Notifications
Translate Page

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android: Panduan Lengkap

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android: Panduan Lengkap

Saat menggunakan ponsel Android, tak jarang kita mengalami kejadian yang tidak menyenangkan ketika file-file penting tiba-tiba terhapus. Namun, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan file yang terhapus di Android. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dengan detail dan menyeluruh, sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali file-file yang hilang.

Apakah itu foto, video, pesan teks, atau dokumen penting lainnya, kami akan memberikan Anda metode yang berbeda dan alat yang berguna untuk membantu Anda mengatasi masalah ini. Jadi, mari kita mulai dan pelajari cara mengembalikan file yang terhapus di Android!

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data yang tersedia di Play Store untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Aplikasi ini menggunakan teknologi canggih untuk memindai dan mengembalikan file yang hilang dari penyimpanan internal atau kartu SD Anda.

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Data

Pertama-tama, buka Play Store di ponsel Android Anda dan cari aplikasi pemulihan data. Pastikan Anda memilih aplikasi yang tepercaya dan memiliki ulasan positif sebelum mengunduhnya. Setelah itu, ikuti petunjuk di layar untuk menginstal aplikasi tersebut.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Pilih Tipe File yang Ingin Dikembalikan

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi pemulihan data tersebut. Anda akan melihat daftar tipe file yang dapat dikembalikan, seperti foto, video, pesan teks, kontak, atau dokumen. Pilih tipe file yang ingin Anda pulihkan.

Langkah 3: Mulai Proses Pemulihan

Setelah memilih tipe file, Anda akan melihat daftar penyimpanan yang tersedia di ponsel Anda, seperti penyimpanan internal atau kartu SD. Pilih penyimpanan yang ingin Anda periksa untuk file yang terhapus. Kemudian, tekan tombol "Mulai" atau "Pindai" untuk memulai proses pemulihan.

Langkah 4: Tunggu Hingga Proses Pemindaian Selesai

Aplikasi akan mulai memindai penyimpanan yang dipilih untuk mencari file yang terhapus. Proses ini mungkin memakan waktu tergantung pada jumlah dan ukuran file yang ada di penyimpanan Anda. Bersabarlah dan biarkan aplikasi menyelesaikan pemindaian.

Langkah 5: Pilih dan Pulihkan File yang Terhapus

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Aplikasi akan menampilkan informasi tentang setiap file, seperti nama, ukuran, dan tanggal terhapusnya. Telusuri daftar ini dan pilih file yang ingin Anda kembalikan. Setelah memilih file, tekan tombol "Pulihkan" atau "Kembalikan" untuk mengembalikannya ke penyimpanan utama Anda.

Itulah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi pemulihan data di ponsel Android Anda. Pastikan untuk memilih aplikasi yang tepercaya dan memiliki ulasan yang baik. Selain itu, perhatikan bahwa tidak semua file yang terhapus dapat dipulihkan, terutama jika telah terjadi pemformatan atau penggantian sistem operasi pada ponsel Anda.

Menggunakan Google Drive

Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Google Drive di ponsel Android Anda sebelum file terhapus, Anda dapat menggunakan layanan ini untuk mengembalikan file yang hilang.

Langkah 1: Buka Aplikasi Google Drive

Pertama, buka aplikasi Google Drive di ponsel Android Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Google yang sama yang Anda gunakan sebelum file terhapus.

Langkah 2: Cari Folder "Trash" atau "Tempat Sampah"

Pada menu samping kiri, cari folder dengan nama "Trash" atau "Tempat Sampah". Buka folder ini untuk melihat file-file yang telah Anda hapus.

Langkah 3: Pilih dan Pulihkan File yang Terhapus

Di dalam folder "Trash" atau "Tempat Sampah", Anda akan melihat daftar file yang telah dihapus dalam rentang waktu tertentu. Telusuri daftar ini dan temukan file yang ingin Anda kembalikan. Setelah menemukannya, tekan dan tahan file tersebut, lalu pilih opsi untuk mengembalikannya ke penyimpanan utama Anda.

Langkah 4: Tunggu Hingga Proses Pengembalian Selesai

Google Drive akan memulai proses pengembalian file yang terpilih. Proses ini mungkin memakan waktu tergantung pada ukuran dan jumlah file yang akan dikembalikan. Pastikan ponsel Anda terhubung ke internet dan biarkan Google Drive menyelesaikan proses pengembalian.

Penting untuk diingat bahwa file yang terhapus dalam folder "Trash" atau "Tempat Sampah" akan tetap ada dalam periode tertentu sebelum akhirnya dihapus secara permanen. Jadi, pastikan untuk mengembalikan file yang ingin Anda pulihkan sebelum periode penyimpanan sementara berakhir.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan File dari Komputer

Jika metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan file dari komputer untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Anda perlu menghubungkan ponsel Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB, lalu menjalankan aplikasi pemulihan file yang dipilih.

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan File di Komputer

Pertama-tama, cari dan unduh aplikasi pemulihan file yang kompatibel dengan sistem operasi komputer Anda. Pastikan Anda memilih aplikasi yang tepercaya dan memiliki reputasi baik dalam memulihkan file yang terhapus di Android.

Langkah 2: Hubungkan Ponsel Android ke Komputer

Sambungkan ponsel Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB yang sesuai. Pastikan ponsel Anda terdeteksi oleh komputer dan dikenali sebagai perangkat penyimpanan eksternal.

Langkah 3: Jalankan Aplikasi Pemulihan File

Setelah ponsel terhubung, jalankan aplikasi pemulihan file yang telah Anda unduh. Aplikasi ini akan menampilkan antarmuka yang memungkinkan Anda memilih penyimpanan ponsel yang ingin Anda periksa untuk file yang terhapus.

Langkah 4: Pilih Penyimpanan dan Mulai Pemindaian

Pilih penyimpanan yang ingin Anda periksa, seperti penyimpanan internal atau kartu SD. Setelah itu, tekan tombol "Mulai" atau "Pindai" untuk memulai proses pemindaian. Aplikasi akan memindai penyimpanan yang dipilih untuk mencari file yang terhapus.

Langkah 5: Tunggu Hingga Proses Pemindaian Selesai

Aplikasi akan memulai pemindaian dan mencari file yang terhapus di penyimpanan yang dipilih. Proses ini mungkin memakan waktu tergantung pada ukuran dan jumlah file yang terhapus. Bersabarlah dan biarkan aplikasi menyelesaikan pemindaian.

Langkah 6: Pilih dan Pulihkan File yang Terhapus

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Telusuri daftar ini dan temukan file yang ingin Anda kembalikan. Setelah menemukannya, centang kotak di samping file tersebut dan pilih opsi untuk mengembalikannya ke ponsel Anda.

Itulah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi pemulihan file dari komputer. Pastikan untuk memilih aplikasi yang sesuai dan cocok dengan sistem operasi komputer Anda. Selain itu, perhatikan bahwa kemungkinan pemulihan file yang terhapus bergantung pada kondisi penyimpanan ponsel Anda. Jika file tersebut telah terhapus secara permanen atau terjadi kerusakan pada penyimpanan, kemungkinan pemulihan dapat berkurang.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan File dengan Akses Root

Jika ponsel Android Anda sudah di-root, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan file dengan akses root untuk mengembalikan file yang terhapus. Aplikasi semacam ini memungkinkan Anda untuk mengakses file yang tersembunyi dan memulihkannya dengan mudah.

Langkah 1: Root Ponsel Android Anda

Sebelum menggunakan aplikasi pemulihan file dengan akses root, Anda perlu melakukan proses root pada ponsel Android Anda. Proses ini dapat berbeda tergantung pada merek dan model ponsel Anda. Lakukan riset dan pastikan untuk mengikuti panduan yang tepat untuk melakukan root.

Langkah 2: Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan File dengan Akses Root

Setelah ponsel Anda di-root, cari dan unduh aplikasi pemulihan file dengan akses root yang sesuai dengan merek dan model ponsel Anda. Pastikan Anda memilih aplikasi yang tepercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain.

Langkah 3: Buka Aplikasi dan Berikan Izin Akses Root

Buka aplikasi pemulihan file dengan akses root yang telah Anda unduh. Aplikasi ini akan meminta izin akses root pada ponsel Anda. Berikan izin tersebut untuk memungkinkan aplikasi mengakses file yang tersembunyi dan terhapus.

Langkah 4: Pilih Penyimpanan dan Mulai Pemindaian

Setelah memberikan izin akses root, pilih penyimpanan yang ingin Anda periksa untuk file yang terhapus. Misalnya, Anda dapat memilih penyimpanan internal atau kartu SD. Setelah itu, tekan tombol "Mulai" atau "Pindai" untuk memulai proses pemindaian.

Langkah 5: Tunggu Hingga Proses Pemindaian Selesai

Aplikasi akan memulai pemindaian dan mencari file yang terhapus di penyimpanan yang dipilih. Proses ini mungkin memakan waktu tergantung pada ukuran dan jumlah file yang terhapus. Bersabarlah dan biarkan aplikasi menyelesaikan pemindaian.

Langkah 6: Pilih dan Pulihkan File yang Terhapus

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Telusuri daftar ini dan temukan file yang ingin Anda kembalikan. Setelah menemukannya, centang kotak di samping file tersebut dan pilih opsi untuk mengembalikannya ke ponsel Anda.

Penting untuk diingat bahwa melakukan proses root pada ponsel Android Anda dapat membuka risiko keamanan dan void garansi. Pastikan Anda memahami risiko yang terkait dengan proses root dan melakukan riset yang cukup sebelum melanjutkan.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Kontak

Jika file yang terhapus adalah kontak penting, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan kontak yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda memulihkan kontak yang terhapus dengan mudah.

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Kontak

Buka Play Store di ponsel Android Anda dan cari aplikasi pemulihan kontak. Pilih aplikasi yang memiliki ulasan positif dan kompatibel dengan versi Android Anda. Unduh dan instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Mulai Pemulihan Kontak

Buka aplikasi pemulihan kontak yang telah Anda instal. Aplikasi ini akan memindai penyimpanan ponsel Anda untuk mencari kontak yang terhapus. Tunggu hingga proses pemindaian selesai.

Langkah 3: Lihat Daftar Kontak yang Dapat Dipulihkan

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar kontak yang dapat dipulihkan. Telusuri daftar ini dan periksa kontak mana yang ingin Anda kembalikan. Pilih kontak tersebut dan tekan tombol "Pulihkan" atau "Kembalikan" untuk mengembalikannya ke buku telepon Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pemulihan kontak, Anda dapat dengan mudah mengembalikan kontak yang terhapus dan menghindari kehilangan informasi penting.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Pesan Teks

Jika pesan teks Anda terhapus dan Anda ingin mengembalikannya, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan pesan teks yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda memulihkan pesan teks yang terhapus dengan mudah.

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Pesan Teks

Buka Play Store di ponsel Android Anda dan cari aplikasi pemulihan pesan teks. Pilih aplikasi yang memiliki ulasan positif dan kompatibel dengan versi Android Anda. Unduh dan instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Mulai Pemulihan Pesan Teks

Buka aplikasi pemulihan pesan teks yang telah Anda instal. Aplikasi ini akan memindai penyimpanan ponsel Anda untuk mencari pesan teks yang terhapus. Tunggu hingga proses pemindaian selesai.

Langkah 3: Lihat Daftar Pesan Teks yang Dapat Dipulihkan

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar pesan teks yang dapat dipulihkan. Telusuri daftar ini dan periksa pesan mana yang ingin Anda kembalikan. Pilih pesan tersebut dan tekan tombol "Pulihkan" atau "Kembalikan" untuk mengembalikannya ke aplikasi pesan teks Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pemulihan pesan teks, Anda dapat dengan mudah mengembalikan pesan teks yang terhapus dan menghindari kehilangan informasi penting atau kenangan berharga.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Foto dan Video

Jika foto atau video Anda terhapus, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan foto dan video yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini akan memindai penyimpanan ponsel Anda dan menampilkan foto atau video yang dapat dipulihkan.

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Foto dan Video

Buka Play Store di ponsel Android Anda dan cari aplikasi pemulihan foto dan video. Pilih aplikasi yang memiliki ulasan positif dan kompatibel dengan versi Android Anda. Unduh dan instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi dan Mulai Pemulihan Foto dan Video

Buka aplikasi pemulihan foto dan video yang telah Anda instal. Aplikasi ini akan memindai penyimpanan ponsel Anda untuk mencari foto atau video yang terhapus. Tunggu hingga proses pemindaian selesai.

Langkah 3: Lihat Daftar Foto dan Video yang Dapat Dipulihkan

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar foto dan video yang dapat dipulihkan. Telusuri daftar ini dan periksa file mana yang ingin Anda kembalikan. Pilih file tersebut dan tekan tombol "Pulihkan" atau "Kembalikan" untuk mengembalikannya ke galeri foto atau aplikasi pemutar video Anda.

Dengan menggunakan aplikasi pemulihan foto dan video, Anda dapat dengan mudah mengembalikan foto dan video yang terhapus dan menghidupkan kembali momen berharga dalam hidup Anda.

Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup, Anda dapat menghubungi layanan pemulihan data profesional. Layanan ini memiliki alat dan teknologi khusus untuk memulihkan file yang terhapus di Android. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini mungkin mengenakan biaya tertentu, tergantung pada tingkat kesulitan dan jumlah file yang ingin Anda pulihkan.

Langkah 1: Cari dan Pilih Layanan Pemulihan Data Profesional

Lakukan riset dan cari layanan pemulihan data profesional yang tepercaya dan memiliki reputasi baik. Periksa ulasan pengguna dan lakukan perbandingan harga untuk memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langkah 2: Hubungi dan Konsultasikan Masalah Anda

Hubungi layanan pemulihan data yang Anda pilih dan jelaskan masalah Anda secara detail. Berikan informasi tentang jenis file yang terhapus, penyimpanan yang terkena, dan sebanyak mungkin detail lainnya yang dapat membantu mereka memahami situasi Anda.

Langkah 3: Ikuti Petunjuk dan Kirim Perangkat Anda

Setelah berkonsultasi dengan layanan pemulihan data, ikuti petunjuk yang mereka berikan. Mereka mungkin meminta Anda untuk mengirimkan perangkat Android Anda untuk proses pemulihan data. Pastikan untuk mengemas perangkat dengan aman dan mengikuti instruksi pengiriman yang diberikan.

Langkah 4: Tunggu Proses Pemulihan Selesai

Setelah menerima perangkat Anda, layanan pemulihan data akan memulai proses pemulihan. Proses ini mungkin memakan waktu tergantung pada tingkat kesulitan dan jumlah file yang ingin dipulihkan. Bersabarlah dan tunggu hingga mereka menyelesaikan pemulihan data.

Langkah 5: Terima Hasil Pemulihan

Setelah proses pemulihan selesai, layanan pemulihan data akan mengirimkan hasilnya kepada Anda. Mereka akan memberikan file-file yang berhasil dipulihkan dalam bentuk yang dapat Anda akses dan gunakan.

Selalu ingat bahwa menggunakan layanan pemulihan data profesional adalah pilihan terakhir jika metode-metode lain tidak berhasil. Pastikan untuk memilih layanan yang terpercaya dan berkomunikasi dengan mereka secara jelas mengenai harapan Anda dan biaya yang terkait.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, kehilangan file yang penting di ponsel Android tidak perlu menjadi bencana. Dengan mengikuti panduan lengkap di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus dan menghindari kepanikan. Selalu lakukan backup secara rutin dan berhati-hatilah saat menggunakan ponsel Anda untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang.

Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data, Google Drive, aplikasi pemulihan file dari komputer, aplikasi pemulihan file dengan akses root, aplikasi pemulihan kontak, aplikasi pemulihan pesan teks, aplikasi pemulihan foto dan video, atau menghubungi layanan pemulihan data profesional. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat mengembalikan file yang terhapus di Android!