Notifications
Translate Page

Cara Menampilkan Lirik di Spotify Android: Panduan Lengkap

Cara Menampilkan Lirik di Spotify Android: Panduan Lengkap

Selamat datang di blog kami! Jika Anda pengguna setia Spotify Android, pasti Anda pernah mengalami kekecewaan karena tidak dapat menampilkan lirik lagu favorit Anda secara langsung di dalam aplikasi. Namun, jangan khawatir! Kami hadir untuk memberikan solusi lengkap tentang cara menampilkan lirik di Spotify Android. Dalam artikel ini, kami akan mengajarkan Anda langkah-langkah detail yang mudah diikuti sehingga Anda dapat menikmati lirik-lirik favorit sambil mendengarkan lagu di Spotify. Mari kita mulai!

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, perlu diketahui bahwa saat ini Spotify Android belum menyediakan fitur bawaan untuk menampilkan lirik lagu. Namun, jangan berkecil hati! Terdapat beberapa metode yang efektif yang dapat Anda gunakan untuk tetap menampilkan lirik di perangkat Android Anda saat menggunakan Spotify. Berikut ini adalah beberapa metode yang populer dan efektif untuk menampilkan lirik lagu di Spotify Android.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin menampilkan lirik lagu di Spotify Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang akan membantu Anda melakukannya. Salah satu aplikasi yang sangat populer adalah SoundHound. SoundHound merupakan aplikasi yang dapat mengidentifikasi lagu yang sedang diputar dan menampilkannya dengan lirik lengkap. Anda dapat mengunduh SoundHound dari Google Play Store dan menggunakannya bersamaan dengan Spotify untuk menampilkan lirik lagu secara real-time.

Langkah-langkah Menggunakan SoundHound:

1. Unduh dan instal aplikasi SoundHound dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi SoundHound dan berikan izin akses yang diperlukan.

3. Mulai putar lagu di Spotify Android.

4. Buka aplikasi SoundHound dan ketuk tombol "Tune-In" di pojok kanan bawah.

5. SoundHound akan secara otomatis mengidentifikasi lagu yang sedang diputar di Spotify dan menampilkan lirik lengkapnya.

Selain SoundHound, terdapat juga beberapa aplikasi pihak ketiga lain yang dapat Anda coba, seperti Musixmatch, Genius, dan Lyrics Mania. Setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda, jadi Anda dapat menguji beberapa aplikasi untuk menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan Website Lirik Lagu

Metode lain yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan lirik di Spotify Android adalah dengan menggunakan situs web lirik lagu. Terdapat banyak situs web yang menyediakan lirik lagu, seperti Genius, AZLyrics, dan MetroLyrics. Anda dapat membuka salah satu situs web ini di peramban web di perangkat Android Anda dan mencari lirik lagu yang sedang Anda dengarkan di Spotify. Kemudian, Anda dapat menampilkan dan membaca lirik lagu di situs web tersebut sambil mendengarkan lagu di Spotify.

Langkah-langkah Menggunakan Situs Web Lirik Lagu:

1. Buka peramban web di perangkat Android Anda.

2. Kunjungi situs web lirik lagu seperti Genius, AZLyrics, atau MetroLyrics.

3. Cari lirik lagu yang sedang Anda dengarkan di Spotify dengan memasukkan judul lagu dan nama artis.

4. Setelah menemukan lirik lagu yang diinginkan, Anda dapat membacanya sambil mendengarkan lagu di Spotify Android.

Metode ini cukup sederhana dan tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan. Namun, Anda perlu membuka situs web lirik lagu setiap kali Anda ingin membaca lirik lagu yang sedang diputar di Spotify.

Menggunakan Fitur Terkait Spotify: Behind the Lyrics

Spotify juga memiliki fitur terkait lirik yang disebut "Behind the Lyrics". Fitur ini dapat memberikan informasi tambahan mengenai lirik lagu yang sedang Anda dengarkan. Meskipun fitur ini tidak menampilkan lirik secara langsung di aplikasi Spotify Android, tetapi dapat memberikan wawasan menarik mengenai lirik lagu dan artinya. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah Mengaktifkan Fitur Behind the Lyrics:

1. Buka aplikasi Spotify di perangkat Android Anda.

2. Pilih lagu yang ingin Anda dengarkan.

3. Gulir ke bawah dan cari "Behind the Lyrics".

4. Ketuk tombol "Enable".

5. Fitur "Behind the Lyrics" akan aktif dan memberikan informasi tambahan mengenai lirik lagu yang sedang diputar.

Fitur "Behind the Lyrics" ini memberikan wawasan menarik mengenai lirik lagu, termasuk fakta menarik, penjelasan dari artis, dan konteks di balik lirik lagu tersebut. Meskipun tidak menampilkan lirik secara langsung, fitur ini dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan lagu di Spotify Android.

Menggunakan Aplikasi Lirik Lagu Terintegrasi

Beberapa aplikasi musik lainnya yang memiliki fitur lirik lagu terintegrasi juga dapat menjadi solusi untuk menampilkan lirik di Spotify Android. Misalnya, aplikasi musik seperti Musixmatch dan Lyrics Mania memiliki fitur lirik lagu yang dapat diintegrasikan dengan Spotify. Anda dapat mengunduh salah satu aplikasi ini dari Google Play Store dan menggunakannya bersamaan dengan Spotify untuk menampilkan lirik lagu secara real-time.

Langkah-langkah Menggunakan Aplikasi Lirik Lagu Terintegrasi:

1. Unduh dan instal aplikasi lirik lagu terintegrasi seperti Musixmatch atau Lyrics Mania dari Google Play Store.

2. Buka aplikasi lirik lagu dan berikan izin akses yang diperlukan.

3. Mulai putar lagu di Spotify Android.

4. Buka aplikasi lirik lagu dan biarkan aplikasi secara otomatis mengenali lagu yang sedang diputar di Spotify.

5. Aplikasi lirik lagu akan menampilkan lirik lagu secara real-time sesuai dengan lagu yang diputar di Spotify.

Dengan menggunakan aplikasi lirik lagu terintegrasi, Anda dapat menampilkan lirik lagu secara langsung di dalam aplikasi tersebut, sehingga Anda tidak perlu membuka aplikasi lain atau situs web untuk membaca lirik lagu yang sedang diputar di Spotify.

Kombinasi Metode

Anda juga dapat mencoba menggabungkan beberapa metode yang telah kami sebutkan di atas untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam menampilkan lirik di Spotify Android. Misalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti SoundHound untuk menampilkan lirik secara real-time, sambil juga membuka situs web lirik lagu seperti Genius untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai lirik lagu yang sedang diputar. Dengan mencoba dan menggabungkan metode yang berbeda, Anda dapat menemukan cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Contoh Kombinasi Metode:

1. Buka aplikasi SoundHound dan biarkan aplikasi mengidentifikasi lagu yang sedang diputar di Spotify.

2. Setelah lagu teridentifikasi, SoundHound akan menampilkan lirik secara real-time.

3. Buka situs web lirik lagu seperti Genius untuk membaca informasi tambahan mengenai lirik lagu tersebut.

4. Nikmati mendengarkan lagu sambil membaca lirik dan informasi tambahan di Spotify Android.

Anda dapat mencoba berbagai kombinasi metode sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Cobalah untuk menemukan cara yang paling efektif dan nyaman bagi Anda dalam menampilkan lirik di Spotify Android.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan lirik di Spotify Android. Meskipun Spotify Android belum menyediakan fitur bawaan untuk menampilkan lirik lagu, Anda masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga, situs web lirik lagu, fitur terkait Spotify, atau aplikasi lirik lagu terintegrasi untuk mendapatkan pengalaman menikmati lirik lagu yang lebih lengkap. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi Anda dapat mencoba beberapa metode dan menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Metode pertama adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti SoundHound. Aplikasi ini sangat populer dan dapat mengidentifikasi lagu yang sedang diputar di Spotify Android. SoundHound tidak hanya menampilkan lirik lagu, tetapi juga menyediakan informasi tambahan seperti artis, album, dan banyak lagi. Anda dapat mengunduh dan menginstal SoundHound dari Google Play Store, lalu menggunakannya bersamaan dengan Spotify untuk menampilkan lirik secara real-time.

Metode kedua adalah menggunakan situs web lirik lagu. Ada banyak situs web yang menyediakan lirik lagu, seperti Genius, AZLyrics, dan MetroLyrics. Anda dapat membuka situs web ini di peramban web di perangkat Android Anda dan mencari lirik lagu yang sedang Anda dengarkan di Spotify. Kemudian, Anda dapat menampilkan dan membaca lirik lagu di situs web tersebut sambil mendengarkan lagu di Spotify. Metode ini tidak memerlukan instalasi aplikasi tambahan, tetapi Anda perlu membuka situs web setiap kali ingin melihat lirik lagu yang sedang diputar di Spotify.

Jika Anda ingin menggunakan fitur terkait Spotify, Anda dapat mengaktifkan fitur "Behind the Lyrics". Fitur ini memberikan informasi tambahan mengenai lirik lagu yang sedang Anda dengarkan, seperti penjelasan artis, konteks lirik, dan fakta menarik. Meskipun tidak menampilkan lirik secara langsung, fitur ini dapat meningkatkan pemahaman Anda terhadap lagu yang sedang diputar di Spotify Android. Untuk mengaktifkan fitur ini, cukup masuk ke pengaturan Spotify dan cari opsi "Behind the Lyrics".

Metode terakhir adalah menggunakan aplikasi lirik lagu terintegrasi seperti Musixmatch atau Lyrics Mania. Aplikasi ini dapat diinstal langsung di perangkat Android Anda dan dapat berintegrasi dengan Spotify. Setelah menginstal aplikasi ini, Anda dapat memutar lagu di Spotify dan aplikasi lirik lagu akan secara otomatis menampilkan lirik secara real-time. Anda juga dapat menyesuaikan tampilan lirik, mencari lirik lagu tertentu, atau menambahkan lirik ke dalam koleksi Anda.

Penting untuk mencatat bahwa beberapa metode ini mungkin memerlukan akses internet yang stabil untuk menampilkan lirik secara real-time. Selain itu, beberapa aplikasi pihak ketiga atau situs web mungkin memiliki fitur tambahan seperti terjemahan lirik, sinkronisasi dengan musik, atau sharing ke media sosial.

Dalam memilih metode yang paling sesuai, pertimbangkan faktor-faktor seperti kebutuhan Anda, jenis lagu yang Anda dengarkan, dan preferensi pribadi. Cobalah beberapa metode yang telah kami jelaskan dan temukan yang paling nyaman dan efektif bagi Anda.

Semoga panduan lengkap ini bermanfaat bagi Anda dalam menampilkan lirik di Spotify Android. Dengan mengetahui cara yang tepat, Anda dapat menikmati lagu favorit sambil membaca liriknya secara langsung. Jadi, sekarang Anda tidak perlu lagi kebingungan ketika mendengarkan lagu di Spotify Android tanpa melihat liriknya. Nikmati pengalaman mendengarkan lagu yang lebih lengkap dan seru dengan menampilkan lirik di Spotify Android!