Notifications
Translate Page

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Diganti di Android: Panduan Lengkap

Cara Mengetahui Password WiFi yang Sudah Diganti di Android: Panduan Lengkap

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda lupa password WiFi yang sudah Anda ganti di Android Anda? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengetahui password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android Anda. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan rinci, sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali password WiFi yang terlupakan tersebut.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa metode-metode yang akan kami jelaskan di sini hanya dapat bekerja pada perangkat Android yang sudah di-root. Jika perangkat Anda belum di-root, Anda perlu melakukan rooting terlebih dahulu sebelum dapat melanjutkan proses ini. Selain itu, pastikan Anda hanya menggunakan metode ini untuk mengambil kembali password WiFi yang sudah Anda ganti di perangkat Android Anda sendiri, dan bukan untuk tujuan yang melanggar privasi orang lain.

Menggunakan File Manager

Jika Anda telah melakukan rooting pada perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan file manager untuk menemukan file konfigurasi yang berisi password WiFi yang sudah diganti. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda:

Langkah 1: Buka File Manager

Pertama, buka aplikasi file manager di perangkat Android Anda yang sudah di-root. Ada banyak aplikasi file manager yang tersedia di Google Play Store, seperti ES File Explorer atau Root Explorer. Pilih aplikasi file manager yang Anda sukai dan buka.

Langkah 2: Cari File Konfigurasi

Setelah Anda membuka file manager, cari direktori "/data/misc/wifi/". Di dalam direktori ini, Anda akan menemukan file bernama "wpa_supplicant.conf" yang berisi konfigurasi jaringan WiFi, termasuk password yang sudah diganti. Cari dan pilih file tersebut.

Langkah 3: Buka File Konfigurasi

Setelah Anda menemukan file "wpa_supplicant.conf", buka file tersebut dengan menggunakan editor teks yang ada di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti QuickEdit atau Text Editor untuk membuka file ini.

Langkah 4: Temukan Password WiFi yang Diganti

Dalam file konfigurasi "wpa_supplicant.conf", Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Android Anda. Cari jaringan WiFi yang passwordnya sudah diganti, dan Anda akan melihat password yang baru di samping nama jaringan tersebut.

Dengan menggunakan file manager, Anda dapat dengan mudah menemukan file konfigurasi yang berisi password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android Anda yang sudah di-root. Namun, pastikan Anda berhati-hati saat mengedit file konfigurasi ini, karena kesalahan dalam mengedit file dapat menyebabkan masalah pada perangkat Anda.

Menggunakan Aplikasi Penampil Password WiFi

Jika Anda tidak ingin repot mencari file konfigurasi secara manual, Anda dapat menggunakan aplikasi penampil password WiFi yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan semua password WiFi yang pernah tersimpan di perangkat Android Anda, termasuk yang sudah diganti. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi penampil password WiFi:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi

Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi penampil password WiFi. Ada beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih, seperti WiFi Password Viewer, WiFi Password Recovery, atau WiFi Key Recovery. Pilih salah satu aplikasi yang Anda inginkan, unduh, dan instal di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi penampil password WiFi yang telah Anda unduh. Biasanya, aplikasi ini akan secara otomatis memindai dan menampilkan semua password WiFi yang tersimpan di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Lihat Password WiFi yang Diganti

Dalam aplikasi penampil password WiFi, Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah tersimpan di perangkat Android Anda. Cari jaringan WiFi yang passwordnya sudah diganti, dan Anda akan melihat password yang baru di samping nama jaringan tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi penampil password WiFi, Anda tidak perlu repot mencari file konfigurasi secara manual. Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan semua password WiFi yang pernah tersimpan di perangkat Android Anda, termasuk yang sudah diganti. Pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi ini dengan bijak dan hanya untuk tujuan yang sah.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Password WiFi

Jika Anda tidak dapat menemukan file konfigurasi atau tidak ingin menggunakan aplikasi penampil password WiFi, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan password WiFi. Aplikasi ini akan memindai semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Android Anda dan secara otomatis memulihkan password yang terganti. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi pemulihan password WiFi:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi

Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi pemulihan password WiFi. Beberapa aplikasi yang bisa Anda pilih adalah WiFi Password Recovery, WiFi Key Recovery, atau WiFi Password Viewer. Pilih salah satu aplikasi yang Anda inginkan, unduh, dan instal di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi pemulihan password WiFi yang telah Anda unduh. Biasanya, aplikasi ini akan secara otomatis memindai semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Android Anda.

Langkah 3: Pilih Jaringan WiFi yang Diganti

Dalam aplikasi pemulihan password WiFi, Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Android Anda. Cari jaringan WiFi yang passwordnya sudah diganti, dan aplikasi akan secara otomatis memulihkan password yang terganti untuk jaringan tersebut.

Dengan menggunakan aplikasi pemulihan password WiFi, Anda dapat dengan mudah memulihkan password WiFi yang sudah diganti. Aplikasi ini akan memindai semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Android Anda dan secara otomatis memulihkan password yang terganti. Pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi ini dengan bijak dan hanya untuk mengambil kembali password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android Anda sendiri.

Menggunakan Akses Root

Jika Anda memiliki akses root ke perangkat Android Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti "WiFi Password Recovery" untuk mendapatkan kembali password WiFi yang sudah diganti. Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan semua password WiFi yang pernah tersimpan di perangkat Android Anda, termasuk yang sudah diganti. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi

Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi "WiFi Password Recovery". Unduh dan instal aplikasi ini di perangkat Android Anda yang sudah di-root.

Langkah 2: Buka Aplikasi

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi "WiFi Password Recovery" yang telah Anda unduh. Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan semua password WiFi yang pernah tersimpan di perangkat Android Anda.

Langkah 3: Lihat Password WiFi yang Diganti

Dalam aplikasi "WiFi Password Recovery", Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah tersimpan di perangkat Android Anda. Cari jaringan WiFi yang passwordnya sudah diganti, dan Anda akan melihat password yang baru di samping nama jaringan tersebut.

Dengan menggunakan akses root dan aplikasi "WiFi Password Recovery", Anda dapat secara mudah dan cepat mengetahui password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android Anda. Pastikan Anda hanya menggunakan aplikasi ini dengan bijak dan hanya untuk mengambil kembali password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android Anda sendiri.

Menggunakan Per

Menggunakan Perintah ADB

Jika Anda memiliki akses root dan perangkat Anda terhubung ke komputer melalui USB, Anda dapat menggunakan perintah ADB (Android Debug Bridge) untuk mendapatkan kembali password WiFi yang sudah diganti. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan perintah ADB:

Langkah 1: Aktifkan Mode Pengembang

Pertama, aktifkan mode pengembang pada perangkat Android Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan, cari dan pilih "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat", lalu ketuk opsi "Nomor Build" beberapa kali hingga muncul pesan yang memberi tahu Anda bahwa Anda telah masuk ke mode pengembang.

Langkah 2: Aktifkan Debugging USB

Setelah mode pengembang diaktifkan, kembali ke menu Pengaturan dan pilih opsi "Opsi Pengembang" yang baru muncul. Di dalamnya, aktifkan opsi "Debugging USB" atau "USB Debugging".

Langkah 3: Hubungkan Perangkat ke Komputer

Selanjutnya, hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan Anda telah menginstal driver USB yang sesuai untuk perangkat Anda di komputer.

Langkah 4: Buka Terminal atau Command Prompt

Di komputer, buka terminal atau command prompt. Untuk pengguna Windows, tekan tombol Windows + R, ketik "cmd", lalu tekan Enter. Untuk pengguna Mac atau Linux, buka terminal melalui menu Aplikasi atau dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T.

Langkah 5: Ketik Perintah ADB

Di terminal atau command prompt, ketik perintah "adb devices" dan tekan Enter. Perintah ini akan memeriksa apakah perangkat Android Anda terhubung dengan benar ke komputer. Jika perangkat Anda terdaftar, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 6: Ketik Perintah ADB Shell

Ketik perintah "adb shell" dan tekan Enter. Perintah ini akan membuka shell di perangkat Android Anda melalui koneksi USB.

Langkah 7: Dapatkan Akses Root

Di shell perangkat Android, ketik perintah "su" dan tekan Enter. Perintah ini akan memberikan akses root ke perangkat Anda.

Langkah 8: Buka File Konfigurasi

Selanjutnya, ketik perintah "cat /data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf" dan tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan isi file konfigurasi yang berisi password WiFi yang sudah diganti.

Dengan menggunakan perintah ADB, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android yang sudah di-root dan terhubung ke komputer melalui USB. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan hanya menggunakan perintah ADB dengan bijak.

Menggunakan Fitur Berbagi Password WiFi

Jika Anda sudah terhubung ke jaringan WiFi yang ingin Anda dapatkan passwordnya, Anda dapat menggunakan fitur berbagi password WiFi yang ada di beberapa versi Android. Prosesnya cukup sederhana, berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Hubungi Teman yang Terhubung ke Jaringan WiFi

Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang sudah terhubung ke jaringan WiFi yang passwordnya sudah diganti, hubungi mereka dan minta mereka untuk berbagi password dengan Anda.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Berbagi Password WiFi

Pastikan teman Anda telah mengaktifkan fitur berbagi password WiFi di perangkat Android mereka. Fitur ini biasanya dapat diaktifkan melalui pengaturan jaringan WiFi atau dengan memilih opsi "Berbagi" ketika perangkat mereka terhubung ke jaringan WiFi yang ingin Anda dapatkan passwordnya.

Langkah 3: Terima Password WiFi

Setelah teman Anda mengaktifkan fitur berbagi password WiFi, perangkat Android Anda yang sudah terhubung ke jaringan tersebut akan secara otomatis menerima password WiFi yang baru. Anda dapat melihat dan menggunakan password tersebut untuk terhubung ke jaringan WiFi yang passwordnya sudah diganti.

Dengan menggunakan fitur berbagi password WiFi, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali password WiFi yang sudah diganti tanpa perlu mencari atau menggunakan aplikasi tambahan. Pastikan Anda hanya menggunakan fitur ini untuk tujuan yang sah dan hanya jika Anda sudah memiliki izin dari pemilik jaringan WiFi.

Menghubungi Penyedia Layanan WiFi

Jika metode-metode sebelumnya tidak berhasil atau Anda tidak ingin repot mencoba sendiri, Anda dapat menghubungi penyedia layanan WiFi Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghubungi penyedia layanan WiFi:

Langkah 1: Temukan Informasi Kontak

Cari informasi kontak dari penyedia layanan WiFi Anda. Informasi ini biasanya tersedia di situs web penyedia layanan atau pada dokumen yang diberikan saat Anda mendaftar untuk layanan WiFi tersebut.

Langkah 2: Hubungi Layanan Pelanggan

Hubungi layanan pelanggan penyedia layanan WiFi dan jelaskan bahwa Anda lupa password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android Anda. Mereka akan meminta informasi yang diperlukan untuk memverifikasi identitas Anda sebagai pemilik akun WiFi.

Langkah 3: Verifikasi Identitas dan Dapatkan Password Baru

Mengikuti petunjuk yang diberikan oleh layanan pelanggan, verifikasikan identitas Anda sebagai pemilik akun WiFi. Setelah verifikasi, mereka akan memberikan Anda password WiFi yang baru atau membantu Anda mengatur ulang password WiFi Anda.

Dengan menghubungi penyedia layanan WiFi, Anda dapat mendapatkan bantuan langsung untuk mendapatkan kembali password WiFi yang sudah diganti. Pastikan Anda memberikan informasi yang valid dan mengikuti prosedur verifikasi yang ditentukan oleh penyedia layanan.

Menggunakan Password WiFi Default

Jika Anda tidak dapat menemukan password WiFi yang sudah diganti dan metode-metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan password WiFi default. Password default biasanya tercetak di bawah atau di belakang modem atau router WiFi Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Temukan Modem atau Router WiFi

Cari modem atau router WiFi Anda. Biasanya, modem atau router ini terletak di tempat yang mudah dijangkau, seperti ruang tamu atau kantor.

Langkah 2: Cek Bagian Bawah atau Belakang

Lihat bagian bawah atau belakang modem atau router WiFi Anda. Cari label yang mencantumkan informasi tentang perangkat tersebut. Password default biasanya tercetak di samping label atau di bawah label.

Langkah 3: Gunakan Password Default

Gunakan password default yang tercetak pada modem atau router WiFi Anda untuk terhubung ke jaringan WiFi yang passwordnya sudah diganti. Setelah berhasil terhubung, Anda dapat mengganti password dengan password baru yang lebih kuat.

Dengan menggunakan password WiFi default, Anda dapat mencoba mendapatkan akses ke jaringan WiFi yang passwordnya sudah diganti. Namun, pastikan Anda hanya menggunakan metode ini jika Anda memiliki hak akses atau izin untuk melakukannya.

Menggunakan Metode Brute Force

Jika semua metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat menggunakan metode brute force untuk mencoba semua kombinasi password yang mungkin. Namun, metode ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak dapat dijamin berhasil. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan metode brute force:

Langkah 1: Unduh Aplikasi Brute Force

Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi brute force password WiFi. Beberapa aplikasi yang bisa Anda coba adalah Router Password Kracker, WiFi Password Breaker, atau WiFi PasswordCracker. Pilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi Anda, unduh, dan instal di perangkat Android Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi brute force password WiFi yang telah Anda unduh. Biasanya, aplikasi ini akan meminta Anda untuk memasukkan nama jaringan WiFi yang ingin Anda retas passwordnya.

Langkah 3: Mulai Proses Brute Force

Setelah Anda memasukkan nama jaringan WiFi, aplikasi akan memulai proses brute force dengan mencoba semua kombinasi password yang mungkin. Proses ini dapat memakan waktu yang lama tergantung pada kompleksitas password dan kecepatan perangkat Anda.

Langkah 4: Tunggu Hingga Proses Selesai

Tunggu hingga proses brute force selesai. Aplikasi akan memberi tahu Anda jika berhasil menemukan password WiFi yang sudah diganti. Jika proses berjalan lama dan tidak berhasil, Anda dapat mencoba aplikasi brute force lainnya atau menggunakan metode lain untuk mendapatkan kembali password WiFi yang terlupa.

Dengan menggunakan metode brute force, Anda dapat mencoba semua kombinasi password yang mungkin untuk mendapatkan kembali password WiFi yang sudah diganti. Namun, metode ini membutuhkan waktu yang lama dan tidak dapat dijamin berhasil. Pastikan Anda hanya menggunakan metode ini dengan bijak dan hanya jika Anda memiliki izin untuk melakukannya.

Mengatur Ulang Modem atau Router WiFi

Jika semua metode sebelumnya tidak berhasil atau Anda tidak ingin repot mencoba sendiri, Anda dapat memilih untuk mengatur ulang modem atau router WiFi. Ini akan mengembalikan pengaturan awal modem atau router WiFi, termasuk password WiFi. Namun, catat bahwa dengan melakukan ini, Anda juga harus mengatur ulang semua pengaturan lainnya yang telah Anda ubah sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur ulang modem atau router WiFi:

Langkah 1: Temukan Tombol Reset

Cari tombol reset pada modem atau router WiFi Anda. Tombol reset biasanya terletak di bagian belakang atau bawah perangkat.

Langkah 2: Tekan dan Tahan Tombol Reset

Dengan menggunakan benda tumpul seperti peniti atau pulpen, tekan dan tahan tombol reset selama beberapa detik. Pastikan Anda menahan tombol reset hingga lampu indikator pada modem atau router berkedip atau berubah warna.

Langkah 3: Tunggu Hingga Proses Selesai

Tunggu beberapa saat hingga modem atau router WiFi Anda selesai mengatur ulang dirinya. Selama proses ini, modem atau router akan secara otomatis memulihkan pengaturan awal, termasuk password WiFi.

Langkah 4: Konfigurasi Ulang Modem atau Router

Setelah proses pengaturan ulang selesai, Anda perlu mengkonfigurasi ulang modem atau router WiFi sesuai dengan preferensi Anda. Hal ini meliputi mengatur kembali nama jaringan WiFi, password, dan pengaturan lainnya yang Anda perlukan.

Dengan mengatur ulang modem atau router WiFi, Anda dapat mengembalikan pengaturan awal perangkat dan password WiFi yang sudah diganti. Namun, pastikan Anda menyimpan semua pengaturan penting dan mengingat kembali password WiFi yang baru Anda buat setelah melakukan pengaturan ulang.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengetahui password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android. Kami telah menjelaskan sepuluh metode yang berbeda, mulai dari menggunakan file manager hingga mengatur ulang modem atau router WiFi. Setiap metode memiliki prosedur yang rinci, sehingga Anda dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkahnya.

Dengan menggunakan panduan ini, Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali password WiFi yang terlupa. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan metode-metode ini haruslah bijak dan hanya digunakan untuk mengambil kembali password WiFi yang sudah diganti di perangkat Android Anda sendiri.

Ingatlah bahwa keamanan jaringan WiFi adalah hal yang penting. Selalu pastikan untuk mengganti password WiFi secara berkala dan menggunakan password yang kuat untuk melindungi jaringan Anda dari akses yang tidak sah. Selalu ingat untuk menggunakan metode-metode ini dengan bijak dan hanya untuk tujuan yang sah, serta menjaga privasi dan keamanan orang lain.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah lupa password WiFi di perangkat Android. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah terkait dengan panduan ini, jangan ragu untuk menghubungi kami atau berkonsultasi dengan ahli IT yang kompeten. Selamat mencoba!