Notifications
Translate Page

Cara Melihat History Aplikasi yang Sudah Dihapus di Android

Cara Melihat History Aplikasi yang Sudah Dihapus di Android

Saat menggunakan smartphone Android, kita seringkali menginstal dan menghapus berbagai aplikasi sesuai kebutuhan. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya tentang bagaimana cara melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android? Mungkin Anda ingin mencari tahu aplikasi apa saja yang pernah terpasang di perangkat Anda sebelumnya, atau mungkin ingin mengembalikan aplikasi yang pernah Anda hapus. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android secara lengkap dan detail.

Sebelum kita mulai, penting untuk diketahui bahwa tidak semua perangkat Android memiliki fitur bawaan untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus. Namun, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal ini. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda coba:

Menggunakan Google Play Store

Google Play Store adalah toko aplikasi resmi untuk perangkat Android. Selain digunakan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi, Play Store juga menyimpan riwayat aplikasi yang pernah Anda pasang di perangkat Anda. Untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Pertama, buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Buka Menu

Di halaman utama Play Store, ketuk ikon tiga garis horisontal di bagian kiri atas layar untuk membuka menu.

Langkah 3: Pilih "My Apps & Games"

Dalam menu, gulir ke bawah dan pilih opsi "My Apps & Games".

Langkah 4: Buka "Library" atau "Installed"

Di halaman "My Apps & Games", Anda akan melihat dua tab: "Library" dan "Installed". Jika Anda ingin melihat history aplikasi yang sudah dihapus, pilih tab "Library".

Langkah 5: Lihat Aplikasi yang Telah Dihapus

Di tab "Library", Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang pernah Anda pasang di perangkat Android Anda. Jika Anda ingin melihat aplikasi yang sudah dihapus, cari aplikasi yang memiliki label "Uninstalled" atau "Not Installed". Ketuk aplikasi tersebut untuk melihat informasi lebih lanjut.

Dengan menggunakan Google Play Store, Anda dapat dengan mudah melihat history aplikasi yang sudah dihapus di perangkat Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa Play Store hanya menyimpan riwayat aplikasi yang diunduh melalui toko resmi, jadi aplikasi yang diinstal melalui sumber lain mungkin tidak terlihat di sini.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika perangkat Android Anda tidak memiliki fitur bawaan untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal ini. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android:

1. App Usage - Manage/Track Usage

App Usage adalah aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melacak dan mengelola aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Android Anda. Aplikasi ini menyediakan riwayat penggunaan aplikasi dengan detail yang mencakup tanggal dan waktu penginstalan serta penghapusan. Anda dapat melihat aplikasi yang sudah dihapus dengan mudah menggunakan App Usage.

2. Uninstaller - Uninstall, Backup, Restore & Share Apps

Uninstaller adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat membantu Anda melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menghapus, membackup, mengembalikan, dan berbagi aplikasi dengan mudah.

3. My App List

My App List adalah aplikasi pihak ketiga yang memungkinkan Anda untuk mencetak atau menyimpan daftar semua aplikasi yang pernah Anda pasang di perangkat Android Anda. Aplikasi ini dapat membantu Anda melihat history aplikasi yang sudah dihapus dengan mudah dan cepat.

4. App Manager

App Manager adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat membantu Anda melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengelola aplikasi dengan fitur seperti penghapusan massal, pindah ke SD card, dan banyak lagi.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti App Usage, Uninstaller, My App List, atau App Manager, Anda dapat melihat history aplikasi yang sudah dihapus di perangkat Android dengan mudah dan lebih rinci.

Menggunakan Riwayat Google Play

Riwayat Google Play adalah fitur yang memungkinkan Anda melihat daftar aplikasi yang pernah diinstal dan dihapus di perangkat Android Anda. Untuk mengakses riwayat ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Buka Menu

Di halaman utama Play Store, ketuk ikon tiga garis horisontal di bagian kiri atas layar untuk membuka menu.

Langkah 3: Pilih "Riwayat"

Dalam menu, gulir ke bawah dan pilih opsi "Riwayat".

Langkah 4: Lihat Riwayat Aplikasi

Di halaman "Riwayat", Anda akan melihat daftar aplikasi yang pernah diinstal dan dihapus di perangkat Android Anda. Aplikasi yang sudah dihapus akan ditandai dengan status "Dihapus". Anda juga dapat melihat tanggal dan waktu penginstalan serta penghapusan.

Dengan menggunakan Riwayat Google Play, Anda dapat melihat riwayat aplikasi yang sudah dihapus di perangkat Android Anda. Namun, perlu diingat bahwa riwayat ini hanya mencakup aplikasi yang diunduh melalui Google Play Store.

Melihat Riwayat Pembaruan Aplikasi

Selain melihat riwayat aplikasi yang sudah dihapus, Anda juga dapat melihat riwayat pembaruan aplikasi untuk mengetahui aplikasi mana yang pernah terpasang di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Buka Menu

Di halaman utama Play Store, ketuk ikon tiga garis horisontal di bagian kiri atas layar untuk membuka menu.

Langkah 3: Pilih "My Apps & Games"

Dalam menu, gulir ke bawah dan pilih opsi "My Apps & Games".

Langkah 4: Buka "Update"

Di halaman "My Apps & Games", pilih tab "Update". Di sini, Anda akan melihat daftar pembaruan aplikasi yang tersedia.

Langkah 5: Lihat Riwayat Pembaruan

Di daftar pembaruan, Anda dapat melihat aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Anda, termasuk yang sudah dihapus. Aplikasi yang sudah dihapus akan ditandai dengan status "Dihapus" atau "Not Installed".

Dengan melihat riwayat pembaruan aplikasi, Anda dapat memiliki gambaran tentang aplikasi mana yang pernah terpasang di perangkat Android Anda, termasuk yang sudah dihapus.

Menggunakan Aplikasi Penyimpanan

Aplikasi penyimpanan adalah jenis aplikasi pihak ketiga yang dapat memberikan informasi tentang aplikasi yang pernah terinstal di perangkat Android Anda. Beberapa aplikasi penyimpanan populer termasuk Google Files, SD Maid, dan DiskUsage. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi penyimpanan:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi PenyimpananPertama, unduh dan instal salah satu aplikasi penyimpanan yang Anda pilih dari Google Play Store. Pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan yang baik.

Langkah 2: Buka Aplikasi Penyimpanan

Setelah menginstal aplikasi penyimpanan, buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Pilih Fitur "Aplikasi Terinstal"

Di dalam aplikasi penyimpanan, cari dan pilih fitur yang disebut "Aplikasi Terinstal" atau "Aplikasi yang Pernah Terpasang".

Langkah 4: Lihat Daftar Aplikasi

Di halaman "Aplikasi Terinstal", Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Android Anda. Aplikasi yang sudah dihapus akan ditandai dengan status "Dihapus" atau "Uninstalled".

Langkah 5: Lihat Detail Aplikasi yang Sudah Dihapus

Untuk melihat detail aplikasi yang sudah dihapus, pilih aplikasi tersebut dari daftar. Anda akan melihat informasi seperti nama aplikasi, ukuran, serta tanggal dan waktu penginstalan serta penghapusan.

Dengan menggunakan aplikasi penyimpanan, Anda dapat dengan mudah melihat history aplikasi yang sudah dihapus di perangkat Android Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat membantu Anda mengelola dan membersihkan ruang penyimpanan dengan lebih efisien.

Menggunakan File Manager

File manager adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola file dan folder di perangkat Android Anda. Beberapa file manager populer termasuk ES File Explorer, Solid Explorer, dan Astro File Manager. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan file manager:

Langkah 1: Unduh dan Instal File Manager

Pertama, unduh dan instal salah satu file manager yang Anda pilih dari Google Play Store. Pastikan Anda memilih file manager yang terpercaya dan memiliki fitur pencarian aplikasi.

Langkah 2: Buka File Manager

Setelah menginstal file manager, buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Cari Opsi "Aplikasi" atau "Aplikasi Terpasang"

Di dalam file manager, cari opsi yang disebut "Aplikasi" atau "Aplikasi Terpasang". Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu utama atau menu navigasi file manager.

Langkah 4: Lihat Daftar Aplikasi

Di halaman "Aplikasi" atau "Aplikasi Terpasang", Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Android Anda. Aplikasi yang sudah dihapus akan ditandai dengan status "Dihapus" atau "Uninstalled".

Langkah 5: Lihat Detail Aplikasi yang Sudah Dihapus

Untuk melihat detail aplikasi yang sudah dihapus, pilih aplikasi tersebut dari daftar. Anda akan melihat informasi seperti nama aplikasi, ukuran, serta tanggal dan waktu penginstalan serta penghapusan.

Dengan menggunakan file manager, Anda dapat dengan mudah melihat history aplikasi yang sudah dihapus di perangkat Android Anda. Selain itu, file manager juga berguna untuk mengelola dan mengatur file dan folder di perangkat Anda.

Melihat Riwayat Pembaruan Google Play Services

Google Play Services adalah layanan yang digunakan oleh banyak aplikasi Android untuk berinteraksi dengan berbagai fitur dan layanan Google. Riwayat pembaruan Google Play Services dapat memberikan informasi tentang aplikasi yang pernah terinstal di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melihat riwayat pembaruan Google Play Services:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Buka Menu

Di halaman utama Play Store, ketuk ikon tiga garis horisontal di bagian kiri atas layar untuk membuka menu.

Langkah 3: Pilih "My Apps & Games"

Dalam menu, gulir ke bawah dan pilih opsi "My Apps & Games".

Langkah 4: Buka "Update"

Di halaman "My Apps & Games", pilih tab "Update". Di sini, Anda akan melihat daftar pembaruan aplikasi yang tersedia.

Langkah 5: Cari "Google Play Services"

Di daftar pembaruan, cari dan pilih "Google Play Services". Ini adalah layanan yang penting untuk banyak aplikasi Android.

Langkah 6: Lihat Riwayat Pembaruan

Di halaman "Google Play Services", Anda akan melihat riwayat pembaruan aplikasi ini. Riwayat ini mencakup aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Anda, termasuk yang sudah dihapus.

Dengan melihat riwayat pembaruan Google Play Services, Anda dapat memiliki gambaran tentang aplikasi mana yang pernah terinstal di perangkat Android Anda, termasuk yang sudah dihapus.

Menggunakan Aplikasi Monitoring

Aplikasi monitoring adalah jenis aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android dengan lebih rinci. Aplikasi ini dapat melacak dan merekam semua aktivitas aplikasi di perangkat Anda, termasuk penginstalan dan penghapusan. Berikut adalah beberapa aplikasi monitoring yang dapat Anda gunakan:

1. App Usage Tracker

App Usage Tracker adalah aplikasi monitoring yang dapat melacak dan merekam semua aktivitas aplikasi di perangkat Android Anda. Aplikasi ini memberikan informasi detail tentang penginstalan dan penghapusan aplikasi, serta waktu penggunaan aplikasi.

2. Mobile Tracker Free

Mobile Tracker Free adalah aplikasi monitoring yang menyediakan berbagai fitur, termasuk pelacakan penginstalan dan penghapusan aplikasi. Aplikasi ini juga dapat melacak lokasi perangkat, panggilan telepon, pesan teks, dan banyak lagi.

3. KidLogger

KidLogger adalah aplikasi monitoring yang dirancang khusus untuk melacak aktivitas anak-anak di perangkat Android. Aplikasi ini dapat merekam semua aktivitas aplikasi, termasuk penginstalan dan penghapusan.

Dengan menggunakan aplikasi monitoring seperti App Usage Tracker, Mobile Tracker Free, atau KidLogger, Anda dapat melihat history aplikasi yang sudah dihapus di perangkat Android dengan lebih rinci. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi monitoring harus sesuai dengan hukum dan etika yang berlaku.

Menggunakan Fitur Developer Options

Fitur Developer Options adalah fitur tersembunyi di perangkat Android yang memungkinkan Anda mengakses berbagai pengaturan dan opsi pengembang. Salah satu opsi yang dapat Anda gunakan untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus adalah "Running Services". Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan Fitur Developer Options:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Gulir ke Bawah dan Cari "Tentang Telepon"

Gulir ke bawah di menu Pengaturan dan cari opsi yang disebut "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat".

Langkah 3: Ketuk "Nomor Build" atau "Versi Perangkat Lunak"

Di halaman "Tentang Telepon", cari dan ketuk opsi yang disebut "Nomor Build" atau "Versi Perangkat Lunak". Opsi ini akan berbeda-beda tergantung pada perangkat Android Anda.

Langkah 4: Ketuk Opsi "Build Number" Beberapa Kali

Ketuk opsi "Build Number" beberapa kali secara berurutan. Setelah beberapa ketukan, Anda akan melihat pesan yang memberi tahu Anda bahwa Anda telah menjadi pengembang.

Langkah 5: Kembali ke Menu Pengaturan

Setelah Anda telah menjadi pengembang, kembali ke menu Pengaturan. Anda akan melihat opsi baru yang disebut "O

Langkah 6: Buka Developer Options

Di menu Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi "Developer Options". Ketuk opsi tersebut untuk membukanya.

Langkah 7: Aktifkan Developer Options

Di halaman Developer Options, aktifkan opsi dengan menggeser tombol di bagian atas layar.

Langkah 8: Cari "Running Services"

Setelah mengaktifkan Developer Options, cari opsi yang disebut "Running Services" atau "Layanan yang Berjalan".

Langkah 9: Lihat Aplikasi yang Berjalan

Di halaman "Running Services", Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Anda. Aplikasi yang sudah dihapus mungkin masih terdaftar di sini. Anda dapat melihat detail aplikasi yang sedang berjalan dan memeriksa apakah ada aplikasi yang sudah dihapus.

Dengan menggunakan Fitur Developer Options dan melihat "Running Services", Anda dapat melihat aplikasi yang sedang berjalan di perangkat Android Anda, termasuk yang sudah dihapus. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan Fitur Developer Options membutuhkan pengetahuan tentang pengaturan dan opsi pengembang, jadi pastikan untuk berhati-hati saat mengakses dan menggunakan fitur ini.

Menggunakan Aplikasi Antivirus

Beberapa aplikasi antivirus memiliki fitur untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Aplikasi antivirus ini dapat melacak dan merekam riwayat penginstalan dan penghapusan aplikasi di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi antivirus:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Antivirus

Pertama, unduh dan instal salah satu aplikasi antivirus yang Anda pilih dari Google Play Store. Pastikan Anda memilih aplikasi antivirus yang terpercaya dan memiliki fitur pemantauan aplikasi.

Langkah 2: Buka Aplikasi Antivirus

Setelah menginstal aplikasi antivirus, buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Pilih Fitur "Riwayat Aplikasi"

Di dalam aplikasi antivirus, cari dan pilih fitur yang disebut "Riwayat Aplikasi" atau "Riwayat Instalasi".

Langkah 4: Lihat Daftar Aplikasi

Di halaman "Riwayat Aplikasi", Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Android Anda. Aplikasi yang sudah dihapus akan ditandai dengan status "Dihapus" atau "Uninstalled".

Langkah 5: Lihat Detail Aplikasi yang Sudah Dihapus

Untuk melihat detail aplikasi yang sudah dihapus, pilih aplikasi tersebut dari daftar. Anda akan melihat informasi seperti nama aplikasi, ukuran, serta tanggal dan waktu penginstalan serta penghapusan.

Dengan menggunakan aplikasi antivirus, Anda dapat melihat history aplikasi yang sudah dihapus di perangkat Android dengan mudah. Selain itu, aplikasi antivirus juga berguna untuk melindungi perangkat Anda dari ancaman malware dan virus.

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa metode untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus di Android. Mulai dari menggunakan Google Play Store, aplikasi pihak ketiga, riwayat Google Play, hingga fitur Developer Options dan aplikasi antivirus. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Dengan mengetahui history aplikasi yang sudah dihapus, Anda dapat mengelola dan mengontrol aplikasi-aplikasi yang pernah terpasang di perangkat Android Anda dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang penggunaan aplikasi Anda dan mengoptimalkan pengalaman penggunaan perangkat Anda.

Terakhir, penting untuk diingat bahwa privasi adalah hal yang penting. Saat menggunakan metode-metode ini untuk melihat history aplikasi yang sudah dihapus, pastikan untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi pribadi Anda. Jangan lupa untuk menggunakan metode yang legal dan etis sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku.