Notifications
Translate Page

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Cara Menghapus File yang Tidak Bisa Dihapus di Android

Saat menggunakan smartphone Android, seringkali kita mengalami kendala ketika ingin menghapus beberapa file. Terkadang, meskipun kita sudah berusaha menghapusnya, file tersebut tetap bertahan di dalam perangkat kita. Hal ini bisa menjadi sangat menjengkelkan dan memakan waktu. Namun, jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android.

Sebelum kita mulai, penting untuk memahami bahwa ada beberapa alasan mengapa file mungkin tidak dapat dihapus di Android. Salah satu alasan umum adalah karena file tersebut terkunci oleh sistem atau aplikasi yang masih menggunakannya. Selain itu, beberapa file mungkin memiliki izin khusus yang mencegah penghapusan. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah ini dan membersihkan perangkat Anda dari file yang tidak diinginkan.

Menggunakan Aplikasi File Manager Bawaan

Pertama, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi File Manager bawaan perangkat Android Anda untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus. Buka aplikasi File Manager dan cari file yang ingin Anda hapus. Kemudian, tahan file tersebut hingga muncul menu konteks. Pilih opsi "Hapus" atau ikon tong sampah untuk menghapus file. Jika file tersebut masih tidak dapat dihapus, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Panduan Menggunakan Aplikasi File Manager Bawaan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi File Manager bawaan di perangkat Android Anda. Anda dapat menemukannya di menu aplikasi atau di layar utama perangkat Anda, tergantung pada tata letak perangkat Anda.

Setelah membuka aplikasi File Manager, Anda akan melihat daftar file dan folder yang ada di perangkat Anda. Cari file yang ingin Anda hapus. Anda dapat menggunakan fitur pencarian atau menjelajahi folder secara manual.

Jika Anda telah menemukan file yang ingin dihapus, tahan file tersebut dengan menekan dan menahan jari Anda pada file tersebut.

Setelah Anda menahan file tersebut, Anda akan melihat munculnya menu konteks. Pada menu ini, Anda akan melihat beberapa opsi, termasuk "Hapus" atau ikon tong sampah. Pilih opsi "Hapus" atau ikon tong sampah untuk menghapus file tersebut.

Jika file tersebut dapat dihapus, Anda akan melihat konfirmasi bahwa file telah dihapus. Namun, jika file tersebut tidak dapat dihapus, Anda perlu mencoba metode lain untuk menghapusnya.

Panduan Mengatasi File yang Tidak Dapat Dihapus

Jika file tersebut masih tidak dapat dihapus setelah menggunakan aplikasi File Manager bawaan, ada beberapa langkah tambahan yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini.

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah memeriksa apakah file tersebut dikunci oleh sistem atau aplikasi yang masih menggunakannya. Beberapa file penting dalam sistem Android mungkin tidak dapat dihapus karena alasan keamanan atau stabilitas. Jika file tersebut dikunci oleh sistem atau aplikasi, Anda tidak dapat menghapusnya tanpa mengakar perangkat Anda.

Langkah kedua adalah memeriksa izin file. Beberapa file mungkin memiliki izin khusus yang mencegah penghapusan. Untuk memeriksa izin file, Anda dapat membuka menu konteks file dan memilih opsi "Info" atau "Properti". Di sini, Anda dapat melihat izin file dan memeriksa apakah ada izin yang mencegah penghapusan.

Jika file tersebut terkunci oleh sistem atau aplikasi, atau memiliki izin khusus yang mencegah penghapusan, Anda perlu mencoba metode lain untuk menghapusnya. Berikut adalah beberapa metode tambahan yang dapat Anda coba.

Menghapus File Melalui Pengaturan Aplikasi

Jika menggunakan aplikasi File Manager bawaan tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghapus file melalui pengaturan aplikasi. Buka Pengaturan di perangkat Android Anda dan pilih "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi". Cari aplikasi yang terkait dengan file yang ingin Anda hapus dan ketuk aplikasi tersebut. Di halaman informasi aplikasi, Anda akan menemukan opsi "Hapus Data" atau "Hapus Cache". Pilih opsi tersebut untuk menghapus file yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Panduan Menghapus File Melalui Pengaturan Aplikasi

Langkah pertama dalam menghapus file melalui pengaturan aplikasi adalah membuka Pengaturan di perangkat Android Anda. Anda dapat menemukan ikon Pengaturan di layar utama atau di menu aplikasi, tergantung pada perangkat Anda.

Setelah membuka Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Di halaman "Aplikasi" atau "Manajemen Aplikasi", Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di perangkat Anda. Cari aplikasi yang terkait dengan file yang ingin Anda hapus. Anda dapat menggunakan fitur pencarian atau menjelajahi daftar secara manual.

Ketika Anda menemukan aplikasi yang tepat, ketuk aplikasi tersebut untuk membuka halaman informasi aplikasi.

Di halaman informasi aplikasi, Anda akan melihat berbagai opsi dan informasi tentang aplikasi tersebut. Cari opsi "Hapus Data" atau "Hapus Cache" dan ketuk opsi tersebut.

Anda akan melihat konfirmasi untuk menghapus data atau cache aplikasi. Pastikan Anda memahami konsekuensi dari penghapusan ini, karena penghapusan data atau cache aplikasi dapat menghapus semua pengaturan dan data yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Jika Anda yakin ingin melanjutkan, ketuk opsi "Hapus Data" atau "Hapus Cache" untuk menghapus file yang terkait dengan aplikasi tersebut.

Proses penghapusan dapat memakan waktu tergantung pada ukuran data atau cache aplikasi. Setelah selesai, Anda akan melihat konfirmasi bahwa file telah dihapus.

Menghapus File Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android. Ada banyak aplikasi File Manager yang tersedia di Google Play Store yang menawarkan fitur-fitur canggih untuk membantu Anda mengelola file di perangkat Android. Cari dan unduh aplikasi File Manager pihak ketiga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menginstal aplikasi tersebut, gunakan fitur penghapusan file yang disediakan untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android Anda.

Panduan Menghapus File Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah pertama dalam menghapus file menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah mencari dan mengunduh aplikasi File Manager yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat membuka Google Play Store di perangkat Android Anda, menggunakan fitur pencarian untuk mencari "File Manager", dan menjelajahi daftar aplikasi yang tersedia.

Saat mencari aplikasi File Manager, pastikan untuk membaca deskripsi, ulasan, dan rating aplikasi tersebut untuk memastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah menemukan aplikasi yang ingin Anda gunakan, ketuk tombol "Pasang" atau "Unduh" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Setelah menginstal aplikasi File Manager pihak ketiga, buka aplikasi tersebut dari menu aplikasi atau layar utama perangkat Anda.

Anda akan melihat antarmuka aplikasi File Manager, yang akan menampilkan daftar file dan folder di perangkat Android Anda. Cari file yang ingin Anda hapus dalam daftar ini.

Jika Anda telah menemukan file yang ingin dihapus, tahan file tersebut dengan menekan dan menahan jari Anda pada file tersebut.

Setelah Anda menahan file tersebut, Anda akan melihat munculnya menu konteks. Pada menu ini, Anda akan melihat beberapa opsi, termasuk "Hapus" atau ikon tong sampah. Pilih opsi "Hapus" atau ikon tong sampah untuk menghapus file tersebut.

Jika file tersebut dapat dihapus, Anda akan melihat konfirmasi bahwa file telah dihapus. Namun, jika file tersebut tidak dapat dihapus, Anda perlu mencoba metode lain untuk menghapusnya.

Menghapus File dengan Mengubah Izin

Jika file yang ingin Anda hapus memiliki izin khusus yang mencegah penghapusan, Anda dapat mencoba menghapus file tersebut dengan mengubah izinnya. Untuk melakukannya, Anda perlu mengaktifkan pengaturan Pengembang di perangkat Android Anda. Buka Pengaturan, pilih "Tentang Ponsel" atau "Tentang Perangkat", dan ketuk nomor versi Android beberapa kali hingga muncul pesan "Anda sekarang menjadi pengembang". Setelah itu, kembali ke Pengaturan dan pilih "Opsi Pengembang" yang baru muncul. Di sini, aktifkan opsi "Izinkan Pembuatan Salin Cadangan Non Standar". Setelah itu, kembali ke aplikasi File Manager dan coba menghapus file yang tidak bisa dihapus.

Panduan Menghapus File dengan Mengubah Izin

Langkah pertama dalam menghapus file dengan mengubah izin adalah mengaktifkan pengaturan Pengembang di perangkat Android Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan di perangkat Anda.

Setelah membuka Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi "Tentang Ponsel" atau "Tentang Perangkat". Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Di halaman "Tentang Ponsel" atau "Tentang Perangkat", Anda akan melihat informasi tentang perangkat Android Anda, termasuk nomor versi Android.

Untuk mengaktifkan pengaturan Pengembang, Anda perlu mengetuk nomor versi Android beberapa kali. Setelah beberapa ketukan, Anda akan melihat pesan yang memberi tahu Anda bahwa Anda sekarang menjadi pengembang.

Setelah Anda menjadi pengembang, kembali ke Pengaturan dan cari opsi "Opsi Pengembang" yang baru muncul. Ketuk opsi tersebut untuk melanjutkan.

Di halaman "Opsi Pengembang", Anda akan melihat berbagai pengaturan dan opsi tambahan untuk pengembangan perangkat Android. Cari opsi "Izinkan Pembuatan Salin Cadangan Non Standar" dan aktifkan opsi ini.

Setelah Anda mengaktifkan opsi "Izinkan Pembuatan Salin Cadangan Non Standar", kembali ke aplikasi File Manager yang Anda gunakan.

Cari file yang ingin Anda hapus dalam daftar file dan folder di aplikasi File Manager.

Tahan file tersebut hingga muncul menu konteks, kemudian pilih opsi "Hapus" atau ikon tong sampah untuk menghapus file.

Jika file tersebut masih tidak dapat dihapus, lanjutkan ke metode lain.

Menghapus File dengan Menggunakan ADB

Jika semua langkah di atas gagal, Anda dapat mencoba menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android menggunakan Android Debug Bridge (ADB). ADB adalah alat pengembangan yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan perangkat Android melalui komputer. Untuk menggunakan ADB, Anda perlu menginstal Android SDK di komputer Anda dan menghubungkan perangkat Android ke komputer melalui kabel USB. Setelah itu, buka Command Prompt atau Terminal di komputer Anda dan jalankan perintah ADB untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android Anda.

Panduan Menghapus File dengan Menggunakan ADB

Langkah pertama dalam menggunakan ADB untuk menghapus file adalah menginstal Android SDK di komputer Anda. Anda dapat mengunduh Android SDK dari situs web resmi Android dan mengikuti panduan instalasi yang disediakan.

Setelah Anda menginstal Android SDK, hubungkan perangkat Android Anda ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan perangkat Anda dalam mode pengembang dan USB Debugging diaktifkan. Jika perangkat Anda belum dalam mode pengembang, ikuti langkah-langkah yang sama seperti mengaktifkan pengaturan Pengembang di perangkat Android.

Setelah perangkat Anda terhubung ke komputer, buka Command Prompt di komputer Anda. Di Windows, Anda dapat membuka Command Prompt dengan mengetik "cmd" di kotak pencarian atau menjalankan aplikasi Command Prompt. Di Mac atau Linux, buka Terminal.

Pada Command Prompt atau Terminal, jalankan perintah "adb devices" untuk memastikan bahwa perangkat Android Anda terdeteksi oleh ADB.

Jika perangkat Anda terdeteksi, jalankan perintah "adb shell" untuk masuk ke shell ADB.

Setelah Anda masuk ke shell ADB, jalankan perintah "rm" diikuti dengan lokasi file yang ingin Anda hapus. Misalnya, jika file berada di direktori "/sdcard/file.txt", Anda dapat menjalankan perintah "rm /sdcard/file.txt".

Perintah "rm" akan menghapus file yang ditentukan. Jika file tersebut tidak dapat dihapus, Anda mungkin perlu menambahkan opsi tambahan seperti "-f" untuk memaksa penghapusan file atau "-r" untuk menghapus direktori secara rekursif.

Setelah Anda menjalankan perintah "rm", periksa apakah file tersebut berhasil dihapus. Jika berhasil, Anda akan melihat pesan bahwa file telah dihapus. Jika file masih ada, Anda perlu mencoba metode lain.

Menghapus File dengan Menggunakan Aplikasi Cleaner

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi Cleaner. Ada banyak aplikasi Cleaner yang tersedia di Google Play Store yang menawarkan fitur-fitur untuk membersihkan file yang tidak diinginkan di perangkat Anda. Cari dan unduh aplikasi Cleaner yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah menginstal aplikasi tersebut, gunakan fitur penghapusan file yang disediakan untuk mencoba menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android Anda.

Panduan Menghapus File dengan Menggunakan Aplikasi Cleaner

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi Cleaner adalah mencari dan mengunduh aplikasi Cleaner yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat membuka Google Play Store di perangkat Android Anda, menggunakan fitur pencarian untuk mencari "Cleaner", dan menjelajahi daftar aplikasi yang tersedia.

Saat mencari aplikasi Cleaner, pastikan untuk membaca deskripsi, ulasan, dan rating aplikasi tersebut untuk memastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah menemukan aplikasi yang ingin Anda gunakan, ketuk tombol "Pasang" atau "Unduh" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Setelah menginstal aplikasi Cleaner, buka aplikasi tersebut dari menu aplikasi atau layar utama perangkat Anda.

Anda akan melihat antarmuka aplikasi Cleaner, yang akan menawarkan berbagai fitur dan opsi untuk membersihkan perangkat Anda. Cari dan pilih opsi penghapusan file yang disediakan.

Anda akan melihat daftar file yang tidak diinginkan atau file yang tidak dapat dihapus. Pilih file yang ingin Anda hapus dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk menghapus file tersebut.

Aplikasi Cleaner mungkin juga menawarkan fitur pemindaian penuh untuk menemukan file yang tidak diinginkan atau file yang tidak dapat dihapus. Gunakan fitur ini untuk melakukan pemindaian penuh perangkat Anda dan mengidentifikasi file yang tidak dapat dihapus.

Jika aplikasi Cleaner berhasil menghapus file yang tidak dapat dihapus, Anda akan melihat konfirmasi bahwa file telah dihapus. Namun, jika file masih ada, Anda perlu mencoba metode lain.

Menghapus File dengan Menggunakan Mode Aman

Jika semua upaya lainnya belum berhasil, Anda dapat mencoba menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android dengan menggunakan Mode Aman. Mode Aman adalah mode operasi perangkat Android yang hanya memungkinkan aplikasi bawaan berjalan dan mematikan aplikasi pihak ketiga. Untuk masuk ke Mode Aman, tekan dan tahan tombol Power di perangkat Anda. Kemudian, tahan opsi "Matikan" yang muncul hingga muncul pilihan Mode Aman. Pilih Mode Aman dan perangkat Anda akan mulai berjalan dalam mode terbatas. Di sini, coba hapus file yang tidak bisa dihapus. Setelah selesai, restart perangkat Anda untuk keluar dari Mode Aman.

Panduan Menghapus File dengan Menggunakan Mode Aman

Langkah pertama dalam menggunakan Mode Aman adalah menekan dan menahan tombol Power di perangkat Android Anda.

Tahan opsi "Matikan" yang muncul di layar hingga muncul pilihan Mode Aman.

Pilih opsi Mode Aman dan tunggu perangkat Anda untuk memulai ulang dalam mode terbatas.

Ketika perangkat Anda berada dalam Mode Aman, hanya aplikasi bawaan yang akan berjalan. Aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan.

Buka aplikasi File Manager atau aplikasi pengelola file lainnya dan cari file yang ingin Anda hapus.

Tahan file tersebut hingga muncul menu konteks dan pilih opsi "Hapus" atau ikon tong sampah untuk menghapus file.

Jika file tersebut berhasil dihapus, Anda akan melihat konfirmasi bahwa file telah dihapus.

Setelah Anda selesai menghapus file, restart perangkat Anda untuk keluar dari Mode Aman. Perangkat Anda akan kembali beroperasi seperti biasa.

Menghapus File dengan Menggunakan Aplikasi Pengelola File Online

Jika file yang tidak bisa dihapus di Android Anda terhubung dengan layanan penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox, Anda dapat mencoba menghapus file tersebut melalui aplikasi pengelola file online. Unduh dan instal aplikasi pengelola file online yang sesuai dengan layanan penyimpanan online yang Anda gunakan. Buka aplikasi tersebut, pilih layanan penyimpanan online yang dihubungkan dengan file yang ingin Anda hapus, dan cari file tersebut. Setelah menemukannya, gunakan opsi penghapusan yang disediakan untuk menghapus file tersebut.

Panduan Menghapus File dengan Menggunakan Aplikasi Pengelola File Online

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi pengelola file online adalah mencari dan mengunduh aplikasi pengelola file online yang sesuai dengan layanan penyimpanan online yang Anda gunakan. Anda dapat membuka Google Play Store di perangkat Android Anda, menggunakan fitur pencarian untuk mencari "Pengelola File Online", dan menjelajahi daftar aplikasi yang tersedia.

Saat mencari aplikasi pengelola file online, pastikan untuk membaca deskripsi, ulasan, dan rating aplikasi tersebut untuk memastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah menemukan aplikasi yang ingin Anda gunakan, ketuk tombol "Pasang" atau "Unduh" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Setelah menginstal aplikasi pengelola file online, buka aplikasi tersebut dari menu aplikasi atau layar utama perangkat Anda.

Anda akan diminta untuk masuk atau menghubungkan aplikasi dengan layanan penyimpanan online yang Anda gunakan, seperti Google Drive atau Dropbox. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk masuk atau menghubungkan akun Anda.

Setelah Anda masuk atau menghubungkan aplikasi dengan layanan penyimpanan online Anda, Anda akan melihat daftar file yang tersimpan di dalam akun Anda. Cari file yang ingin Anda hapus dalam daftar ini.

Pilih file yang ingin Anda hapus dan gunakan opsi penghapusan yang disediakan oleh aplikasi pengelola file online. Opsi penghapusan dapat berbeda-beda tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan.

Jika aplikasi pengelola file online berhasil menghapus file, Anda akan melihat konfirmasi bahwa file telah dihapus.

Jika file masih ada setelah mencoba metode ini, Anda perlu mencoba metode lain.

Menghapus File dengan Menggunakan Aplikasi Pengarsipan

Jika file yang ingin Anda hapus adalah file arsip seperti file ZIP atau RAR, Anda dapat mencoba menghapusnya dengan menggunakan aplikasi pengarsipan. Unduh dan instal aplikasi pengarsipan yang sesuai dengan format file yang ingin Anda hapus. Buka aplikasi tersebut, temukan file arsip yang ingin Anda hapus, dan gunakan opsi penghapusan yang disediakan. Aplikasi pengarsipan ini akan membuka file arsip dan memberikan opsi penghapusan file di dalamnya.

Panduan Menghapus File dengan Menggunakan Aplikasi Pengarsipan

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi pengarsipan adalah mencari dan mengunduh aplikasi pengarsipan yang sesuai dengan format file arsip yang ingin Anda hapus. Misalnya, jika Anda ingin menghapus file ZIP, Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi pengarsipan yang mendukung format ZIP.

Setelah mengunduh aplikasi pengarsipan, buka aplikasi tersebut dari menu aplikasi atau layar utama perangkat Anda.

Anda akan melihat antarmuka aplikasi pengarsipan, yang akan menawarkan berbagai fitur dan opsi untuk mengelola file arsip.

Cari file arsip yang ingin Anda hapus dalam daftar file dan folder di aplikasi pengarsipan.

Setelah menemukan file arsip yang ingin Anda hapus, pilih file tersebut dan gunakan opsi penghapusan yang disediakan oleh aplikasi pengarsipan.

Aplikasi pengarsipan akan membuka file arsip dan menunjukkan daftar file di dalamnya. Pilih file yang ingin Anda hapus dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk menghapus file tersebut.

Jika aplikasi pengarsipan berhasil menghapus file di dalam arsip, Anda akan melihat konfirmasi bahwa file telah dihapus.

Jika file masih ada setelah mencoba metode ini, Anda perlu mencoba metode lain.

Menghapus File dengan Menggunakan Aplikasi Pembersih

Jika Anda masih mengalami kesulitan dalam menghapus file yang tidak bisa dihapus di Android, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pembersih. Aplikasi pembersih adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk membersihkan file yang tidak diinginkan dan membebaskan ruang penyimpanan di perangkat Android Anda. Unduh dan instal aplikasi pembersih yang terpercaya dari Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi tersebut, jalankan pemindaian penuh untuk menemukan file yang tidak bisa dihapus. Setelah pemindaian selesai, gunakan opsi penghapusan yang disediakan untuk menghapus file tersebut.

Panduan Menghapus File dengan Menggunakan Aplikasi Pembersih

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi pembersih adalah mencari dan mengunduh aplikasi pembersih yang terpercaya dari Google Play Store. Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari "Pembersih" atau "Cleaner" dan menjelajahi daftar aplikasi yang tersedia.

Pastikan untuk membaca deskripsi, ulasan, dan rating aplikasi untuk memastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah menemukan aplikasi pembersih yang ingin Anda gunakan, ketuk tombol "Pasang" atau "Unduh" untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Setelah menginstal aplikasi pembersih, buka aplikasi tersebut dari menu aplikasi atau layar utama perangkat Anda.

Anda akan melihat antarmuka aplikasi pembersih, yang akan menawarkan berbagai fitur dan opsi untuk membersihkan perangkat Anda.

Pilih opsi pemindaian penuh atau opsi yang serupa untuk memulai pemindaian perangkat Anda. Aplikasi pembersih akan memeriksa file dan folder di perangkat Anda untuk menemukan file yang tidak bisa dihapus.

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang tidak bisa dihapus.Pilih file yang ingin Anda hapus dan gunakan opsi penghapusan yang disediakan oleh aplikasi pembersih. Opsi penghapusan dapat berbeda-beda tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan.

Aplikasi pembersih akan menghapus file yang dipilih dan memberikan konfirmasi bahwa file telah dihapus.

Jika file masih ada setelah mencoba metode ini, Anda perlu mencoba metode lain.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan berbagai metode untuk menghapus file yang tidak bisa dihapus di perangkat Android. Mulai dari menggunakan aplikasi File Manager bawaan, menghapus file melalui pengaturan aplikasi, menggunakan aplikasi pihak ketiga, mengubah izin file, menggunakan ADB, aplikasi Cleaner, Mode Aman, aplikasi pengelola file online, aplikasi pengarsipan, hingga aplikasi pembersih. Setiap metode memiliki langkah-langkah dan petunjuk yang berbeda, tetapi semuanya bertujuan untuk membantu Anda mengatasi masalah file yang tidak dapat dihapus.

Penting untuk diingat bahwa sebelum menghapus file, Anda harus berhati-hati dan memahami konsekuensi dari penghapusan tersebut. Beberapa file mungkin penting untuk operasi sistem atau aplikasi tertentu, jadi pastikan Anda memahami dampaknya sebelum melanjutkan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan aplikasi dan metode yang terpercaya untuk menghindari risiko keamanan dan privasi.

Dengan menggunakan metode yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah file yang tidak bisa dihapus di perangkat Android Anda. Jika satu metode tidak berhasil, jangan ragu untuk mencoba metode lainnya sampai Anda berhasil menghapus file yang tidak diinginkan. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam membersihkan perangkat Android Anda dari file-file yang tidak diinginkan dan meningkatkan pengalaman penggunaan perangkat Anda.