Notifications
Translate Page

Cara Menghapus Aplikasi yang Sudah di Uninstal di Android: Panduan Lengkap

Cara Menghapus Aplikasi yang Sudah di Uninstal di Android: Panduan Lengkap

Saat menggunakan ponsel Android, kita sering menginstal berbagai aplikasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Namun, ada kalanya kita ingin menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Meskipun sudah di-uninstal, beberapa aplikasi masih meninggalkan jejak di perangkat kita. Jadi, dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghapus aplikasi yang sudah di uninstal di Android secara lengkap dan rinci.

Apakah Anda ingin memastikan bahwa tidak ada lagi sisa-sisa aplikasi yang mengganggu di ponsel Anda? Jangan khawatir! Kami akan memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang cara menghapus aplikasi yang sudah di uninstal di Android dengan mudah dan efektif. Dari menghapus cache hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga, kami akan mencakup semua yang perlu Anda ketahui untuk membersihkan perangkat Anda sepenuhnya.

Menghapus Cache dan Data yang Tersisa

Jika Anda ingin sepenuhnya membersihkan jejak aplikasi yang sudah di uninstal di Android, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghapus cache dan data yang tersisa. Meskipun aplikasi sudah di-uninstal, beberapa data dan cache mungkin masih tersimpan di perangkat Anda. Menghapusnya akan membantu membebaskan ruang penyimpanan dan memastikan tidak ada data yang tersisa.

Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk menghapus cache dan data yang tersisa:

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda. Biasanya, ikon Pengaturan dapat ditemukan di layar utama atau di laci aplikasi.

2. Pilih Aplikasi atau Kelola Aplikasi

Cari dan pilih opsi "Aplikasi" atau "Kelola Aplikasi" di menu Pengaturan. Ini akan membuka daftar semua aplikasi yang ada di perangkat Anda.

3. Pilih Aplikasi yang Ingin Anda Bersihkan

Temukan aplikasi yang ingin Anda bersihkan dari daftar aplikasi yang muncul. Anda dapat mencarinya menggunakan fitur pencarian atau menggulir ke bawah untuk menemukannya.

4. Hapus Cache dan Data

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin dibersihkan, pilih opsi "Hapus Cache" dan "Hapus Data". Anda mungkin perlu mengkonfirmasi tindakan ini dengan mengklik "OK" atau "Hapus".

5. Ulangi untuk Aplikasi Lainnya

Ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap aplikasi yang ingin Anda bersihkan. Pastikan untuk menghapus cache dan data untuk setiap aplikasi yang memiliki jejak yang ingin Anda hapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menghapus cache dan data yang tersisa dari aplikasi yang sudah di uninstal di Android Anda. Ini akan membantu membersihkan perangkat Anda secara menyeluruh dan memastikan tidak ada data yang tersisa.

Menggunakan Pengaturan Aplikasi Bawaan Android

Android memiliki pengaturan bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengelola aplikasi yang ada di perangkat Anda. Anda dapat menggunakan pengaturan ini untuk melihat daftar semua aplikasi yang pernah di-instal dan menghapus sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal. Cara ini sangat efektif dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan pengaturan aplikasi bawaan Android:

1. Buka Pengaturan

Pertama, buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda.

2. Pilih Opsi "Aplikasi" atau "Kelola Aplikasi"

Cari opsi "Aplikasi" atau "Kelola Aplikasi" di menu Pengaturan dan pilihnya. Ini akan membuka daftar semua aplikasi yang ada di perangkat Anda.

3. Temukan Aplikasi yang Ingin Anda Hapus

Gulir ke bawah dan temukan aplikasi yang ingin Anda hapus dari daftar aplikasi yang muncul. Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian untuk menemukannya dengan cepat.

4. Pilih Opsi "Hapus" atau "Uninstal"

Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda hapus, pilih opsi "Hapus" atau "Uninstal". Perangkat Anda mungkin akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut.

5. Hapus Aplikasi Lainnya

Ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap aplikasi yang ingin Anda hapus. Pastikan untuk menghapus semua aplikasi yang memiliki jejak yang ingin Anda hapus.

Dengan menggunakan pengaturan aplikasi bawaan Android, Anda dapat dengan mudah melihat dan menghapus sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal di perangkat Anda. Ini adalah cara yang efektif dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak puas dengan pengaturan bawaan Android, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan perangkat Anda dari sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal. Beberapa aplikasi pihak ketiga bahkan memiliki fitur tambahan seperti menghapus file sampah dan mempercepat kinerja perangkat Anda.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga:

1. Cari Aplikasi Cleaner yang Tersedia di Google Play Store

Buka Google Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi cleaner yang tersedia. Ada banyak pilihan yang dapat Anda pilih, seperti CCleaner, AVG Cleaner, atau Clean Master.

2. Unduh dan Instal Aplikasi Cleaner

Pilih aplikasi cleaner yang ingin Anda gunakan dan unduh dari Google Play Store. Setelah selesai diunduh, instal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

3. Buka Aplikasi Cleaner

Setelah aplikasi cleaner terinstal, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda. Anda akan disambut dengan antarmuka yang intuitif dan user-friendly.

4. Pilih Opsi "Scan" atau "Cari"

Pada antarmuka aplikasi cleaner, pilih opsi "Scan" atau "Cari". Aplikasi akan memulai pemindaian perangkat Anda untuk mencari sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal.

5. Tunggu Pemindaian Selesai

Tunggu sampai pemindaian selesai. Waktu yang diperlukan untuk pemindaian akan bervariasi tergantung pada ukuran penyimpanan dan jumlah aplikasi yang ada di perangkat Anda.

6. Pilih Opsi "Bersihkan" atau "Hapus"

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar sisa-sisa aplikasi yang ditemukan oleh aplikasi cleaner. Pilih opsi "Bersihkan" atau "Hapus" untuk menghapus sisa-sisa tersebut dari perangkat Anda.

7. Gunakan Fitur Lainnya (Opsional)

Beberapa aplikasi cleaner juga memiliki fitur tambahan seperti mempercepat kinerja perangkat, membersihkan file sampah, atau mengoptimalkan penggunaan baterai. Jika Anda tertarik, Anda dapat menjelajahi fitur-fitur ini dan menggunakannya.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, Anda dapat dengan mudah membersihkan perangkat Anda dari sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal. Aplikasi cleaner menawarkan antarmuka yang lebih intuitif dan fitur tambahan yang dapat membantu mempercepat kinerja perangkat Anda.

Menghapus Aplikasi Sistem

Banyak ponsel Android dilengkapi dengan aplikasi sistem yang tidak dapatdi-uninstal secara normal. Namun, Anda masih dapat menghapus beberapa aplikasi sistem menggunakan pengaturan bawaan atau aplikasi pihak ketiga yang dijelaskan sebelumnya. Pastikan untuk berhati-hati saat menghapus aplikasi sistem, karena dapat mempengaruhi kinerja perangkat Anda.

Menggunakan Pengaturan Bawaan Android

Beberapa perangkat Android memungkinkan Anda menghapus aplikasi sistem menggunakan pengaturan bawaan. Namun, metode ini hanya berlaku untuk beberapa aplikasi sistem yang diizinkan untuk dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.2. Buka opsi "Aplikasi" atau "Kelola Aplikasi".3. Cari aplikasi sistem yang ingin Anda hapus. Pastikan Anda berhati-hati saat memilih aplikasi, karena menghapus aplikasi sistem yang penting dapat menyebabkan masalah pada perangkat Anda.4. Pilih aplikasi sistem yang ingin Anda hapus.5. Pilih opsi "Hapus" atau "Uninstall". Perangkat Anda mungkin akan meminta konfirmasi untuk menghapus aplikasi tersebut.6. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi sistem dapat dihapus menggunakan pengaturan bawaan. Beberapa aplikasi sistem mungkin tidak memiliki opsi "Hapus" atau "Uninstall" yang tersedia. Jika Anda tidak dapat menghapus aplikasi sistem menggunakan pengaturan bawaan, Anda dapat mencoba metode lain yang dijelaskan sebelumnya, seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika pengaturan bawaan tidak memungkinkan Anda menghapus aplikasi sistem, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengelola aplikasi sistem. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer untuk menghapus aplikasi sistem adalah Titanium Backup, Root Uninstaller, dan System App Remover.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga dalam menghapus aplikasi sistem:

1. Unduh dan instal aplikasi pihak ketiga yang Anda pilih dari Google Play Store.2. Buka aplikasi tersebut dan berikan izin akses root jika diperlukan. Beberapa aplikasi pihak ketiga memerlukan perangkat yang sudah di-root untuk dapat menghapus aplikasi sistem.3. Cari aplikasi sistem yang ingin Anda hapus dan pilihnya.4. Pilih opsi "Uninstall" atau "Hapus" untuk menghapus aplikasi sistem tersebut.5. Tunggu hingga proses penghapusan selesai.

Pastikan untuk membaca petunjuk dan panduan penggunaan aplikasi pihak ketiga dengan cermat sebelum menggunakan mereka. Menghapus aplikasi sistem dengan salah dapat menyebabkan masalah pada perangkat Anda. Selain itu, di-rooting perangkat Anda dapat membatalkan garansi dan meningkatkan risiko keamanan.

Membersihkan Aplikasi dengan Menggunakan Aplikasi Cleaner

Aplikasi cleaner adalah jenis aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membersihkan perangkat Android dari file sampah, cache, dan sisa-sisa aplikasi. Dengan menggunakan aplikasi cleaner, Anda dapat dengan mudah membersihkan perangkat Anda secara menyeluruh dan mengoptimalkan kinerjanya.

Langkah-langkah untuk Menggunakan Aplikasi Cleaner:

1. Cari dan unduh aplikasi cleaner yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi cleaner populer adalah CCleaner, AVG Cleaner, Clean Master, dan SD Maid.2. Buka aplikasi cleaner setelah selesai diunduh dan instal di perangkat Anda.3. Pilih opsi "Scan" atau "Cari" untuk memulai pemindaian perangkat Anda. Aplikasi cleaner akan mencari file sampah, cache, dan sisa-sisa aplikasi yang tidak diperlukan.4. Tunggu hingga pemindaian selesai. Waktu yang diperlukan untuk pemindaian akan bervariasi tergantung pada ukuran penyimpanan dan jumlah aplikasi yang ada di perangkat Anda.5. Setelah pemindaian selesai, aplikasi cleaner akan menampilkan daftar file sampah, cache, dan sisa-sisa aplikasi yang dapat dihapus.6. Pilih opsi "Bersihkan" atau "Hapus" untuk menghapus file-file tersebut dari perangkat Anda.7. Beberapa aplikasi cleaner juga menawarkan fitur tambahan seperti mempercepat kinerja perangkat, membersihkan file sampah secara otomatis, atau mengoptimalkan penggunaan baterai. Anda dapat menjelajahi fitur-fitur ini dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Penting untuk mencatat bahwa tidak semua aplikasi cleaner memiliki fitur yang sama. Beberapa aplikasi mungkin lebih baik dalam membersihkan cache, sementara yang lain fokus pada penghapusan file sampah. Pilih aplikasi cleaner yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Menggunakan ADB (Android Debug Bridge)

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih mendalam tentang Android, Anda dapat menggunakan Android Debug Bridge (ADB) untuk menghapus sisa-sisa aplikasi yang tersembunyi di perangkat Anda. Metode ini lebih rumit dan memerlukan koneksi USB ke komputer, tetapi dapat sangat efektif dalam membersihkan perangkat Anda secara menyeluruh.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan ADB:

1. Aktifkan opsi pengembang di perangkat Android Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka Pengaturan, masuk ke "Tentang Telepon" atau "Informasi Perangkat", dan ketuk beberapa kali pada opsi "Nomor Bangun" atau "Versi Perangkat Lunak" hingga muncul pesan bahwa Anda sudah menjadi pengembang.2. Aktifkan opsi USB Debugging di perangkat Android Anda. Anda dapat menemukannya di menu Pengaturan - Opsi Pengembang.3. Sambungkan perangkat Android ke komputer menggunakan kabel USB.4. Unduh dan instal Android SDK di komputer Anda.5. Buka command prompt atau terminal di komputer Anda dan jalankan perintah "adb devices" untuk memastikan perangkat Anda terdeteksi.6. Jalankan perintah "adb shell" untuk masuk ke shell perangkat Anda.7. Gunakan perintah "pm list packages" untuk melihat daftar semua paket aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.8. Temukan paket aplikasi yang ingin Anda hapus dari daftar tersebut.9. Jalankan perintah "pm uninstall -k --user 0 " untuk menghapus paket aplikasi tersebut. Gantilah dengan nama paket aplikasi yang ingin Anda hapus. Pastikan untuk mengganti spasi dengan tanda garis bawah (_).

Penting untuk dicatat bahwa menggunakan ADB memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam tentang Android dan dapat menyebabkan masalah jika tidak dilakukan dengan benar. Pastikan untuk membaca dan memahami panduan penggunaan ADB sebelum mencobanya.

Menggunakan Aplikasi File Manager

Aplikasi file manager adalah alat yang berguna untuk mengelola dan menghapus file di perangkat Android Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi file manager untuk mencari dan menghapus sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal dengan lebih mudah. Beberapa aplikasi file manager bahkan memiliki fitur pencarian khusus untuk menemukan file-file tersembunyi.

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi file manager:

1. Cari dan unduh aplikasi file manager yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi file manager populer adalah ES File Explorer, Solid Explorer, dan Astro File Manager.2. Buka aplikasi file manager setelah selesai diunduh dan instal di perangkat Anda.3. Buka aplikasi file manager dan cari opsi "Penyimpanan Internal" atau "Penyimpanan Perangkat". Ini akan membuka akses ke semua file di perangkat Anda.4. Gulir ke bawah dan temukan folder "Android". Buka folder ini.5. Di dalam folder "Android", cari folder "Data" atau "Obb". Buka folder ini.6. Di dalam folder "Data" atau "Obb", temukan folder dengan nama aplikasi yang ingin Anda hapus. Buka folder ini.7. Di dalam folder aplikasi, cari file-file yang terkait dengan aplikasi tersebut. Biasanya, file-file ini memilikiekstensi yang mengidentifikasinya sebagai bagian dari aplikasi tersebut.8. Pilih file-file yang ingin Anda hapus dan pilih opsi "Hapus" atau "Delete" untuk menghapusnya dari perangkat Anda.9. Ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap aplikasi yang memiliki sisa-sisa yang ingin Anda hapus.

Aplikasi file manager memudahkan Anda untuk mencari dan menghapus sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal di perangkat Android Anda. Dengan menggunakan aplikasi file manager, Anda dapat menjelajahi berbagai folder dan file di perangkat Anda dengan lebih mudah, sehingga memungkinkan Anda untuk menemukan dan menghapus sisa-sisa aplikasi yang tersembunyi.

Membersihkan Sisa-sisa dengan Menggunakan Aplikasi Pengelola Aplikasi

Ada banyak aplikasi pengelola aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dapat membantu Anda dalam menghapus sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal. Aplikasi ini memberikan informasi lengkap tentang semua aplikasi yang ada di perangkat Anda dan memungkinkan Anda untuk menghapus sisa-sisa aplikasi dengan mudah.

Langkah-langkah untuk Menggunakan Aplikasi Pengelola Aplikasi:

1. Cari dan unduh aplikasi pengelola aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Beberapa aplikasi pengelola aplikasi yang populer adalah AppMgr III, Greenify, dan SD Maid.2. Buka aplikasi pengelola aplikasi setelah selesai diunduh dan instal di perangkat Anda.3. Buka aplikasi pengelola aplikasi dan berikan izin akses yang diperlukan.4. Di dalam aplikasi pengelola aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang ada di perangkat Anda.5. Cari aplikasi yang ingin Anda bersihkan dari sisa-sisa yang sudah di uninstal.6. Pilih aplikasi tersebut dan pilih opsi "Hapus Cache" atau "Hapus Data" untuk menghapus sisa-sisa tersebut.7. Beberapa aplikasi pengelola aplikasi juga menawarkan fitur tambahan seperti mempercepat kinerja perangkat, menghapus file sampah, atau mengoptimalkan penggunaan baterai. Anda dapat menjelajahi fitur-fitur ini dan menggunakannya sesuai kebutuhan.

Dengan menggunakan aplikasi pengelola aplikasi, Anda dapat dengan mudah menghapus sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal di perangkat Android Anda. Aplikasi ini memberikan informasi lengkap tentang setiap aplikasi yang ada di perangkat Anda, sehingga memudahkan Anda untuk menghapus sisa-sisa tersebut dengan mudah.

Memperbarui Sistem Operasi Android

Kadang-kadang, masalah dengan sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal dapat diselesaikan dengan memperbarui sistem operasi Android Anda ke versi terbaru. Pembaruan sistem operasi sering kali memperbaiki bug dan masalah lainnya yang dapat menyebabkan sisa-sisa aplikasi tetap ada di perangkat Anda.

Langkah-langkah untuk Memperbarui Sistem Operasi Android:

1. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda.2. Gulir ke bawah dan temukan opsi "Tentang Telepon" atau "Informasi Perangkat". Pilih opsi ini.3. Di dalam opsi "Tentang Telepon" atau "Informasi Perangkat", cari opsi "Pembaruan Sistem" atau "Software Update". Pilih opsi ini.4. Perangkat Anda akan memeriksa apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia.5. Jika ada pembaruan yang tersedia, pilih opsi "Unduh dan Pasang" untuk memulai proses pembaruan.6. Tunggu hingga pembaruan selesai diunduh dan diinstal di perangkat Anda. Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa saat tergantung pada ukuran pembaruan dan kecepatan internet Anda.7. Setelah pembaruan selesai, perangkat Anda akan meminta Anda untuk me-restart perangkat agar pembaruan dapat diterapkan dengan sempurna. Pilih opsi "Restart" untuk melanjutkan.

Dengan memperbarui sistem operasi Android Anda ke versi terbaru, Anda dapat mengatasi masalah dengan sisa-sisa aplikasi yang sudah di uninstal. Pembaruan sistem operasi biasanya memperbaiki bug dan masalah lainnya, sehingga membantu membersihkan perangkat Anda secara menyeluruh.

Mengatur Aplikasi dengan Bijak

Untuk menghindari masalah dengan sisa-sisa aplikasi yang sulit dihapus di masa depan, penting untuk mengatur aplikasi dengan bijak. Hapus aplikasi yang tidak lagi Anda butuhkan secara teratur dan hindari menginstal aplikasi yang tidak terpercaya. Dengan mengelola aplikasi dengan bijak, Anda dapat mencegah masalah dengan sisa-sisa aplikasi di masa mendatang.

Tips untuk Mengatur Aplikasi dengan Bijak:

1. Evaluasi aplikasi yang sudah diinstal di perangkat Anda secara berkala. Hapus aplikasi yang tidak lagi Anda butuhkan atau yang jarang digunakan.2. Periksa ulasan dan rating aplikasi sebelum menginstalnya. Hindari menginstal aplikasi yang memiliki rating rendah atau ulasan negatif.3. Pastikan untuk hanya mengunduh aplikasi dari sumber-sumber yang terpercaya, seperti Google Play Store. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau mencurigakan.4. Perhatikan izin yang diminta oleh aplikasi yang Anda instal. Jika sebuah aplikasi meminta izin yang tidak relevan dengan fungsinya, pertimbangkan untuk tidak menginstalnya.5. Gunakan fitur pengaturan privasi dan keamanan di perangkat Anda untuk mengendalikan akses aplikasi terhadap data pribadi Anda.6. Jaga kebersihan perangkat Anda dengan secara rutin membersihkan cache dan data aplikasi yang sudah tidak digunakan.7. Pertimbangkan untuk menggunakan fitur bawaan Android seperti "Space Cleaner" atau "Smart Storage" untuk membersihkan perangkat Anda secara otomatis.

Dengan mengatur aplikasi dengan bijak, Anda dapat mencegah masalah dengan sisa-sisa aplikasi yang sulit dihapus di masa mendatang. Selain itu, Anda juga dapat menjaga perangkat Anda tetap bersih, berkinerja optimal, dan terhindar dari masalah keamanan.

Dalam artikel ini, kami telah membahas berbagai cara untuk menghapus aplikasi yang sudah di uninstal di Android. Mulai dari membersihkan cache dan data, menggunakan pengaturan bawaan Android, aplikasi pihak ketiga, hingga memperbarui sistem operasi Android. Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda dapat membersihkan perangkat Anda dari sisa-sisa aplikasi yang tidak diinginkan dan memastikan perangkat Anda tetap bersih dan berkinerja optimal. Jangan lupa untuk selalu mengatur aplikasi dengan bijak dan menghapus aplikasi yang tidak lagi Anda butuhkan secara teratur. Dengan begitu, Anda dapat menjaga perangkat Android Anda tetap dalam kondisi terbaik.