Notifications
Translate Page

Cara Copy Teks dari Gambar di Android: Panduan Lengkap

Cara Copy Teks dari Gambar di Android: Panduan Lengkap

Saat ini, pengguna Android dapat dengan mudah mengambil teks dari gambar menggunakan beberapa aplikasi dan fitur yang tersedia. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara copy teks dari gambar di Android secara detail dan komprehensif. Kami akan memberikan langkah-langkah yang jelas dan juga memberikan ringkasan untuk setiap langkah agar Anda dapat memahaminya dengan mudah. Jadi, jika Anda tertarik untuk mengetahui cara copy teks dari gambar di Android, teruslah membaca!

Sebelum kita mulai, penting untuk memahami bahwa fungsi copy teks dari gambar di Android dapat sangat berguna dalam berbagai situasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menyalin nomor telepon dari brosur bisnis, mengambil kutipan yang menarik dari buku, atau menyimpan alamat dari peta yang ditampilkan dalam gambar. Dengan memahami cara melakukan hal ini, Anda akan dapat menghemat waktu dan usaha, serta meningkatkan produktivitas Anda dalam kegiatan sehari-hari.

Menggunakan Google Lens

Google Lens adalah salah satu fitur canggih yang tersedia di perangkat Android. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengekstrak teks dari gambar dengan mudah. Untuk menggunakan Google Lens, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Lens di perangkat Android Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Google Lens di perangkat Android Anda. Aplikasi ini biasanya sudah terinstal di perangkat Android terbaru, tetapi jika tidak, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store secara gratis.

2. Arahkan kamera Anda ke gambar yang ingin Anda copy teksnya

Setelah Anda membuka aplikasi Google Lens, arahkan kamera perangkat Anda ke gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Pastikan gambar tersebut jelas dan tidak terlalu buram agar Google Lens dapat mengenali teks dengan baik.

3. Ketuk pada area teks yang ingin Anda copy

Selanjutnya, ketuk pada area teks yang ingin Anda copy di gambar tersebut. Anda dapat menggunakan layar sentuh perangkat Anda untuk menyorot area teks yang diinginkan.

4. Pilih opsi "Salin teks" yang muncul di layar

Setelah Anda menyorot area teks yang ingin Anda copy, pilih opsi "Salin teks" yang muncul di layar. Opsi ini akan muncul setelah Google Lens berhasil mengenali teks dalam gambar.

5. Tekst yang Anda pilih akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan siap untuk digunakan

Setelah Anda memilih opsi "Salin teks", teks yang telah Anda copy akan disalin ke clipboard perangkat Anda. Anda dapat menggunakan teks ini untuk menempelkannya ke aplikasi lain seperti pesan teks, catatan, atau email.

Dengan menggunakan Google Lens, Anda dapat dengan cepat mengambil teks dari gambar tanpa perlu mengetik ulang secara manual. Fitur ini sangat berguna dalam situasi di mana Anda perlu menyalin atau mencatat teks dari gambar dengan cepat dan efisien.

Menggunakan Aplikasi Copy Text

Jika Anda mencari alternatif lain untuk mengambil teks dari gambar di Android, Anda dapat menggunakan aplikasi Copy Text. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyalin teks dengan mudah dari gambar yang ada di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

1. Unduh dan instal aplikasi Copy Text dari Google Play Store

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Copy Text dari Google Play Store. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat diakses oleh pengguna Android.

2. Buka aplikasi Copy Text dan pilih opsi "Pilih Gambar"

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi Copy Text, buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, Anda akan melihat beberapa opsi, pilih opsi "Pilih Gambar" untuk memilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy.

3. Pilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Selanjutnya, pilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Anda dapat mengakses galeri perangkat Anda dan memilih gambar yang diinginkan.

4. Gunakan alat seleksi untuk menyorot teks yang ingin Anda salin

Setelah Anda memilih gambar, gunakan alat seleksi yang tersedia di aplikasi Copy Text untuk menyorot teks yang ingin Anda salin. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi alat seleksi sesuai dengan teks yang ingin Anda copy.

5. Tekst yang Anda sorot akan muncul dalam kotak teks yang dapat Anda salin dengan menekan tombol "Salin"

Setelah Anda menyorot teks yang ingin Anda salin, teks tersebut akan muncul dalam kotak teks di aplikasi Copy Text. Anda dapat menyalin teks ini dengan menekan tombol "Salin" yang tersedia di aplikasi.

Aplikasi Copy Text sangat berguna jika Anda perlu menyalin teks dari berbagai gambar yang ada di perangkat Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah menyalin teks tanpa perlu melakukan proses yang rumit atau menginstal banyak aplikasi tambahan.

Menggunakan Fitur OCR di Aplikasi Foto Bawaan

Hampir semua perangkat Android dilengkapi dengan aplikasi foto bawaan yang memiliki fitur Optical Character Recognition (OCR). Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyalin teks dari gambar dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

1. Buka aplikasi foto bawaan di perangkat Android Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi foto bawaan di perangkat Android Anda. Aplikasi ini biasanya sudah terinstal secara default di perangkat Android Anda.

2. Pilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Setelah Anda membuka aplikasi foto bawaan, pilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Anda dapat mengakses galeri perangkat Anda dan memilih gambar yang diinginkan.

3. Ketuk pada opsi "Edit" atau "Ubah"

Selanjutnya, ketuk pada opsi "Edit" atau "Ubah" yang tersedia di aplikasi foto bawaan. Opsi ini akan memungkinkan Anda untuk mengedit gambar sebelum menyalin teksnya.

4. Pilih ikon OCR atau opsi yang berkaitan dengan pengenalan teks

Setelah Anda memilih opsi "Edit" atau "Ubah", cari ikon OCR atau opsi yang berkaitan dengan pengenalan teks. Biasanya, ikon ini berbentuk T dengan garis di atasnya atau opsi dengan label "Pengenalan Teks".

5. Arahkan kamera ke teks yang ingin Anda copy

Setelah Anda memilih ikon OCR atau opsi pengenalan teks, arahkan kamera perangkat Anda ke teks yang ingin Anda copy. Pastikan teks tersebut terlihat jelas dan tidak terlalu kecil agar aplikasi dapat mengenali teks dengan baik.

6. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi mengenali teks dan menampilkan hasilnya

Setelah Anda mengarahkan kamera ke teks, tunggu beberapa saat hingga aplikasi foto bawaan mengenali teks tersebut. Aplikasi akan memproses gambar dan menampilkan hasil pengenalan teks dalam bentuk teks yang dapat Anda salin.

7. Tekst yang terdeteksi akan muncul di layar dan Anda dapat menyalinnya dengan menekan tombol "Salin"

Setelah aplikasi foto bawaan berhasil mengenali teks, teks yang terdeteksi akan muncul di layar dan Anda dapat menyalinnya dengan menekan tombol "Salin". Teks yang Anda copy akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan siap untuk digunakan.

Dengan menggunakan fitur OCR di aplikasi foto bawaan, Anda dapat dengan mudah menyalin teks dari gambar tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Fitur ini sangat berguna dalam situasi di mana Anda perlu menyalin teks dari gambar secara cepat dan praktis.

Menggunakan Aplikasi Snapcopy

Salah satu aplikasi populer yang dapat Anda gunakan untuk menyalin teks dari gambar di Android adalah Snapcopy. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Snapcopy:

1. Unduh dan instal aplikasi Snapcopy dari Google Play Store

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Snapcopy dari Google Play Store. Anda dapat mencarinya di toko aplikasi dan mengklik tombol "Instal" untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.

2. Buka aplikasi Snapcopy dan aktifkan opsi "Baca teks dari jendela pop-up"

Setelah Anda berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi Snapcopy, buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, aktifkan opsi "Baca teks dari jendela pop-up" agar aplikasi dapat mengenali teks dari gambar yang Anda inginkan.

3. Buka gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Selanjutnya, buka gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Anda dapat membuka galeri perangkat Anda atau aplikasi lain yang menyimpan gambar tersebut.

4. Tekan dan tahan pada teks yang ingin Anda salin hingga muncul jendela pop-up

Setelah Anda membuka gambar, tekan dan tahan pada teks yang ingin Anda salin hingga muncul jendela pop-up. Jendela pop-up ini akan menampilkan teks yang terdeteksi oleh aplikasi Snapcopy.

5. Tekst yang terdeteksi akan muncul di jendela pop-up dan Anda dapat menyalinnya dengan menekan tombol "Salin"

Setelah jendela pop-up muncul dengan teks yang terdeteksi, Anda dapat menyalin teks tersebut dengan menekan tombol "Salin". Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan dapat Anda tempelkan ke aplikasi lain sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi Snapcopy sangat berguna jika Anda perlu menyalin teks dari gambar yang ada di aplikasi lain atau di browser. Dengan fitur baca teks dari jendela pop-up, Anda dapat dengan cepat menyalin teks tanpa harus membuka aplikasi secara terpisah atau melakukan tangkapan layar.

Menggunakan Aplikasi Google Translate

Google Translate bukan hanya untuk menerjemahkan teks, tetapi juga dapat digunakan untuk menyalin teks dari gambar di Android. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Google Translate:

1. Unduh dan instal aplikasi Google Translate dari Google Play Store

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Google Translate dari Google Play Store. Cari aplikasi tersebut di toko aplikasi dan klik tombol "Instal" untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.

2. Buka aplikasi Google Translate dan pilih bahasa yang sesuai dengan teks yang ingin Anda copy

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi Google Translate, buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, pilih bahasa yang sesuai dengan teks yang ingin Anda copy. Misalnya, jika teksnya dalam bahasa Inggris, pilih bahasa Inggris sebagai bahasa sumber.

3. Ketuk pada ikon kamera di sebelah kotak teks

Setelah Anda memilih bahasa sumber, ketuk pada ikon kamera yang terletak di sebelah kotak teks. Ikon ini akan memungkinkan Anda untuk mengambil gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy.

4. Arahkan kamera ke gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Setelah Anda mengklik ikon kamera, arahkan kamera perangkat Anda ke gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Pastikan gambar tersebut terlihat jelas dan tidak terlalu buram agar aplikasi dapat mengenali teks dengan baik.

5. Tekst yang terdeteksi akan muncul di layar dan Anda dapat menyalinnya dengan menekan tombol "Salin"

Setelah aplikasi Google Translate berhasil mengenali teks dalam gambar, teks yang terdeteksi akan muncul di layar. Anda dapat menyalin teks tersebut dengan menekan tombol "Salin" yang tersedia di aplikasi. Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan siap untuk digunakan.

Aplikasi Google Translate adalah pilihan yang baik jika Anda ingin menyalin teks dari gambar yang memiliki bahasa asing. Dengan kemampuan untuk mendeteksi dan menerjemahkan teks dalam berbagai bahasa, aplikasi ini akan sangat membantu dalam situasi di mana Anda perlu menyalin teks dari gambar dalam bahasa yang tidak Anda pahami.

Menggunakan Aplikasi Capture Text

Aplikasi Capture Text merupakan aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menyalin teks dari gambar secara otomatis. Aplikasi ini menggunakan teknologi OCR untuk mengenali teks dalam gambar. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Capture Text:

1. Unduh dan instal aplikasi Capture Text dari Google Play Store

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Capture Text dari Google Play Store. Cari aplikasi tersebut di toko aplikasi dan klik tombol "Instal" untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.

2. Buka aplikasi Capture Text dan aktifkan opsi "Baca teks dari layar"

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi Capture Text, buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, aktifkan opsi "Baca teks dari layar" agar aplikasi dapat mengenali teks dari gambar yang ditampilkan di layar perangkat Anda.

3. Buka gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Selanjutnya, buka gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Anda dapat membuka galeri perangkat Anda, aplikasi lain, atau browser untuk membuka gambar tersebut.

4. Arahkan kamera ke teks yang ingin Anda copy

Setelah Anda membuka gambar, arahkan kamera perangkat Anda ke teks yang ingin Anda copy. Pastikan teks tersebut terlihat jelas dan tidak terlalu kecil agar aplikasi dapat mengenali teks dengan baik.

5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi mengenali teks dan menampilkan hasilnya

Setelah Anda mengarahkan kamera ke teks, tunggu beberapa saat hingga aplikasi Capture Text mengenali teks tersebut. Aplikasi akan memproses gambar dan menampilkan hasil pengenalan teks dalam bentuk teks yang dapat Anda salin.

6. Tekst yang terdeteksi akan muncul di layar dan Anda dapat menyalinnya dengan menekan tombol "Salin"

Setelah aplikasi Capture Text berhasil mengenali teks, teks yang terdeteksi akan muncul di layar. Anda dapat menyalin teks tersebut dengan menekan tombol "Salin" yang tersedia di aplikasi. Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan dapat Anda tempelkan ke aplikasi lain sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi Capture Text sangat berguna jika Anda perlu menyalin teks dari gambar yang ditampilkan di layar perangkat Anda, seperti dalam aplikasi atau game. Dengan kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi dan menyalin teks, aplikasi ini akan mempermudah proses menyalin teks dari gambar dengan cepat dan praktis.

Menggunakan Aplikasi CamScanner

Aplikasi CamScanner tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengubah gambar menjadi dokumen PDF, tetapi juga dapat digunakan untuk menyalin teks dari gambar. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi CamScanner:

1. Unduh dan instal aplikasi CamScanner dari Google Play Store

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi CamScanner dari Google Play Store. Cari aplikasi tersebut di toko aplikasi dan klik tombol "Instal" untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.

2. Buka aplikasi CamScanner dan pilih opsi "Pindai"

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi CamScanner, buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, pilih opsi "Pindai" untuk memulai proses pemindaian gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy.

3. Pilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Selanjutnya, pilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Anda dapat membuka galeri perangkat Anda atau mengambil foto langsung menggunakan kamera perangkat Anda.

4. Gunakan alat seleksi untuk menyorot teks yang ingin Anda salin

Setelah Anda memilih gambar, gunakan alat seleksi yang tersedia di aplikasi CamScanner untuk menyorot teks yang ingin Anda salin. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi alat seleksi sesuai dengan teks yang ingin Anda copy.

5. Tekst yang Anda sorot akan muncul dalam kotak teks yang dapat Anda salin dengan menekan tombol "Salin"

Setelah Anda menyorot teks yang ingin Anda salin, teks tersebut akan muncul dalam kotak teks di aplikasi CamScanner. Anda dapat menyalin teks ini dengan menekan tombol "Salin" yang tersedia di aplikasi. Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan dapat Anda tempelkan ke aplikasi lain sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi CamScanner adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mengubah gambar menjadi dokumen PDF dan juga menyalin teks dari gambar tersebut. Dengan fitur pemindaian dan pengenalan teks yang baik, aplikasi ini akan sangat membantu dalam situasi di mana Anda perlu menyalin teks dari gambar dan mengatur dokumen secara praktis.

Menggunakan Aplikasi Text Fairy

Text Fairy adalah aplikasi OCR yang memungkinkan Anda untuk menyalin teks dari gambar dengan cepat dan mudah. Aplikasi ini juga memiliki fitur penerjemahan dan pengeditan teks. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Text Fairy:

1. Unduh dan instal aplikasi Text Fairy dari Google Play Store

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Text Fairy dari Google Play Store. Cari aplikasi tersebut di toko aplikasi dan klik tombol "Instal" untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.

2. Buka aplikasi Text Fairy dan pilih opsi "Pindai Gambar"

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi Text Fairy, buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, pilih opsi "Pindai Gambar" untuk memulai proses pemindaian gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy.

3. Pilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Selanjutnya, pilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Anda dapat membuka galeri perangkat Anda atau mengambil foto langsung menggunakan kamera perangkat Anda.

4. Gunakan alat seleksi untuk menyorot teks yang ingin Anda salin

Setelah Anda memilih gambar, gunakan alat seleksi yang tersedia di aplikasi Text Fairy untuk menyorot teks yang ingin Anda salin. Anda dapat menyesuaikan ukuran dan posisi alat seleksi sesuai dengan teks yang ingin Anda copy.

5. Tekst yang Anda sorot akan muncul dalam kotak teks yang dapat Anda salin dengan menekan tombol "Salin"

Setelah Anda menyorot teks yang ingin Anda salin, teks tersebut akan muncul dalam kotak teks di aplikasi Text Fairy. Anda dapat menyalin teks ini dengan menekan tombol "Salin" yang tersedia di aplikasi. Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan dapat Anda tempelkan ke aplikasi lain sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi Text Fairy adalah pilihan yang baik jika Anda membutuhkan fitur penerjemahan dan pengeditan teks selain kemampuan untuk menyalin teks dari gambar. Dengan antarmuka yang user-friendly dan fitur yang lengkap, aplikasi ini akan membantu Anda dalam menyalin, menerjemahkan, dan mengedit teks dengan mudah.

Menggunakan Aplikasi PhotoScan

Aplikasi PhotoScan adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk memindai dan menyalin teks dari gambar dengan kualitas yang tinggi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi PhotoScan:

1. Unduh dan instal aplikasi PhotoScan dari Google Play Store

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi PhotoScan dari Google Play Store. Cari aplikasi tersebut di toko aplikasi dan klik tombol "Instal" untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.

2. Buka aplikasi PhotoScan dan pilih opsi "Pindai Gambar"

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi PhotoScan, buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, pilih opsi "Pindai Gambar" untuk memulai proses pemindaian gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy.

3. Arahkan kamera ke gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Setelah Anda memilih opsi "Pindai Gambar", arahkan kamera perangkat Anda ke gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Pastikan gambar tersebut terlihat jelas dan tidak terlalu buram agar hasil pemindaian menjadi lebih baik.

4. Ikuti petunjuk pada layar untuk mengatur sudut dan mengambil foto gambar

Setelah Anda mengarahkan kamera ke gambar, ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mengatur sudut dan mengambil foto gambar dengan benar. Aplikasi PhotoScan akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil pemindaian yang berkualitas tinggi.

5. Tekst yang terdeteksi akan muncul di layar dan Anda dapat menyalinnya dengan menekan tombol "Salin"

Setelah aplikasi PhotoScan selesai memproses pemindaian gambar, teks yang terdeteksi akan muncul di layar. Anda dapat menyalin teks tersebut dengan menekan tombol "Salin" yang tersedia di aplikasi. Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan dapat Anda tempelkan ke aplikasi lain sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi PhotoScan adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mengambil teks dari gambar dengan kualitas yang tinggi dan jelas. Dengan bantuan fitur pemindaian yang disediakan oleh aplikasi ini, Anda dapat memastikan bahwa teks yang Anda copy memiliki kualitas yang optimal dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

Menggunakan Aplikasi Evernote

Aplikasi Evernote bukan hanya untuk mencatat, tetapi juga dapat digunakan untuk menyalin teks dari gambar di Android. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi Evernote:

1. Unduh dan instal aplikasi Evernote dari Google Play Store

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Evernote dari Google Play Store. Cari aplikasi tersebut di toko aplikasi dan klik tombol "Instal" untuk memulai proses pengunduhan dan instalasi.

2. Buka aplikasi Evernote dan pilih opsi "Tambah Catatan Baru"

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal aplikasi Evernote, buka aplikasi tersebut. Di dalam aplikasi, pilih opsi "Tambah Catatan Baru" untuk membuat catatan baru.

3. Pilih ikon kamera untuk mengambil gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy

Selanjutnya, pilih ikon kamera yang tersedia di aplikasi Evernote untuk mengambil gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Anda dapat menggunakan kamera perangkat Anda untuk mengambil foto langsung atau memilih foto dari galeri perangkat Anda.

4. Arahkan kamera ke gambar dan ambil foto

Setelah memilih ikon kamera, arahkan kamera perangkat Anda ke gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy. Pastikan gambar tersebut terlihat jelas dan tidak terlalu buram untuk hasil yang optimal. Ambil foto dengan menekan tombol rana di aplikasi Evernote.

5. Tekst yang terdeteksi akan muncul di layar dan Anda dapat menyalinnya dengan menekan tombol "Salin"

Setelah foto diambil, aplikasi Evernote akan memproses gambar dan mendeteksi teks yang ada di dalamnya. Teks yang terdeteksi akan muncul di layar. Anda dapat menyalin teks tersebut dengan menekan tombol "Salin" yang tersedia di aplikasi. Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan dapat Anda tempelkan ke aplikasi lain sesuai kebutuhan Anda.

Aplikasi Evernote adalah pilihan yang baik jika Anda ingin mengatur teks yang telah Anda copy dari gambar dengan mudah. Dengan fitur pencatatan yang lengkap, Anda dapat membuat catatan, menambahkan label, dan mengatur teks yang telah Anda copy dalam satu aplikasi.

Menyimpulkan

Dalam artikel ini, kami telah membahas sepuluh cara yang berbeda untuk menyalin teks dari gambar di Android. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan mengetahui cara copy teks dari gambar di Android, Anda dapat dengan mudah mengambil teks dari berbagai sumber dan meningkatkan produktivitas Anda. Jadi, cobalah salah satu metode yang telah kami bahas dan mulailah menyalin teks dari gambar di perangkat Android Anda!

Apakah Anda ingin menyalin nomor telepon dari brosur bisnis? Atau mengambil kutipan yang menarik dari buku? Atau mungkin menyimpan alamat dari peta yang ditampilkan dalam gambar? Dalam dunia digital yang semakin maju, menyalin teks dari gambar di Android dapat menjadi tugas yang sangat mudah jika Anda tahu caranya.

Salah satu metode yang dapat Anda gunakan adalah menggunakan Google Lens. Google Lens adalah fitur canggih yang memungkinkan Anda mengekstrak teks dari gambar dengan mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Lens, mengarahkan kamera ke gambar, menyorot teks yang ingin Anda salin, dan memilih opsi "Salin teks". Teks yang terpilih akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan siap untuk digunakan.

Tidak hanya Google Lens, ada juga aplikasi Copy Text yang dapat Anda gunakan. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyalin teks dengan mudah dari gambar yang ada di perangkat Anda. Anda hanya perlu membuka aplikasi Copy Text, memilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy, menyorot teks yang ingin Anda salin, dan menekan tombol "Salin". Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan siap untuk digunakan.

Jika Anda ingin menggunakan fitur bawaan perangkat Anda, Anda dapat menggunakan fitur OCR di aplikasi foto bawaan. Hampir semua perangkat Android dilengkapi dengan fitur ini. Anda hanya perlu membuka aplikasi foto bawaan, memilih gambar yang berisi teks yang ingin Anda copy, mengaktifkan fitur OCR, dan menyorot teks yang ingin Anda salin. Teks yang terdeteksi akan muncul di layar dan Anda dapat menyalinnya dengan mudah.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga, ada beberapa opsi yang dapat Anda pilih. Aplikasi Snapcopy adalah salah satunya. Aplikasi ini memungkinkan Anda menyalin teks dari gambar dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu mengaktifkan fitur "Baca teks dari jendela pop-up", membuka gambar yang berisi teks, menyorot teks yang ingin Anda salin, dan menekan tombol "Salin". Teks akan disalin ke clipboard perangkat Anda dan siap untuk digunakan.

Google Translate juga dapat digunakan untuk menyalin teks dari gambar di Android. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Google Translate, memilih bahasa sumber dan bahasa target, memilih opsi kamera, mengarahkan kamera ke gambar yang berisi teks, dan menyorot teks yang ingin Anda salin. Teks yang terdeteksi akan muncul di layar dan Anda dapat menyalinnya dengan mudah.

Ada juga aplikasi OCR lainnya seperti Text Fairy, Capture Text, dan CamScanner yang dapat Anda gunakan. Setiap aplikasi memiliki fitur dan antarmuka yang berbeda, jadi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Dalam artikel ini, kami telah membahas sepuluh cara yang berbeda untuk menyalin teks dari gambar di Android. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Dengan mengetahui cara copy teks dari gambar di Android, Anda dapat dengan mudah mengambil teks dari berbagai sumber dan meningkatkan produktivitas Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menyalin teks dari gambar di Android. Selamat mencoba!