Notifications
Translate Page

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android: Panduan Lengkap

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android: Panduan Lengkap

Saat ini, smartphone Android telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita. Dari foto-foto berharga hingga catatan penting, banyak data yang kita simpan di dalamnya. Namun, terkadang kita tidak sengaja menghapus file yang sangat berarti bagi kita. Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus di perangkat Android Anda.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa proses pemulihan file yang terhapus dapat berbeda-beda tergantung pada merek dan model perangkat Android yang Anda gunakan. Namun, panduan ini akan memberikan dasar-dasar yang dapat Anda terapkan pada sebagian besar perangkat Android di pasaran.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan File

Jika Anda telah menghapus file yang berharga dan ingin mengembalikannya, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan file yang dapat diunduh dari Play Store. Aplikasi semacam ini dapat membantu Anda mendapatkan kembali foto, video, dokumen, dan file lainnya yang terhapus.

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi pemulihan file adalah mengunduh dan memasang aplikasi yang sesuai dari Play Store. Ada banyak aplikasi pemulihan file yang tersedia, seperti DiskDigger, Recuva, atau EaseUS MobiSaver.

Unduh dan Pasang Aplikasi Pemulihan File

Langkah pertama adalah membuka Play Store di perangkat Android Anda. Kemudian, cari aplikasi pemulihan file yang ingin Anda gunakan, seperti DiskDigger, dan unduh aplikasi tersebut. Setelah selesai mengunduh, buka aplikasi dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya di perangkat Anda.

Buka Aplikasi dan Berikan Izin Akses

Setelah Anda berhasil memasang aplikasi pemulihan file, bukalah aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Biasanya, saat pertama kali membuka aplikasi, Anda akan diminta memberikan izin akses ke penyimpanan perangkat Anda. Pastikan untuk memberikan izin akses yang diminta agar aplikasi dapat memindai dan mengembalikan file yang terhapus.

Pilih Jenis File yang Ingin Dipulihkan

Setelah Anda memberikan izin akses, Anda akan melihat antarmuka aplikasi pemulihan file. Pada umumnya, aplikasi ini memiliki berbagai opsi pemulihan, seperti foto, video, dokumen, dan lainnya. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan dengan mencentang kotak yang sesuai atau mengklik opsi yang relevan.

Mulai Proses Pemindaian

Setelah Anda memilih jenis file yang ingin dipulihkan, klik tombol "Mulai" atau "Pemindaian" untuk memulai proses pemindaian. Aplikasi akan memindai penyimpanan perangkat Android Anda untuk mencari file yang terhapus.

Lihat Daftar File yang Dapat Dipulihkan

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan oleh aplikasi pemulihan file. Biasanya, file-file ini akan ditampilkan dalam bentuk daftar dengan informasi seperti nama file, ukuran, dan tanggal terakhir dimodifikasi. Telusuri daftar file untuk menemukan file yang ingin Anda kembalikan.

Pulihkan File yang Terhapus

Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda pulihkan, tandai kotak di sebelah file tersebut atau pilih file dengan mengkliknya. Setelah itu, cari tombol "Pulihkan" atau "Kembalikan" dan tekan tombol tersebut. Aplikasi akan memulai proses pemulihan file dan setelah selesai, file tersebut akan dikembalikan ke penyimpanan perangkat Android Anda.

Setelah Anda selesai menggunakan aplikasi pemulihan file, pastikan untuk memeriksa kembali penyimpanan perangkat Anda. File yang telah dipulihkan harus ada di tempat yang sesuai dalam penyimpanan perangkat Anda. Jika file yang Anda cari tidak ditemukan, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan file lainnya atau melanjutkan ke metode pemulihan berikutnya.

Menggunakan Google Drive

Google Drive adalah layanan penyimpanan awan yang populer yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Jika Anda telah menyinkronkan perangkat Android Anda dengan akun Google Drive, langkah-langkah berikut dapat membantu Anda dalam proses pemulihan.

Buka Aplikasi Google Drive

Langkah pertama dalam menggunakan Google Drive untuk mengembalikan file yang terhapus adalah membuka aplikasi Google Drive di perangkat Android Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Google Drive yang sama yang Anda gunakan untuk menyinkronkan perangkat Android Anda.

Pilih Ikon "Sampah"

Setelah memasuki aplikasi Google Drive, cari dan pilih ikon "Sampah" yang biasanya terletak di bagian bawah layar. Ikon ini menunjukkan bahwa file-file yang telah Anda hapus akan disimpan dalam folder Sampah dan dapat dipulihkan jika diperlukan.

Cari File yang Ingin Dipulihkan

Di dalam folder Sampah, Anda akan melihat daftar file yang telah Anda hapus dari Google Drive. Telusuri daftar ini untuk menemukan file yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda memiliki banyak file dalam folder Sampah, Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mempermudah proses mencari file.

Pulihkan File yang Terhapus

Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda pulihkan, tahan tekan pada file tersebut atau pilih file dengan mengkliknya. Kemudian, pilih opsi "Pulihkan" atau ikon keranjang sampah dengan tanda panah mengarah ke atas. Google Drive akan memulai proses pemulihan file dan setelah selesai, file tersebut akan dikembalikan ke penyimpanan perangkat Android Anda.

Setelah Anda selesai menggunakan Google Drive untuk mengembalikan file yang terhapus, periksa kembali penyimpanan perangkat Anda. File yang telah dipulihkan harus ada di tempat yang sesuai dalam penyimpanan perangkat Anda. Jika file yang Anda cari tidak ditemukan, Anda dapat mencoba metode pemulihan lainnya.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil dalam mengembalikan file yang terhapus di Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data khusus. Aplikasi semacam ini dapat membantu Anda memulihkan file yang terhapus secara mendalam.

Unduh dan Pasang Aplikasi Pemulihan Data

Langkah pertama adalah membuka Play Store di perangkat Android Anda. Kemudian, cari aplikasi pemulihan data yang ingin Anda gunakan, seperti Dr.Fone, MobiSaver, atau DiskDigger Pro. Unduh dan pasang aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Buka Aplikasi dan Berikan Izin Akses

Setelah Anda berhasil memasang aplikasi pemulihan data, bukalah aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Biasanya, saat pertama kali membuka aplikasi, Anda akan diminta memberikan izin akses ke penyimpanan perangkat Anda. Pastikan untuk memberikan izin akses yang diminta agar aplikasi dapat memindai dan mengembalikan file yang terhapus secara mendalam.

Pilih Jenis File yang Ingin Dipulihkan

Setelah Anda memberikan izin akses, Anda akan melihat antarmuka aplikasi pemulihan data. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan dengan mencentang kotak yang sesuai atau mengklik opsi yang relevan. Beberapa aplikasi pemulihan data juga memungkinkan Anda untuk memilih folder tertentu untuk dipindai.

Mulai Proses Pemindaian

Setelah Anda memilih jenis file atau folder yang ingin dipulihkan, klik tombol "Mulai" atau "Pemindan" untuk memulai proses pemindaian. Aplikasi akan memulai pemindaian mendalam pada penyimpanan perangkat Android Anda untuk mencari file yang terhapus.

Lihat Daftar File yang Dapat Dipulihkan

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan oleh aplikasi pemulihan data. Daftar ini akan mencakup file-file yang terhapus, termasuk file yang mungkin tidak dapat Anda temukan melalui metode pemulihan file biasa. Telusuri daftar ini dengan cermat untuk menemukan file yang ingin Anda pulihkan.

Pulihkan File yang Terhapus

Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda pulihkan, tandai kotak di sebelah file tersebut atau pilih file dengan mengkliknya. Setelah itu, cari tombol "Pulihkan" atau "Kembalikan" dan tekan tombol tersebut. Aplikasi akan memulai proses pemulihan file secara mendalam dan setelah selesai, file tersebut akan dikembalikan ke penyimpanan perangkat Android Anda.

Setelah Anda selesai menggunakan aplikasi pemulihan data, periksa kembali penyimpanan perangkat Anda. File yang telah dipulihkan harus ada di tempat yang sesuai dalam penyimpanan perangkat Anda. Jika file yang Anda cari tidak ditemukan, Anda dapat mencoba metode pemulihan lainnya.

Menggunakan Komputer

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil dalam mengembalikan file yang terhapus di Android Anda, Anda dapat menggunakan komputer untuk melakukan pemulihan data. Anda memerlukan kabel USB dan perangkat lunak pemulihan data seperti EaseUS MobiSaver, yang kompatibel dengan sebagian besar merek dan model perangkat Android.

Hubungkan Perangkat Android ke Komputer

Langkah pertama adalah menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan perangkat Android Anda terhubung dengan baik dan terdeteksi oleh komputer Anda. Jika diperlukan, instal driver yang diperlukan agar komputer dapat mengenali perangkat Android Anda.

Buka Perangkat Lunak Pemulihan Data

Setelah perangkat Android Anda terhubung dengan komputer, buka perangkat lunak pemulihan data yang telah Anda instal sebelumnya. Pilih perangkat Android Anda dari daftar perangkat yang terhubung. Pastikan Anda memilih perangkat yang benar untuk memastikan pemulihan data yang berhasil.

Pilih Jenis File yang Ingin Dipulihkan

Setelah Anda memilih perangkat Android Anda, perangkat lunak pemulihan data akan menawarkan pilihan jenis file yang dapat dipulihkan, seperti foto, video, pesan, kontak, dan lainnya. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan dengan mencentang kotak yang sesuai atau mengklik opsi yang relevan. Anda juga dapat memilih untuk memulihkan semua jenis file jika Anda tidak yakin jenis file apa yang hilang.

Mulai Proses Pemindaian

Setelah Anda memilih jenis file yang ingin dipulihkan, klik tombol "Mulai" atau "Pemindaian" untuk memulai proses pemindaian. Perangkat lunak pemulihan data akan memindai perangkat Android Anda secara menyeluruh untuk mencari file yang terhapus. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah dan ukuran file yang ada di perangkat Anda.

Lihat Daftar File yang Dapat Dipulihkan

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan oleh perangkat lunak pemulihan data. Daftar ini akan mencakup file-file yang terhapus, termasuk file yang mungkin tidak dapat Anda temukan melalui metode pemulihan file biasa. Telusuri daftar ini dengan cermat untuk menemukan file yang ingin Anda pulihkan.

Pulihkan File yang Terhapus

Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda pulihkan, tandai kotak di sebelah file tersebut atau pilih file dengan mengkliknya. Setelah itu, cari tombol "Pulihkan" atau "Kembalikan" dan tekan tombol tersebut. Perangkat lunak pemulihan data akan memulai proses pemulihan file dan setelah selesai, file tersebut akan dikembalikan ke penyimpanan perangkat Android Anda atau ke komputer Anda.

Setelah Anda selesai menggunakan perangkat lunak pemulihan data, periksa kembali penyimpanan perangkat Android Anda atau komputer Anda. File yang telah dipulihkan harus ada di tempat yang sesuai. Jika file yang Anda cari tidak ditemukan, Anda dapat mencoba metode pemulihan lainnya.

Mencegah Kehilangan Data di Masa Depan

Agar tidak kehilangan file berharga di masa mendatang, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

Lakukan Pencadangan Data Secara Teratur

Selalu melakukan pencadangan data secara teratur adalah langkah penting untuk mencegah kehilangan file berharga. Anda dapat menggunakan penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive untuk menyimpan salinan cadangan file Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan perangkat keras, seperti hard drive eksternal atau flash drive, untuk menyimpan cadangan file Anda secara fisik.

Hindari Menghapus File Secara Sembarangan

Sebelum Anda menghapus file dari perangkat Android Anda, pastikan untuk memeriksa dengan cermat apakah file tersebut masih dibutuhkan. Hindari menghapus file secara sembarangan atau tergesa-gesa. Periksa kembali file yang akan dihapus untuk memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan file yang penting.

Gunakan Aplikasi Pemulihan File atau Perangkat Lunak Pemulihan Data

Jika Anda menyadari bahwa Anda telah menghapus file yang penting, segera gunakan aplikasi pemulihan file atau perangkat lunak pemulihan data untuk mengembalikan file tersebut. Semakin cepat Anda bertindak, semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil mengembalikan file yang terhapus.

Jaga Perangkat Android Anda Tetap Aman

Untuk mencegah kehilangan data akibat malware atau kerusakan perangkat, pastikan untuk menjaga perangkat Android Anda tetap aman. Gunakan perangkat lunak keamanan yang andal dan perbarui perangkat Android Anda secara teratur. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dan jangan membuka lampiran email yang mencurigakan.

Dengan menggunakan panduan ini, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengembalikan file yang terhapus di perangkat Android Anda. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan melakukan pencadangan data secara teratur agar Anda tidak kehilangan file berharga di masa mendatang. Semoga sukses dalam memulihkan file yang terhapus!