Notifications
Translate Page

Cara Mengetahui SSID WiFi yang Di Hidden Lewat Android

Cara Mengetahui SSID WiFi yang Di Hidden Lewat Android

Halo pembaca setia! Jika Anda sedang mencari informasi mengenai cara mengetahui SSID WiFi yang di hidden lewat perangkat Android, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan detail tentang bagaimana Anda dapat menemukan SSID WiFi yang disembunyikan melalui perangkat Android Anda. Jadi, mari kita mulai!

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu SSID WiFi. SSID merupakan singkatan dari Service Set Identifier, yang merupakan nama unik yang diberikan kepada jaringan WiFi. SSID ini biasanya terlihat dan dapat dilihat oleh pengguna saat mencari jaringan WiFi yang tersedia. Namun, ada beberapa kasus di mana pemilik jaringan WiFi memilih untuk menyembunyikan SSID mereka agar tidak terlihat oleh orang lain.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengetahui SSID WiFi yang disembunyikan melalui perangkat Android, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan adalah XYZ WiFi Finder dan ABC Network Scanner. Aplikasi ini akan memindai jaringan WiFi di sekitar Anda dan menampilkan SSID yang tersembunyi.

Anda dapat mencarinya melalui Google Play Store, kemudian instal aplikasi yang Anda pilih. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut dan berikan izin yang diperlukan. Setelah itu, Anda akan melihat daftar jaringan WiFi di sekitar Anda, termasuk SSID yang disembunyikan. Anda dapat mengklik SSID yang tersembunyi tersebut untuk melihat detail lebih lanjut, seperti kekuatan sinyal dan jenis enkripsi yang digunakan.

Langkah-langkah:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari aplikasi "XYZ WiFi Finder" atau "ABC Network Scanner".

3. Pilih aplikasi yang Anda inginkan dan instal di perangkat Anda.

4. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut dan berikan izin yang diperlukan.

5. Aplikasi akan memindai jaringan WiFi di sekitar Anda dan menampilkan SSID yang tersembunyi.

6. Klik SSID yang tersembunyi untuk melihat detail lebih lanjut.

Menggunakan Command Prompt

Jika Anda lebih suka menggunakan command prompt di perangkat Android Anda, Anda juga dapat mengetahui SSID WiFi yang disembunyikan dengan menggunakan beberapa perintah. Pertama, pastikan perangkat Android Anda sudah di-root. Kemudian, buka aplikasi Terminal Emulator dan masukkan perintah berikut: "su" (tanpa tanda kutip), lalu tekan enter. Setelah itu, ketik perintah "iwlist wlan0 scan | grep -i SSID" (tanpa tanda kutip) dan tekan enter.

Command prompt akan memindai jaringan WiFi di sekitar Anda dan menampilkan daftar SSID WiFi yang tersembunyi. Anda dapat melihat nama SSID yang disembunyikan dan informasi lainnya seperti frekuensi, kekuatan sinyal, dan jenis enkripsi yang digunakan. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan command prompt membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih dalam dan risiko yang lebih tinggi.

Langkah-langkah:

1. Pastikan perangkat Android Anda sudah di-root.

2. Buka aplikasi Terminal Emulator di perangkat Anda.

3. Masukkan perintah "su" (tanpa tanda kutip) dan tekan enter.

4. Ketik perintah "iwlist wlan0 scan | grep -i SSID" (tanpa tanda kutip) dan tekan enter.

5. Command prompt akan memindai jaringan WiFi di sekitar Anda dan menampilkan daftar SSID WiFi yang tersembunyi.

6. Lihat nama SSID yang disembunyikan dan informasi lainnya seperti frekuensi, kekuatan sinyal, dan jenis enkripsi yang digunakan.

Menggunakan WiFi Analyzer

WiFi Analyzer adalah aplikasi yang sangat berguna untuk mengetahui SSID WiFi yang disembunyikan melalui perangkat Android. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store dan menginstalnya di perangkat Anda. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih opsi "Scan" atau "Analyze". WiFi Analyzer akan melakukan pemindaian dan menampilkan daftar SSID WiFi yang tersembunyi di sekitar Anda.

WiFi Analyzer dapat memberikan informasi yang lebih rinci tentang jaringan WiFi di sekitar Anda, termasuk SSID yang disembunyikan. Anda dapat melihat kekuatan sinyal, kanal yang digunakan, dan jenis enkripsi yang digunakan oleh SSID WiFi tersebut. Selain itu, WiFi Analyzer juga dapat membantu Anda menentukan kanal WiFi yang paling tidak padat untuk mengoptimalkan koneksi Anda.

Langkah-langkah:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari aplikasi "WiFi Analyzer" dan instal di perangkat Anda.

3. Setelah terinstal, buka aplikasi WiFi Analyzer.

4. Pilih opsi "Scan" atau "Analyze" di aplikasi tersebut.

5. WiFi Analyzer akan melakukan pemindaian dan menampilkan daftar SSID WiFi yang tersembunyi di sekitar Anda.

6. Lihat informasi rinci tentang jaringan WiFi, termasuk SSID yang disembunyikan, kekuatan sinyal, kanal yang digunakan, dan jenis enkripsi yang digunakan.

Menghubungi Pengelola Jaringan WiFi

Jika Anda tidak memiliki akses ke SSID WiFi yang disembunyikan dan ingin terhubung ke jaringan tersebut, Anda dapat mencoba menghubungi pengelola jaringan WiFi. Anda dapat mencari informasi kontak pengelola jaringan, seperti nomor telepon atau alamat email, dan mengirim pesan untuk meminta informasi tentang SSID WiFi yang tersembunyi.

Sebelum menghubungi pengelola jaringan WiFi, pastikan untuk menjelaskan alasan Anda ingin terhubung ke jaringan tersebut dengan sopan dan jelas. Berikan alasan yang masuk akal, seperti ingin menggunakan koneksi internet yang lebih stabil atau ingin berbagi jaringan dengan pengelola jaringan. Namun, tidak ada jaminan bahwa pengelola jaringan WiFi akan memberikan informasi tentang SSID WiFi yang disembunyikan.

Langkah-langkah:

1. Cari informasi kontak pengelola jaringan WiFi, seperti nomor telepon atau alamat email.

2. Tulis pesan yang sopan dan jelas, menjelaskan alasan Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi yang disembunyikan.

3. Kirim pesan kepada pengelola jaringan WiFi dan tunggu balasan dari mereka.

4. Jika pengelola jaringan bersedia memberikan informasi tentang SSID WiFi yang disembunyikan, ikuti petunjuk yang diberikan oleh mereka untuk terhubung ke jaringan tersebut.

Mengecek SSID pada Router

Jika Anda memiliki akses fisik ke router WiFi yang ingin Anda temukan SSID-nya, Anda dapat melihat SSID yang disembunyikan langsung dari pengaturan router. Caranya berbeda-beda tergantung merek dan model router yang Anda gunakan. Namun, umumnya Anda dapat masuk ke pengaturan router melalui browser web dengan memasukkan alamat IP router ke dalam URL.

Setelah masuk, cari opsi "Wireless" atau "WiFi" dan Anda akan menemukan SSID yang tersembunyi. Anda dapat mengklik SSID yang tersembunyi tersebut untuk melihat detail lebih lanjut, seperti kekuatan sinyal, kanal yang digunakan, dan jenis enkripsi yang digunakan.

Langkah-langkah:

1. Pastikan Anda memiliki akses fisik ke router WiFi yang ingin Anda temukan SSID-nya.

2. Hubungkan perangkat Anda ke jaringan WiFi yang terhubung ke router tersebut.

3. Buka browser web di perangkat Anda dan masukkan alamat IP router ke dalam URL. Biasanya alamat IP router dapat ditemukan di bagian bawah atau belakang router, atau dalam petunjuk penggunaan router.

4. Setelah masuk ke pengaturan router, cari opsi "Wireless" atau "WiFi". Lokasinya dapat berbeda-beda tergantung merek dan model router yang Anda gunakan.

5. Di dalam opsi "Wireless" atau "WiFi", Anda akan menemukan daftar SSID yang tersedia. Cari SSID yang tersembunyi dan klik untuk melihat detail lebih lanjut.

6. Anda akan melihat kekuatan sinyal, kanal yang digunakan, dan jenis enkripsi yang digunakan oleh SSID WiFi yang tersembunyi tersebut.

Menggunakan Aplikasi Spesifik

Ada beberapa aplikasi spesifik yang dapat membantu Anda menemukan SSID WiFi yang disembunyikan. Misalnya, jika Anda sedang berada di area umum seperti kafe atau pusat perbelanjaan yang menawarkan WiFi gratis, Anda dapat mencari aplikasi yang dirancang khusus untuk menemukan jaringan WiFi tersembunyi di tempat-tempat tersebut. Cari aplikasi di Google Play Store dengan kata kunci "WiFi Finder" atau "Hidden SSID Finder" untuk menemukan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah Anda menemukan aplikasi yang sesuai, unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mulai mencari jaringan WiFi tersembunyi di sekitar Anda. Aplikasi ini akan melakukan pemindaian dan menampilkan daftar SSID WiFi yang disembunyikan, beserta informasi lain seperti kekuatan sinyal dan jenis enkripsi yang digunakan.

Langkah-langkah:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari aplikasi "WiFi Finder" atau "Hidden SSID Finder".

3. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal di perangkat Anda.

4. Setelah terinstal, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda.

5. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mulai mencari jaringan WiFi tersembunyi di sekitar Anda.

6. Aplikasi akan melakukan pemindaian dan menampilkan daftar SSID WiFi yang disembunyikan, beserta informasi lain seperti kekuatan sinyal dan jenis enkripsi yang digunakan.

Menggunakan WiFi Scanner

WiFi Scanner adalah aplikasi lain yang dapat membantu Anda menemukan SSID WiFi yang disembunyikan melalui perangkat Android. Aplikasi ini bekerja dengan cara memindai jaringan WiFi di sekitar Anda dan menampilkan daftar SSID yang tersembunyi. Anda dapat mengunduh aplikasi WiFi Scanner dari Google Play Store dan menginstalnya di perangkat Anda.

Setelah terinstal, buka aplikasi WiFi Scanner di perangkat Anda. Aplikasi ini akan melakukan pemindaian otomatis dan menampilkan daftar jaringan WiFi yang terdeteksi, termasuk SSID yang disembunyikan. Anda dapat melihat kekuatan sinyal, kanal yang digunakan, dan jenis enkripsi yang digunakan oleh SSID WiFi tersebut.

Langkah-langkah:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari aplikasi "WiFi Scanner" dan instal di perangkat Anda.

3. Setelah terinstal, buka aplikasi WiFi Scanner di perangkat Anda.

4. Aplikasi akan melakukan pemindaian otomatis dan menampilkan daftar jaringan WiFi yang terdeteksi, termasuk SSID yang disembunyikan.

5. Lihat informasi rinci tentang jaringan WiFi, seperti kekuatan sinyal, kanal yang digunakan, dan jenis enkripsi yang digunakan oleh SSID WiFi yang tersembunyi.

Menggunakan Fitur Wi-Fi Direct

Fitur Wi-Fi Direct pada perangkat Android juga dapat membantu Anda menemukan SSID WiFi yang disembunyikan. Wi-Fi Direct adalah fitur yang memungkinkan perangkat Android untuk terhubung ke perangkat lain secara langsung melalui jaringan WiFi. Anda dapat mencoba mengaktifkan fitur Wi-Fi Direct di perangkat Anda dan melihat apakah SSID WiFi yang tersembunyi muncul dalam daftar perangkat yang dapat terhubung.

Untuk menggunakan fitur Wi-Fi Direct, buka pengaturan Wi-Fi di perangkat Android Anda. Biasanya, Anda dapat menemukan pengaturan Wi-Fi di menu "Pengaturan" atau "Sambungan Nirkabel dan Jaringan". Cari opsi "Wi-Fi Direct" atau "Direct Share" dan aktifkan fitur tersebut.

Langkah-langkah:

1. Buka pengaturan Wi-Fi di perangkat Android Anda.

2. Cari opsi "Wi-Fi Direct" atau "Direct Share" dan aktifkan fitur tersebut.

3. Setelah fitur Wi-Fi Direct aktif, perangkat Android Anda akan mencari perangkat lain yang mendukung fitur ini.

4. Lihat daftar perangkat yang ditemukan dan periksa apakah SSID WiFi yang tersembunyi muncul dalam daftar tersebut.

5. Jika SSID WiFi yang tersembunyi muncul, Anda dapat mencoba terhubung ke jaringan tersebut melalui fitur Wi-Fi Direct.

Menggunakan Aplikasi Sniffer

Aplikasi Sniffer adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk memindai dan mendeteksi jaringan WiFi di sekitar Anda. Beberapa aplikasi Sniffer juga dapat membantu Anda menemukan SSID WiFi yang disembunyikan. Cari aplikasi Sniffer yang kompatibel dengan perangkat Android Anda di Google Play Store dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk menemukan SSID WiFi yang tersembunyi.

Setelah Anda menemukan aplikasi Sniffer yang sesuai, unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai pemindaian jaringan WiFi di sekitar Anda. Aplikasi Sniffer akan melakukan pemindaian dan menampilkan daftar SSID WiFi yang tersembunyi, beserta informasi lain seperti kekuatan sinyal dan kanal yang digunakan.

Langkah-langkah:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari aplikasi Sniffer yang kompatibel dengan perangkat Android Anda.

3. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal di perangkat Anda.

4. Setelah terinstal, buka aplikasi Sniffer di perangkat Android Anda.

5. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk memulai pemindaian jaringan WiFi di sekitar Anda.

6. Aplikasi Sniffer akan melakukan pemindaian dan menampilkan daftar SSID WiFi yang tersembunyi, beserta informasi lain seperti kekuatan sinyal dan kanal yang digunakan.

Menggunakan Metode Brute Force

Metode terakhir yang dapat Anda coba adalah metode brute force. Metode ini melibatkan penggunaan aplikasi yang dapat mencoba semua kombinasi SSID yang mungkin untuk menemukan SSID WiFi yang disembunyikan. Namun, metode brute force dapat memakan waktu yang lama dan tidak dijamin berhasil. Sebaiknya gunakan metode ini sebagai pilihan terakhir jika semua metode lain gagal.

Untuk menggunakan metode brute force, Anda dapat mencari aplikasi brute force WiFi di Google Play Store. Setelah Anda menemukan aplikasi yang sesuai, unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Android Anda. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses brute force. Aplikasi akan mencoba semua kombinasi SSID yang mungkin untuk menemukan SSID WiFi yangdisembunyikan.

Metode brute force memakan waktu yang lama karena mencoba semua kombinasi SSID yang mungkin. Namun, jika SSID WiFi tersebut menggunakan kombinasi yang kompleks dan panjang, kemungkinan berhasilnya sangat kecil. Selain itu, metode ini juga dapat melanggar hukum dan etika, karena mencoba mengakses jaringan WiFi tanpa izin pemiliknya.

Langkah-langkah:

1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.

2. Cari aplikasi brute force WiFi.

3. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan instal di perangkat Anda.

4. Setelah terinstal, buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses brute force.

5. Aplikasi akan mencoba semua kombinasi SSID yang mungkin untuk menemukan SSID WiFi yang disembunyikan.

6. Perlu diingat bahwa metode brute force dapat memakan waktu yang lama dan tidak dijamin berhasil. Gunakan metode ini sebagai pilihan terakhir jika semua metode lain gagal.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara mengetahui SSID WiFi yang di hidden lewat perangkat Android. Dengan menggunakan beberapa metode yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menemukan SSID WiFi yang disembunyikan dan terhubung ke jaringan tersebut jika diizinkan oleh pemiliknya. Penting untuk selalu menghormati privasi orang lain dan menggunakan informasi ini dengan bijak. Selamat mencoba!