Notifications
Translate Page

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi MP3 di Android - Panduan Lengkap

Cara Mengubah Video YouTube Menjadi MP3 di Android - Panduan Lengkap

Halo pembaca yang budiman! Apakah Anda seringkali menemukan video YouTube yang memiliki lagu atau musik favorit yang ingin Anda dengarkan secara offline? Atau mungkin Anda ingin memiliki koleksi musik favorit Anda dalam format MP3 agar dapat diputar kapan saja, di mana saja? Jika demikian, Anda berada di tempat yang tepat! Pada artikel ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah tentang cara mengubah video YouTube menjadi MP3 di perangkat Android Anda.

Dalam era digital saat ini, YouTube telah menjadi platform yang sangat populer untuk menikmati berbagai konten, termasuk video musik. Namun, terkadang kita ingin mendengarkan musik tersebut tanpa harus terhubung ke internet atau melalui aplikasi YouTube. Dengan mengubah video YouTube menjadi format MP3, Anda dapat mendengarkan musik favorit Anda di perangkat Android Anda kapan saja, tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Menggunakan Aplikasi Konversi Video ke MP3

Pertama, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengkonversi video YouTube menjadi format MP3 di perangkat Android Anda. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah "YouTube to MP3 Converter". Aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki antarmuka yang intuitif. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi YouTube to MP3 Converter

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi YouTube to MP3 Converter di perangkat Android Anda, buka aplikasi tersebut untuk memulai proses konversi video ke MP3.

Langkah 2: Salin URL Video YouTube

Temukan video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 dan salin URL-nya. Anda dapat menyalin URL dengan menekan tombol "Bagikan" di bawah video dan memilih opsi "Salin tautan".

Langkah 3: Tempelkan URL ke Aplikasi

Kembali ke aplikasi YouTube to MP3 Converter dan tempelkan URL yang telah Anda salin ke kolom yang tersedia. Pastikan untuk memeriksa kembali URL tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Langkah 4: Pilih Format MP3

Setelah menempelkan URL, Anda akan melihat beberapa opsi format output. Pilih format MP3 sebagai format yang diinginkan untuk mengubah video YouTube menjadi file audio.

Langkah 5: Klik Tombol "Convert"

Setelah memilih format MP3, klik tombol "Convert" untuk memulai proses konversi. Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai.

Langkah 6: Temukan File MP3

Setelah proses konversi selesai, Anda dapat menemukan file MP3 di perangkat Android Anda. Buka aplikasi pemutar musik di perangkat Anda dan temukan file MP3 yang telah diubah dari video YouTube.

Langkah 7: Nikmati Musik Favorit Anda

Sekarang Anda dapat menikmati musik favorit Anda yang telah diubah menjadi format MP3 di perangkat Android Anda. Putar file MP3 ini kapan saja, di mana saja, bahkan tanpa koneksi internet!

Menggunakan Situs Konversi Video ke MP3

Jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan di perangkat Android Anda, Anda juga dapat menggunakan situs web yang menawarkan layanan konversi video YouTube ke MP3 secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Situs Web Konversi Video ke MP3

Buka browser di perangkat Android Anda dan cari situs web yang menawarkan layanan konversi video YouTube ke MP3. Salah satu situs yang populer adalah "Convert2MP3".

Langkah 2: Salin URL Video YouTube

Temukan video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 dan salin URL-nya. Anda dapat menyalin URL dengan menekan tombol "Bagikan" di bawah video dan memilih opsi "Salin tautan".

Langkah 3: Tempelkan URL di Situs Web

Kembali ke situs web konversi video ke MP3 yang telah Anda buka sebelumnya, dan tempelkan URL yang telah Anda salin ke kolom yang disediakan. Pastikan untuk memeriksa kembali URL tersebut untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Langkah 4: Pilih Format MP3

Setelah menempelkan URL, Anda akan melihat beberapa opsi format output. Pilih format MP3 sebagai format yang diinginkan untuk mengubah video YouTube menjadi file audio.

Langkah 5: Klik Tombol "Convert" atau "Download"

Setelah memilih format MP3, klik tombol "Convert" atau "Download" untuk memulai proses konversi. Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai.

Langkah 6: Unduh File MP3

Setelah proses konversi selesai, Anda akan diberikan tautan untuk mengunduh file MP3 ke perangkat Android Anda. Klik tautan tersebut dan tunggu hingga file MP3 selesai diunduh.

Langkah 7: Temukan File MP3

Setelah file MP3 selesai diunduh, buka aplikasi file manager di perangkat Android Anda dan temukan file MP3 yang telah diubah dari video YouTube. Pindahkan file MP3 ke folder musik atau folder yang Anda inginkan di perangkat Anda.

Langkah 8: Nikmati Musik Favorit Anda

Sekarang Anda dapat menikmati musik favorit Anda yang telah diubah menjadi format MP3 di perangkat Android Anda. Putar file MP3 ini kapan saja, di mana saja, bahkan tanpa koneksi internet!

Memanfaatkan Aplikasi Perekam Layar

Jika kedua metode di atas tidak berhasil atau tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi perekam layar untuk merekam video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 di perangkat Android Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh dan Instal Aplikasi Perekam Layar

Buka Play Store di perangkat Android Anda dan cari aplikasi perekam layar. Pilih aplikasi yang memiliki fitur rekaman audio, seperti "AZ Screen Recorder". Unduh dan instal aplikasi tersebut di perangkat Anda.

Langkah 2: Atur Preferensi Rekaman

Buka aplikasi perekam layar yang telah Anda unduh dan atur preferensi rekaman sesuai keinginan Anda. Pastikan untuk memilih opsi rekaman audio agar suara dari video YouTube ikut direkam.

Langkah 3: Buka Video YouTube yang Ingin Diubah

Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda dan cari video yang ingin Anda ubah menjadi MP3. Pastikan volume perangkat Anda sudah diatur sehingga suara video dapat direkam dengan jelas.

Langkah 4: Mulai Merekam Layar

Kembali ke aplikasi perekam layar dan mulai merekam layar perangkat Android Anda. Setelah itu, buka video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 dan mulai memutarnya. Pastikan untuk tidak menyentuh layar secara acak saat merekam untuk menghindari gangguan pada rekaman.

Langkah 5: Berhenti Merekam dan Simpan Rekaman

Setelah video selesai diputar, berhenti merekam layar dan simpan rekaman. Pastikan untuk memberikan nama yang jelas pada rekaman agar mudah ditemukan nantinya.

Langkah 6: Mengubah Rekaman menjadi Format MP3

Setelah Anda memiliki rekaman video dari YouTube, Anda perlu mengubahnya menjadi format MP3. Gunakan aplikasi pengubah format audio, seperti "MP3 Converter" atau "Media Converter

Langkah 6: Mengubah Rekaman menjadi Format MP3 (lanjutan)

Setelah Anda memiliki rekaman video dari YouTube, Anda perlu mengubahnya menjadi format MP3. Gunakan aplikasi pengubah format audio, seperti "MP3 Converter" atau "Media Converter". Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 6.1: Buka Aplikasi Pengubah Format Audio

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi pengubah format audio yang telah Anda pilih, buka aplikasi tersebut di perangkat Android Anda.

Langkah 6.2: Pilih Rekaman yang Akan Diubah

Pada aplikasi pengubah format audio, cari dan pilih rekaman video yang ingin Anda ubah menjadi format MP3. Pastikan untuk memilih rekaman yang telah Anda buat sebelumnya.

Langkah 6.3: Pilih Format Output MP3

Setelah memilih rekaman, Anda akan melihat berbagai opsi format output. Pilih format MP3 sebagai format yang diinginkan untuk mengubah rekaman video menjadi file audio.

Langkah 6.4: Atur Kualitas dan Pengaturan Lainnya

Beberapa aplikasi pengubah format audio juga menyediakan opsi untuk mengatur kualitas audio dan pengaturan lainnya. Anda dapat menyesuaikan pengaturan sesuai preferensi Anda sebelum memulai proses konversi.

Langkah 6.5: Klik Tombol "Convert" atau "Start"

Setelah mengatur format dan pengaturan lainnya, klik tombol "Convert" atau "Start" untuk memulai proses konversi. Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai.

Langkah 6.6: Temukan File MP3

Setelah proses konversi selesai, Anda dapat menemukan file MP3 di perangkat Android Anda. Buka aplikasi pemutar musik di perangkat Anda dan temukan file MP3 yang telah diubah dari rekaman video YouTube.

Langkah 6.7: Nikmati Musik Favorit Anda

Sekarang Anda dapat menikmati musik favorit Anda yang telah diubah menjadi format MP3 di perangkat Android Anda. Putar file MP3 ini kapan saja, di mana saja, bahkan tanpa koneksi internet!

Memanfaatkan Aplikasi YouTube Premium

Bagi Anda yang merupakan pengguna YouTube Premium, Anda dapat menggunakan fitur unduhan yang disediakan oleh aplikasi YouTube resmi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunduh video YouTube ke perangkat Android Anda secara langsung. Setelah mengunduh video, Anda dapat menggunakan aplikasi pengubah format audio untuk mengubah file video menjadi format MP3.

Langkah 1: Buka Aplikasi YouTube

Buka aplikasi YouTube di perangkat Android Anda dan pastikan Anda telah masuk ke akun YouTube Premium Anda.

Langkah 2: Temukan Video yang Ingin Diubah

Cari video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3. Anda dapat menggunakan fitur pencarian atau menjelajahi kanal dan daftar putar yang tersedia di aplikasi YouTube.

Langkah 3: Pilih Opsi Unduhan

Di bawah video yang ingin Anda unduh, Anda akan melihat tombol "Unduh". Klik tombol ini untuk memilih opsi unduhan untuk video tersebut.

Langkah 4: Pilih Kualitas dan Format Video

Pada menu unduhan, Anda akan diberikan opsi untuk memilih kualitas dan format video yang ingin Anda unduh. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk memilih format video yang kompatibel dengan aplikasi pengubah format audio yang akan Anda gunakan.

Langkah 5: Mulai Unduhan

Setelah memilih kualitas dan format, klik tombol "Unduh" atau "Mulai unduhan" untuk memulai proses unduhan video. Tunggu beberapa saat hingga proses unduhan selesai.

Langkah 6: Mengubah File Video menjadi Format MP3

Setelah video selesai diunduh, buka aplikasi pengubah format audio yang telah Anda pilih sebelumnya. Pilih file video yang telah diunduh dan pilih format MP3 sebagai format output yang diinginkan. Klik tombol "Convert" atau "Start" untuk memulai proses konversi. Tunggu beberapa saat hingga proses konversi selesai.

Langkah 7: Temukan File MP3

Setelah proses konversi selesai, Anda dapat menemukan file MP3 di perangkat Android Anda. Buka aplikasi pemutar musik di perangkat Anda dan temukan file MP3 yang telah diubah dari video YouTube.

Langkah 8: Nikmati Musik Favorit Anda

Sekarang Anda dapat menikmati musik favorit Anda yang telah diubah menjadi format MP3 di perangkat Android Anda. Putar file MP3 ini kapan saja, di mana saja, bahkan tanpa koneksi internet!

Metode Lainnya

Selain metode yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba untuk mengubah video YouTube menjadi MP3 di perangkat Android Anda. Beberapa metode ini termasuk menggunakan aplikasi pihak ketiga lainnya, mengubah video menggunakan komputer, atau menggunakan layanan cloud. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Metode 1: Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga Lainnya

Terdapat banyak aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengubah video YouTube menjadi format MP3 di perangkat Android Anda. Beberapa contoh aplikasi yang populer adalah "VidMate", "Snaptube", dan "TubeMate". Unduh dan instal aplikasi yang Anda pilih, lalu ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengkonversi video ke format MP3.

Metode 2: Mengubah Video Menggunakan Komputer

Jika Anda memiliki komputer, Anda juga dapat menggunakan komputer untuk mengubah video YouTube menjadi format MP3. Salin URL video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3, lalu buka situs web atau aplikasi konversi video ke MP3 yang kompatibel dengan komputer Anda. Tempelkan URL video di situs atau aplikasi tersebut, pilih format MP3, lalu unduh file MP3 yang dihasilkan. Setelah itu, pindahkan file MP3 ke perangkat Android Anda dan nikmati musik favorit Anda.

Metode 3: Menggunakan Layanan Cloud

Jika Anda memiliki akun di layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox, Anda dapat mengunggah video YouTube yang ingin Anda ubah menjadi MP3 ke layanan cloud tersebut. Setelah mengunggah, buka aplikasi layanan cloud di perangkat Android Anda, unduh video yang telah diunggah ke perangkat Anda, lalu gunakan aplikasi pengubah format audio untuk mengubah file video menjadi format MP3. Setelah itu, Anda dapat menikmati musik favorit Anda di perangkat Android Anda.

Dengan berbagai metode yang telah dijelaskan di atas, Anda sekarang memiliki banyak pilihan untuk mengubah video YouTube menjadi format MP3 di perangkat Android Anda. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Sekarang, tidak ada lagi hambatan untuk mendengarkan musik favorit Anda tanpa harus terhubung ke internet. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengubah video YouTube menjadi MP3 dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat menikmati musik favorit Anda di perangkat Android!