbahaya. Anda dapat dengan mudah mengatur NextDNS di perangkat Android Anda dengan memasukkan konfigurasi DNS yang diberikan oleh layanan tersebut.

Mempercepat Koneksi Internet Anda dengan DNS Caching

DNS caching adalah teknik yang digunakan oleh perangkat Android untuk menyimpan informasi DNS yang telah diakses sebelumnya. Dengan menyimpan informasi ini, perangkat Android tidak perlu menghubungi server DNS setiap kali Anda mengakses situs web yang sama. Ini dapat meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mempercepat koneksi internet Anda dengan DNS caching:

1. Perbarui Perangkat Android Anda

Perbarui perangkat Android Anda secara teratur untuk memastikan Anda mendapatkan manfaat dari peningkatan dan perbaikan yang disediakan oleh produsen perangkat. Perbarui juga aplikasi perangkat Android Anda, termasuk peramban web, untuk memastikan mereka menggunakan teknik caching DNS yang diperbarui.

2. Bersihkan Cache DNS secara Berkala

Bersihkan cache DNS di perangkat Android Anda secara berkala untuk menghapus informasi DNS yang sudah usang. Anda dapat melakukannya melalui pengaturan perangkat Android Anda atau menggunakan aplikasi pembersih cache yang tersedia di Play Store.

3. Gunakan Peramban Web yang Cerdas

Pilih peramban web yang memiliki fitur caching DNS yang cerdas. Beberapa peramban web populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox memiliki fitur caching DNS yang dapat meningkatkan kecepatan browsing Anda dengan menyimpan informasi DNS yang sering diakses.

4. Gunakan DNS Resolver yang Cepat

Pilih DNS resolver yang cepat dan andal untuk mengoptimalkan koneksi internet Anda. DNS resolver yang responsif akan menyediakan informasi DNS dengan cepat, mengurangi waktu tunggu saat mengakses situs web, dan meningkatkan kecepatan browsing Anda secara keseluruhan.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara mengatur DNS di perangkat Android Anda untuk meningkatkan kinerja internet. Dengan menggunakan DNS yang tepat, mengoptimalkan keamanan dan privasi, serta memanfaatkan teknik caching DNS, Anda dapat merasakan pengalaman browsing yang lebih cepat dan lebih aman di perangkat Android Anda. Selamat mencoba!