Notifications
Translate Page

Cara Mengetahui Versi Android: Panduan Lengkap untuk Pengguna Android

Cara Mengetahui Versi Android: Panduan Lengkap untuk Pengguna Android

Saat ini, Android telah menjadi sistem operasi paling populer di dunia untuk perangkat mobile. Setiap tahun, Google merilis versi terbaru Android dengan peningkatan fitur dan performa. Bagi pengguna Android, mengetahui versi sistem operasi yang mereka gunakan sangat penting untuk memastikan kompatibilitas dengan aplikasi dan perangkat lainnya.

Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengetahui versi Android di perangkatmu. Kami akan menjelaskan beberapa metode yang dapat kamu gunakan, baik itu dengan menggunakan pengaturan perangkatmu atau dengan aplikasi pihak ketiga. Dengan informasi yang kami berikan, kamu akan dapat dengan mudah mengetahui dan memahami versi Android yang sedang kamu gunakan.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Pengaturan

Metode pertama yang dapat kamu gunakan adalah melalui pengaturan di perangkat Androidmu. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Androidmu. Biasanya, ikon Pengaturan terlihat seperti sebuah roda gigi atau ikon lain yang serupa. Cari dan ketuk ikon ini untuk membuka Pengaturan.

Langkah 2: Cari dan Ketuk "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat"

Setelah membuka Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi yang bertuliskan "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Temukan Informasi Versi Androidmu

Setelah masuk ke menu "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat", cari opsi yang mengindikasikan informasi tentang versi Android yang sedang digunakan. Biasanya, opsi ini berjudul "Versi Android" atau serupa. Ketuk opsi tersebut untuk melihat versi Androidmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Android yang sedang kamu gunakan melalui pengaturan di perangkatmu.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Menu Tentang Telepon

Metode kedua adalah melalui menu "Tentang Telepon" di pengaturan perangkatmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Seperti pada metode sebelumnya, langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Androidmu. Cari dan ketuk ikon Pengaturan.

Langkah 2: Cari "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat"

Gulir ke bawah dalam menu Pengaturan hingga kamu menemukan opsi yang bertuliskan "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Temukan Informasi Versi Androidmu

Setelah masuk ke menu "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat", kamu akan melihat informasi tentang perangkatmu seperti model, nomor IMEI, dan lainnya. Cari opsi yang menyajikan informasi tentang versi Android yang sedang digunakan. Biasanya, opsi ini berjudul "Versi Android" atau serupa. Ketuk opsi tersebut untuk melihat versi Androidmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Android yang sedang kamu gunakan melalui menu "Tentang Telepon" di pengaturan perangkatmu.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Aplikasi Pengelola Sistem

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui versi Androidmu, berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Play Store di perangkat Androidmu. Cari dan ketuk ikon Google Play Store.

Langkah 2: Cari Aplikasi Pengelola Sistem

Ketika berada di halaman utama Google Play Store, ketikkan kata kunci "pengelola sistem" di kolom pencarian di bagian atas layar. Tekan tombol "Cari" atau ikon serupa untuk mencari aplikasi pengelola sistem.

Langkah 3: Pilih dan Instal Aplikasi Pengelola Sistem

Dari hasil pencarian, pilih salah satu aplikasi pengelola sistem yang diinginkan. Pastikan aplikasi tersebut memiliki ulasan yang baik dan kompatibel dengan perangkatmu. Setelah memilih aplikasi, ketuk tombol "Pasang" atau "Instal" untuk mengunduh dan menginstalnya di perangkatmu.

Langkah 4: Buka Aplikasi Pengelola Sistem

Setelah selesai mengunduh dan menginstal aplikasi pengelola sistem, buka aplikasi tersebut dari layar beranda atau melalui menu aplikasi di perangkatmu.

Langkah 5: Temukan Informasi Versi Androidmu

Setelah masuk ke aplikasi pengelola sistem, cari opsi atau tab yang menyajikan informasi tentang perangkatmu. Biasanya, terdapat opsi dengan judul "Tentang Perangkat" atau "Informasi Perangkat". Ketuk opsi tersebut untuk melihat informasi lebih lanjut tentang perangkatmu, termasuk versi Android yang sedang digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menggunakan aplikasi pengelola sistem untuk mengetahui versi Androidmu dengan mudah.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Kode Dial

Metode selanjutnya adalah dengan menggunakan kode dial di perangkat Androidmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Aplikasi Telepon

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Telepon di perangkat Androidmu. Biasanya, ikon aplikasi Telepon terlihat seperti telepon dengan simbol gelombang suara atau serupa. Cari dan ketuk ikon ini untuk membuka aplikasi Telepon.

Langkah 2: Ketik Kode Dial

Setelah membuka aplikasi Telepon, ketikkan kode dial *#*#4636#*#* pada keyboard perangkatmu. Kode ini akan membuka menu Informasi Telepon.

Langkah 3: Temukan Informasi Versi Androidmu

Setelah memasukkan kode dial, perangkatmu akan secara otomatis membuka menu Informasi Telepon. Di dalam menu ini, cari opsi atau tab yang menyajikan informasi tentang perangkatmu. Biasanya, terdapat opsi dengan judul "Tentang Telepon" atau "Informasi Perangkat". Ketuk opsi tersebut untuk melihat informasi lebih lanjut tentang perangkatmu, termasuk versi Android yang sedang digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Android yang sedang kamu gunakan melalui kode dial di perangkatmu.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Aplikasi Pengecek Versi

Jika kamu tidak ingin repot-repot melakukan langkah-langkah manual, kamu dapat menggunakan aplikasi pengecek versi Android. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Play Store di perangkat Androidmu. Cari dan ketuk ikon Google Play Store.

Langkah 2: Cari Aplikasi Pengecek Versi

Ketika berada di halaman utama Google Play Store, ketikkan kata kunci "pengecek versi" atau "check version" di kolom pencarian di bagian atas layar. Tekantombol "Cari" atau ikon serupa untuk mencari aplikasi pengecek versi Android.

Langkah 3: Pilih dan Instal Aplikasi Pengecek Versi

Dari hasil pencarian, pilih salah satu aplikasi pengecek versi yang diinginkan. Pastikan aplikasi tersebut memiliki ulasan yang baik dan kompatibel dengan perangkatmu. Setelah memilih aplikasi, ketuk tombol "Pasang" atau "Instal" untuk mengunduh dan menginstalnya di perangkatmu.

Langkah 4: Buka Aplikasi Pengecek Versi

Setelah selesai mengunduh dan menginstal aplikasi pengecek versi, buka aplikasi tersebut dari layar beranda atau melalui menu aplikasi di perangkatmu.

Langkah 5: Temukan Informasi Versi Androidmu

Setelah masuk ke aplikasi pengecek versi, aplikasi akan secara otomatis mendeteksi dan menampilkan versi Android yang sedang digunakan oleh perangkatmu. Informasi ini biasanya ditampilkan di layar utama atau dalam tab yang khusus untuk informasi versi. Kamu dapat menyimpan atau mengambil catatan tentang versi Android tersebut jika diperlukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Android yang sedang kamu gunakan melalui aplikasi pengecek versi yang telah kamu instal di perangkatmu.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Kode Build

Metode berikutnya adalah dengan menggunakan kode build di perangkat Androidmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Seperti pada metode sebelumnya, langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Androidmu. Cari dan ketuk ikon Pengaturan.

Langkah 2: Cari "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat"

Gulir ke bawah dalam menu Pengaturan hingga kamu menemukan opsi yang bertuliskan "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Temukan Kode Build

Setelah masuk ke menu "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat", cari opsi yang menyajikan informasi tentang perangkatmu. Biasanya, terdapat opsi dengan judul "Nomor Build" atau serupa. Ketuk opsi tersebut untuk melihat kode build perangkatmu.

Langkah 4: Temukan Informasi Versi Androidmu

Setelah menemukan kode build perangkatmu, kamu dapat mencocokkan kode tersebut dengan daftar kode build yang ada di situs web resmi Android. Daftar ini akan memberikan informasi tentang versi Android yang sesuai dengan kode build perangkatmu. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui versi Android yang sedang digunakan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menggunakan kode build perangkatmu untuk mengetahui versi Android yang sedang digunakan.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Pengaturan Sistem Aplikasi

Jika perangkatmu menggunakan versi Android yang lebih lama, kamu dapat menggunakan pengaturan sistem aplikasi untuk mengetahuinya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Androidmu. Cari dan ketuk ikon Pengaturan.

Langkah 2: Buka Pengaturan Tambahan

Setelah masuk ke menu Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi yang bertuliskan "Pengaturan Tambahan" atau serupa. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Buka Opsi "Tentang Perangkat"

Dalam menu Pengaturan Tambahan, cari opsi yang bertuliskan "Tentang Perangkat" atau serupa. Ketuk opsi ini untuk masuk ke menu "Tentang Perangkat".

Langkah 4: Temukan Informasi Versi Androidmu

Setelah masuk ke menu "Tentang Perangkat", kamu akan melihat informasi tentang perangkatmu seperti model, nomor IMEI, dan lainnya. Carilah opsi atau tab yang menyajikan informasi tentang versi Android yang sedang digunakan. Biasanya, terdapat opsi dengan judul "Versi Android" atau serupa. Ketuk opsi tersebut untuk melihat versi Androidmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menggunakan pengaturan sistem aplikasi untuk mengetahui versi Android yang sedang digunakan di perangkatmu.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Nama Kode

Setiap versi Android memiliki nama kode yang unik. Kamu dapat mengetahui versi Androidmu dengan mencari nama kode yang sesuai. Berikut adalah daftar nama kode Android:

1. Android 1.5 Cupcake

Android 1.5 Cupcake adalah versi pertama dari Android yang dirilis untuk perangkat mobile. Versi ini dikenal dengan performa yang lebih baik, antarmuka yang lebih menarik, dan fitur-fitur baru seperti kamera video dan pembaruan aplikasi langsung.

2. Android 1.6 Donut

Android 1.6 Donut adalah versi Android yang dirilis setelah Cupcake. Versi ini menawarkan peningkatan performa dan stabilitas, serta fitur-fitur baru seperti pencarian suara, galeri foto yang diperbarui, dan aplikasi kamera yang lebih baik.

3. Android 2.1 Éclair

Android 2.1 Éclair adalah versi Android yang membawa banyak perubahan signifikan dalam hal antarmuka dan fitur. Versi ini menawarkan fitur-fitur baru seperti pembaruan kalender, galeri foto yang lebih baik, dan integrasi akun email yang ditingkatkan.

4. Android 2.2 Froyo

Android 2.2 Froyo adalah versi Android yang dirilis setelah Éclair. Versi ini menawarkan peningkatan performa dan kecepatan, serta fitur-fitur baru seperti hotspot Wi-Fi portabel, pembaruan aplikasi secara otomatis, dan dukungan Flash di browser web.

5. Android 2.3 Gingerbread

Android 2.3 Gingerbread adalah versi Android yang membawa perubahan signifikan dalam hal antarmuka dan fitur. Versi ini menawarkan fitur-fitur baru seperti dukungan NFC, pembaruan keyboard virtual, dan manajemen baterai yang lebih baik.

6. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Android 4.0 Ice Cream Sandwich adalah versi Android yang menggabungkan elemen-elemen dari Gingerbread dan Honeycomb. Versi ini menawarkan antarmuka yang lebih halus, fitur-fitur baru seperti peningkatan multitugas, dan integrasi sosial yang lebih baik.

7. Android 4.1 Jelly Bean

Android 4.1 Jelly Bean adalah versi Android yang membawa peningkatan performa dan kecepatan. Versi ini menawarkan fitur-fitur baru seperti Google Now, notifikasi yang ditingkatkan, dan peningkatan keamanan.

8. Android 4.4 KitKat

Android 4.4 KitKat adalah versi Android yang dirilis setelah Jelly Bean. Versi ini menawarkan peningkatan performa, antarmuka yang lebih rapi, dan fitur-fitur baru seperti integrasi Google Now, perekaman layar, dan fitur pencarian yang ditingkatkan.

9. Android 5.0 Lollipop

Android 5.0 Lollipop adalah versi Android yang membawa antarmuka yang lebih modern dan material design. Versi ini menawarkan fitur-fitur baru seperti notifikasi interaktif, mode baterai hemat daya, dan fitur keamanan yangditingkatkan seperti Smart Lock dan enkripsi default.

10. Android 6.0 Marshmallow

Android 6.0 Marshmallow adalah versi Android yang dirilis setelah Lollipop. Versi ini menawarkan peningkatan keamanan dan privasi, serta fitur-fitur baru seperti Now on Tap, pengelolaan izin aplikasi yang lebih baik, dan penghematan baterai dengan Doze Mode.

11. Android 7.0 Nougat

Android 7.0 Nougat adalah versi Android yang membawa perubahan signifikan dalam hal antarmuka dan fitur. Versi ini menawarkan fitur-fitur baru seperti mode split-screen, notifikasi yang ditingkatkan, dan pengaturan cepat yang disesuaikan.

12. Android 8.0 Oreo

Android 8.0 Oreo adalah versi Android yang menghadirkan peningkatan keamanan, performa, dan efisiensi baterai. Versi ini menawarkan fitur-fitur baru seperti Autofill, Picture-in-Picture mode, dan pemberitahuan kanal.

13. Android 9.0 Pie

Android 9.0 Pie adalah versi Android yang membawa antarmuka yang lebih rapi dan peningkatan kecepatan. Versi ini menawarkan fitur-fitur baru seperti navigasi gerakan, mode malam yang ditingkatkan, dan manajemen notifikasi yang lebih baik.

14. Android 10

Android 10 adalah versi Android yang memperkenalkan tema gelap sistem, navigasi baru dengan gestur, dan kontrol privasi yang lebih baik. Versi ini juga menawarkan fitur-fitur seperti live caption, smart reply, dan pengaturan waktu layar.

15. Android 11

Android 11 adalah versi Android terbaru yang membawa peningkatan dalam hal privasi, pengelolaan notifikasi, dan kontrol perangkat. Versi ini menawarkan fitur-fitur seperti one-time permission, chat bubbles, dan media playback controls yang ditingkatkan.

Dengan mengetahui nama kode versi Android yang sedang digunakan oleh perangkatmu, kamu dapat lebih memahami karakteristik dan fitur yang tersedia dalam versi tersebut.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Tautan Pengaturan

Tautan pengaturan di perangkat Android dapat langsung membuka pengaturan yang sesuai dengan versi Androidmu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Browser Web

Langkah pertama adalah membuka aplikasi browser web di perangkat Androidmu. Cari dan ketuk ikon browser web yang telah terpasang di perangkatmu.

Langkah 2: Ketik Tautan Pengaturan

Setelah membuka browser web, ketikkan tautan "about:settings" di bilah alamat browser dan tekan tombol Enter atau ikon "Go" di keyboard perangkatmu. Tautan ini akan membuka pengaturan yang sesuai dengan versi Androidmu.

Langkah 3: Temukan Informasi Versi Androidmu

Setelah membuka tautan pengaturan, perangkatmu akan langsung membuka pengaturan yang sesuai dengan versi Android yang sedang digunakan. Di dalam pengaturan ini, cari opsi atau tab yang menyajikan informasi tentang versi Androidmu. Biasanya, terdapat opsi dengan judul "Versi Android" atau serupa. Ketuk opsi tersebut untuk melihat versi Androidmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah mengetahui versi Android yang sedang kamu gunakan melalui tautan pengaturan di browser web perangkatmu.

Cara Mengetahui Versi Android melalui Aplikasi Developer Options

Jika kamu adalah pengembang atau memiliki akses ke opsi pengembang di perangkat Androidmu, kamu dapat mengetahui versi Android melalui aplikasi Developer Options. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Androidmu. Cari dan ketuk ikon Pengaturan.

Langkah 2: Cari "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat"

Gulir ke bawah dalam menu Pengaturan hingga kamu menemukan opsi yang bertuliskan "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Ketuk "Nomor Build" atau "Versi Build" Beberapa Kali

Di dalam menu "Tentang Telepon" atau "Tentang Perangkat", cari opsi yang bertuliskan "Nomor Build" atau "Versi Build". Ketuk opsi ini beberapa kali secara berurutan hingga muncul notifikasi yang menyatakan bahwa kamu telah menjadi pengembang.

Langkah 4: Buka Aplikasi Developer Options

Setelah menjadi pengembang, kembali ke menu Pengaturan dan gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi "Opsi Pengembang" atau "Developer Options". Ketuk opsi ini untuk masuk ke menu Developer Options.

Langkah 5: Temukan Informasi Versi Androidmu

Dalam menu Developer Options, cari opsi atau tab yang menyajikan informasi tentang versi Android yang sedang digunakan. Biasanya, terdapat opsi dengan judul "Versi Android" atau serupa. Ketuk opsi tersebut untuk melihat versi Androidmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat mengetahui versi Android yang sedang digunakan melalui aplikasi Developer Options jika kamu adalah seorang pengembang atau memiliki akses ke opsi pengembang di perangkat Androidmu.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa metode yang berbeda untuk mengetahui versi Android di perangkatmu. Kamu dapat memilih metode mana yang paling sesuai dengan preferensimu. Dengan mengetahui versi Android yang sedang kamu gunakan, kamu akan dapat mengoptimalkan penggunaan perangkatmu dan memastikan kompatibilitas dengan aplikasi yang kamu instal.

Jadi, tidak perlu bingung lagi tentang cara mengetahui versi Androidmu. Dengan panduan ini, kamu akan menjadi ahli dalam mengetahui versi sistem operasi Android di perangkatmu. Selamat mencoba!